Kamini.id / Style Rambut / Berbagai Cara Mengikat Rambut Pendek yang Simpel dan Mudah

Berbagai Cara Mengikat Rambut Pendek yang Simpel dan Mudah

Ditulis oleh - Diperbaharui 15 Januari 2020

Rambut pendek itu mudah dirawat. Tapi, rambut pendek ada kekurangannya juga, yaitu tidak ada banyak cara untuk menatanya. Rambut pendek mungkin membuatmu mati gaya, begitu pula yang rambutnya nanggung, pendek tidak tapi panjang juga tidak.

Tapi, Kamini akan mengejutkan Anda. Karena, bahwasanya, ada banyak cara untuk mengikat dan menata rambut pendek. Baik itu formal style untuk ngantor, semi-formal untuk pesta, hingga yang keren buat hangout. Sekarang Kamini mau memberi tahu Anda cara mengikat rambut pendek yang mudah tapi luar biasa.

Cara Mengikat Rambut Pendek

Punya rambut pendek dan bingung mau menata rambut seperti apa? Jangan khawatir, Kamini punya berbagai cara mengikat rambut pendek dengan berbagai gaya yang trendy.

1. Double Buns

* sumber: hairsimply.com

Gaya rambut di atas adalah double buns. Gaya rambut ini sempat ngetren banget di masa lalu, dan tak ada salahnya kalau Anda lakukan lagi sekarang. Gaya rambut ini sangat cocok untuk acara-acara sederhana seperti berkencan, jalan-jalan dengan your bff, atau pergi ke acara musik kampus!

Apa yang Anda butuhkan? Pin rambut (bobby pin), karet rambut, ya itu saja! Cara membuat double buns adalah, belah rambut Anda di tengah (dari atas ke bawah). Kuncir rambut Anda jadi dua di atas, atau boleh di bawah, terserah Anda. Setelah itu, gulung rambut yang sudah dikuncir. Sisakan sehelai rambut untuk menutupi karet gelang. Jepitkan bobby pin pada lilitan rambut tersebut, selesai!

2. Poofy Ponytail

Poofy ponytail atau dikenal juga sebagai retro/vintage ponytail. Gaya rambut ini bisa jadi tampilan formal buat kerja, ke pesta, atau pun look yang menyenangkan buat sehari-hari, loh!

Apalagi kalau misalnya Anda akan menghadiri pesta yang bertema tahun 50-an, sudah pas banget kalau Anda datang dengan rambut seperti ini! Dengan waktu dan kesabaran, Anda akan bisa membuat kuncir kuda yang gaya retro ini, walaupun dengan rambut pendek/nanggung.

Gaya rambut ini membutuhkan sasakan. Itu, loh, ketika rambut mau dikonde pasti disasak dulu, kan? Anda akan membutuhkan sisir khusus sasak (sisir yang bergerigi dan rapat, Anda bisa membelinya di toko peralatan salon).

Tujuannya adalah untuk menambah volume dan tekstur rambut. Jangan lupa semprotkan hairspray supaya sasakan Anda tidak lepas! Rambut yang disasak cuma bagian atas saja, ya. Sisa rambutnya dikuncir ponytail seperti biasa.

3. Half Up Ponytail

* sumber: www.goodhousekeeping.com

Tidak mau style rambut yang ribet? Half up ponytail saja! Gaya ini merupakan alternatif sempurna jika rambut Anda tidak cukup panjang untuk dibuat menjadi kuda poni, tapi Anda ingin menguncirnya. Half up ponytail akan membuat rambut Anda terlihat lebih tebal juga, jadi bagus buat yang rambutnya tipis!

Pisahkan rambut dengan sisir ekor tikus panjang (sisir hitam kurus dengan buntut panjang dan runcing itu loooh). Kumpulkan setengah atau seperempat rambut Anda dari atas telinga hingga belakang kepala.

Anda bisa menyisakan poni atau pun membawanya ke atas untuk diikat. Untuk tampilan kasual, Anda tak membutuhkan sisir, cukup pakai jari saja. Tapi, untuk tampilan lebih formal sebaiknya gunakan sisir, siapkan bobby pin dan semprotkan hairspray juga.

4. Easy Twist

*

Easy twist memang bukan “mengikat” rambut, tapi lebih ke menjepit rambut. Intinya sih sama, untuk membuat rambut terlihat rapi dan gaya. Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu memelintir rambut, lalu jepit supaya rambut Anda tak lepas lagi. Yang Anda butuhkan adalah sisir sasak, jepitan rambut, ikat rambut, texturizing spray.

Sisir rambut dulu agar tidak ada yang nyangkut. Semprotkan texturizing spray di bagian rambut yang mau dipelintir. Tinggal putar-putar rambut Anda, lalu jepitkan ujungnya, atau ikat dengan karet gelang dulu baru dijepitkan ke rambut Anda yang tidak diapa-apakan. Beres, deh. Gampang sekali, kan?

5. Messy Topknot

* sumber: www.ecemella.com

Topknot mirip dengan ponytail, tapi ujungnya disimpulkan (digelung ke dalam). Gaya ini jika lebih berantakan maka akan terlihat lebih bagus, aneh, ya? Hihi. Anda tinggal ambil rambut seenaknya Anda saja, lalu gelung ke dalam, dan pasang di mindset Anda kalau Anda imut. Messy topknot selesai!

6. French Braids

*Sumber: https://id.pinterest.com/pin/473933560782785769/?lp=true

Ide gaya rambut pendek selanjutnya adalah French braids. Tidak masalah rambut Anda pendek atau panjang, rambut kepang Perancis ini cocok untuk semua orang.

Ketika Anda mengalami bad hair day, ini adalah gaya rambut terbaik yang mampu menutupi tanda-tandanya. Jika Anda belum keramas selama 2-3 hari, biasanya rambut jadi lepek. Tapi, jika dikepang seperti ini, rambut Anda tidak akan terlihat belum dicuci!

7. Fuller & Longer Ponytail

* sumber: www.craftionary.net

Ketika memiliki rambut pendek, masalah utamanya adalah Anda tidak bisa membuatnya jadi ponytail. Tapi, apakah benar begitu? Jika Anda mengikuti tutorial di atas, maka rambut pendek pun bisa disulap menjadi ekor kuda yang sempurna (dan terlihat lebih panjang juga!).

Anda akan membutuhkan dua kunciran. Pertama, kuncir rambut setengah di atas, lalu kuncir lagi sisanya tepat di bawah kunciran sebelumnya. Ketika ditumpuk, maka akan terlihat seperti high ponytail yang terlihat dua kali lebih panjang daripada panjang rambut Anda yang sesungguhnya.

Cara Merawat Rambut Pendek

Semua orang tahu dasar-dasar perawatan rambut panjang. Sisir yang rapi agar tidak kusut, potong ujung rambut secara rutin agar tidak bercabang.

Namun, kebutuhan rambut pendek sangat berbeda. Kamini akan memberikan instruksi singkat untuk merawat rambut pendek Anda. Baik itu rambut cepak pixie, bobs ekstrem, kami akan memberi Anda tips dan trik terbaik untuk menjaga rambut pendek tampak sehat dan indah.

1. Cuci Rambut Setiap Hari

* sumber: www.goodhousekeeping.com

Rambut pendek membutuhkan pencucian yang lebih sering dibandingkan rambut panjang. Hal ini dikarenakan rambut pendek cenderung berminyak lebih cepat.

Rambut yang dikeramas setiap hari cenderung lebih kering, jadi jangan lupa juga untuk perawatan mingguan dengan masker rambut. Kalau Anda tak sempat keramas dan rambut terlihat lepek, Anda bisa menyelamatkannya dengan menggunakan dry shampoo (sampo kering, tak perlu dibilas).

2. Jangan Sering Menyisir

* sumber: www.parkershaving.com

Menurut ahli kecantikan rambut, short hair tidak perlu banyak disisir. Bahkan, sisir jari saja sudah cukup. Rambut pendek tidak mudah kusut seperti rambut panjang, jadi dengan disisir jari saja sudah cukup untuk merapikan dan memberikan gaya. Jika Anda benar-benar ingin menyisir rambut Anda, para ahli rambut merekomendasikan untuk menggunakan bristle brush (sisir bulu).

3. Hindari Alat Styling Panas

* sumber: www.onelittlemomma.com

Kurangi penggunaan alat styling rambut yang menggunakan panas. Sama seperti rambut panjang, rambut pendek juga tidak disarankan menyentuh alat-alat panas terlalu sering, karena dapat merusak batang rambut.

Ada banyak, kok, gaya rambut yang tidak membutuhkan blow dry, curling iron atau straightener. Anda bisa tidur setelah menggunakan leave-in conditioner dan bangun dengan rambut yang bomb abis besok paginya,

4. Rambut Beterbangan? Jinakkan dengan Kapas!

*Sumber: https://sk.pinterest.com/pin/407012885067823009/?lp=true

Flyaway strands, baby hair, rambut beterbangan, apapun Anda menyebutnya, cukup menjengkelkan. Apalagi kalau Anda ingin tampil serba rapi untuk ke pesta. Biasanya rambut berdiri ini jadi semakin parah ketika Anda bangun tidur dan belum keramas sebelumnya. “Rambut singa”, orang-orang menyebutnya seperti itu.

Tenang saja, karena ada tips untuk mengatasi lion hair, tanpa melibatkan alat-alat panas yang akan merusak rambut. Yaitu dengan membasahi bola kapas, dan oleskan pada baby hair. Simpel, kan? Selain kapas, Anda bisa menggunakan sikat gigi bersih juga.

5. Rutin Potong Rambut

Rutin Potong Rambut

* sumber: www.today.com

Potong rambut Anda setiap 3-6 minggu sekali untuk mempertahankan bentuknya. Memang, terdengar berlebihan jika harus memotong rambut setiap bulan, tapi jika Anda nyaman dengan rambut pendek dan ingin mempertahankan modelnya, maka pemeliharaan seperti ini diperlukan.

Karena, pada dasarnya, rambut tumbuh 1.2 cm per bulan. Tak hanya mempertahankan panjangnya, pemotongan rambut secara rutin berguna untuk menjaga ketebalannya agar selalu pas.

Bagaimana dengan semua model rambut yang di atas? Apakah Anda pernah mencoba semua gaya ikatan rambut yang sudah kami sebutkan?

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *