Kamini.id / Lifestyle / Gabut? Coba 10 Cara Mengisi Waktu Luang Ini Agar Tidak Bosan

Gabut? Coba 10 Cara Mengisi Waktu Luang Ini Agar Tidak Bosan

Ditulis oleh - Diperbaharui 9 April 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Gabut adalah bahasa gaul anak-anak muda masa kini yang memiliki arti menganggur atau tidak ada kerjaan. Orang yang gabut biasanya akan cepat merasa bosan. Ujung-ujungnya, mereka akan mencari pelampiasan ke hal-hal yang tidak berguna atau cenderung negatif.

Nah, biar kamu tidak mencari pelampiasan untuk mengisi waktu luangmu dengan hal-hal negatif, Kamini akan merekomendasikan 10 cara mengisi waktu luang agar tidak bosan, nih! Kamu bisa mencoba memanfaatkan waktu luangmu dengan sejumlah hal positif berikut ini.

10 Cara Mengisi Waktu Luang Agar Tidak Bosan

1. Bersih-bersih dan Berbenah

Bersih-bersih dan Berbenah Cara Mengisi Waktu Luang Agar Tidak Bosan

Cara mengisi waktu luang agar tidak bosan sebenarnya sangat mudah. Kamu tidak perlu mencari pelampiasan di luar rumah, cukup kerjakan saja hal-hal yang terlihat di depan mata, misalnya bersih-bersih kamar tidur dan rumah. Jika selama ini kamu tidak sempat untuk membersihkannya, sekaranglah waktu yang tepat untuk bersih-bersih.

Bukan hanya bersih-bersih saja, kamu juga bisa berbenah membereskan barang-barangmu. Buanglah barang yang tidak terpakai agar rumahmu jadi lebih lega. Kemudian, lanjutkan dengan menata barang-barang pribadi atau perabotan di rumah agar terlihat lebih rapi.

2. Eksplor Hobi yang Positif

Eksplor Hobi yang Positif

Setiap orang pasti punya hobi masing-masing. Ada yang suka memancing, utak-atik sepeda motor dan mobil, atau berkebun. Nah, apa hobimu? Waktu luang adalah saat yang tepat untuk mengeksplor hobi positifmu. Kamu bisa mendalami hobimu tanpa perlu buru-buru.

Siapa tahu hobi yang kamu lakukan ini dapat menghasilkan uang. Hitung-hitung kan sambil menyelam minum air; sambil menjalankan hobi, kamu juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan!

Melakukan hobi yang selama ini tidak bisa dilakukan karena terbatas waktu juga bisa membuat hati senang dan pikiran menjadi segar, lho. Bila tiba saatnya kamu harus beraktivitas lagi, kamu jadi lebih fresh karena sudah merasa puas mengeksplor hobimu.

3. Belajar dan Menambah Keahlian

Belajar dan Menambah Keahlian

Belajar tak kenal usia, lho. Kamu tidak hanya belajar di sekolah atau perguruan tinggi saja, tetapi kamu juga harus tak henti-hentinya belajar saat menjalani kehidupan sehari-hari. Orang yang mau belajar mengenai berbagai hal pasti akan menjadi lebih open minded dan berwawasan luas.

Manfaatkan waktu luangmu dengan mempelajari berbagai hal-hal baru yang positif. Kamu juga bisa menambah keahlian dengan melakukan eksperimen sendiri atau mengikuti kursus yang banyak tersedia saat ini.

Cara mengisi waktu luang agar tidak bosan ini sangat positif. Kamu akan memiliki kualitas hidup yang lebih baik karena mau mempelajari berbagai hal. Apalagi jika kamu punya keahlian tertentu, maka kamu berpotensi untuk menjadi orang yang sukses.

4. Olahraga

Olahraga

Salah satu cara mengisi waktu luang agar tidak bosan adalah dengan berolahraga. Selain murah meriah, olahraga juga dapat membuat tubuh jadi lebih sehat dan tidak mudah sakit. Apapun jenis olahraga yang Anda sukai, lakukanlah selagi ada waktu luang.

Olahraga tidak perlu merogoh kocek yang besar untuk mendaftar jadi anggota di pusat kebugaran. Cukup jalan sehat saja setiap hari. Kamu juga bisa mengunjungi car free day bareng teman-teman untuk berolahraga bersama orang lain. Di car free day, kamu juga bisa mendapat teman baru, lho! Asyik banget, kan?

5. Jadi Sukarelawan

Jadi Sukarelawan

Pernahkah kamu menyadari bahwa di dunia ini masih banyak saudara-saudara kita yang hidupnya kurang beruntung? Di saat kamu gabut dan bisa bersantai-santai di rumah, ternyata banyak orang yang membutuhkan tenaga dan bantuan kita.

Cobalah untuk menjadi sukarelawan bersama di posko bencana alam atau guru bagi anak-anak jalanan. Kegiatan positif seperti ini akan membuat waktu luangmu jadi bermanfaat. Dari kegiatan menjadi sukarelawan, kamu bisa belajar banyak hal, termasuk belajar untuk lebih bersyukur dan peduli terhadap sesama.

Menolong orang tidak akan membuatmu miskin kok. Kamu justru akan merasa bahagia secara lahir batin karena dapat menjadi pribadi yang bermanfaat bagi orang lain.

6. Jalin Silaturahmi dengan Teman dan Keluarga

Jalin Silaturahmi dengan Teman dan Keluarga

Bila selama ini kamu susah mencari waktu untuk kumpul-kumpul bersama teman dan keluarga, ini adalah saat yang tepat untuk menjalin silaturahmi. Ajak teman dan keluarga untuk bertemu dan makan bersama. Kamu bisa berbincang-bincang mengenai berbagai macam hal saat berkumpul dengan mereka.

Silaturahmi adalah suatu hal yang penting untuk tetap menjalin hubungan dengan sahabat maupun keluarga. Selain itu, kamu juga dapat mempererat tali persaudaraan satu sama lain agar tidak terputus. Bukankah lebih banyak teman lebih baik dibanding hidup seorang diri saja?

7. Memasak

Memasak

Baik pria dan wanita bisa mencoba kegiatan yang satu ini sebagai cara mengisi waktu luang agar tidak bosan. Memasak adalah hal yang sepele tapi cukup merepotkan bila tidak dilakukan dengan sepenuh hati. Kalau kamu memiliki waktu luang yang sangat banyak, cobalah untuk belajar memasak dan membuat resep baru.

Masakanmu ini bisa kamu konsumsi sendiri agar lebih hemat karena tidak perlu membeli makanan di luar. Jika kamu memiliki bakat memasak, kamu juga bisa berbisnis dengan bakatmu ini, lho. Jadi, tak ada salahnya untuk mendedikasikan semua waktu luangmu untuk bereksperimen di dapur.

8. Travelling

Travelling

Tak ada yang lebih menyenangkan dari mengisi waktu luang dengan travelling. Jalan-jalan adalah obat yang mujarab untuk membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih segar. Apalagi jika selama ini kamu adalah workaholic yang tak punya waktu untuk berlibur. Nah, waktu luangmu ini bisa menjadi saat yang tepat untuk travelling.

Kunjungi tempat-tempat yang belum pernah kamu kunjungi sebelumnya. Ajak partner untuk sama-sama melakukan travelling. Namun, jika tak ada partner maka sejatinya tak masalah untuk berjalan-jalan sendiri. Yah, hitung-hitung kamu bisa mendapatkan pengalaman baru saat travelling sendiri.

9. Cari Peluang Usaha

Cari Peluang Usaha

Meskipun saat ini kamu telah memiliki pekerjaan yang mapan, tapi tak ada salahnya jika kamu mengisi waktu luang dengan mencari peluang usaha lainnya. Semakin besar penghasilanmu, maka semakin banyak tabunganmu kelak.

Mulailah untuk browsing mencari peluang usaha yang sedang tren saat ini. Jika tak ada peluang usaha yang menjanjikan, saatnya menciptakan peluang usaha baru melalui ide-ide kreatifmu.

10. Istirahat yang Cukup

Istirahat

Selama ini kamu sudah bekerja setiap hari dan hanya memiliki waktu istirahat yang terbatas. Oleh karena itu, cara mengisi waktu luang agar tidak bosan adalah istirahat yang cukup. Tidurlah selagi ada waktu luang agar tubuhmu lebih rileks.

Dengarkan musik-musik yang pelan sambil berbaring. Hidupkan aromatherapy di kamar agar kamu menjadi lebih rileks. Istirahat yang cukup akan membuat tubuhmu jadi lebih segar saat harus kembali menjalankan aktivitas.

Itulah 10 cara mengisi waktu luang agar tidak bosan dan gabut. Kamu bisa mengisi waktu luangmu sendiri dengan kegiatan-kegiatan positif lainnya. Selagi muda, kamu harus memanfaatkan waktu yang ada untuk jadi lebih produktif.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shopee lagi ada diskon gede nih buat produk fashion!