Kamini.id / Wajah Berminyak / Atasi Kulit Wajah Berminyak dengan Beragam Cara Ampuh Ini

Atasi Kulit Wajah Berminyak dengan Beragam Cara Ampuh Ini

Ditulis oleh - Diperbaharui 7 Maret 2019

Sudah berdandan cantik tapi make up Anda hanya bertahan beberapa jam saja? Kemungkinan Anda memiliki kulit wajah yang berminyak. Seperti yang kita ketahui bahwa kulit wajah ada beberapa jenisnya yaitu kulit normal, kering, dan juga berminyak. Masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihannya sendiri, lho.

Contohnya untuk Anda yang memiliki kulit kering, kelebihan Anda dalam menggunakan make up mungkin akan lebih awet sepanjang hari dibandingkan dengan teman Anda yang kulitnya berminyak. Kulit kering juga tidak mudah terlihat kucel apabila beraktivitas seharian. Namun kekurangannya untuk si kulit kering adalah wajah Anda cenderung lebih mudah muncul keriput dibanding si kulit berminyak.

Nah, bagi Anda yang punya masalah dengan kulit berminyak sehingga riasan mudah luntur dan wajah selalu terlihat kucel. Anda harus mencari cara terbaik untuk mengatasi masalah tersebut. Kamini akan memberikan cara mengatasi kulit wajah berminyak secara sederhana sampai dengan memakai bahan-bahan alami.

Cara Mengatasi Wajah Berminyak Secara Umum

Kulit berminyak bukan masalah sepele, girls. Pasalnya, kulit berminyak akan membuat penampilan jadi kurang optimal. Sedapat mungkin Anda menutupinya dengan make up, kilau minyak di wajah tetap akan terpancar jelas jika Anda tidak memakai kosmetik yang diformulasikan untuk kulit berminyak.

Namun, Anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kulit wajah berminyak, contohnya:

  • Jaga Kebersihan Wajah

Bersihkan Wajah Secara Menyeluruh

Hal sederhana ini sering dilupakan oleh sebagian orang. Misalnya, seringkali kita merasa malas menghapus make up sebelum tidur. Padahal, menjaga kebersihan wajah sangat penting untuk menghindari Anda dari masalah kulit berminyak dan berjerawat.

Jagalah kebersihan wajah dengan memakai cleanser, toner, dan face wash yang memang diformulasikan untuk jenis kulit berminyak. Cucilah muka setidaknya dua kali sehari. Jangan lebih dari dua kali sehari karena hal tersebut akan merangsang kelenjar minyak untuk memproduksi lebih banyak sebum penyebab kulit berminyak.

  • Pakai Pelembab yang Tepat
Pakai Pelembab yang Tepat

* sumber: www.allure.com

Siapa bilang pelembab hanya untuk kulit kering? Pemilik kulit berminyak juga harus memakai pelembab. Manfaat pelembab tidak hanya untuk memberi kelembaban pada kulit kering, tetapi juga untuk menstabilkan kelembaban pada kulit berminyak.

Pemilik kulit berminyak sebaiknya memakai pelembab secukupnya saja. Terlalu banyak memakai pelembab juga berpotensi memperbanyak kadar minyak pada wajah.

  • Pilih Kosmetik untuk Kulit Berminyak
Pilih Kosmetik untuk Kulit Berminyak

* sumber: www.lorealparisusa.com

Cara paling penting untuk mengurangi kadar minyak di wajah adalah memakai skin care dan make up yang memang sesuai dengan jenis kulit berminyak. Kosmetik untuk kulit berminyak sudah pasti diformulasikan untuk menyerap minyak berlebih pada kulit wajah.

Di samping itu, pemilik kulit wajah berminyak juga harus mengurangi frekuensi penggunaan kosmetik. Bila terpaksa memakai kosmetik, pilih produk yang bebas minyak (oil-free) agar tidak menambah kilau minyak di wajahmu.

  • Pakai Kertas Penyerap Minyak
Pakai Kertas Penyerap Minyak

* sumber: www.elitedaily.com

Untuk mengurangi kilau minyak pada wajahmu, gunakan kertas minyak yang dirancang khusus untuk menyerap kelebihan minyak pada wajah. Kertas semacam ini banyak ditemukan di supermarket atau drug store. Gunakan kertas ini apabila Anda merasa lengket di sekitar kulit wajah.

  • Photodynamic Therapy (PDT)

Photodynamic Therapy

Bila cara-cara sederhana tak lagi mampu mengatasi minyak berlebih pada wajah, pertimbangkan untuk melakukan pengobatan medis dengan dokter spesialis kulit. Salah satu jenis pengobatan medis untuk mengatasi kulit wajah berminyak adalah Photodynamic therapy (PDT).

Sekadar informasi, ini merupakan terapi dengan menggunakan obat khusus, lalu kulit akan disinari dengan cahaya LED. Fungsi dari terapi ini untuk mengurangi aktivitas kelenjar minyak sehingga produksi sebum pun berkurang.

  • Terapi Laser
Terapi Laser

* sumber: www.allure.com

Selain PDT, ada juga solusi medis lainnya untuk mengatasi kulit berminyak, yakni dengan terapi laser. Fungsinya juga sama, yakni mengurangi aktivitas kelenjar minyak untuk meminimalisir produksi sebum yang menyebabkan tampilan kulit wajah berminyak.

Selain mengatasi kulit wajah berminyak dengan cara-cara umum di atas. Anda juga bisa mengurangi produksi minyak berlebih di kulit wajah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Bahan alami ini nantinya akan dijadikan masker. Apa saja bahan alami yang cocok untuk atasi wajah berminyak? Cek daftarnya di bawah ini.

Cara Menghilangkan Wajah Berminyak

Setelah mengetahui apa saja pemicu yang membuat kulit Anda berminyak, mari kita beralih ke bagaimana cara untuk menghilangkan minyak di muka Anda. Banyak cara yang dapat Anda tempuh untuk mendapatkan wajah yang bebas minyak, seperti berikut ini:

  • Susu

Susu Murni

Susu merupakan salah satu bahan yang cukup ampuh dalam menghilangkan minyak dan menyerap kotoran di wajah Anda. Anda dapat menggunakan produk pembersih yang berbahan dasar susu atau dengan cara alami seperti mengoleskan susu plain dengan menggunakan kapas di keseluruhan wajah Anda. Diamkan beberapa saat lalu bersihkan dengan menggunakan air hangat.

  • Putih Telur
Putih Telur

* sumber: www.medicalnewstoday.com

Pernah mencoba maskeran menggunakan putih telur? Kalau Anda memiliki kulit berminyak pastinya wajib mencobanya. Hanya dengan mengocok putih telur hingga berbuih lalu oleskan pada wajah secara merata Anda dapat mengurangi minyak berlebih di wajah Anda. Sederhana sekali bukan?

  • Lemon
Lemon

* sumber: happymoneysaver.com

 

Selain bermanfaat untuk menghilangkan jerawat dan membuat wajah tampak cerah, lemon juga dapat dijadikan masker wajah untuk Anda yang kulitnya berminyak. Caranya, peras lemon secukupnya lalu oleskan ke seluruh wajah menggunakan kapas. Diamkan 15-20 menit lalu bilas. Anda dapat menggunakannya setiap malam menjelang tidur.

  • Air Garam
Air Garam

* sumber: sciencing.com

Ternyata ada lagi cara yang lebih sederhana untuk menghilangkan minyak di wajah Anda yaitu dengan mencuci muka dengan air garam setiap hari. Mudah dan murah kan?

  • Kentang
Kentang

* sumber: www.goodhousekeeping.com

 

Irisan kentang yang digosok merata pada wajah juga mampu mengurangi minyak di wajah Anda. Setelah penggosokan telah merata ke seluruh area wajah, diamkan kurang lebih 15 menit setelah itu baru bilas hingga bersih.

  • Bengkuang
Bengkuang

* sumber: beritalive.com

Seperti yang kita ketahui  bahwa bengkuang membantu mencerahkan kulit wajah, tapi ada manfaat lain yang terkandung dalam bengkuang  yaitu dapat mengatasi kulit berminyak serta mengecilkan pori-pori wajah. Caranya yaitu dengan mem-blender bengkuang lalu jadikan masker pada wajah Anda. Diamkan kurang lebih 30 menit lalu bilas hingga bersih.

  • Mentimun
Mentimun

* sumber: www.mrswages.com

 

Selain untuk lalapan atau obat darah tinggi, ternyata mentimun dapat dijadikan masker penghilang minyak. Caranya, blender mentimun lalu jadikan masker pada wajah Anda yang berminyak selama kurang-lebih 30 menit. Lakukan seminggu dua kali untuk hasil lebih baik.

  • Alpukat
Alpukat

* sumber: www.foxnews.com

 

Selain enak untuk dijadikan jus minuman, alpukat juga berguna untuk menyerap minyak pada kulit Anda. Caranya gunakan buah alpukat yang sudah dihaluskan menjadi masker, lalu didiamkan sekitar 30 menit, maka Anda akan mendapati wajah Anda bebas minyak. Tentunya hal ini berlaku jika Anda melakukannya dengan rajin minimal seminggu dua kali.

Setelah Anda membaca apa saja pemicu munculnya minyak berlebih di wajah dan bagaimana cara mengatasinya, semoga Anda yang merasa kulitnya berminyak dapat merasakan perubahan setelah mencoba beberapa tips di atas. Namun jika Anda menginginkan hal yang praktis, maka Anda dapat membeli produk pembersih wajah yang dikhususkan untuk kulit berminyak.

Ingat, semua cara menghilangkan wajah berminyak yang ditulis di atas akan percuma jika tidak didukung dengan pengobatan dari dalam seperti rajin minum air putih, tidur cukup, rajin membersihkan muka, mengurangi makanan berlemak/berminyak, dan menghindari stress. Selamat mencoba dan segera nikmati wajah Anda yang bebas minyak.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

6 pemikiran pada “Atasi Kulit Wajah Berminyak dengan Beragam Cara Ampuh Ini”

Tinggalkan komentar