8 Cara Meningkatkan Diri Agar Jadi Pribadi Berkualitas

Ditulis oleh Desi Puji Lestari - Diperbaharui 1 Oktober 2021

Meningkatkan kualitas diri bukan berarti menjadi lebih keras pada diri sendiri. Mendorong diri kita agar melampaui batas tertentu tanpa memedulikan kemampuan atau kebutuhan juga bukan solusi. Alih-alih berkembang apalagi meningkat, kita bisa semakin jauh dari kebaikan. 

Kenyataannya, kita kerap salah mengartikan pengertian apalagi cara meningkatkan diri. Hal yang harus dipahami lebih dulu adalah pencapaian tak selalu harus berupa prestasi yang terlihat mata atau apresiasi dari orang lain, melainkan lebih pada kepuasan terhadap diri sendiri. Bentuk kepuasan tersebut pun kadang tak terlihat oleh orang lain.

Menjadi diri yang lebih baik memang dapat membantumu meningkatkan karir atau pencapaian yang bersifat profesional. Namun, jika hal tersebut pada akhirnya terasa melelahkan, boleh jadi ada yang salah dengan caramu meningkatkan diri.

Memperbaiki kualitas diri sejatinya bisa dimulai dari melakukan hal-hal sederhana yang membawa kebaikan dan ketenangan. Apa saja yang bisa kamu lakukan untuk itu? 

1. Mulai Rutin Olahraga

cara meningkatkan diri_Mulai Rutin Olahraga_

Apa hubungannya mulai rutin berolahraga dengan meningkatkan kualitas diri? Tentu saja ada! Olahraga merupakan salah satu kegiatan positif yang punya dampak positif pula untuk tubuh dan pikiran. Selain membuat tubuh terasa lebih segar, rutin berolahraga juga dapat menciptakan hormon-hormon yang bermanfaat, terutama bagi fungsi otak.

Hormon yang terbentuk dari rutin berolahraga di antaranya endorphin, serotonin, dopamine. Hormon endorphin merupakan hormon ‘bahagia’ yang dilepaskan oleh tubuh secara alami saat sedang stres atau sakit. Sedangkan serotonin yaitu hormon yang dapat mengatur suasana hatimu serta bisa membantumu tidur lebih nyenyak.

Terakhir hormon dopamine yaitu hormon pengendali emosi yang mampu memengaruhi aktivitas yang dilakukan seseorang.

Ia juga punya pengaruh terhadap munculnya perasaan-perasaan menyenangkan, membuat seseorang lebih termotivasi, membantu tetap fokus dan meningkatkan suasana hati. Jenis olahraga yang bisa kamu lakukan antara lain bersepeda sambil menghirup udara pagi atau Yoga.

2. Sering Membaca

cara meningkatkan diri_Sering Membaca_

Selain mulai rutin berolahraga, kamu juga bisa mulai rajin-rajin membaca untuk meningkatkan kualitas diri. Membaca secara teratur setiap hari merupakan salah satu cara belajar paling murah, mudah dan efektif. Kita sudah sama-sama mengetahui bahwa membaca dapat membuat wawasan menjadi bertambah. Ia juga baik untuk pola pikir yang bermanfaat untuk karir profesional.

Cari bahan bacaan dari berbagai keilmuan. Pilih penulis-penulis baru dari berbagai latar belakang untuk memperkaya sudut pandangmu terhadap segala permasalahan.

Jika berani dan ingin menantang diri sendiri, coba pilih buku berbahasa asing lalu terjemahkan secara mandiri. Memahami isi buku sambil belajar bahasa baru akan jadi pengalaman menyenangkan dan yang pasti, kualitas diri pun meningkat.

3. Tak Ada Salahnya Memiliki Hobi

cara meningkatkan diri_Tak Ada Salahnya Memiliki Hobi_

Memiliki dan menekuni hobi boleh jadi bukan sebuah prioritas ketika kesibukan sudah sangat padat. Belum lagi kewajiban mengurusi keluarga yang memakan waktu sampai-sampai tak tersisa untuk diri sendiri.

Rutinitas semacam itu bisa membuatmu kehilangan daya berpikir yang kreatif. Oleh karenanya, penting untuk mulai menekuni hobimu kembali dan mencoba hobi baru yang belum pernah dilakukan sebelumnya.

Memiliki satu atau dua hobi dapat menciptakan keseimbangan antara kehidupan kerja dan pribadi. Kembali lakukan dan tekuni hobi melukismu, hobi menulismu atau hobi prakaryamu.

Hal tersebut dapat membantu beristirahat dari rutinitas serta mendorongmu belajar dan berkembang di luar pekerjaan. Bisa juga mulai lakukan hal-hal baru yang tak terpikirkan sebelumnya dalam rangka meningkatkan kualitas diri.

Jika kamu hobi olahraga, coba gabung dengan sebuah tim. Bertemu orang baru sambil menekuni kegiatan yang disukai dapat membuatmu berkembang dari banyak sisi, salah satunya rasa percaya diri. Lakukan hobimu setidaknya beberapa jam setiap minggu dan rasakan perbedaannya. Menekuni hobi di sela-sela kesibukan bisa bantu menyegarkan kembali pikiran.

