Kamini.id / Rambut Botak / Cara Menumbuhkan Rambut Botak dengan Berbagai Metode

Cara Menumbuhkan Rambut Botak dengan Berbagai Metode

Ditulis oleh - Diperbaharui 15 Agustus 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dari sekian banyak masalah rambut, kebotakan adalah salah satu yang cukup serius. Apalagi jika kebotakan ini terjadi di bagian depan dan dialami oleh orang-orang di usia muda, pasti hal ini akan mengurangi rasa percaya diri. Solusi terbaik bukan menggunakan wig (rambut palsu), tetapi langsung mencari cara menumbuhkan rambut botak secara permanen.

Bingung mencari cara untuk menumbuhkan rambut yang sudah botak parah? Tenang, Kamini akan memberikan beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menyuburkan rambut botak. Tak perlu bertele-tele, langsung saja simak cara-caranya berikut ini.

Jenis-jenis Kebotakan

Jenis-jenis Kebotakan

Sebelum mengenal berbagai metode untuk mengatasi kebotakan, kenali dulu sejumlah jenis-jenis kebotakan yang paling banyak dialami oleh manusia. Beda jenis kebotakan, beda pula faktor penyebabnya.

  • Alopecia Areata

Kebotakan jenis ini ditandai dengan kulit botak sebesar lingkaran. Jenis kebotakan ini adalah yang paling sering dialami. Penyebab dari kebotakan ini adalah serangan sistem imun terhadap folikel.

  • Telogen Effluvium

Yang satu ini adalah kebotakan yang disebabkan oleh kerontokan yang tak terkendali. Kondisi ini terjadi ketika ada perubahan jumlah folikel yang bertugas menumbuhkan rambut. Ketika banyak jumlah folikel yang tidak dapat menumbuhkan rambut, maka rambut akan menipis dan lama kelamaan menjadi pitak.

  • Alopecia Totalis

Kebotakan alopecia totalis disebabkan karena rambut rapuh dan sangat mudah rontok. Bahkan, ketika kita menyisir rambut, helai demi helai rambut akan langsung berguguran. Sama seperti telogen efflluvium, alopecia totalis akan menyebabkan pitak.

  • Alopecia Universalis

Berbeda dari jenis kebotakan lainnya, alopecia universalis merupakan kebotakan yang terjadi ketika seseorang mengkonsumsi obat-obatan kemoterapi. Pada saat orang tersebut berhenti menjalani kemoterapi, rambut akan kembali tumbuh dengan sendirinya.

Itulah sejumlah jenis kebotakan yang wajib kamu kenali. Alopecia areata adalah jenis kebotakan yang paling sering dialami, tak terkecuali oleh remaja atau orang-orang di usia produktif.

Produk untuk Menumbuhkan Rambut Botak

Rambut Botak

Cara paling cepat untuk menumbuhkan rambut botak adalah dengan memakai sejumlah produk yang memang diformulasikan untuk menyuburkan rambut. Produk ini harus kamu pakai secara rutin sesuai dengan petunjuk yang dianjurkan pada kemasannya agar kamu segera memperoleh hasilnya.

Berikut adalah sejumlah produk yang dipercaya dapat membantu menumbuhkan rambut secara cepat:

  • Shampo

Shampo yang dimaksud di sini bukan shampo biasa, melainkan shampo penumbuh rambut. Jenis shampo ini umumnya mengandung bahan-bahan yang dapat menyuburkan rambut, seperti ginseng misalnya. Kalau kamu bingung memilih shampo yang tepat, kunjungi artikel shampo penumbuh rambut ini.

  • Hair Tonic

Produk lain yang diklaim ampuh menumbuhkan rambut adalah hair tonic. Produk ini biasa dipakai sebagai pengganti conditioner. Hair tonic dipakai pada rambut setengah basah. Kamu juga bisa mengaplikasikan hair tonic di bagian kulit kepala yang rambutnya sudah menipis agar tumbuh kembali. Baca artikel hair tonic penumbuh rambut untuk mendapatkan referensinya.

  • Serum

Kebotakan merupakan kerusakan rambut yang tidak bisa dibiarkan begitu saja. Semakin dibiarkan, rambut akan semakin rontok dan menipis. Penggunaan serum untuk memperbaiki kulit kepala bisa menjadi solusi agar rambutmu kembali tumbuh dengan subur.

Di antara ketiga produk untuk menumbuhkan rambut botak ini, hair tonic adalah produk yang paling wajib dipakai. Namun, kamu bisa memperoleh hasil yang lebih optimal jika kamu turut menggunakan shampo penumbuh rambut dan serum untuk menghentikan kebotakan.

Metode Penumbuh Rambut Botak

Selain menggunakan produk perawatan rambut khusus, ternyata ada sejumlah metode yang tersedia untuk mengatasi kebotakan. Metode ini sebagian merupakan pengobatan medis. Ketika kamu sudah merasa hopeless dengan kebotakan yang kamu alami, tak ada salahnya kamu menjajal metode penumbuh rambut botak ini.

  • Obat-obatan Medis

Obat-obatan Medis

Untuk menumbuhkan rambut botak, ada dua jenis obat-obatan medis yang bisa digunakan, yakni minoxidil dan finasteride. Minoxidil berbentuk cairan yang dipakai pada kulit kepala. Obat tersebut berfungsi menghentikan kerontokan dan menumbuhkan rambut. Finasteride adalah obat oral yang hanya dianjurkan untuk dikonsumsi para pria.

Selain kedua obat-obatan tersebut, ada juga obat kortikosteroid yang diberikan dalam bentuk suntikan. Obat ini dipercaya dapat menumbuhkan rambut botak dalam waktu empat minggu. Namun, sebelum menggunakan obat-obatan ini alangkah baiknya kamu konsultasi dulu dengan dokter yang ahli.

  • Pembedahan

Pembedahan

Kedengarannya memang sedikit seram. Namun, metode menumbuhkan rambut botak memang bisa dilakukan dengan prosedur pembedahan. Pembedahan yang dimaksud di sini adalah implantasi rambut di kulit kepala. Untuk melakukan metode ini dibutuhkan biaya yang mahal dan kamu harus siap terhadap rasa nyeri pasca pembedahan.

  • Terapi Laser

Terapi Laser

Kalau tidak ingin menggunakan obat-obatan medis atau pembedahan, ada juga pilihan terapi laser untuk menumbuhkan rambut. Terapi ini memang sangat digandrungi karena tidak menyebabkan rasa sakit. Terapi laser bekerja dengan mengurangi kerontokan dan menumbuhkan kembali rambut menjadi lebih tebal.

Itulah ketiga metode menumbuhkan rambut botak secara medis. Setiap metode yang akan kamu pilih pasti memiliki risiko tersendiri. Jadi, konsultasikan dulu kepada dokter dermatologismu sebelum mengambil tindakan.

Perawatan Sehari-hari

Sembari menjalani terapi untuk menumbuhkan rambut, baik dengan medis atau non-medis, kamu juga harus melakukan sejumlah perawatan sehari-hari. Perawatan ini wajib dilakukan untuk mempercepat pertumbuhan rambut.

Berikut adalah perawatan yang dapat kamu lakukan untuk mempercepat pertumbuhan rambut botak:

  • Hati-hati Saat Keramas dan Menyisir

Hati-hati Saat Keramas dan Menyisir

Kalau kamu tahu bahwa rambutmu rapuh dan mudah rontok, maka perlakukan rambutmu dengan hati-hati. Saat keramas dan menyisir rambut, lakukan lah secara perlahan-lahan. Jangan sampai rambutmu rontok semakin banyak.

  • Hindari Styling Rambut

Batasi Penggunaan Alat Styling

Dalam masa penumbuhan rambut yang botak, sebaiknya hindari pewarnaan, pelurusan, pengkritingan, dan apapun proses styling yang melibatkan bahan kimia dan paparan suhu panas.

  • Hindari Ikat Rambut, Kepang, dan Sanggul

Bagi wanita yang mengalami kebotakan dan bermaksud menumbuhkan kembali rambutnya, untuk sementara waktu hindari mengikat, mengepang, dan menyanggul rambut. Kalaupun harus dilakukan sebaiknya jangan terlalu kuat saat menata rambut.

  • Penuhi Nutrisi yang Dibutuhkan Rambut

Kebotakan

Konsumsi makanan yang mengandung nutrisi yang dibutuhkan rambutmu. Rambut yang nutrisinya terpenuhi akan tumbuh dengan subur. Nutrisi yang dibutuhkan rambut agar tumbuh subur antara lain Vitamin E, Vitamin B12, dan protein.

  • Tambahkan Penggunaan Conditioner

Tambahkan Penggunaan Conditioner

Conditioner memang tidak wajib dipakai untuk menumbuhkan rambut karena kamu sudah menggunakan hair tonic. Namun, conditioner akan mencegah rambut kusut sehingga tidak rontok ketika disisir. Baca juga artikel cara mengatasi rambut kusut ini untuk menambah wawasanmu.

Nah, apakah kamu punya informasi lainnya untuk menumbuhkan rambut botak? Jangan lupa untuk berbagi informasi tersebut pada Kamini dan pembaca lain. Semoga kamu segera terbebas dari masalah kebotakan, ya!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shopee lagi ada diskon gede nih buat produk fashion!