10 Cara Menghilangkan Rasa Kecewa pada Pasangan Kita

Ditulis oleh Syuri - Diperbaharui 20 Agustus 2021

Semua orang pasti pernah merasa kecewa. Pada keadaan, pada seseorang, atau pada diri sendiri. Kecewa adalah perasaan yang manusiawi. Ketika Anda terjun untuk bersosialisasi, Anda pun harus menyiapkan diri untuk kecewa, karena hubungan dengan orang lain tidak akan selalu berjalan mulus, apalagi jika urusannya dengan pasangan.

Intensitas Anda berhubungan dan bertemu dengan pasangan jauh lebih tinggi dibandingkan dengan orang lain. Makanya, jika Anda pernah merasa kecewa terhadap pasangan, itu adalah hal yang wajar dan tidak mungkin bisa dihindari. Yang bisa Anda lakukan adalah memikirkan bagaimana cara menghilangkan rasa kecewa pada pasangan.

Kamini akan sharing dengan Anda cara menghilangkan rasa kecewa pada pasangan. Simak selengkapnya di bawah ini.

10 Cara Menghilangkan Rasa Kecewa pada Pasangan

1. Redam Amarah

couple pasangan bertengkar

Ketika merasa kecewa, tentu ada perasaan lainnya yang ikut menyertai, yaitu amarah. Jadi, langkah pertama dalam cara menghilangkan rasa kecewa pada pasangan adalah dengan mengontrol emosi dan menghilangkan rasa amarah terlebih dahulu.

Tarik napas, ambil waktu sendiri jauh dari pasangan jika diperlukan, tenangkan jiwa. Jangan lampiaskan semua kekesalan Anda pada pasangan, karena semua perkataan yang Anda lontarkan saat marah pasti akan Anda sesali.

Jangan sampai setelah merasa kecewa pada pasangan, Anda jadi kecewa pada diri sendiri karena telah membuat pasangan Anda sedih. Jadi, diam adalah emas. Lebih baik Anda meredam amarah dengan mengalihkan perhatian Anda pada hal lain. Jika Anda sudah merasa lebih calm, Anda bisa melangkah ke step selanjutnya.

2. Tekan Ekspektasi

Tekan Ekspektasi 

Orang bijak bilang, jangan pernah berharap akan sesuatu kalau tidak mau kecewa. Dan, hal itu memang benar adanya. Dengan memiliki ekspektasi rendah, ketika terjadi hal yang menyenangkan walaupun cuma sedikit, rasanya jadi sangat spesial. Sangat berbeda jika sejak awal Anda memiliki ekspektasi yang tinggi. Jika sesuatu terjadi sedikit saja kurang dari keinginan Anda, maka Anda akan merasa sangat kecewa.

Wajar memang, memiliki ekspektasi, karena bagaimana pun juga manusia adalah makhluk yang tidak pernah bisa merasa puas. Tapi, percayalah, bahwa Anda bisa mengontrol rasa keinginan tersebut. Turunkan ekspektasi Anda, dan rasakan sendiri bagaimana hati Anda jadi lebih lega.

3. Realistis

Realistis

* sumber: www.cuteweddingideas.com

Jadilah realistis, itu cara menghilangkan rasa kecewa pada pasangan yang selanjutnya. Realita memang berat, karena tidak selalu sesuai dengan apa yang diinginkan. Tidak ada salahnya untuk berharap, tapi ingatlah kalau semua orang punya batasannya, begitu pula dengan pasangan Anda. Jadi, jangan berharap kalau pasangan akan selalu bisa mengikuti kemauan Anda.

4. Jangan Berlebihan

couple berantem bertengkar putus Kehilangan Kontrol atas Kita

* sumber: www.beliefnet.com

Lebay, itu kata anak muda zaman sekarang untuk "berlebihan". Kalau Anda tidak mau kecewa, ya jangan lebay. Apa yang jangan dilebih-lebihkan? Yaitu ekspektasi dan harapan Anda. Sadarlah, semakin tinggi harapan Anda, semakin tinggi pula rasa kecewa Anda jika hal tersebut tidak tercapai.

Makanya, jangan menaruh standar terlalu tinggi pada pasangan Anda. Jangan mengharapkan dia untuk selalu bisa memenuhi keinginan Anda. Jangan jadi pasangan yang annoying dan lebay.

5. Belajar Memahami

Introspeksi diri

Belajar adalah hal yang patut Anda lakukan. Walaupun Anda telah dewasa dan telah melewati belajar di sekolah, bukan berarti waktu belajar Anda terhenti, karena kehidupan akan selalu membawa sesuatu untuk Anda pelajari.

Terima kalau rasa kecewa itu termasuk dalam "bumbu" di hubungan Anda. Kalau Anda merasa dikecewakan, ya tidak apa-apa. Anggap itu sebagai pelajaran yang bisa menjadikan Anda manusia yang lebih baik lagi di kemudian hari.

6. Sadar Diri

Introspeksi Diri

Anda merasa kecewa pada pasangan, lalu Anda marah? Lalu, bagaimana dengan Anda yang mengecewakan dia? Tentu hal itu juga pernah terjadi, karena tidak ada manusia yang sempurna. Jadi, ketika pasangan mengecewakan Anda, jangan merasa congkak dengan merendahkan dia dan segala perjuangannya. Ingatlah, apakah dia juga melakukan itu ketika dia dikecewakan Anda?

7. Ikhlas

Introspeksi Diri

Sadarlah kalau semua orang memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri-sendiri. Setiap orang berpotensi untuk mengecewakan satu sama lain. Jadi, daripada Anda terus bergelung dengan "kesalahan" pasangan Anda, kenapa Anda tidak melepaskan semuanya dan ikhlas.

Jangan memaksakan kehendak Anda pada pasangan. Hidup berdampingan mengajarkan untuk tidak menjadi egois. Anda tidak bisa terus mendesak pasangan untuk mengikuti kemauan Anda, begitu pula sebaliknya.

8. Komunikasi

cara menghilangkan rasa kecewa pada pasangan couple Komunikasi

Communication is the key of relationship. Jadi, perbaiki komunikasi antara Anda dan pasangan. Katakan apa yang ada di benak Anda. Beri tahu dia harapan Anda dan kenapa Anda merasa kecewa. Kalau Anda diam-diam saja, bagaimana mungkin pasangan tahu letak "kesalahan"nya dan memperbaikinya?

Jangan cuma berbicara, tapi Anda juga harus bisa mendengarkan alasan dari pihak pasangan. Mungkin ada alasan kenapa dia tidak bisa memenuhi harapan Anda. Lalu, dengarkan juga ketika pasangan, misalnya mengeluhkan ekspektasi Anda yang terlalu tinggi. Intinya, Anda dan pasangan harus saling terbuka jika mau hubungan berjalan lancar dan langgeng.

9. Saling Memaafkan

pasangan couple peluk Dapatkan Kepercayaannya

Jika komunikasi telah terjalin, cara menghilangkan rasa kecewa pada pasangan yang selanjutnya adalah dengan saling memaafkan. Dengan saling menerima kesalahan dan berkomitmen untuk berubah, maka Anda dan pasangan akan sama-sama merasa tenang.

10. Berubah Jadi Lebih Baik

cara menghadapi pacar yang jarang ngasih kabar Cari Solusi Bersama couple

* sumber: www.vix.com

Cara menghilangkan rasa kecewa pada pasangan yang terakhir adalah dengan berjanji untuk sama-sama berubah menuju hal yang lebih baik. Ambil hikmah dari semua yang telah terjadi. Jadikan pelajaran, jangan sampai Anda perang dingin dengan pasangan karena masalah serupa.

Dan, jangan pula mengungkit masalah yang telah lalu. Fokus saja untuk berubah jadi pribadi yang lebih baik lagi, untuk diri Anda sendiri dan untuk pasangan. Dengan begitu, hubungan kalian akan jadi lebih tentram dan semoga Anda berdua langgeng sampai maut memisahkan.

Selesai sudah Kamini membahas tentang cara menghilangkan rasa kecewa pada pasangan. Semoga sharing kali ini dapat membantu mengatasi masalah antara Anda dan pasangan, ya.

Jaga baik-baik pasangan Anda, karena belum tentu jika dengan orang lain pun Anda tak akan merasa kecewa. Atau justru Anda malah bisa merasa kecewa yang lebih parah. Jadi, jangan pernah menyerah pada pasangan hanya karena masalah sepele saja.

Pernah kecewa karena memergoki pasangan bersama orang lain? Jangan nethink dulu, coba uji kesetiaan pasangan Anda dengan 10 Cara Menguji Kesetiaan Pacar yang Dicurigai Berselingkuh ini.

ARTIKEL
PRODUK
BRAND
© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram