Kamini.id / Bra / Inilah Cara Mengukur Bra yang Benar Agar Nyaman Dipakai

Inilah Cara Mengukur Bra yang Benar Agar Nyaman Dipakai

Ditulis oleh - Diperbaharui 26 Januari 2020

Apakah kamu pernah mendengar kalau sebanyak 75% perempuan mengenakan ukuran bra yang salah? Sangat disayangkan, fakta tersebut benar adanya. Menemukan ukuran bra yang tepat merupakan bagian ilmu dan seni, dengan sedikit ketekunan tentunya. Tidak ada kalkulator ajaib untuk mengukur bra yang pas bagi semua perempuan.

Tidaklah menyenangkan untuk mengukur diri sendiri tapi hal ini sangat berharga. Mengenakan ukuran bra yang tepat dapat membantu pinggang terlihat lebih ramping, payudara terlihat lebih penuh dan tubuh terlihat lebih tinggi. Bahu dan punggungmu akan terasa nyaman dan pakaianmu akan terasa lebih pas.

Apakah Kamu Sudah Mengenakan Ukuran Bra yang Tepat?

Ukuran Bra yang Tepat

* sumber: www.indy100.com

Ada tanda yang dapat menunjukkan bahwa kamu mungkin tidak mengenakan ukuran bra yang tepat. Ini dapat dilihat jika terdapat kerutan pada cup bra, kawat bra membuat payudaramu menyembul keluar di bagian sisi, tali yang naik ke atas, cup yang terlalu kecil sehingga payudara tak pas berada dalam cup, tali yang melorot atau bra yang naik ketika kamu mengangkat tangan.

Ada faktor-faktor yang menyebabkanmu mengganti ukuran bra, seperti kenaikan atau penurunan berat badan, jadwal aktivitas olahraga, kehamilan, dan perubahan pola makan.

Jika kamu menderita salah satu masalah dengan bra yang tidak pas, ada dua solusi. Pertama, kamu bisa pergi ke tukang bra professional dan yang kedua, keluarkan alat pengukur dan ikuti cara mengukur bra berikut ini.

Bagaimana Kamu Tahu Kalau Kamu Sudah Menemukan Bra yang Cocok?

Bra yang Cocok

* sumber: www.youtube.com

Layaknya ketika kamu jatuh cinta, saat kamu menemukan bra yang cocok, kamu akan langsung mengetahuinya. Payudaramu akan akan berada dalam tempat yang kamu inginkan dan terlihat seperti yang kamu inginkan. Kamu harus merasa payudaramu terangkat dan bahumu akan terdukung, tanpa rasa sakit.

Kamu juga akan tahu saat bra yang kamu pilih tidak tepat karena kamu akan terus merasakan ketidaknyamanan tersebut. Berbeda hal ketika bra-mu terasa nyaman, kamu akan merasa bugar dan kamu tidak akan memikirkan bra yang kamu pakai sama sekali. Yang penting, kamu akan merasa aman, nyaman, percaya diri, dan kamu bisa mengendalikan harimu.

Apakah Bra yang Kamu Pakai Sudah Pas?

Periksa kecocokan bra yang kamu gunakan dilihat dari empat halm, yaitu tali, band, cup, dan gore tengah.

  • Tali
Tali Bra

* sumber: parfaitlingerie.com

Tali bra yang dapat disesuaikan memungkinkanmu untuk terus mendapatkan panjang tali yang pas karena tali bisa melonggar akibat dari pemakaian yang sudah lama.

Tali bra yang kamu gunakan harus berada di tempatnya tanpa menjadi terlalu kencang atau longgar. Jika tali bra terlalu kencang atau longgar, mungkin ukuran tali bra yang kamu gunakan salah.

  • Band
Band Bra

* sumber: parfaitlingerie.com

Perlu diingat kalau band bukanlah tali. Band merupakan bagian yang memberikan tumpuan terbesar pada bra. Band harus pas ukurannya tetapi tidak terlalu ketat.

Kamu harus bisa memasukkan jari di antara band bra dan tubuhmu. Bra yang baru harus pas saat dikenakan pada barisan kait yang paling longgar karena bra akan menjadi longgar sesudah dipakai lama.

Seiring dengan umur bra, maka kamu akan beralih ke deretan kait yang lebih kencang. Band seharusnya tidak naik. Jika ada celah di bagian bawah cup, berarti band sudah terlalu longgar. Ini pertanda sudah waktunya kamu membeli bra yang baru.

  • Cup
CUp Bra

* sumber: www.aliexpress.com

Cup bra kamu harus terlihat penuh dan halus tapi tidak “tumpah”. Jika cup terlihat kosong, artinya kamu butuh ukuran cup yang lebih kecil.

Jika payudaramu keluar melebihi cup, artinya kamu memerlukan ukuran cup yang lebih besar atau bra dengan cakupan cup yang lebih luas atau sisi yang lebih tinggi. Kalau pakai bra underwire, maka itu harus rata di dada tanpa menjepit di mana pun.

  • Center Gore

* sumber: www.thelingerieaddict.com

Center gore yang benar pas menempel di dadamu. Jarimu tidak boleh bisa masuk dan menempel di bawah center gore tersebut. Bila jarimu bisa masuk berarti kamu memilih ukuran bra-yang tidak tepat.

Cara Mengukur Bra

Mengukur Bra

* sumber: parfaitlingerie.com

Kesalahan pertama yang dilakukan oleh para perempuan adalah bertanya, ‘Berapa ukuran bra saya?’. Kesalahan lain adalah mempunyai gagasan yang sudah terbentuk sebelumnya tentang ukuran bra yang harus kamu kenakan.

Ada kumungkinan belahan dadamu tidak berada di tempat yang sama seperti lima tahun yang lalu. Selain faktor usia dan gaya hidup, ukuran bra juga akan bervariasi bergantung pada hal kecil dari bra itu sendiri.

Namun meski ukuran bra berbeda dari satu merek ke merek lainnya, ada dua pengukuran dasar yang akan memandumu, yaitu ukuran tali dan ukuran cup.

Banyak kalkulator ukuran bra online yang bisa melakukan perhitungan untukmu, tapi jika ingin lebih pasti, ikuti cara berikut.

1. Ukur Band (Lingkar Bawah) Bra

Ukur Band (Lingkar Bawah) Bra

* sumber: annaskoblikova.com

Pakailah bra-mu tapi jangan gunakan sport atau mini bra. Cobalah berdiri tegak tanpa bra dan ambil tali meteran kemudian ukurlah bagian belakang bra dan bagian bawah payudaramu, yang merupakan tempat untuk band bra. Pastikan tali meteran berputar dalam garis yang stabil dan rata.

Ketika mengukur, pastikan tali meteran terasa pas, tapi juga tidak terlalu kencang. Ukur dalam inci: jika hasil ukuranmu berangka genap, itulah ukuran band bra-mu. Jika hasilnya adalah angka ganjil, bulatkan ke inci terdekat.

2. Ukur Ukuran Cup Bra

Ukuran Cup Bra

* sumber: www.today.com

Untuk urusan cup bra, banyak penjual yang menyarankanmu untuk mengenakan ukuran yang menjadi favoritmu, yaitu yang paling nyaman. Dengan demikian, payudaramu disangga pada tempat yang kamu inginkan. Kemudian ukurlah bagian lingkar dadamu. Setelah itu, kurangi hasil ukuran band dari hasil pengukuran bust atau lingkar dada tadi.

Perbedaan hasil tersebut akan menunjukkan ukuran cup bra-mu. Kombinasikan ukuran band bra dengan ukuran cup bra, sehingga kamu akan mendapatkan angka yang diikuti dengan huruf, misalnya 32C. Hasil pengukuran akan menjadi acuanmu, tapi ingat, ada banyak nuansa yang terlibat dalam mendapatkan ukuran yang sempurna.

3. Cara Mengukur Ukuran Bra Olahraga

Ukuran Bra Olahraga

* sumber: www.dreamstime.com

Tak jauh beda dari bra yang biasa, menemukan ukuran yang tepat untuk bra olahraga pada dasarnya sama. Namun ada hal yang lebih penting. Bra yang kamu pilih bra yang cup-nya cukup mendukung untuk mengangkat beban dari bahu dan menekan jaringan untuk menghentikannya bergerak saat kamu berolahraga.

Payudara bergerak ke atas dan ke bawah sebanyak delapan inci ketika kamu berolahraga. Hal ini bisa membuat ligamen Cooper tegang dan mengakibatkan kerusakan yang tahan lama. Oleh karena itu, pastikan kamu memilih bra dengan benar-benar menyangga dengan tepat.

Bra dengan level support rendah merupakan yang terbaik untuk yoga dan berjalan. Level medium cocok untuk menari, dan bermain ski dan bersepeda. Sedangkan level support yang tinggi cocok untuk berlari, aerobik, dan HIIT atau high-intensity interval training. Perlu diingat kamu harus mengganti bra olahraga setiap setelah dicuci 30-40 kali karena bra akan kehilangan elastisitasnya.

4. Mengkonversi Ukuran Bra

konversi Ukuran Bra

* sumber: www.netbase.com

Tiap merek memiliki ukuran yang berbeda. Bra yang dibuat oleh merek AS mempunyai ukuran yang berbeda dari bra yang dibuat di Eropa atau Inggris, jadi apa pun ukuran di atas D-cup mungkin perlu dikonversi.

Memilih bra tak kalah peliknya seperti memilih pasangan hidup. Semuanya harus serba pas agar kamu nyaman memakainya karena bra yang ukurannya tidak cocok akan menganggu aktivitas keseharianmu. Jangan lupa untuk menemukan merek bra yang bagus agar kamu nyaman memakainya.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *