Kamini.id / Kumis dan Jenggot / 10 Cara Menumbuhkan Jenggot dan Brewok Secara Cepat

10 Cara Menumbuhkan Jenggot dan Brewok Secara Cepat

Ditulis oleh - Diperbaharui 8 Desember 2018

Jenggot, janggut, atau brewok merupakan salah satu rambut di wajah yang cukup digemari oleh kaum adam. Pria yang memiliki jenggot dianggap lebih maskulin dan juga jantan. Maka dari itu, tidak salah jika banyak pria yang mencari cara menumbuhkan jenggot dengan cepat dan juga alami.

Jenggot sendiri merupakan rambut yang tumbuh di daerah dagu, pipi, dan leher pria. Pertumbuhan jenggot pada setiap pria tidak akan sama karena dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti hormon dan nutrisi. Pria yang memiliki hormon androgen tinggi biasanya cenderung memiliki jenggot yang lebih tebal dibanding pria dengan endrogen rendah.

Selain itu, faktor nutrisi juga berperan penting dalam proses pertumbuhannya. Seseorang yang kekurangan protein dan kalori biasanya akan mengalami pertumbuhan jenggot yang lambat. Selain itu, jenggot yang tumbuh juga biasanya kusan dan kering.

Cara Menumbuhkan Brewok Secara Alami

Nah selain mengacu pada kedua faktor di atas, kita juga bisa mencoba mempercepat proses tumbuhnya jenggot secara alami dan tradisional. Cara menumbuhkan jenggot dengan cepat ini tidak memerlukan obat-obatan kimia yang memiliki efek samping berbahaya. Berikut adalah beberapa cara menumbuhkan jenggot secara alami:

1. Minyak Kemiri

Manfaat Minyak Kemiri

Minyak kemiri merupakan salah satu minyak tradisional yang dipercaya dapat menumbuhkan jenggot dengan cepat. Minyak ini juga sangat mudah didapatkan di pasaran. Bahkan jika di daerah Anda tidak ada yang menjual minyaknya, Anda juga dapat membuatnya sendiri dengan mengikuti langkah-langkah yang pernah kami ulas di artikel ini. Jika minyak kemirinya sudah ada, kini kita dapat langsung menuju prosesnya.

Cara menumbuhkan jenggot dengan minyak kemiri sangat mudah. Oleskan minyak kemiri tersebut di daerah dagu, pipi, dan leher kemudian diamkan selama 30 menit. Setelah itu bilaslah dengan air hingga bersih. Lakukan ritual tersebut sebanyak 2 kali sehari. Setelah rutin melakukannya selama 2 minggu, Anda akan dapat mulai melihat hasilnya.

2. Mentega

mentega

Cara menumbuhkan brewok yang selanjutnya adalah dengan menggunakan mentega. Sama hal seperti minyak kemiri, mentega juga dipercaya dapat menumbuhkan rambut halus di wajah dengan cepat. Mentega juga sangat mudah didapatkan karena hampir semua warung di sekitar rumah kita pasti menjualnya. Mentega ini juga bisa menjadi alternatif jika minyak kemiri susah didapatkan.

Cara menggunakannya, bersihkan terlebih dahulu wajah Anda dengan air bersih. Setelah itu, oleskan mentega ke daerah yang Anda inginkan. Mengoleskan menteganya cukup tipis saja lalu diamkan selama 30 menit. Setelah itu bersihkan kembali wajah Anda. Cara ini dapat Anda lakukan sebelum tidur ataupun sesudah mandi. Lakukan secara rutin agar hasilnya maksimal.

3. Minyak Urang-aring

minyak urang-aring

Sejak jaman dahulu minyak urang-aring memang dipercaya memiliki khasiat yang sangat baik untuk rambut. Selain untuk rambut, minyak ini juga ternyata mampu membantu proses pertumbuhan jenggot. Minyak dengan bau yang khas ini sangat mudah ditemui di toko atau pasar tradisional.

Cara melebarkan jenggot dengan minyak urang-aring adalah cukup oleskan secara merata minyak urang-aring ini ke daerah jenggot Anda. Anda dapat menggunakan minyak ini sesering mungkin. Jika kulit Anda sensitif, biasanya akan timbul efek gatal ketika menggunakannya. Namun Anda tidak perlu mempermasalahkannya karena rasa gatal itu hanya terjadi sesaat asalkan Anda tidak menggaruknya.

Selain dengan membeli minyaknya yang sudah jadi, Anda juga dapat langsung mengambil daunnya jika di sekitar rumah Anda terdapat daun urang-aring. Caranya, ambil beberapa helai daun urang-aring, kemudian sobek dan oleskan cairan atau minyak yang keluar dari daun tersebut. Lakukan cara ini secara rutin setiap hari.

4. Telur Udang

telur udang

Telur udang juga banyak digunakan untuk cara menumbuhkan jenggot dengan cepat. Caranya, oleskan lendir telur udang ke daerah jenggot sebanyak sekali setiap hari. Jika bisa, pilihlah telur udang yang masih menempel di udangnya tersebut. Lakukan cara ini secara rutin selama satu hingga dua minggu.

5. Tarantula

Tarantula

Entah benar atau tidak, namun kita sering melihat pedagang di pinggir jalan yang menjajakan minyak laba-laba tarantula yang diklaim dapat menumbuhkan jenggot dengan cepat. Bahkan minyak ini dianggap jauh lebih berkhasiat dibanding minyak-minyak lainnya di atas.

Karena tarantula susah didapatkan, maka silahkan untuk membeli dan mencobanya secara langsung di pedagang emperan. Ciri-ciri penjualnya biasanya berjenggot tebal dan menjual minyak-minyak aneh lainnya seperti minyak lintah dan sebagainya.

Menumbuhkan Jenggot dengan Obat

Selain menggunakan bahan-bahan dari alam, Anda bisa menumbuhkan jenggot secara cepat menggunakan obat yang ada di pasaran. Beberapa obat di bawah ini adalah yang recommended dan patut Anda coba.

1. Folti Baffi Mustache Cream

Folti Baffi Mustache Cream

Folti Baffi Mustache Cream adalah sebuah krim penumbuh jenggot yang berkualitas baik. Krim ini bekerja dengan merangsang pertumbuhan bulu pada area wajah yang diinginkan. Karena dibuat dari bahan-bahan herbal, krim ini aman digunakan.

Selain dapat menebalkan jenggot, krim dari Folti Baffi ini dapat digunakan juga pada brewok, kumis, jambang, bahkan alis. Beli produk ini secara online di Bukalapak melalui link ini.

2. Ombak Beard Oil

Ombak Beard Oil

Produk penumbuh jenggot yang ke-2 ada Ombak Beard Oil. Cara kerja produk ini adalah membuat pertumbuhan bulu di wajah jadi lebih subur. Jadi, jika Anda berencana untuk melebatkan jambang, jenggot, dan kumis, gunakanlah minyak Ombak ini. Anda dapat membeli produk ini di Bukalapak melalui link ini.

3. Wak Doyok

Wak Doyok

Siapa yang tak kenal Wak Doyok. Semua orang pasti sudah tidak asing lagi dengan produk penumbuh jenggot yang satu ini, kan? Wak Doyok merupakan produk pelebat jenggot yang tergolong cepat, Anda bisa mendapatkan jenggot yang lebih panjang dan tebal dalam waktu relatif singkat.

Anda bisa terus menggunakan krim ini walaupun jenggot Anda sudah lebat, karena Wak Doyok dapat mencegah rambut beruban, mencegah kerontokan, dan menutrisi rambut. Bahkan, Anda bisa menggunakan krim Wak Doyok di mana saja, baik itu untuk kumis, jenggot, rambut, hingga bulu dada. Anda dapat membeli krim Wak Doyok ini secara online di Bukalapak lewat link ini.

4. Green Angelica Beard Serum

Green Angelica Beard Serum

Green Angelica Beard Serum merupakan sebuah produk penumbuh jenggot yang dibuat dari bahan-bahan alami. Serum ini dapat membantu Anda menumbuhkan jenggot, kumis, brewok, dan jambang dengan cepat tanpa efek samping.

Cara menggunakannya, oleskan serum pada area wajah yang diinginkan, pijat selama 2 menit, lalu diamkan hingga meresap ke dalam kulit. Anda dapat membeli produk ini di Bukalapak dengan klik link ini.

5. Al’Katel

Al'Katel

Al’Katel merupakan minyak penumbuh jambang, alis, dan rambut yang dibuat dari bahan-bahan natural. Minyak ini dibuat dari vitamin booster dan vitamin E acecate yang merupakan nutrisi penting dalam pertumbuhan rambut.

Minyak Al’Katel juga mengandung katel (sejenis laba-laba) dan tumbuhan nabati lainnya, sehingga minyak ini akan membuat rambut lebat dan sehat dari akarnya. Anda dapat membelinya secara online di Bukalapak lewat link ini.

Tips Menumbuhkan jenggot

Selain mencoba berbagai ramuan di atas, Anda juga dapat mengkombinasikannya dengan tips menumbuhkan jenggot di bawah ini. Hal ini dimaksudkan agar proses pertumbuhan jenggot menjadi lebih sempurna sesuai dengan yang Anda inginkan. Berikut adalah beberapa tips agar jengot tumbuh dengan cepat:

1. Lakukan Ketika Liburan

jenggot panjang

Agar tidak terlalu banyak menggangu penampilan Anda ketika bekerja atau kuliah, lakukanlah proses pemanjangan jenggot ketika sedang liburan. Dengan begitu Anda akan lebih santai dalam menjalaninya tanpa terganggu dengan aktivitas yang lain.

2. Jangan Minder

Zayn Malik

Ketika jenggot belum tumbuh dengan sempurna, wajah Anda pasti akan terlihat sangat aneh. Hal tersebut adalah normal dan jangan hiraukan komentar orang lain mengenai jenggot Anda tersebut. Cukup jalani prosesnya hingga jenggot tersebut tumbuh dengan sempurna.

3. Jangan Mencukur

mencukur jenggot

Ketika menumbuhkan jenggot, jangan sekali-kali mencukurnya sebelum jenggot tersebut tumbuh dengan sempurna. Setidaknya Anda disarankan untuk tidak memotong jenggot selama 4 minggu berturut-turut semenjak memulai proses pertumbuhan.

Hal ini merupakan kesalahan yang banyak dilakukan oleh orang-orang karena mereka tidak sabar dengan bentuk jenggot yang tidak beraturan. Setelah empat minggu,, barulah Anda boleh mencukur atau membentuknya sesuai dengan keinginan.

4. Konsumsi Makanan Kaya Nutrisi

cara menumbuhkan jenggot dengan cepat

Seperti disinggung di atas, nutrisi yang baik merupakan salah satu faktor penting untuk mempercepat proses pertumbuhan jenggot. Makanan dengan protein yang tinggi akan membantu proses pertumbuhan jenggot serta rambut-rambut lain yang ada di tubuh kita.

Makanan yang mengandung protein tinggi adalah telur. Nutrisi pada telur sangat baik untuk proses pertumbuhan jenggot. Daging merah dari kambing atau sapi juga memiliki banyak protein yang baik untuk dikonsumsi. Jika tidak suka daging merah, maka Anda juga dapat mencoba daging ayam, bebek, dan kalkun.

Ikan salmon juga memiliki nutrisi yang sangat baik bagi jenggot. Omega-3 yang dikandung oleh salmon dapat membuat jenggot menjadi sehat, tebal, dan juga berkilau. Selain ikan salmon, Omega-3 juga dapat Anda temukan pada kenari, kacang mete, butternut, almond, kacang macadamia, pecan, dan hazelnut.

Itulah cara menumbuhkan jenggot dengan cepat yang dapat Anda coba sendiri. Berbagai cara tersebut juga dapat diaplikasikan untuk menumbuhkan rambut halus lainnya di sekitar tubuh seperti cambang, kumis, bulu dada, dan bulu perut. Anda juga dapat mengkombinasikannya dengan cara menumbuhkan rambut yang pernah kami bahas sebelumnya. Selamat mencoba!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

16 pemikiran pada “10 Cara Menumbuhkan Jenggot dan Brewok Secara Cepat”

  1. Waw thank atas informasinya sungguh saat bermanfaat

  2. Kumis mah cpet . Jnggot mah susah

  3. oke terimakasih infotmasinya, sangat membantu

  4. Terima kasih atas infonya sangat membantu 🙂

  5. Apakah sama itu ngga bisa timbul jerawat juga?

  6. saya mau coba nch mas jangan sampai berakibat patal sama tips”yang di post

  7. pakai mentega, moga gk di rubungin ma semut ya gan

  8. Btw itu yang pake mentega, menteganya boleh pakai blue band?

  9. mkasih

Tinggalkan komentar