10 Cara Menghilangkan Rasa Cemas yang Berlebihan

Ditulis oleh Linda - Diperbaharui 30 Juli 2021

Perasaan tak enak, telapak tangan mengeluarkan keringat dingin, dan tidur pun jadi tak nyenyak. Waspadalah karena tiga hal tersebut adalah tanda-tanda Anda mengalami kecemasan.

Sejatinya, kecemasan dan depresi adalah dua hal yang berbeda. Cemas merupakan emosi yang ditandai dengan perasaan tidak menyenangkan karena kekacauan batin. Sementara depresi adalah kondisi di mana seseorang terus merasa gagal, sedih, dan putus asa.

Kecemasan terjadi saat Anda harus melakukan hal yang belum pernah Anda lakukan, memikirkan sesuatu yang buruk, sampai dengan perasaan takut atau khawatir akan suatu hal. Rasa cemas bisa dihilangkan lebih mudah ketimbang depresi. Kamini akan memberikan 10 cara menghilangkan rasa cemas berlebihan agar Anda lebih tenang.

10 Cara Menghilangkan Rasa Cemas

1. Cari Tahu Sumber Kecemasan

Cari Tahu Sumber Kecemasan Cara Menghilangkan Rasa Cemas

Sebelum mencari cara menghilangkan rasa cemas, Anda harus mengetahui dulu penyebab Anda mengalami kecemasan. Memang benar jika kecemasan sering datang tiba-tiba, tetapi jika ditelusuri lebih dalam, kecemasan yang Anda alami pasti ada penyebabnya.

Ketika Anda sudah mengetahui penyebab rasa cemas berlebihan yang Anda rasakan, tentu saja akan lebih mudah untuk mencari jalan keluarnya. Untuk menemukan sumber kecemasan, Anda tidak memerlukan bantuan psikiater karena Anda bisa menganalisanya sendiri.

2. Tarik Napas dan Relaksasi

Tarik Napas dan Relaksasi

Tahukah Anda bahwa rasa cemas juga merupakan bagian dari kepanikan akan suatu hal? Terkadang kita terlalu khawatir dan tegang dalam memikirkan sesuatu. Jadi, Anda butuh sedikit relaksasi dengan menarik napas dalam-dalam.

Luangkan waktu sejenak untuk menarik napas dalam-dalam. Bila perlu, hirup aromatherapy karena keharumannya bisa memberikan ketenangan. Suggest diri sendiri untuk tetap tenang dalam menghadapi segala sesuatu. Percayalah semuanya akan baik-baik saja jika Anda menjadi lebih tenang dalam menghadapi masalah atau hal yang Anda cemaskan selama ini.

3. Berpikir Positif

Coba berpikir positif

Pikiran-pikiran negatif justru akan membuat Anda semakin cemas. Jika Anda selalu memikirkan kemungkinan-kemungkinan yang terburuk, maka Anda tidak akan memperoleh ketenangan dalam hidup. Mulai dari sekarang, Anda harus berpikir positif dalam menghadapi segala macam hal, termasuk masalah yang dirasa berat sekali pun.

Pikiran positif juga akan memberikan dampak untuk kesehatan psikis dan jasmani. Selain itu, pikiran positif akan mengurangi kecemasan berlebihan yang membuat Anda susah tidur dan berkonsentrasi. Katakan pada diri Anda sendiri bahwa setiap masalah selalu memiliki jalan keluar dan Anda pasti bisa menghadapinya.

4. Olahraga Secara Teratur

Lakukan Olahraga Kesukaan Anda

Sebagian dari Anda mungkin bertanya-tanya mengenai hubungan antara olahraga dengan cara menghilangkan rasa cemas. Ya, olahraga adalah bagian dari cara untuk mengatasi rasa cemas dan gelisah yang tidak beralasan. Aktivitas fisik dapat merangsang tubuh untuk memproduksi hormon endorfin.

Sekedar informasi, endorfin adalah hormon yang dapat mengurangi rasa sakit, memberikan efek ketenangan dalam diri, dan membuat Anda jadi merasa lebih bahagia. Lakukan olahraga yang Anda sukai agar Anda lebih menikmati setiap aktivitas fisik yang Anda lakukan. Tak perlu lama-lama kok, cukup luangkan waktu 30 menit sehari untuk berolahraga.

5. Lakukan Hal yang Anda Sukai

Lakukan Hal yang Anda Sukai

Untuk menghilangkan rasa cemas yang sudah mulai mengganggu aktivitas Anda sehari-hari, Anda harus refreshing untuk menghilangkan rasa cemas tersebut. Refreshing bisa dimulai dengan melakukan aktivitas yang Anda sukai, entah itu nonton film di bioskop, kuliner, belanja, atau sekedar berkumpul dengan teman-teman.

Hiburan semacam ini bisa membuat Anda melupakan rasa cemas Anda. Dorong diri Anda untuk menikmati setiap hal-hal yang Anda sukai meskipun saat ini Anda sedang merasa cemas.

6. Berbicara dengan Orang yang Tepat

Berbicara dengan Orang yang Tepat

Kegelisahan yang Anda rasakan memang tidak baik jika disimpan sendiri di dalam hati. Anda butuh teman ngobrol. Walaupun Anda tidak bisa mengungkapkan penyebab kecemasan yang Anda alami, tapi ngobrol dengan orang yang bisa Anda percaya bisa membuat hati terasa sedikit lega.

Jika kecemasan yang Anda alami sudah mulai membahayakan diri sendiri dan orang lain, saatnya berbicara dengan psikiater atau ahli psikis. Dengan ahli psikologi Anda harus jujur mengatakan hal-hal yang menjadi penyebab kecemasan Anda. Biarkan mereka mendengarkan cerita Anda sejelas-jelasnya agar mereka bisa membantu untuk mencari solusi terhadap hal-hal yang membuat Anda cemas.

7. Beristirahat yang Cukup

tidur cukup tips agar fisik kuat

Aktivitas sehari-hari terkadang membuat kita jadi tidak memperoleh waktu istirahat yang cukup. Padahal, kurang istirahat juga bisa menjadi penyebab rasa cemas berlebihan. Anda jadi sering merasa gelisah jika kurang tidur. Cara menghilangkan rasa cemas yang tepat adalah dengan memperoleh waktu istirahat yang cukup.

Meskipun ada banyak aktivitas dan pekerjaan yang harus diselesaikan, tetapi usahakan untuk memperoleh waktu tidur minimal 7 jam setiap hari. Apabila Anda sulit beristirahat lantaran merasa cemas terus menerus, tenangkan diri Anda dengan mandi air hangat dan minum susu hangat sebelum tidur. Dengarkan musik-musik yang membuat Anda tenang hingga akhirnya terlelap tidur.

8. Meditasi

Meditasi

Meditasi atau semadi adalah teknik relaksasi yang dilakukan dengan cara melepaskan semua pikiran yang membebani, menarik, atau membuat pelakunya merasa cemas. Tujuan dari meditasi adalah untuk memusatkan dan menenangkan pikiran untuk memperoleh ketenangan batin yang lebih tinggi.

Orang yang sering merasa cemas harus mulai melakukan meditasi. Jika Anda adalah pemula dan tidak tahu bagaimana cara untuk meditasi, ikuti saja kelas-kelas meditasi. Pilih tempat yang sejuk dan tenang untuk bermeditasi. Biarkan semua hal yang sering membuat Anda merasa cemas selama ini menghilang sehingga tubuh juga bisa lebih rileks.

9. Terima Sebagai Proses Hidup

Terima Sebagai Proses Hidup

Setiap orang pasti merasa cemas, entah itu kecemasan ringan atau berat. Terkadang kita sering cemas akan hal-hal yang dianggap sepele oleh orang lain. Ingat, kecemasan adalah suatu hal manusiawi yang mungkin pernah dialami oleh setiap orang.

Legawa saja dengan menerima kecemasan sebagai proses hidup yang harus Anda lalui. Apalagi jika selama ini kecemasan Anda tidak terbukti, maka Anda akan lebih mudah menjalani kecemasan yang Anda alami karena semua yang Anda khawatirkan belum tentu menjadi kenyataan.

10. Hadapi dengan Percaya Diri

Hadapi dengan Percaya Diri

Kecemasan juga terjadi ketika kita merasa minder dan tidak percaya diri. Yuk, saatnya untuk menghilangkan kecemasan Anda dengan belajar menghadapi setiap masalah atau hal-hal yang mungkin selama ini tidak berani Anda hadapi.

Mintalah dukungan dari orang-orang terdekat Anda untuk lebih percaya diri dalam menghadapi masalah yang selama ini membuat Anda merasa cemas. Jangan lupa untuk berpasrah diri kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. Berdoalah agar Tuhan mengangkat rasa cemas yang selama ini menyesakkan hati Anda.

Setiap orang memiliki cara menghilangkan rasa cemas tersendiri karena masalah yang dihadapi oleh setiap orang tentu berbeda-beda. Kalau Anda, bagaimana caranya dalam mengatasi rasa cemas? Share cara Anda dalam menghilangkan kecemasan di kolom komentar di bawah ini.

ARTIKEL
PRODUK
BRAND
© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram