Kamini.id / Prewedding / Ladies, Ini 10 Cara Menilai Pria yang Serius untuk Menikah

Ladies, Ini 10 Cara Menilai Pria yang Serius untuk Menikah

Ditulis oleh - Diperbaharui 12 Agustus 2019

Semakin bertambah usia, akan tiba waktunya seorang wanita bertanya-tanya. ‘Seperti apa sih pria yang serius untuk menikah?’ Ini bukan pertanyaan satu orang wanita saja, tetapi rasanya semua wanita akan mempunyai pertanyaan yang sama. Apa kamu salah satunya?

Mungkin kamu sudah punya seseorang. Kamu berharap dialah yang akan jadi kepala keluarga untuk keluarga kecilmu. Namun, sebagaimana manusia pada umumnya, kamu perlu sesuatu untuk membunuh ragu. Dalam hal ini, kamu perlu menilai keseriusan dia terlebih dulu.

Menilai pria yang serius untuk menikah akan sangat membantu kamu menguatkan keyakinan. Pernikahan bukan sesuatu yang main-main, jadi nggak salah kalau memang kamu perlu sesuatu supaya yakin bahwa dia adalah orang yang tepat.

Artikel dari Kamini berikut bisa menjadi salah satu sumber referensi kamu untuk menilai pria yang serius untuk menikah. Kamu cuma perlu meluangkan waktu untuk membacanya dengan seksama. Lalu, jadikan cara-cara yang tertulis di sini sebagai salah satunya tetapi bukan satu-satunya. Mari simak baik-baik 10 cara menilai pria yang serius untuk menikah.

1. Perubahan

Perubahan

* sumber: www.lukasleonte.com

Biasanya pria yang sudah ingin serius untuk menikah, pelan-pelan akan berubah dengan sendirinya. Untuk mengetahui ini, kamu cuma perlu lebih peka dari biasanya. Perhatikan baik-baik, apa saja yang telah berubah dari dia? Tentu saja, perubahan yang dimaksud adalah perubahan yang positif.

Apakah dia yang sebelumnya pemalas jadi lebih semangat? Apa dia yang sebelumnya biasa saja jadi lebih rajin bekerja? Perubahan semacam itu bisa dirasakan sendiri tanpa perlu ditanyakan.

2. Sikap

Sikap

* sumber: www.glamour.com

Menilai pria yang serius untuk menikah bisa juga dari sikapnya. Kebanyakan pria akan memantaskan dirinya sendiri ketika sudah serius untuk menikah. Sebagaimana pria pada umumnya, mereka nggak mengungkapkan itu dengan kata-kata. Maka, dengan sikap lah mereka menunjukkannya.

Dia akan bersikap lebih dewasa dari sebelumnya. Lebih bijaksana dalam menghadapi sesuatu. Contoh kecilnya, kamu bisa menilai itu dari cara dia memperlakukanmu. Apakah dia lebih sering menemui kamu? Berkunjung ke rumah dan berbincang dengan orang tuamu bisa jadi salah satu contohnya.

3. Komitmen

Komitmen

* sumber: engagedonmaui.com

Menikah berarti berkomitmen. Sebelum itu, kamu bisa menilai pria yang serius untuk menikah dari komitmen kecil yang dia buat. Mulai dari yang sederhana saja, apa dia bisa menepati ucapannya?

Misalnya, kalau dia bilang akan menjemput pukul empat sore, dia akan datang tepat waktu. Kalau dia bilang akan berhenti membeli sesuatu yang kurang penting, kamu bisa menilainya sendiri. Kalau dia bisa memegang komitmen, bisa jadi dia sudah serius untuk menikah.

4. Penerimaan

Penerimaan

* sumber: www.womenfitness.org

Menikah berarti menerima seutuhnya. Kalau dia adalah seorang pria yang serius untuk menikah, artinya dia sudah harus menerima kamu seutuhnya. Nggak sulit untuk menilainya, perhatikan saja dari cara dia berkomunikasi. Apa dia masih banyak berkomentar tentang kamu?

Kurang ini, kurang itu, jangan begini, jangan begitu. Mungkin maksudnya baik, tetapi kalau terjadi terus menerus atau bahkan sampai ke hal-hal yang kurang penting, lama-lama kamu nggak nyaman juga. Ketika dia serius untuk menikah, berarti dia sudah bisa memberi toleransi untuk segala kekurangan kamu.

5. Kematangan

Kematangan

* sumber: financialrescuellc.com

Pria adalah kepala keluarga. Jadi, pria yang serius untuk menikah akan mematangkan dirinya untuk menjadi kepala keluarga. Kamu bisa menilai ini dengan mengamati caranya menyelesaikan masalah. Apakah dia bertambah matang dari sebelumnya?

Dalam arti, dia sudah punya persiapan untuk menikah. Misalnya, menyisihkan penghasilan yang dikhususkan untuk biaya pernikahan. Atau membuat perencanaan keuangan untuk menjamin keluarga kecilnya nanti. Kalau kamu sudah melihat itu, bisa diartikan kalau dia memang serius untuk menikah.

6. Keterbukaan

Keterbukaan

* sumber: www.theladders.com

Menikah berarti membagi separuh hidupnya. Biasanya, pria yang serius untuk menikah akan lebih terbuka kepada calon pasangannya. Nggak susah untuk menilai ini, kamu tinggal mengingat-ingat saja. Pernahkah dia bercerita sesuatu yang biasanya nggak dia ceritakan ke orang lain?

Misalnya, masalah yang dihadapi keluarganya. Masalah yang dia hadapi di kantor. Kalau dia semakin terbuka waktu dia bersama kamu, bisa diartikan kalau dia memang seorang pria yang serius untuk menikah. Karena keterbukaan adalah salah satu pondasi utama pernikahan.

7. Keluarga

Keluarga

* sumber: pandagossips.com

Orang bilang kalau pernikahan bukan cuma menyatukan dua orang, tetapi dua keluarga. Awal dari semuanya adalah memperkenalkan calon ke keluarga masing-masing. Jadi, apakah kamu sudah pernah diajak menemui keluarganya?

Nggak melulu dalam konteks yang serius seperti pertemuan dua keluarga. Bisa jadi sangat kasual seperti diajak makan siang bersama ibunya. Bahkan bisa juga lebih kasual lagi seperti nongkrong bersama adik atau kakaknya. Itu sudah bisa menjadi pertanda kalau dia memang serius untuk menikah.

8. Kepercayaan

Kepercayaan

* sumber: stylegirlfriend.com

Kepercayaan memang faktor yang sangat penting dalam pernikahan. Kamu bisa menilai pria yang serius untuk menikah dengan seberapa besar kepercayaan yang dia kasih buat kamu. Penerapannya bisa bermacam-macam, salah satunya waktu kamu diajak memasuki dunianya.

Membawa kamu menemui teman-teman dekatnya bisa jadi contohnya. Orang bilang, seorang pria baru akan menjadi dirinya sendiri di hadapan teman-teman dekatnya. Maka, kalau kamu sudah bertemu dengan teman-teman dekatnya berarti dia sudah memercayakan dunianya.

9. Keputusan

Keputusan

* sumber: bestwesternsedona.com

Pria yang serius untuk menikah, biasanya mulai memberi porsi lebih atas kehadiran kamu di hidupnya. Contohnya, dalam pengambilan keputusan. Apa kamu sudah dilibatkan dalam pengambilan keputusan?

Bisa mulai dari hal-hal kecil seperti ketika dia mau beli sepatu baru. Sampai ke hal yang lebih besar seperti apakah dia harus pindah kantor atau bertahan saja? Semakin besar keputusan yang dia ambil dengan melibatkan kamu berarti semakin serius pula dia.

10. Komunikasi

Komunikasi

* sumber: www.kitamuda.id

Kebanyakan pria nggak tahu banyak soal pernikahan. Maksudnya, tentang persiapan yang dilakukan seperti tukar cincin, pembelian kain, dan hal-hal lainnya. Ketika seorang pria serius untuk menikah, dia pasti akan membuka obrolan soal itu.

Mungkin dia akan bertanya secara kasual tentang pernikahan seperti apa yang kamu inginkan? Apakah perlu tukar cincin dulu atau langsung akad? Apakah perlu menyewa gedung atau dirayakan di rumah saja? Ini penting bagi seorang pria yang serius untuk menikah, dari sana dia bisa membuat ukuran lalu mengusahakan.

Apa kamu sudah punya calon? Setelah membaca poin-poin di atas, sudah ada berapa yang kamu lihat dari dia? Kalau kamu masih ragu, boleh kamu ceritakan di kolom komentar yang sudah disediakan. Mungkin, kamu juga punya sesuatu untuk disampaikan dan ingin menambahkan, sangat dipersilakan.  Kalau nggak pernah dituliskan, nggak akan jadi apa-apa. Semuanya cuma akan mengendap begitu saja.

Pernikahan memang sakral, karena itulah menilai pria yang serius untuk menikah menjadi penting. Nggak usah ragu untuk bercerita atau berdiskusi soal itu. Bisa bersama teman dekat, keluarga, atau orang-orang yang sedang memikirkan hal serupa. Nggak susah mencari mereka, bisa dimulai dengan menuliskan pertanyaan atau apapun yang dirasa perlu disampaikan di kolom komentar.

Mau ajak si dia menikah tapi gengsi? Yuk, coba baca artikel cara mengajak pria menikah secara halus ini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar