Kamini.id / VCO / 10 Cara Mengkonsumsi VCO (Virgin Coconut Oil) yang Baik

10 Cara Mengkonsumsi VCO (Virgin Coconut Oil) yang Baik

Ditulis oleh - Diperbaharui 15 September 2019

VCO alias Virgin Coconut Oil adalah minyak yang diperoleh langsung dari santan kelapa segar. VCO bukan minyak untuk menggoreng atau memasak, ya. VCO dibuat tanpa melalui proses kimia, penyulingan, pemanasan, pemutihan, dan pemberian aroma, sehingga sifatnya murni dan menyehatkan. VCO memang tidak terlalu populer di kalangan masyarakat Indonesia, padahal minyak ini punya segudang manfaat bagi kesehatan, loh.

Virgin Coconut Oil diyakini baik untuk kesehatan tubuh dan dapat meningkatkan stamina untuk pria dan wanita. Bahkan, bagi penderita penyakit tertentu, VCO sudah dimasukkan ke dalam list pengobatan atau terapi mereka. VCO juga sangat bagus untuk kecantikan tubuh dan kulit wajah. Tapi, sekarang Kamini akan fokus pada cara mengkonsumsi VCO dan sedikit menjelaskan bagaimana manfaatnya untuk tubuh Anda.

Cara Mengkonsumsi VCO (Virgin Coconut Oil)

1. Minum

Minum cara mengkonsumsi VCO

* sumber: www.biobalance.co.nz

Virgin Coconut Oil sama seperti minyak zaitun ekstra virgin yang bisa langsung Anda konsumsi. VCO dapat menjaga stamina dan kekuatan Anda. Jika diminum secara rutin, tubuh Anda akan jadi lebih sehat dan kuat menghalau berbagai macam penyakit.

VCO sangat baik untuk orang yang cepat kelelahan, anemia, perokok aktif maupun pasif, serta penderita penyakit tulang (seperti osteoporisis, dll). Aturan minum VCO yang baik adalah sebanyak 2 sendok makan setiap harinya untuk hasil terbaik.

Namun, untuk orang yang sedang stres, dehidrasi, atau diare, sebaiknya mengonsumsi 3 sendok makan VCO setiap hari. Anda sulit buang air besar? Minumlah 2 sendok makan VCO. Flu ringan hingga flu berat juga bisa cepat sembuh dengan VCO, minumlah 2 sendok makan VCO setiap hari. Jika Anda flu dan batuk, Anda bisa menambahkan perasan jeruk nipis/lemon dan madu.

VCO juga dapat membantu proses kelahiran, loh. Minumlah 1 sendok makan VCO beberapa jam sebelum melahirkan. Tidak sampai di situ saja, setelah melahirkan, lanjutkan konsumsi VCO secara rutin. VCO dapat menambah produksi ASI dan ASI pun jadi lebih berkualitas, sehingga si kecil tidak akan kekurangan makanan.

2. Menggoreng

Menggoreng

Virgin Coconut Oil bisa menjadi pengganti minyak untuk memasak, menumis, hingga menggoreng (deep fried). Minyak kelapa curah dan minyak kelapa kemasan yang ada di pasaran mengandung lemak jenuh yang tinggi. Hal ini dikarenakan minyak goreng tahan terhadap oksidasi dan tetap stabil ketika digunakan pada suhu tinggi.

Akan tetapi, VCO juga memiliki sifat yang sama dengan minyak goreng, yaitu tahan terhadap oksidasi dan bisa dipakai pada suhu tinggi. Dan, Virgin Coconut Oil jauh, jauh, jauh lebih sehat daripada minyak goreng biasa.

Tak seperti minyak goreng yang mengandung lemak jenuh, VCO tidak menghasilkan radikal bebas yang dapat membahayakan tubuh ketika dipanaskan. Bahkan, VCO aman digunakan hingga beberapa kali. Jadi, ganti minyak goreng Anda sekarang juga menggunakan VCO.

3. Roti

Roti

* sumber: www.coconutmagic.com

Selain bisa jadi pengganti minyak goreng, VCO juga bisa digunakan sebagai pengganti margarin atau mentega untuk roti Anda, loh! Olesi roti tawar dengan 1 sdm VCO setiap kali Anda akan sarapan. Tentunya VCO jauh lebih sehat dari pada margarin, apalagi mentega. Jika Anda bingung dengan perbedaan margarin dan mentega, Anda bisa membacanya di sini.

4. Sayur

Sayur

* sumber: www.meltorganic.com

VCO sangat baik untuk meningkatkan metabolisme tubuh. VCO juga merupakan minyak diet yang paling sehat, paling serbaguna, dan bisa langsung dikonsumsi. VCO memiliki titik leleh yang sama seperti mentega, sehigga bisa digunakan untuk menumis sayuran juga.

Ya, cara mengkonsumsi VCO yang selanjutnya adalah dengan menjadikannya pengganti minyak atau margarin untuk menumis cah sayur. Rasa sayuran Anda juga akan jadi lebih gurih dan ada wangi kelapanya jika menggunakan VCO.

5. Nasi

Nasi

* sumber: levelground.com

Anda mungkin waktu kecil pernah makan nasi + mentega + kecap. Nah, mirip-mirip seperti menu unik itu, Anda bisa juga menambahkan VCO pada nasi Anda.

Caranya, campurkan 1 sendok makan VCO pada nasi panas. Kalau bisa, nasinya yang baru matang, jangan yang sudah dihangatkan seharian. Anda bisa langsung menambahkan 2 sdm VCO pada nasi di dalam rice cooker juga supaya rasanya lebih gurih dan nasinya lebih pulen.

6. Smoothies

Smoothies

* sumber: www.eatingwell.com

Pernah terpikirkan untuk memasukkan minyak ke dalam smoothies? Mungkin tidak. Tapi, minyak yang satu ini bukan sembarang minyak, tapi minyak yang menyehatkan. Anggap saja Anda memasukkan sirup atau gula ke dalam smoothies Anda.

7. Cream Pie

Cream Pie

* sumber: levelground.com

Anda ingin mencoba membuat pie yang tidak perlu dipanggang atau dibakar? Di resepnya menggunakan VCO, loh. Kue yang tidak dipanggang jauh lebih praktis dan lebih sehat. Yuk, baca resepnya di sini.

8. Pancake

Pancake

* sumber: id.pinterest.com

Cara mengkonsumsi VCO yang selanjutnya adalah dengan membuat pancake VCO. Pancake yang dibuat dengan VCO biasanya lebih fluffy, tebal, dan tercium aroma kelapa yang gurih. Berikut adalah bahan-bahan dan cara membuatnya.

Bahan:

  • 100 g cake flour
  • 2 sdm gula
  • 1 sdm corn starch
  • 1/2 sdm baking powder
  • sejumput garam
  • 1 buah telur
  • 90 ml susu
  • 1 sdm VCO

Cara membuat:

  • Masukkan bahan-bahan kering ke mangkuk, aduk hingga rata menggunakan hand whisk.
  • Pecahkan telur di mangkuk yang berbeda, tuang susu, aduk juga menggunakan hand whisk.
  • Masukkan bahan kering yang tadi ke dalam mangkuk telur dan susu. Masukkan sedikit demi sedikit supaya tidak menggumpal.
  • Masukkan VCO dan aduk sebentar.
  • Tutupi mangkuk tersebut dengan plastik, kalau ada plastic wrap, diamkan selama 5 menit.
  • Panaskan frying pan anti lengket dalam api kecil.
  • Masak pancake, selesai!

9. Energy Bar

Energy Bar

* sumber: levelground.com

Anda pasti sering melihat produk energy bar di swalayan. Daripada beli yang dibuat dipabrik, lebih baik buat sendiri di rumah. Bahan-bahannya jelas lebih aman dan sehat jika Anda membuatnya sendiri, kan? Energy bar ini cocok banget dimakan sebagai camilan, bekal anak sekolah, atau disaat piknik dan hiking. 

Energy bar biasanya dibuat dari buah-buahan seperti kurma, kismis, pisang kering, kacang-kacangan, oats, biji-bijian dan lain-lain. Untuk mengetahui cara membuatnya, Anda dapat membacanya di sini.

10. Minuman Hangat

 Minuman Hangat

* sumber: www.thealternativedaily.com

Cara mengkonsumsi VCO yang terakhir adalah dengan menambahkannya pada minuman hangat, baik itu teh, kopi, maupun coklat. Campurkan VCO secukupnya pada minuman Anda agar rasanya jadi lebih gurih dan lembut. Tenang saja, minuman Anda tidak akan jadi terlihat berminyak, kok.

Itulah 10 cara mengkonsumsi VCO dari Kamini. Cara lainnya untuk mengonsumsi VCO adalah dengan memasukkannya ke adonan roti, cake, atau kue kering buatan Anda. VCO merupakan minyak yang sangat menyehatkan. Kami sarankan ganti minyak goreng Anda sekarang juga dengan VCO demi kesehatan yang lebih baik.

Anda pun bisa membuat VCO sendiri di rumah dengan mudah. Cara membuat VCO telah Kamini rangkum selengkapnya dalam artikel berikut ini. Selamat mencoba!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar