10 Cara Mengikat Rambut Keriting yang Bagus dan Mudah

Ditulis oleh Syuri

Rambut keriting adalah anugerah. Banyak orang yang bermimpi punya rambut keriting sampai-sampai mereka rela mengeriting rambut dengan obat maupun alat styling. Jadi, bersyukurlah Anda yang punya rambut keriting.

Sebenarnya rambut keriting itu sudah terlihat "gaya" walaupun cuma digerai saja. Tapi, kalau Anda mau pergi ke undangan, ke pesta, ke festival, atau untuk sekedar gaya-gayaan, bisa banget ikuti cara mengikat rambut keriting yang bagus dari Kamini ini. Cara mengikat rambut ini bisa diaplikasikan buat wanita maupun pria.

1. Big Bun

Big Bun cara mengikat rambut keriting yang bagus
*

Cara mengikat rambut keriting yang bagus dan termudah adalah dengan membuat big bun. Gaya ini bisa dibuat simpel dan elegan, tergantung seberapa rapi Anda melakukannya, aksesoris yang Anda tambahkan, dan outfit yang Anda kenakan. Kalau rambut Anda pendek atau tipis, supaya bun-nya jadi besar seperti ini, Anda membutuhkan hairdini/cepol rambut/ikat donat atau apapun Anda menyebut benda ini.

2. Twin Low Bun

Twin Low Bun

Tidak hanya anak kecil saja yang lucu kalau rambutnya dikuncir dua, Anda juga bisa. Tapi, bukankah kunciran dua adalah hal yang biasa? Uji kreativitas Anda dengan membuat gaya twin low bun ini. Gaya rambut yang satu ini cocok untuk sehari-hari maupun special occasion.

Pertama-tama, kuncir rambut Anda jadi dua, ikat rambut di bawah dekat leher. Kedua, belah rambut Anda (di atas karet kunciran), ambil rambut yang menjuntai, dan masukkan ke dalam rambut yang Anda buka tadi. Lakukan yang sama pada rambut yang satunya lagi.

Ketiga, kepang asal sisa rambut Anda, buka kepangannya sedikit, lalu putar agar membentuk bola. Anda bisa mengikat bun ini dengan karet rambut atau pun menjepitnya. Gaya rambut ini memang sengaja dibuat messy alias berantakan, jadi Anda tidak perlu merapikan rambut yang keluar-keluar dengan sisir.

3. Ikat ½

Ikat ½
*

Cara mengikat rambut keriting yang bagus kali ini buat para cowok. Kalau Anda punya rambut yang cukup panjang, bisa banget dikreasikan dengan menguncirnya setengah kunciran seperti ini. Anda bisa menatanya rapi dengan mengikatnya kencang, atau pun mengikatnya asal-asalan untuk messy & sexy look.

4. Kepang x Kuncir

Kepang x Kuncir
*

Feeling cute today? Tata rambut Anda dengan perpaduan kepangan dan kunciran ini. Membutuhkan waktu, tapi worth it! Kalau Anda tidak bisa melakukannya sendiri, minta bantuan teman atau orang terdekat juga boleh.

Pertama-tama, kuncir rambut Anda jadi dua, ikat di bawah menggunakan karet gelang. Kedua, kepang sisi rambut kanan dan kiri Anda. Kepangannya besar-besar saja, jangan terlalu padat. Ketiga, belitkan ujung rambut yang dikepang ke ikatan rambut yang di bawah. Terakhir, beri bobby pin supaya rambut Anda tidak bergeser.

5. Low Bun

Low Bun
*

Tidak hanya cewek saja yang bisa pakai low bun, cowok juga bisa. Kalau cuaca lagi panas rasanya pasti gerah banget punya rambut panjang, kan? Nah, gaya ini cocok buat Anda yang ingin terbebas dari rasa gerah dan tetap terlihat santai. Anda hanya memerlukan ikatan rambut sebanyak satu buah. Anda bisa menyepol rambut atau pun menggulungnya terlebih dahulu baru mengikatnya.

6. ½ Kepang Curly

½ Kepang Curly
*

Cara mengikat rambut keriting yang bagus kali ini paling cocok digunakan untuk acara formal. Seperti ketika Anda menjadi bride's maid, menghadiri pernikahan, mengadakan pesta, dan acara-acara penting lainnya.

Anda membutuhkan curling iron alias catokan keriting, karet gelang, bobby pin, dan hair spray. Pertama-tama, rapikan rambut Anda dengan catokan agar rambut keriting Anda terlihat lebih rapi. Setelah itu, kepang kedua sisi rambut bagian atas Anda dengan kepangan padat. Satukan kepangan di tengah dengan jepit atau ikat rambut. Terakhir, beri hair spray supaya tatanan rambut Anda tahan seharian.

7. Half Up Half Down

Half Up Half Down
*

Gaya rambut yang satu ini pas banget buat yang suka gaya quirk. Gampang, kok, membuat tatanan rambut seperti ini. Sama seperti membuat bun, hanya saja posisinya di atas kepala dan hanya memerlukan sedikit bagian dari rambut Anda. Untuk membuat rambut Anda diam, Anda bisa menggunakan bobby pin atau pun karet gelang.

8. Messy Bun

Messy Bun
*

Tidak hanya perempuan saja yang bisa bergaya dengan messy bun, laki-laki juga bisa! Cara mengikat rambut keriting yang bagus ini hanya membutuhkan satu ikatan rambut saja. Anda hanya perlu menarik semua rambut ke atas, lalu gulung rambut Anda tanpa perlu memikirkan hasilnya. Namanya juga messy bun, jadi harus berantakan, dongHihi.

9. Bantu Knots Crown

Bantu Knots Crown
*

Bantu knots crown adalah gaya yang sering dilakukan orang berkulit hitam. Bantu crown sudah seperti identitas kultur mereka. Jika Anda ingin mengapresiasi gaya ini juga tidak apa-apa. Cara membuat bantu crown adalah sebagai berikut:

  • Sisir rambut Anda yang baru dikeramas dan sudah dikeringkan. Buat belahan horizontal di bagian atas kepala.
  • Bagi rambut menjadi helaian-helaian berukuran medium, lalu pakaikan restorative cream for hair. Jika tidak ada, Anda bisa menggunakan pelembab tipe lainnya.
  • Ikat setiap helaian menggunakan karet gelang. Lalu, twist rambut hingga berbentuk bun atau knot. Agar rambut tidak goyang, ikat lagi menggunakan karet gelang.
  • Selesai! Tambahkan headpiece atau aksesoris lainnya kalau Anda mau.

10. Braid Bun

Braid Bun cara mengikat rambut keriting yang bagus
*

Cara mengikat rambut keriting yang bagus di poin ke-10 adalah perpaduan antara man bun dengan kepangan. Iya, cowok juga bisa dikepang, kok, asal panjang rambutnya memadai saja. Kalau Anda mau mengikuti gaya di atas, caranya adalah dengan mengepang rambut dari arah dahi ke belakang. Setelah itu, ujung kepangannya di satukan dengan sisa rambut yang mau diikat jadi bun. Selesai, deh! Gampang sekali bukan?

Ternyata ada banyak cara mengikat rambut keriting yang bagus, ya? Tentunya masih banyak gaya lainnya yang bisa Anda temukan di Google atau YouTube. Dari semua rekomendasi Kamini di atas, gaya mana yang paling Anda sukai?

Kategori:
cross
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram