Kamini.id / Uban / Inilah Cara Menghilangkan Uban di Rambut dengan Cepat

Inilah Cara Menghilangkan Uban di Rambut dengan Cepat

Ditulis oleh - Diperbaharui 10 Juli 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Hampir sebagian orang pasti merasa terganggu dengan keberadaan rambut putih alias uban. Apalagi jika orang tersebut masih berusia belasan sampai awal 30-an, tentu saja uban akan memberikan kesan “tua” meskipun kita masih berada di usia yang produktif.

Kemunculan uban juga membuat penampilan jadi kurang maksimal. Sangat percuma jika kita menggunakan pakaian dengan model yang up to date dan tatanan rambut mengikuti tren, tapi ada rambut putih yang menyembul.

Ketika kamu sudah mulai merasa terganggu dengan kemunculan uban sebaiknya jangan anggap remeh masalah ini. Segeralah mencari cara mengatasi uban agar tidak bertambah banyak. Kamini akan memberikan berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan uban atau lebih tepatnya, menghambat pertumbuhan uban.

Cara Cepat Menghilangkan Uban

Keberadaan uban bisa disamarkan dengan berbagai cara, lho. Kamu bisa menggunakan cara cepat menghilangkan uban jika kamu memang menginginkan hasil yang secepat kilat. Beberapa cara ini juga banyak digunakan oleh pemilik rambut beruban, lho. Penasaran apa saja caranya? Yuk, simak penjelasannya berikut.

1. Semir Rambut

Semir Rambut

Tak dapat dipungkiri bahwa cara tercepat untuk menghilangkan uban adalah dengan mengecat rambut menggunakan semir. Cat rambut akan menutupi rambut putih sesuai dengan warna yang kamu pilih. Selesai mengecat rambut, kamu pun bisa melihat bahwa tak ada lagi uban yang nampak di rambutmu.

Baca artikel cat rambut yang bagus untuk mencari produk terbaik yang bisa menutupi rambut putihmu. Kami menyarankanmu untuk memakai cat rambut berbentuk cair atau pasta, bukan bentuk shampo atau spray.

2. Jangan Dicabut

cara menghilangkan obat_jangan dicabut (Copy)

* sumber: www.novuhair.com

Kebiasaan orang-orang zaman dahulu untuk menghilangkan uban mereka dengan seketika adalah dengan mencabutnya. Padahal mencabut helai rambut beruban hanya akan mengantarkan pada helai uban baru. Simply put, there is no difference between plucking your gray or not to plucking it. Disamping itu, terlalu sering mencabuti rambut hanya akan membahayakan folikel rambut yang bahkan dapat membuat folikel tak lagi tumbuh menjadi rambut.

3. Keramas dengan Shampo Khusus

Keramas Dua Kali Sehari

Dewasa ini, ada berbagai produk shampo yang mengklaim kemampuan untuk menghitamkan rambut. Terkadang penggunaan shampo sejenis ini benar-benar memberikan hasil untuk rambutmu, terutama jika rambutmu ditumbuhi uban. Cucilah rambut dengan menggunakan shampo penghitam rambut. Kamu bisa menemukan shampo yang sesuai dengan kebutuhanmu dalam artikel shampo penghitam rambut.

Tetapi hindari shampo berbahan keras seperti sodium lauryl sulfate untuk membantu menjaga kesehatan rambutmu. Selain itu, jangan pula kamu terlalu sering keramas. Cukup lakukan 2 kali dalam seminggu bila rambutmu berjenis normal-kering dan 3 kali bila berminyak.

4. Coba Tatanan Rambut Berbeda

Rambut Uban

Cara yang satu ini hanya berlaku bagi kamu yang ubannya tidak terlalu banyak. Uban bisa disembunyikan dengan tatanan rambut tertentu. Misalnya, jika ubanmu ada di bagian dalam sebaiknya coba tatanan rambut curly untuk semakin menyamarkannya. Bahkan bila ubanmu hanya beberapa helai kamu dapat menyamarkannya hanya dengan menggunakan topi atau ikat kepala.

Namun perlu diingat, sebisa mungkin jangan terlalu sering styling rambut, terutama yang melibatkan alat-alat panas dan bahan kimia. Terlalu sering styling rambut juga tak baik untuk kesehatan batang maupun folikel rambut. Kamu tetap harus membuat rambutmu sehat.

5. Tidak Berganti-Ganti Warna Rambut

Tidak Berganti-ganti Warna Rambut

Kebiasaan berganti-ganti warna rambut ternyata juga mempengaruhi pertumbuhan uban. Cintailah warna alami rambutmu. Kalaupun ada uban yang terlihat, pilih produk yang tidak terlalu banyak menggunakan bahan kimia bahkan cenderung alami. Contohnya adalah henna rambut. Tetapi bila kamu suda terbiasa menggunakan produk pewarna rambut tertentu, kamu boleh kok memakainya asal tidak terlalu sering berganti warna.

6. Lebih Sering Creambath

Pijat Rambut dengan Minyak Alami

Creambath adalah perawatan rambut yang banyak dilakukan oleh pria maupun wanita. Selain menyehatkan rambut, creambath adalah sarana untuk mengelola stres agar rambut tidak cepat memutih. Lakukan creambath sendiri di rumah dengan produk yang terdapat dalam artikel creambath yang bagus. Creambath juga dapat menstimulasi pertumbuhan rambutmu serta menjaganya agar tetap sehat. Kamu dapat melakukan creambath 1-2 kali dalam seminggu.

7. Penuhi Asupan Nutrisi Rambut

Uban

Agar terhindar dari uban rambutmu juga membutuhkan nutrisi. Sejumlah nutrisi yang dibutuhkan oleh rambut antara lain adalah asam folat, Vitamin B12, Vitamin C, dan Vitamin E. Jadi, konsumsi lah makanan-makanan yang mengandung nutrisi tersebut untuk mencegah timbulnya uban di rambut.

Selain nutrisi tadi, konsumsi makanan penuh antioksidan juga dapat menjadi jalan lain dalam menghilangkan uban. Karenanya, kamu juga bisa memakan buah-buahan segar, sayuran, ikan, atau teh hijau untuk menghilangkan stres oksidatif yang menyebabkan rambut beruban.

8. Hindari Merokok

Rokok

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam NCBI menguak fakta bahwa merokok ternyata menjadi salah satu faktor penyebab timbulnya uban sebelum usia 30. Selain itu, ternyata membiasakan diri dengan merokok juga dapat membuat rambut menjadi rapuh dan rentan patah.

Tak hanya pada rambut, efek samping merokok juga dapat terlihat jelas pada kulit dan gigi. Oleh karena itu, bila kamu seorang perokok dan bertanya-tanya apa yang menjadi penyebab timbulnya uban padahal usiamu masih muda, bisa jadi rokok yang menjadi biang keroknya.

9. Sudahi Stres

menangis meredakan stress

* sumber: www.eranepal.com

Pernah mendengar kalau stres dapat menjadi penyebab timbulnya uban? Ternyata memang benar adanya. Stres dapat memicu pertumbuhan rambut yang tak normal. Entah membuat rambut menjadi mudah patah, rapuh, mengalami discoloration, ataupun uban. Bahkan lebih parahnya lagi, stres juga dapat memicu terjadinya kebotakan pada individu tertentu. Dengan demikian, sangat penting untuk menyudahi stres bila ingin mendapatkan rambut yang sehat dan terbebas dari uban.

10. Konsultasi

Konsultasi kepada dokter

Tak mau ribet? segeralah berkonsultasi pada dokter. Dokter mungkin akan melakukan diagnosa yang lebih spesifik terhadap penyebab timbulnya uban. Entah karena kekurangan nutrisi tertentu, atau karena pola hidup yang kamu terapkan. Bahkan mungkin saja penyebab ubanmu menandakan ada yang salah dengan kondisi kesehatanmu.

Karena itu, sangat peting untuk berkonsultasi pada dokter bila kamu tidak menemukan progres atas uban yang sangat menganggu tersebut. Disamping itu, dokter juga dapat memberikan suplemen nutrisi yang dapat menghambat pertumbuhan uban. Maka dari itu, jangan ragu untuk berkonsultasi pada dokter, ya.

Itulah berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan uban. Jadi, dari pada sia-sia mencabuti uban yang nantinya juga tetap tumbuh sebaiknya lakukan cara untuk menghilangkan uban ini. Yang paling penting agar cara-cara tersebut dapat bekerja dengan optimal adalah dengan menaruh komitmen. Niscaya kamu akan merasakan sendiri perubahan poditif yang terjadi pada rambut.

Kalau kamu punya pengalaman menghilangkan uban dengan cara lain yang lebih ampuh, silakan bagikan di kolom komentar.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shopee lagi ada diskon gede nih buat produk fashion!