Baca juga: Cara Membangun Kepercayaan Diri

4. Ikut Pelatihan

cara meningkatkan diri_ Ikut Pelatihan_

Cara meningkatkan diri yang selanjutnya yaitu mengikuti pelatihan-pelatihan. Jika sebelumnya kamu merasa dapat mempelajari hal baru secara mandiri, kali ini tak ada salahnya untuk ikut pelatihan dan mendapat bimbingan. Ini akan menambah struktur serta pengalaman belajarmu. 

Bagaimana pun terdapat perbedaan antara belajar sendiri dengan belajar dibimbing oleh ahli atau orang-orang berkompeten. Kamu bisa mendapat kesempatan lebih besar untuk bertanya ketika bingung terhadap materi yang dipelajari. Kesempatan ini tentu tak didapatkan saat belajar sendiri, kan? Ini juga dapat melatih kemampuan bersosialisaimu menjadi lebih baik.

5. Perluas Pergaulan

cara meningkatkan diri_Perluas Pergaulan_

Sebagai makhluk sosial, keberadaan orang lain sangat penting untuk peningkatan kualitas diri. Dari merekalah kita cenderung termotivasi untuk menjadi lebih baik. Keinginan untuk meng-upgrade diri memang harus datang dari dalam, tapi pemicunya bisa dari mana-mana. Dengan memperluas pergaulanmu, berbagai karakter dan latar belakang baru pasti kamu temui.

Secara otomatis akan ada banyak cerita mengenai pencapaian, kegagalan dan perjuangan yang membuatmu semakin termotivasi. Belajar dari cerita kehidupan orang lain bisa menjadi ‘kayu bakar’ yang akan membuat nyala semangatmu untuk meningkatkan kualitas diri terus menyala.

Tapi, bila kamu merasa minder dalam bergaul, kamu bisa mengikuti tips atasi minder dalam pergaulan ini terlebih dahulu, sehingga tujuanmu dalam memperluas pergaulan dan membangun koneksi dapat tercapai.

6. Melatih Diri Berpikir Positif

cara meningkatkan diri_Melatih Diri Berpikir Positif_

Melatih diri berpikir positif menjadi cara meningkatkan diri yang bisa kamu lakukan selanjutnya. Kualitas diri yang semakin baik sejujurnya dimulai dari pikiran yang baik. Untuk mendapatkannya kamu perlu berlatih. Memiliki pikiran yang selalu positif, setidaknya memilih untuk positif dalam banyak keadaan tidak bisa didapat begitu saja.

Kamu perlu melakukan beberapa hal untuk membiasakan tersebut. Langkah pertama melatih diri untuk berpikir positif yaitu bersyukur. Syukuri keadaanmu saat ini dan jangan fokus pada hal-hal yang tidak dimiliki.

Kemudian jauhkan diri dari lingkungan atau teman-teman yang membawa pengaruh buruk misalnya mereka yang lebih sering mengeluh, mencela, merendahkan dan sebagainya.

Kemudian, pelan-pelan mulai kurangi drama, kurangi berpikir negatif atas sesuatu yang belum terjadi. Lalu siapkan diri untuk bertanggungjawab terhadap segala hal yang dipilih, mengubah pola pikir dari “tidak bisa” menjadi “oke mari kita coba!”, berbuat baik sekecil apa pun dan jangan lupa istirahat.

7. Atur Jadwal Harian

cara meningkatkan diri_Atur Jadwal Harian_

Jika selama ini kamu menjalani aktivitas berdasarkan kebiasaan, mulai sekarang coba perlahan atur jadwal harian. Dengan mengatur jadwal per harinya, kamu bisa melihat berapa jam yang dihabiskan untuk bekerja, istirahat, keluarga, dan hiburan. Dari sana bila melihat ada yang kurang ideal, kamu bisa mengaturnya secara proporsional sesuai kebutuhan.

Mengatur jadwal harian membuat hari-hari rasanya lebih jelas dan tertata untuk dijalani. Jika di kebiasaan lama kmu biasa tidur hingga larut malam, di kebiasaan yang baru ini tidurlah sesuai jadwal. Mengubah kebiasaan lama dan meninggalkan yang buruk memang sulit tapi ini adalah salah satu cara untuk meningkatkan kualitas diri. 

8. Catat Kekurangan Diri

cara meningkatkan diri_Catat Kekurangan Diri_

Untuk dapat memperbaiki dan meningkatkan kualitas diri, kamu harus mengakui dan menerima kekurangan diri sendiri. Evaluasi, introspeksi, lalu catat itu semua dalam sebuah kertas. Tuliskan dari mulai kekurangan yang bersifat tidak mengganggu sampai yang benar-benar harus diubah. Tulis kekurangan-kekurangan itu secara berurutan. 

Setelah itu, mulai ubah atau minimal kurangi perlahan-lahan kebiasaan burukmu. Lakukan hal tersebut dengan santai tapi berproses, tak usah buru-buru karena mengubah itu sangat butuh waktu. Ketika kamu sudah mampu memperbaiki atau mengubah kekurangan diri dan kebiasaan buruk, kualitas diri akan meningkat.

Itu dia delapan cara meningkatkan diri yang bisa kamu lakukan agar kualitas diri semakin baik. Bagaimana pun perubahan ke arah yang lebih positif tidak datang begitu saja. Ia sesuatu yang perlu diusahakan dengan modal keinginan dan kerja keras. Sudah siap menjadi lebih baik dari dirimu yang sebelumnya?

ARTIKEL
PRODUK
BRAND
© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram