kamini.id
Kamini.id / Kecantikan / Rambut / Cara Merawat dan Mengatasi Rambut Kering dengan Mudah

Cara Merawat dan Mengatasi Rambut Kering dengan Mudah

Ditulis oleh Linda - Diperbaharui 11 Juli 2020

Setiap orang memiliki jenis rambut yang berbeda-beda. Ada pemilik rambut normal, rambut berminyak, dan juga rambut kering. Pemilik rambut berminyak dan rambut keringlah yang kerap kali kebingungan mencari cara untuk mengatasi masalah rambutnya tersebut. Rambut kering dapat terlihat kusam, mengembang, dan juga kusut. Perawatan dengan menggunakan sampo khusus rambut kering saja kadang tak cukup mengatasi masalah ini.

Cara Mengatasi Rambut Kering

Nah, bagi kamu yang sudah stuck mencari cara merawat dan mengatasi rambut kering, Kamini punya solusinya untukmu. Bahkan, kamu tidak perlu repot-repot ke salon untuk melakukan perawatan rambut kering ini.

1. Cuci Rambut dengan Sampo Khusus Rambut Kering

Dove Nourishing Oil Care *Jika Anda mengambil referensi dari artikel ini, mohon kerendahan hatinya untuk mencantumkan link sumber ini: https://kamini.id/merk-shampo-untuk-rambut-kering/

Memang benar jika perawatan dengan sampo saja terkadang tak mampu mengatasi rambut kering. Namun, tak ada salahnya jika mulai saat ini kamu mulai menggunakan sampo khusus untuk rambut kering. Cucilah rambut secara teratur, maksimal dua hari sekali.

Sampo yang diformulasikan untuk rambut kering tentu memiliki kandungan khusus untuk merawat dan mengatasi rambut kering. Kalau masih bingung mencari pilihan sampo yang tepat, kunjungi artikel Sampo untuk Rambut Kering ini.

2. Lakukan Perawatan Tambahan dengan Produk Khusus

Lakukan Perawatan Tambahan dengan Produk Khusus

Rambut kering membutuhkan perawatan yang lebih intensif dibanding rambut normal. Penggunaan produk-produk khusus bisa menjadi alternatif untuk merawat rambut kering. Apa saja produk khusus untuk merawat rambut kering? Bisa berupa conditioner, masker rambut, vitamin, sampai dengan serum.

  • Conditioner

Conditioner dipakai setelah habis keramas. Biasanya, conditioner harus diaplikasikan pada rambut setengah basah atau masih basah. Temukan rekomendasikan conditioner terbaik untuk mengatasi rambut kering dalam artikel Conditioner untuk Rambut Kering.

Untuk rambut kering yang sudah terlalu parah, penggunaan masker dan serum sangat diperlukan untuk mengembalikan kelembaban alami rambut. Cara melembabkan rambut kering bisa dimulai dengan menggunakan kedua produk ini. Namun, hindari penggunaan produk ini secara bersamaan. Ikuti saja petunjuk penggunaannya yang tertera pada setiap kemasan produk.

  • Masker Rambut

Masker bekerja dengan cara memberikan nutrisi pada rambut kering. Kandungan masker rambut hampir sama dengan conditioner. Namun, masker rambut hanya dipakai seminggu sekali atau sesuai dengan petunjuk yang tercantum pada kemasan. Butuh rekomendasi masker rambut? Cek artikel Masker untuk Rambut Kering.

  • Serum

Penggunaan serum pada rambut kering adalah wajib hukumnya. Pasalnya, serum berfungsi untuk menyembuhkan rambut yang kering. Secara perlahan tapi pasti, serum akan mengembalikan kelembaban alami rambut. Cek rekomendasi serum berkualitas pada artikel Serum Rambut yang Bagus.

  • Vitamin

Pemilik rambut kering juga wajib menambahkan ini untuk perawatan rambut keringnya. Vitamin akan memenuhi kebutuhan vitamin rambut agar kembali lembab. Selain itu, vitamin juga bisa dipakai sebelum kamu menggunakan alat styling rambut, seperti hair dryer atau catokan. Rekomendasi vitaminnya bisa dilihat di artikel Vitamin untuk Rambut Kering.

3. Hindari Kebiasaan yang Dapat Membuat Rambut Kering

Percayakah kamu jika rambut kering terkadang timbul bukan karena faktor “bawaan” saja? Tanpa kamu sadari kebiasaan-kebiasaan sepele yang biasa kamu lakukan dapat menyebabkan rambut kering. Kebiasaan apa saja yang dapat membuat rambut kering?

  • Berganti-ganti Warna dan Gaya Rambut

Berganti-ganti Warna dan Gaya Rambut

Suka mengecat rambut? Boleh-boleh saja sih. Namun, kalau kebiasaan ngecat rambut ini justru membuat rambutmu semakin kering sebaiknya hentikan kebiasaan tersebut. Selain cat rambut, permanent styling, seperti smoothing dan curly juga merupakan penyebab rambut kering. Lantas, apakah kita tidak boleh mengecat atau mengganti gaya rambut? Boleh kok, asalkan kamu juga rajin merawatnya dengan conditioner, serum, dan juga vitamin.

  • Terlalu Sering Pakai Alat Styling

Terlalu Sering Pakai Alat Styling

Apakah kamu termasuk orang yang tidak bisa keluar rumah tanpa mencatok atau menge-blow rambut? Sebenarnya kebiasaan ini bisa menyebabkan rambut kering, lho. Suhu panas yang dihasilkan alat styling merupakan penyebab hilangnya kelembaban alami rambut. Jadi, kalau kamu mau menata rambut dengan alat styling sebaiknya gunakan dulu vitamin atau serum untuk melindungi rambutmu.

  • Produk Sampo Tidak Cocok

Produk Shampo Tidak Cocok

Tak pernah ganti-ganti gaya rambut, tapi kok rambut tetap kering? Mungkin sampo-mu tidak cocok dengan jenis rambutmu. Beberapa jenis sampo memang dapat mengurangi kadar minyak alami pada rambut. Padahal, minyak alami ini dibutuhkan untuk menjaga kelembaban alami rambut. Hentikan penggunaan sampo tersebut jika tidak cocok dan ganti dengan merk sampo lain yang sesuai dengan jenis rambutmu.

  • Paparan Sinar Matahari

Paparan Sinar Matahari

Paparan sinar matahari di siang hari berbeda dengan sinar matahari pagi. Sinar matahari di siang hari mengandung ultraviolet dan berpotensi menjadikan rambut jadi kering. Coba renungkan, apakah kamu sering melakukan aktivitas di luar ruangan siang hari? Jika iya, mungkin inilah penyebab rambutmu jadi kering.

  • Berenang

Berenang

Tahukah kamu bahwa di dalam air kolam renang mengandung kaporit? Bahan kimia ini bisa membuat rambut kering, lho. Apalagi jika kamu berenang di siang hari, tambahan paparan sinar matahari akan membuat rambutmu kering.

3. Potong Rambut Bercabang

Penyebab Rambut Bercabang

Bila kamu memiliki ujung rambut yang bercabang, jangan dibiarkan begitu saja. Percabangan pada rambut perlu segera diatasi agar tidak menjalar ke seluruh helai rambut. Rambut bercabang juga dapat membuat rambut semakin kering. Karena itu, lebih baik potong ujung rambut yang mengalami percabangan. Setelah itu, jangan lupa untuk mengaplikasikan kondisioner  cukup pada batang rambut untuk kelembaban tambahan.

Hal Sederhana untuk Merawat Rambut Kering

Setelah menghindari kebiasaan-kebiasaan yang bisa menyebabkan rambut kering, kamu pun harus melakukan hal-hal sederhana dalam merawat rambut kering, seperti:

1. Bersihkan Rambut Secara Teratur

Bersihkan Rambut Secara Teratur

Buat kamu yang masih sering malas keramas, mulai sekarang rutinlah tiga hari sekali. Paparan sinar matahari dan penggunaan produk perawatan rambut bisa menjadi kotoran jika mengendap di rambut dalam jangka waktu lama. Oleh karena itu, cucilah rambut secara teratur.

Teknik keramas yang bisa kamu terapkan bila rambutmu kering adalah dengan cukup keramas di area batang rambut saja. Sementara pada bagian kepala, kamu bisa mencucinya satu kali saja dalam seminggu. Hal ini bertujuan agar produksi minyak dapat optimal melembabkan seluruh bagian rambutmu yang kering.

2. Gunakan Penutup Kepala

Gunakan Penutup Kepala

Apabila kamu sering melakukan aktivitas di luar ruangan pada siang hari, kamu wajib memakai penutup kepala untuk melindungi rambutmu dari paparan sinar matahari. Ingat, sinar matahari adalah salah satu faktor penyebab rambut kering. Sinar matahari juga berbahaya untuk kesehatan rambut, lho.

3. Tidak Menggosok Rambut

Tidak Menggosok Rambut

Sebagian orang pasti pernah mengeringkan rambut dengan cara menggosok-gosok dengan handuk. Ketahuilah bahwa kebiasaan ini menyebabkan rambut kusut, kasar, kering, dan pecah-pecah. Biarkan rambut mengering secara alami atau bungkus saja dengan handuk kering selama beberapa saat.

Kesimpulannya, merawat rambut kering tidak perlu repot-repot menghabiskan uang di salon, lho. Kamu bisa membeli produk khusus rambut kering dan melakukan perawatannya sendiri di rumah.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram