Kamini.id / Bulu Mata / 10 Cara Menghitamkan Bulu Mata secara Alami dan Cepat

10 Cara Menghitamkan Bulu Mata secara Alami dan Cepat

Ditulis oleh - Diperbaharui 10 Juni 2019

Bulu mata yang berwarna gelap dan subur diidamkan semua orang karena dapat membuat mata berbinar. Tapi, tidak semua orang terlahir dengan bulu mata yang seperti itu. Ada yang bulu matanya pendek dan warnanya terang, sehingga jika tidak di-makeup akan terlihat seperti botak tanpa bulu mata sama sekali.

Jangan sedih, karena Kamini mau membagikan cara menghitamkan bulu mata secara natural dan cepat. Anda tak perlu mahal-mahal pergi ke salon untuk tanam bulu mata, cukup lakukan sepuluh hal ini saja. Selain mendapatkan warna bulu mata yang lebih gelap (hitam), bulu mata Anda juga akan jadi lebih sehat. Bagaimanakah caranya? Simak penjelasannya di bawah ini.

10 Cara Menghitamkan Bulu Mata

1. Minyak Zaitun

Minyak Zaitun

* sumber: www.fabhow.com

Pertama-tama, untuk semua langkah di artikel ini Anda pasti membutuhkan sikat maskara yang bersih. Anda bisa mencuci sikat maskara bekas atau pun membeli sikat maskara baru. Sikat ini akan selalu digunakan hingga langkah ke-10, kami tidak akan menjelaskannya lagi di bawah, ya. Selain sikat maskara, Anda bisa juga mengaplikasikan cara-cara ini dengan korek kuping atau cotton bud.

Percayakah Anda kalau minyak zaitun dapat membuat bulu mata jadi lebih hitam? Anda harus percaya karena ini merupakan fakta. Untuk menghitamkan bulu mata menggunakan minyak zaitun, Anda harus menyediakan satu sendok makan minyak zaitun. Kalau ada extra virgin olive oil lebih bagus lagi. Belum tahu perbedaan antara minyak zaitun biasa dengan yang extra virgin? Baca penjelasannya di artikel Cara Mengonsumsi Minyak Zaitun.

Anda hanya perlu mencelupkan sikat maskara ke minyak zaitun, lalu dab sikatnya ke sendok/mangkuk/handuk supaya minyaknya tidak menempel terlalu banyak. Hal ini harus dilakukan, soalnya kalau minyaknya terlalu banyak, takutnya nanti masuk ke mata dan membuat mata iritasi.

Posisikan sikat maskara di pangkal bulu mata atas dan aplikasikan minyak zaitun dengan gerakan menggergaji. Lakukan perlahan-lahan supaya minyaknya tidak terciprat ke mata. Lakukan secara berulang hingga dirasa cukup. Diamkan selama 15 menit sebelum Anda membilas bulu mata dengan air.

2. Petroleum Jelly

Petroleum Jelly

* sumber: zino.hk

Cara menghitamkan bulu mata secara alami yang ke-2 adalah dengan memanfaatkan petroleum jelly. Merk petroleum jelly yang paling terkenal adalah Vaseline. Jika Anda menggunakan Vaseline, gunakan yang original (tanpa aroma, pewarna, dan tambahan kandungan lainnya).

Ambil secuil Vaseline, gosokkan di jari Anda, lalu aplikasikan pada bulu mata seperti gambar di atas. Hanya aplikasikan Vaseline pada ujung bulu mata, bukan akarnya karena bisa mengenai mata. Lakukan setiap kali Anda mau tidur (langkah ini aman dibawa tidur). Anda bisa juga mengaplikasikan Vaseline dengan sikat maskara.

Tidak hanya saat akan tidur, penggunaan Vaseline saat Anda berdandan di pagi hari juga bisa membuat bulu mata nampak lebih gelap dan “siap” ketika disapukan maskara.

3. Lidah Buaya

Lidah Buaya

* sumber: www.fabhow.com

Lidah buaya punya 1001 fungsi. Aloe vera ini bisa dimakan, bagus untuk perawatan rambut dan kulit, bisa menyembuhkan penyakit kulit dan luka, hingga bisa menghitamkan bulu mata juga. Keren sekali memang tanaman yang satu ini. Lidah buaya mengandung bahan-bahan yang sangat efektif membuat bulu mata jadi lebih lebat.

Anda bisa langsung menggunakan lidah buaya pada bulu mata atau pun mengolahnya terlebih dahulu. Siapkan 3 sendok makan gel lidah buaya, 1 sendok teh minyak kastor, dan ½ sendok teh minyak vitamin E. Aduk semua bahan tersebut di dalam mangkuk kecil. Celupkan maskara Anda pada bahan tadi, lalu aplikasikan pada bulu mata.

Langkah ini lebih baik dilakukan pada saat Anda akan tidur, setelah Anda mencuci muka dan mengaplikasikan skin care malam. Tidak perlu dibilas, Anda bisa membiarkan lidah buaya mengering saat Anda tidur. Dalam 6 minggu pemakaian teratur, Anda akan mendapatkan bulu mata yang lebih panjang dan hitam.

4. Castor Oil

Castor Oil cara menghitamkan bulu mata

Sempat disebutkan di atas, cara menghitamkan bulu mata yang selanjutnya adalah dengan menggunakan minyak kastor alias castor oil. Minyak ini dikenal sangat baik untuk menebalkan bulu mata. Tidak hanya menutrisi folikel bulu mata, minyak kastor juga mempercepat pertumbuhan bulu mata, sehingga Anda akan mendapatkan bulu mata yang lebih panjang dan tebal dalam pemakaian teratur.

Anda bisa langsung menggunakan castor oil atau dipadukan terlebih dahulu dengan coconut oil (yang murni). Dengan menambahkan minyak kelapa murni, minyak ini jadi mengandung zat antibakteri yang dapat menjauhkan bulu mata serta area mata Anda dari infeksi. Tambahkan pula minyak vitamin E untuk bulu mata yang lebih lebat.

5. Coconut Oil

Coconut Oil

* sumber: www.littlethings.com

Seperti yang sudah disebutkan di atas, cara menghitamkan bulu mata kali ini adalah dengan menggunakan virgin coconut oil yang lebih akrab disapa VCO. Minyak kelapa murni dapat secara efektif memberikan nutrisi yang merangsang pertumbuhan rambut. Benda ini juga bersifat antibakteri, sehingga dapat membantu Anda menghindari infeksi jamur pada kelopak mata dan bulu mata Anda.

Seperti biasa, Anda bisa langsung menggunakan VCO pada bulu mata Anda. Tapi, lebih bagus lagi kalau ditambahkan bahan lainnya yang berguna, seperti minyak lavender. Tambahkan minyak lavender untuk meningkatkan pertahanan terhadap radikal bebas yang dapat menghambat pertumbuhan rambut. Perbandingannya, 2 sdm VCO : 1 atau 2 tetes minyak esensial lavender.

6. Baby Oil

Baby Oil

* sumber: www.fabhow.com

Walaupun di rumah Anda tidak ada bayi, sebaiknya Anda tetap menyediakan benda ini. Kenapa? Karena baby oil bisa digunakan dalam berbagai kesempatan. Tak ada eye makeup remover? Anda bisa menghapus riasan mata dengan benda ini. Kulit Anda sangat kering? Pakaikan saja baby oil.

Tak sampai di sana saja, baby oil juga termasuk dalam cara menghitamkan bulu mata secara alami. Baby oil dapat memanjangkan dan menggelapkan bulu mata. Soalnya baby oil mengandung bahan kimia tidak berbahaya yang mampu menutrisi sekaligus mendorong pertumbuhan bulu mata.

7. Teh Hijau

Teh Hijau

Kalau Anda hobi minum teh hijau kantongan seperti ini, bekasnya jangan dibuang, ya! Soalnya green tea bag bisa Anda manfaatkan sebagai masker mata dan penghitam bulu mata. Untuk hasil lebih maksimal, dinginkan kantung teh hijau di dalam lemari es sebelum digunakan. Jika Anda punyanya teh hijau alami (tanpa kantung), Anda bisa menggunakan kapas yang dituangkan teh hijau.

8. Serum

Serum cara menghitamkan bulu mata

Cara-cara menghitamkan bulu mata di atas merupakan serum bulu mata do it yourself dari bahan-bahan alami. Kalau Anda kurang yakin dengan kemampuan DIY Anda, beli saja serum bulu mata yang sudah jadi di pasaran. Ada banyak sekali serum bulu mata dari berbagai merk. Anda tinggal pilih saja mana yang paling Anda sukai dan cocok di kantong Anda tentunya.

Kelebihan serum pabrikan seperti ini adalah, mereka mengandung banyak zat sekaligus yang tak hanya mampu menghitamkan bulu mata, tapi juga menjaganya agar selalu sehat, ternutrisi, lebat, panjang, lentik, dan bebas dari kuman serta iritasi. Paket lengkap, deh, pokoknya! Mana lagi kemasannya praktis dan mudah digunakan.

Ingin tahu merk serum mata yang bagus? Baca di artikel Merk Serum Bulu Mata yang Bagus versi Kamini ini.

9. Henna

Henna cara menghitamkan bulu mata

* sumber: www.leaf.tv

Kali ini Kamini akan benar-benar mengajak Anda mewarnai bulu mata. Bahan yang Anda perlukan adalah henna, zat pewarna yang aman karena terbuat dari bahan natural. Carilah henna berwarna cokelat tua atau hitam. Anda bisa melihat daftar merk henna yang bagus pada artikel Rekomendasi Merk Henna. Atau, belilah henna dye kit khusus untuk alis dan bulu mata jika ada.

Sebelum mewarnai bulu mata, cover area mata Anda menggunakan petroleum jelly tebal-tebal supaya kalau henna-nya menetes tidak akan menempel di kulit Anda. Buat pasta henna secukupnya, lalu aplikasikan pada bulu mata menggunakan sikat maskara ataupun korek kuping.

Untuk meratakan dan menipiskan henna, gunakan tusuk gigi. Lakukan perlahan-lahan, hati-hati tertusuk. Diamkan henna selama kurang dari 1 jam, lalu angkat henna menggunakan handuk hangat.

10. Arang Aktif

Arang Aktif

* sumber: www.leaf.tv

Cara menghitamkan bulu mata yang terakhir adalah dengan mewarnai bulu mata pakai activated charcoal alias arang aktif. Belum tahu apa itu arang aktif? Baca penjelasannya pada artikel Manfaat Arang Aktif ini. Siapkan ½ sdm gel lidah buaya dan ½ sdm arang aktif, aduk rata menggunakan sendok.

Masukkan adonan gel ini ke dalam botol maskara bekas yang sudah dicuci terlebih dahulu dengan air dan sabun. Anda bisa juga menyimpan gel ini di kemasan lainnya dengan sikat maskara terpisah. Setiap akan melakukan perawatan, ambil adonan gel secukupnya pada sikat maskara, lalu aplikasikan ke bulu mata. Diamkan selama 30 menit – 1 jam sebelum Anda mencucinya dengan air dan sabun atau pakai eye makeup remover.

Selesai! Itulah sepuluh cara menghitamkan bulu mata secara alami dan cepat. Mudah sekali, bukan? Yang perlu Anda ingat adalah jangan menggosok kelopak mata ketika Anda melakukan perawatan, karena nanti bahan-bahan yang Anda pakai meluber dan bisa masuk ke dalam mata.

Jangan juga sering menggosok kelopak mata karena bisa membuat bulu mata rontok. Makan dan minum yang sehat-sehat, seperti kudapan yang mengandung vitamin A, B, E, serta seng, kalsium, omega acid, dan biotin yang bagus untuk kesehatan bulu mata. Anda tahu cara lainnya? Share di kolom komentar, yuk!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *