Kamini.id / Kesehatan / Ini Dia 10 Rahasia Cara Menjaga Berat Badan Pasca Diet

Ini Dia 10 Rahasia Cara Menjaga Berat Badan Pasca Diet

Ditulis oleh - Diperbaharui 30 Desember 2018

Setelah sukses menurunkan berat badan, apa langkah Anda selanjutnya? Tentu saja Anda harus menjaga berat badan agar tetap ideal. Pasalnya, jika Anda tidak kunjung menjaga berat badan pasca diet, maka diet yang selama ini Anda jalani menjadi sia-sia. Ingat, menurunkan berat badan jauh lebih sulit ketimbang menaikkan berat badan.

Kamini memiliki beberapa tips agar Anda bisa tetap menjaga berat badan setelah berhasil melakukan diet. Melalui artikel ini, simak 10 cara menjaga berat badan agar tetap ideal sehingga diet yang sudah Anda lakukan tidak menjadi sia-sia.

10 Cara Menjaga Berat Badan Pasca Diet

1. Cek berat badan setiap hari

Cek berat badan setiap hari Cara Menjaga Berat Badan

Sebelum membahas sejumlah cara menjaga berat badan, kini Anda memiliki rutinitas yang sama seperti ketika Anda sedang dalam usaha menurunkan berat badan, yakni mengecek berat badan secara teratur. Bila perlu, cek berat badan Anda setiap hari untuk memastikan bahwa berat badan tetap ideal.

Jika berat Anda naik melebihi 2 kilogram, maka Anda harus segera waspada untuk tetap mempertahankan gaya hidup sehat seperti ketika sedang diet. Waktu yang efektif untuk mengecek berat badan adalah pagi hari setelah buang air besar dan sebelum mengonsumsi makanan apapun.

2. Tetap makan dengan porsi secukupnya

Tetap makan dengan porsi secukupnya

Yay! Anda sudah berhasil menurunkan berat badan! Akan tetapi, hal tersebut tidak lantas membuat Anda bisa makan semaunya. Setelah bersusah payah menurunkan berat badan hingga mencapai angka yang ideal, maka tugas Anda adalah menjaga agar berat badan agar tetap berada di angka normal.

Menjaga berat badan bukan berarti tidak makan sama sekali. Anda tetap diharuskan makan 3 kali sehari, tapi porsi makan Anda harus secukupnya. Bila perlu konsumsi buah dan sayur untuk diet dulu juga efektif untuk mempertahankan berat badan, lho.

3. Jangan melewatkan sarapan

Jangan melewatkan sarapan

Kebanyakan orang berpikir bahwa diet adalah makan sesedikit mungkin. No! Anda tidak harus mengurangi waktu makan Anda. Yang harus Anda kontrol adalah porsi makannya. Jangan pernah melewatkan sarapan pagi karena waktu makan yang satu ini sangat penting.

Sarapan pagi dapat membantu metabolisme tubuh dan membuat Anda memperoleh tenaga untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Justru jika Anda melewatkan sarapan pagi, Anda menjadi lebih mudah lapar dan keinginan untuk ngemil pun tidak bisa dibendung lagi.

4. Nikmati makanan favorit Anda

Nikmati makanan favorit Anda

Ingin sop buntut atau steak saat sedang menjaga berat badan? Tak masalah. Asalkan Anda mengonsumsi makanan tersebut sesekali saja. Cara menjaga berat badan sejatinya hampir sama dengan saat Anda melakukan diet untuk menurunkan berat badan.

Dalam seminggu, Anda memiliki satu hari untuk cheating day, yakni dalam hari tersebut Anda bebas mengonsumsi makanan apapun, entah itu yang digoreng atau yang mengandung lemak. Akan tetapi, jagalah porsi makan Anda agar tidak berlebihan meskipun itu adalah makanan favorit Anda. Usahakan untuk segera berhenti makan sebelum merasa kenyang.

5. Tetap aktif bergerak

Tetap aktif bergerak

Olahraga tidak hanya dilakukan saat sedang diet saja. Bahkan, ketika Anda sudah berhasil menurunkan berat badan, Anda tetap harus berolahraga dan aktif bergerak. Salah satu tips untuk menjaga berat badan adalah dengan aktif bergerak.

Bagaimana bisa kalori dan lemak di dalam tubuh terbakar, jika setelah makan Anda malah bermalas-malasan saja? Yuk, aktif bergerak untuk menjaga berat badan agar tidak melonjak naik. Selain berolahraga, Anda tetap bisa bergerak dengan melakukan berbagai macam pekerjaan rumah tangga.

6. Kenali kebutuhan kalori harian

Kenali kebutuhan kalori harian

Kalori juga berkontribusi dalam menaikkan berat badan. Jadi, apabila Anda ingin mempertahankan berat badan Anda di angka ideal saat ini, maka Anda harus mulai mencermati kebutuhan kalori harian. Pria membutuhkan 2.500 kalori dan wanita memerlukan 2.000 kalori setiap hari.

Mau tidak mau, Anda memang harus menghitung asupan kalori Anda setiap hari. Hitung jumlah kalori pada makanan yang hendak Anda konsumsi. Usahakan nilai asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh tidak melebihi batas asupan kalori harian.

7. Buat cemilan sehat dan rendah kalori

Buat cemilan sehat dan rendah kalori

Sesekali pasti kita ingin ngemil, bukan? Apalagi saat menunggu jam makan malam, tentu saja kita ingin mengganjal perut dengan sesuatu. Namun, hindari makanan tinggi lemak dan kalori seperti es krim, keripik kentang, atau cake. Sebagai gantinya, Anda bisa membuat cemilan sehat dan rendah kalori. Misalnya, Anda bisa membuat smoothie bowl yang lagi hits.

Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu menghaluskan beberapa buah-buahan di dalam blender. Setelah itu, tuangkan jus buah ke dalam mangkuk, letakkan potongan buah segar, chia seed, dan granola di atasnya. Yummy! Jadilah cemilan sehat dan rendah kalori yang dapat dinikmati kapan saja.

8. Detoksifikasi alami dengan buah-buahan

Detoksifikasi alami dengan buah-buahan

Buah adalah bahan alami untuk mendetoksifikasi tubuh dari berbagai toksin dan lemak. Sejatinya, Anda harus mengonsumsi minimal 1 buah setiap hari. Buah juga bisa menjadi pengganjal perut yang enak tapi tidak bikin gemuk. Pilih buah yang rendah kalori, seperti jeruk, apel hijau, alpukat, dan buah-buah beri.

Untuk sementara waktu, hindari buah-buahan tinggi kalori yang bisa mempengaruhi kenaikan berat badan, seperti pisang dan mangga. Buah juga dapat membantu melancarkan pencernaan Anda dan perut pun terasa lebih lega.

9. Variasi menu makanan harian

Variasi menu makanan harian

Cara menjaga berat badan yang asyik adalah membuat variasi menu makanan harian. Tentu saja Anda akan merasa bosan jika harus mengonsumsi makanan yang itu-itu saja.

Kenapa tak coba membuat kreasi menu makanan harian? Misalnya, hari ini Anda bisa menikmati makanan siang berupa pecel sayuran, esok hari bisa membuat caesar salad, dan hari berikutnya bawa nasi merah dengan lauk ikan salmon panggang kesukaan Anda.

Wah, dengan begini Anda tidak akan merasa bosan dengan menu makanan untuk menjaga berat badan tetap ideal. Jika Anda tak sempat memasak makanan sendiri, saat ini sudah banyak jasa catering yang menyediakan catering harian dengan menu diet yang sehat.

10. Konsisten dan tidak mudah tergoda

Konsisten dan tidak mudah tergoda

Sama seperti ketika sedang diet, Anda harus tetap konsisten mempertahankan gaya hidup dan pola makan yang sehat. Sebenarnya jika Anda sudah pernah menjalani diet, tak sulit bagi Anda untuk tidak mudah tergoda. Saat sedang kumpul-kumpul bersama, teman Anda memesan steak berlemak sedangkan Anda harus memilih menu yang sehat dan rendah lemak.

Nah, jangan mudah tergoda dengan apa yang dikonsumsi oleh orang-orang di sekitar Anda. Ingatlah jerih payah Anda saat setengah mati menjalani diet sehat. Jangan biarkan diet Anda dalam jangka waktu berbulan-bulan gagal hanya karena sepiring steak berlemak!

Itulah panduan cara menjaga berat badan pasca diet. Boleh dibilang bahwa menjaga berat badan tergolong lebih sulit dibandingkan menurunkan berat badan. Yuk, mulai saat ini jaga berat badan Anda di angka ideal untuk menjaga penampilan serta kesehatan Anda sendiri.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Linda is a full-time writer. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for some Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Rexona, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, Berrykitchen, AsmaraKu, Carisinyal, Bacaterus, and Keluyuran.She also writes about Travelling, Culinary, Health, Lifestyle Tips, Romance, Mystery, and many mores.

Leave A Comment