Kamini.id / Jaket Kulit / 10 Cara Mengkilapkan Jaket Kulit agar Kembali seperti Baru

10 Cara Mengkilapkan Jaket Kulit agar Kembali seperti Baru

Ditulis oleh - Diperbaharui 10 Juni 2019

Para penggemar jaket kulit, ayo berkumpul! Pada kesempatan kali ini, Bacaterus mau memberi tahu Anda sepuluh cara mengkilapkan jaket kulit agar kembali berkilau seperti baru. Jaket kulit agak spesial karena berbeda dengan jaket yang dibuat dari bahan lainnya.

Jaket kulit itu anti angin, makannya sering dipakai oleh bikers. Jaket kulit juga universal karena bisa dipadu-padankan sama baju apa saja, mau yang style-nya tomboy atau pun feminin. Selain itu, kalau Anda pakai jaket kulit, baju apapun pasti bakal langsung terlihat keren dan classy.

Sayangnya, jaket kulit membutuhkan perawatan yang spesial. Karena, jaket kulit tidak bisa dicuci sembarangan, apalagi dimasukkan ke mesin cuci. Padahal setiap kali dipakai, jaket kulit terkena polusi debu dan asap, terkena sinar matahari yang terik, atau mungkin kehujanan.

Faktor-faktor ini dapat membuat jaket kulit jadi kehilangan kilaunya. Jika dibiarkan, jaket kulit Anda akan terlihat kusam, kering, pecah-pecah, dan akhirnya rusak. Sayang banget, kan? Makanya, rawat jaket kulit Anda baik-baik dengan 10 cara mengkilapkan jaket kulit dari Kamini berikut ini.

10 Cara Mengkilapkan Jaket Kulit

1. Periksa Petunjuk

Periksa Petunjuk cara mengkilapkan jaket kulit

Sebelum kita masuk ke pembahasan cara mengkilapkan jaket kulit, Anda harus membaca petunjuk penggunaan terlebih dahulu. Biasanya, di balik jaket kulit suka ada label petunjuk cara mencuci dan membersihkan jaket tersebut. Setiap jaket kulit bisa memiliki cara perawatan yang berbeda tergantung pada jenis, tekstur, dan warna kulitnya.

Biasanya, di label itu juga ada cara membersihkan jaket yang paling tepat, misalnya jika ada tulisan “do not bleach” berarti tidak disarankan untuk menggunakan produk pemutih pakaian. Alangkah baiknya jika Anda mengikuti saran yang sudah tertera pada label jaket untuk mencegah terjadinya kerusakan.

2. Dry Cleaning

Dry Cleaning

* sumber: dubaipackage.org

Nah, untuk cara mengkilapkan jaket kulit yang pertama adalah dengan dry cleaning. Maksudnya bukan dimasukkan ke mesin cuci dengan mode dry cleaning, ya, tapi merupakan metode pembersihan kering (tanpa air). Anda dapat membersihkan jaket kulit dari debu serta kotoran dengan menggunakan spons atau kain yang lembut. Jika kotoran dari permukaan jaket terangkat, tentunya jaket Anda akan terlihat mengkilap, bukan?

3. Sabun Cuci Piring

Sabun Cuci Piring

* sumber: www.hunker.com

Di atas tadi merupakan cara mengkilapkan jaket kulit dengan metode kering. Sekarang kita akan masuk ke cara yang membutuhkan air. Tahukah Anda, kalau Anda dapat membersihkan jaket kulit dengan sabun? Produk sabun yang dapat digunakan berupa sabun cuci piring, sabun cuci tangan, dan sabun/sampo bayi. Detergen—terutama detergen bubuk—kurang direkomendasikan karena dapat mengubah tekstur dan warna jaket kulit.

Pertama-tama, siapkan mangkuk sedang/besar, sabun cair, dan air hangat. Kedua, tuangkan sabun ke mangkuk dan campurkan dengan air hangat yang agak banyak. Ketiga, aduk larutan air dan sabun hingga teraduk rata. Larutan ini akan aman digunakan pada jaket Anda karena termasuk larutan ringan.

Celupkan kain/spons bersih ke dalam larutan tersebut, lalu lap jaket kulit Anda dengan lembut. Jika jaket Anda memiliki serat atau detil tertentu, lap jaket mengikuti alur serat permukaan bahan jaket supaya tidak rusak. Jangan lupa Anda harus menghilangkan semua sisa sabun sebelum dikeringkan.

4. Handuk Basah

Handuk Basah

* sumber: gestaosul.com.br

Anda bisa juga membuat jaket kulit terlihat mengkilap kembali dengan menggunakan handuk basah saja tanpa sabun. Caranya, celupkan handuk yang seratnya lembut ke dalam air, peras kelebihan airnya supaya handuknya jadi lembab saja. Soalnya kalau handuknya terlalu basah, airnya bisa meresap ke dalam jaket kulit. Seka jaket Anda dengan perlahan-lahan. Jangan lupakan sudut jaket yang sulit dijangkau dan bagian lipatan jaket.

5. Pembersih Kulit

Pembersih Kulit cara mengkilapkan jaket kulit

* sumber: mr-blacks.com

Cara mengkilapkan jaket kulit yang selanjutnya adalah dengan menggunakan produk pembersih kulit. Anda bisa menggunakan produk pembersih kulit yang universal (untuk tas, sepatu, dan pakaian) atau yang khusus pakaian saja.

Produk pembersih kulit ada yang bentuknya lotioncream, dan spray. Cara menggunakannya, tuangkan pembersih kulit ke spons/kain yang lembut, lalu gosok seluruh permukaan jaket Anda secara merata. Jika sudah, diamkan selama beberapa waktu supaya produk pembersihnya meresap dan kering.

Pembersih kulit mengandung bahan-bahan yang pasti ampuh untuk mengangkat noda dari jaket kulit Anda. Selain itu, produk seperti ini biasanya telah mengandung bahan khusus untuk melemaskan, melembutkan, dan menjaga kulit dalam keadaan prima.

Harga pembersih kulit memang agak lumayan mahal, tapi produk ini bisa Anda pakai hingga berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun. Anda bisa mendapatkannya di toko produk-produk kulit atau di Bukalapak dengan mengunjungi link ini.

6. Leather Conditioner

Leather Conditioner

Setelah jaket Anda bersih dari debu dan kotoran, sekarang waktunya perawatan. Anda membutuhkan produk yang namanya leather conditioner alias pelembut kulit. Produk ini berguna untuk melembutkan, melembabkan, melenturkan, menjaga kilau, dan mencegah kotoran menempel di jaket kulit.

Oleskan leather conditioner pada seluruh permukaan jaket kulit bagian luar. Dengan rutin mengaplikasikan pelembut kulit, jaket Anda akan terlihat shiny dan terhindari dari retak bahkan pecah. Anda dapat menemukan produk seperti ini di Bukalapak lewat link ini.

7. Minyak Zaitun

Minyak Zaitun

* sumber: gestaosul.com.br

Jika tak ada leather conditioner juga tak apa-apa, Anda bisa memanfaatkan minyak zaitun. Selain zaitun, Anda bisa juga menggunakan minyak sayur, minyak kelapa, dan minyak esensial yang ringan. Dengan menggosokkan minyak zaitun pada seluruh permukaan jaket, maka jaket Anda akan mengkilap dan terhindar dari kerusakan. Beli minyak zaitun di Bukalapak melalui link ini.

8. Semir

Semir cara mengkilapkan jaket kulit

* sumber: www.revzilla.com

Jika warna jaket Anda sudah benar-benar kusam, mungkin Anda memerlukan semir. Anda dapat menggunakan semir khusus jaket kulit maupun semir universal. Sama seperti leather conditioner, semir kulit juga bentuknya ada bermacam-macam. Ada yang berbentuk liquid (biasanya menggunakan botol semprot), krim, dan lotion.

Mau seperti apapun tipe semirnya, sebaiknya Anda melakukan proses semir secara bertahap. Jadi, Anda fokus pada satu bagian dulu sebelum pindah ke bagian lainnya. Jika sudah, jemur jaket hingga semir meresap dan kering.

9. Keringkan Jaket

Keringkan Jaket

* sumber: helloblackbird.blogspot.com

Untuk mengeringkan jaket, ada cara khususnya, loh. Anda harus menjemur secara alami, tapi Anda tidak boleh menjemur jaket kulit langsung di bawah sinar matahari. Anda hanya perlu mengangin-anginkan jaket saja. Kalaupun Anda mau menjemur jaket di udara terbuka, jangan sampai terkena sinar matahari langsung, ya.

10. Bawa ke Profesional

* sumber: www.leatherjacketshop.com.au

Cara mengkilapkan jaket kulit yang terakhir adalah dengan membawanya ke profesional. Jika Anda tidak yakin dapat membersihkan jaket sendirian, lebih baik bawa ke ahlinya saja, kan? Tentu para profesional lebih tahu cara merawat setiap jaket dengan bahan yang berbeda-beda. Jadi, untuk amannya, bawa saja jaket Anda ke tempat Anda membelinya atau ke toko khusus pembersih barang-barang kulit.

Itulah sepuluh cara mengkilapkan jaket kulit versi Bacaterus. Sebenarnya membersihkan jaket kulit itu mudah, asal Anda berhati-hati saja. Dengan pembersihan dan perawatan rutin, jaket Anda pasti akan bersih dan mengkilap lebih lama. Selamat mencoba! Jika Anda tahu cara lainnya untuk membuat jaket kulit berkilau, bagikan di kolom komentar, ya.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar