kamini.id
Kamini.id / Lifestyle / Mau Jadi Tomboy? Inilah 10 Cara Menjadi Tomboy yang Keren

Mau Jadi Tomboy? Inilah 10 Cara Menjadi Tomboy yang Keren

Ditulis oleh Syuri - Diperbaharui 10 April 2020

Tom·boy (baca: ˈtämˌboi), sebuah kata benda yang berarti seorang gadis yang menikmati melakukan aktivitas keras, kasar, dan berisik yang cenderung banyak dilakukan oleh laki-laki. Jadi, tomboy itu bukan semata-mata hanya pakai baju ala cowok, lalu kamu otomatis menjadi seorang tomboy, ya.

Di Indonesia, cewek tomboy sering dianggap sebagai perempuan yang ingin nampak seperti laki-laki, atau perempuan yang tidak bahagia karena tidak terlahir sebagai laki-laki. Sering terdengar pertanyaan seperti "kenapa kamu berubah jadi tomboy?", "kenapa kamu dandan seperti cowok", atau bahkan "kamu nggak suka laki-laki, ya?". Ya.. kadang ada saja pertanyaan sedangkal itu.

Anggapan lainnya dari kebanyakan orang Indonesia, kalau tomboy itu pasti rambutnya pendek cepak seperti laki-laki, lalu selalu pakai celana dan sepatu kets ke mana-mana.

Padahal, tomboy bukanlah seperti itu. Tomboy sejati berarti kamu adalah seorang cewek yang kuat, simpel, dan mandiri. Nah, kali ini Kamini mau memberi tahu kamu cara menjadi tomboy yang keren, supaya tidak dianggap sebelah mata lagi sama orang-orang awam. Ini dia caranya:

10 Cara Menjadi Tomboy Yang Keren

1. Style

style tomboy

Orang terbiasa menilai sesuatu dari penampilannya terlebih dahulu. So, untuk cara menjadi tomboy yang keren yang pertama adalah dari style yang kamu gunakan.

Style berbeda dengan fashion, ya. Kalau fashion, merupakan sesuatu yang up to date. Misalnya, untuk tahun ini yang sedang naik daun adalah pakaian dari velvet. Kalau style, merupakan gaya yang diciptakan oleh setiap individu. Makanya, setiap style tidak akan sama satu dengan lainnya.

Lihat saja contoh gambar di atas, kemeja lengan panjang bisa dibuat menjadi dua gaya berbeda. Pada gambar sebelah kiri, kemejanya dipadukan dengan T-shirt. Lalu, pada gambar sebelah kanan, kemejanya langsung dipakai begitu saja. So, ciptakan gaya kamu sendiri, jangan jadi follower.

2. Sporty Look

Sporty Look

* sumber: lilicons.com

Sporty look merupakan gaya yang pasti disukai oleh cewek-cewek tomboy. Kamu bisa memadukan jaket sport, hoodie, atau oversized cardiganLalu, untuk bawahannya kamu bisa pakai celana pendek, jeans panjang, atau celana sport yang sekarang lagi kekinian banget.

3. Aksesoris

Aksesoris

Cewek tomboy juga bisa, dong, pakai aksesoris. Tapi, tentu saja aksesorisnya akan berbeda dengan cewek girly. Kamu bisa menggunakan sarung tangan kulit, rompi, jas/blazerbeanie, sepatu kets, sepatu boots, sepatu slip on, jaket jeans, jaket kulit, tas gendong, kacamata hitam, topi, dan masih banyak lagi. Pilihlah warna-warna yang gelap dan senada, supaya kamu terlihat kece tanpa berlebihan.

4. Jangan Cengeng

Jangan Cengeng

Cara menjadi tomboy yang keren tidak cuma dari penampilan saja, tapi dari sifat juga. Jadilah cewek yang kuat. Jangan mudah putus asa, dikit-dikit menangis, dikit-dikit mengeluh. Kalau bisa, ikuti seni bela diri, supaya kamu bisa membela diri ketika terjadi sesuatu. Lalu, lakukan olahraga rutin supaya tubuh kamu jadi lebih kuat.

5. Tetap Perawatan

Tetap Perawatan

* sumber: linkis.com

Author tidak mengerti dengan pola pikir orang-orang yang beranggapan kalau cewek tomboy berarti tidak suka dengan perawatan, baik itu perawatan rambut, kulit wajah, hingga kulit tubuh. Mau itu cewek feminin, cewek tomboy, dan laki-laki sekalipun, tidak ada pantangan untuk melakukan perawatan. Karena, yang namanya manusia pasti memerlukan perawatan, apalagi jika usia tidak muda lagi.

Jika ada teman kamu yang nyinyir, "Katanya tomboy, tapi kok ke salon?", unfollow saja Instagram-nya. Yang seperti itu bukan teman sejati namanya. Jangan pernah lewatkan perawatan tubuh, terutama rambut dan kulit. Karena, cewek tomboy juga harus punya tubuh yang bersih, kan?

6. Tetap Dandan

Tetap Dandan

Banyak orang berpikir kalau cewek tomboy itu tidak pandai atau tidak suka berdandan. Kata siapa? Kata FTV yang ada di televisi? Itu sih mitos. Karena stereotype seperti ini, mungkin saja cewek-cewek tomboy jadi merasa tidak pede untuk make up-an. Padahal make up kan bisa dipakai siapa saja. Coba sebutkan merk make up yang ada tulisan "khusus cewek feminin"-nya, tidak ada, kan?

Jika kamu ingin berdandan, tapi tidak mau kelihatan banget, gampang saja. Kamu cukup menggunakan BB cream, pensil alis tipis-tipis dan jangan terlalu define, lipstik/lip balm, maskara, dan sedikit blush on.

Kalau ingin mata kamu terlihat lebih tajam, kamu bisa menambahkan eyeliner juga. Contohnya, lihat saja model cantik Agyness Dyenn yang terkenal dengan gaya tomboynya. Ia berdandan namun tetap terlihat sporty, kan?

7. Tata Rambut

Tata Rambut

* sumber: www.itomboys.com

Cara menjadi tomboy yang keren yang ke-7 adalah tata rambut sesuka hati kamu! Jangan dengan omongan orang yang mengatakan kalau potongan rambut yang kamu mau "terlalu cowok". Jangan juga terpaku kalau cewek tomboy rambutnya harus pendek.

Banyak, kok, cewek tomboy yang rambutnya panjang. Biasanya cewek tomboy dengan rambut panjang suka menggerainya begitu saja, menguncirnya jadi satu, atau mengepangnya. Oh iya, bahkan jika kamu berhijab tentunya tidak perlu repot-repot memikirkan untuk menata rambut.

8. Pakai Suits

Pakai Suits

* sumber: www.nydailynews.com

Kalau kamu tomboy sejati yang tidak mau pakai dress sama sekali, kamu bisa pakai setelan blazer untuk menghadiri acara penting. Kamu bisa menggunakan blazer untuk pria yang bahu dan lengannya berukuran besar. Atau, kamu bisa juga custom membuat blazer pas badan seperti yang dikenakan oleh Shailene Woodley di atas.

9. Pakai Sepatu Berhak

Pakai Sepatu Berhak

* sumber: www.whowhatwear.com

Bosan, dong, kalau cuma pakai sneaker terus setiap hari. Cobalah sekali-kali menggunakan sepatu yang memiliki hak. Kamu bisa menggunakan wedges, high heels, atau boots yang ada haknya seperti gambar di atas. Tidak perlu gengsi untuk pakai sepatu berhak, karena tomboy tidak dinilai dari tinggi hak sepatu yang dipakai.

10. Pakai Rok Sekali-kali

Pakai Rok Sekali-kali cara menjadi tomboy yang keren

Tidak haram, kok, buat cewek tomboy untuk menggunakan rok. Model apa pun roknya, sepanjang apa pun roknya, cewek tomboy juga BISA tampil slay saat pakai rok. Apalagi jika di sekolah, tentunya kamu pun sudah terbiasa bukan menggunakan rok? Jadi tidak perlu canggung ketika di moment lain kamu pun bergaya menggunakan rok.

Bonus Tips

Bonus Tips

* sumber: life.idntimes.com

Bonus tips adalah untuk si tomboy yang berhijab. Ya, pakai hijab juga masih bisa tampil boyish, kok. Kamu bisa memadukan celana jeans gombrang, celana cut bray, celana jogger, rok tile, one piece, overall, dengan T-shirt lengan panjang, kemeja, blus, atau jaket.. Ya.. semua juga bisa kamu pakai, kok. Kembali lagi kepada pintar-pintarnya kamu untuk memadu-madankan style.

Nah, itu dia sepuluh cara menjadi tomboy yang keren dari Kamini. Jangan pernah terpaku dengan apa yang orang lain katakan. Be yourself, do what you like. Jangan pernah takut diledek ketika kamu sewaktu-waktu ingin berdandan atau ingin pakai sepatu hak tinggi. Karena tomboy bukan dinilai dari penampilan, melainkan dari karakter. Selamat bergaya!

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram