Kamini.id / Lifestyle / Tanpa Drama Berlebihan, Ini 10 Cara Menjadi Anak Hits

Tanpa Drama Berlebihan, Ini 10 Cara Menjadi Anak Hits

Ditulis oleh - Diperbaharui 7 Maret 2019

Pada era media sosial seperti sekarang, kita menjadi akrab dengan istilah viral. Sebelum media sosial mungkin kita nggak tahu kalau kata itu ada. Karena fenomena viral itulah banyak orang berlomba-lomba untuk bisa menjadi hits. Harapannya sama, supaya merasakan jadi bagian dari sesuatu yang viral.

Kalau melihat hal-hal yang sedang viral, kita sering merasa kalau melakukan sesuatu seperti itu sangat mudah. ‘Begitu doang? Gue juga bisa kali!’ rasanya semua orang pernah mengguman seperti itu. Terutama kalau yang kebetulan viral adalah hal-hal yang dianggap receh.

Orang-orang ingin menjadi hits karena berpikir segalanya akan mudah setelah hits dan viral. Mungkin benar, tetapi nggak banyak yang benar-benar tahu prosesnya. Kita cuma tahu orang-orang hits itu tiba-tiba viral tanpa tahu apa saja yang mereka kerjakan dibalik layar.

Kamu ingin mencoba menjadi anak hits? Barangkali kamu tergiur dengan gaya hidup anak hits yang kamu ketahui. Namun, perlu diingat bahwa nggak semuanya seperti itu. Sebelum mereka punya kehidupan yang bahagia seperti yang kamu kira, mereka pernah merangkak dari bawah. Kalau kamu tertarik menjadi anak hits, beberapa cara dari Kamini di bawah ini bisa kamu coba, lho.

10 Cara Menjadi Anak Hits

1. Berani

Berani Cara Menjadi Anak Hits

* sumber: unsplash.com

Modal pertama yang harus dimiliki adalah keberanian. Bisa dibilang juga ini yang terpenting. Karena tanpa keberanian kita nggak akan pernah bisa menjadi apapun yang kita inginkan. Jadi, kumpulkan dulu keberanianmu.

Langkah pertama selalu jadi yang paling berat ketika kita memulai sesuatu. Ada banyak rasa yang menahan kita melangkah. Ada rasa takut, ragu, bahkan malu. Semua itu cuma bisa dikalahkan oleh keberanian. Pastikan kamu punya keberanian yang cukup ya!

2. Bergaul

Bergaul

* sumber: unsplash.com

Agak mustahil menjadi anak hits kalau kamu sendirian. Kamu perlu pergaulan yang mendukung kamu. Kalau kamu selalu menyendiri, kamu nggak akan tahu mana yang baik dan buruk. Kamu juga nggak akan punya orang yang bisa kamu ajak diskusi.

Pergaulan nggak selalu berujung pada hal-hal buruk. Jangan tertipu oleh paradigma anak gaul itu anak nakal. Justru pergaulan yang baik bisa membuat kamu jadi orang yang lebih baik. Jadi, bawalah dirimu ke pergaulan yang baik. Coba cari komunitas, organisasi, atau tongkrongan yang kamu sukai.

3. Belajar

Belajar

* sumber: unsplash.com

Di dalam pergaulan, nggak cuma hura-hura isinya. Ada banyak hal-hal yang bisa kamu pelajari dari sana. Kamu bisa saling berbagi dan saling memperbaiki. Maka dari itu penting adanya untuk memiliki pergaulan yang baik supaya kamu bisa belajar dengan baik.

Contoh, kalau kamu menyukai fotografi kamu bisa bergabung dengan komunitas pecinta fotografi. Di sana pasti kamu bertemu dengan banyak orang yang bisa kamu ajak diskusi. Komunitas juga tempat yang tepat untuk berbagi ilmu. Kamu bisa mulai belajar dari sana, dan belajarlah dengan serius.

4. Berkarya

Berkarya

* sumber: unsplash.com

Ini hal utama yang akan mengantarkan kamu menjadi anak hits, karya! Tentu kamu nggak mau hits karena sensasi kan? Dikenal orang karena hal-hal buruk? Kamu pasti nggak mau jadi anak hits yang seperti itu. Maka, kamu harus berkarya.

Bebaskan dirimu di dalam karyamu. Buatlah sesuatu yang kamu sukai dan pamerkan itu. Tentu saja setelah kamu memamerkan karyamu nggak semua orang akan menyukainya. Namun, bukan itu intinya. Biarkan karyamu dikenal orang dulu, biarkan orang-orang tahu kalau kamu adalah orang yang mau berkarya.

5. Berbeda

Berbeda

* sumber: unsplash.com

Pandji Pragiwaksono pernah bilang, ‘sedikit lebih beda lebih baik daripada sedikit lebih baik.’ Setelah kamu berkarya, coba cari apa yang membedakan kamu dari karya serupa lainnya. Perbedaan itu bisa mengangkat kamu ke permukaan sehingga lebih mudah diingat orang.

Ketika semua orang ramai membicarakan A, buatlah sesuatu tentang B sampai orang-orang itu melupakan A dan melirik B. Segala sesuatu yang berbeda akan lebih mudah terpisahkan. Semakin kamu berbeda, semakin mudah pula orang mengingat karyamu. Ambil waktu secukupnya, lalu buatlah sesuatu yang berbeda.

6. Berusaha

Berusaha

* sumber: unsplash.com

Ini yang paling sering membuat seseorang gagal. Mereka berhenti berusaha di tengah jalan. Kamu perlu tahu sejak awal kalau ini nggak akan mudah. Menjadi anak hits nggak bisa dicapai dengan satu hari saja.

Yakinkan dirimu untuk menjadi orang yang mau berusaha sejak langkah pertama. Mimpi-mimpi indah sudah pasti membutuhkan usaha yang nggak mudah. Kalau kamu nggak cukup kuat untuk berusaha, sebaiknya lupakan saja.

7. Berkolaborasi

Berkolaborasi

* sumber: unsplash.com

Kamu sering lihat kan para Youtuber kelas atas saling berkolaborasi? Ini penting supaya kamu bisa memberikan warna baru ke dalam karyamu. Kolaborasi selalu menghasilkan warna baru, perpaduan dari dua orang atau lebih sampai membentuk satu karya baru itu.

Bukalah ruang untuk berkolaborasi. Kamu nggak perlu orang terkenal atau menunggu jadi terkenal untuk berkolaborasi. Cukup carilah seseorang dengan keinginan yang sama. Bisa jadi itu teman sekolah atau kuliahmu, sesama anggota komunitas, bahkan orang asing yang kamu temui di dunia maya. Kolaborasi adalah kunci supaya karyamu nggak mudah mati.

8. Berkembang

Berkembang

* sumber: unsplash.com

Kalau kamu begitu-begitu saja, wajar kalau kamu gagal hits. Setiap hari dunia berubah, mau nggak mau kamu harus menyesuaikan diri dengan perubahan itu. Jangan mengharapkan hasil yang berbeda kalau kamu masih melakukan hal yang sama setiap hari.

Kamu harus mengizinkan diri kamu untuk mencoba banyak hal baru. Cuma dengan cara itu kamu bisa berkembang. Semua perkembangan selalu berawal dari percobaan. Makanya, jangan pernah takut untuk mencoba ya. Jatuh dan gagal itu hal biasa kok.

9. Berproses

Berproses

* sumber: unsplash.com

Dari yang kamu lihat, anak-anak hits sepertinya punya kehidupan yang jauh lebih nyaman dibanding kehidupan yang kamu jalani sekarang. Namun, dibalik semua itu ada proses panjang dan berat yang mereka lalui. Apa yang kamu lihat hari ini cuma hasilnya.

Nggak perlu ditanya sepanjang apa seberat apa, cukup beritahu dirimu sejak awal kalau proses ini akan panjang dan berat. Semua itu sangat wajar dan sepadan. Semua ada prosesnya, nggak ujug-ujug. Nggak akan ada anak yang semula biasa saja kemudian besoknya pas bangun tidur langsung jadi anak hits. Jadi, pastikan kamu akan menjadi orang yang mau berproses bukan orang yang cuma menanti keajaiban.

10. Berbahagia

Berbahagia

* sumber: unsplash.com

Ini nggak kalah penting. Pastikan semua yang kamu lakukan itu membuat kamu bahagia. Lelahnya, sakitnya, jenuhnya, bisa kamu terima sebagai risiko yang harus kamu tanggung. Semua itu nggak akan terasa kalau kamu mencintai apa yang kamu usahakan.

Sebelum membahagiakan orang lain, kamu harus membahagiakan dirimu sendiri. Tanyakan kepada dirimu, apakah kamu ingin menjadi hits karena kamu benar-benar menginginkannya? Atau kamu cuma ingin pengakuan dari orang-orang? Percuma kalau kamu berhasil menjadi hits tetapi kamu cuma pura-pura bahagia karena sebenarnya kamu nggak menginginkan itu.

Demikian cara-cara yang bisa kamu coba untuk menjadi anak yang hits. Apakah kamu tertarik mencobanya? Atau pernah mencobanya dan gagal? Ada kolom komentar yang terbuka lebar untuk berbagi cerita. Kalau kamu punya cara lain, kamu juga boleh berbagi. Bisa jadi para pembaca yang sama-sama sedang berusaha terbantu karena itu.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar