Kamini.id / Hidung / 10 Cara Merawat Hidung Agar Bersih, Sehat, dan Cantik

10 Cara Merawat Hidung Agar Bersih, Sehat, dan Cantik

Ditulis oleh - Diperbaharui 11 April 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Hidung termasuk organ yang paling penting pada tubuh manusia. Hidung berfungsi sebagai jalan utama udara masuk saat manusia bernafas.

Selain untuk bernafas, hidung juga berguna sebagai indera penciuman aneka bau dan sebagai pembersih, penghangat, juga pelembab udara yang manusia hirup sebelum masuk ke dalam paru-paru. Maka dari itu, Anda harus tahu cara merawat hidung agar senantiasa bersih, sehat, dan cantik.

Hidung terbagi menjadi beberapa bagian, yaitu lubang hidung, bulu hidung, rongga hidung, sel saraf pembau, sinus, tulang rawan, septum, dan saluran penghubung hidung dengan tenggorokan. Anda harus menjaga semua bagian hidung Anda, karena jika hidung Anda bersih dan sehat, tentunya mempercantik penampilan Anda.

Fungsi Bagian-bagian Hidung

fungsi bagian hidung

Hidung memiliki banyak bagian dengan fungsi yang berbeda-beda.  Sebelum Kamini membahas cara merawat hidung, mari ketahui terlebih dahulu fungsi setiap bagian hidung.

  • Lubang hidung. Berfungsi sebagai pintu masuk udara, menahan kotoran besar masuk ke dalam hidung, dan menghasilkan lendir.
  • Bulu hidung. Berfungsi sebagai penyaring kotoran yang terkandung pada udara yang kita hirup.
  • Rongga hidung. Berfungsi sebagai indera penciuman.
  • Sel saraf pembau. Berfungsi bersama dengan rongga hidung, yaitu membuat kita dapat mencium segala aroma yang ada di sekitar.
  • Sinus. Berfungsi untuk membantu melembabkan udara yang kita hirup dan memperbesar suara.
  • Tulang rawan. Berfungsi sebagai pembentuk hidung, dan setiap orang memiliki bentuk rawan yang berbeda-beda.
  • Septum. Merupakan pemisah hidung sehingga memiliki dua rongga.
  • Saluran penghubung hidung dengan tenggorokan. Fungsinya tentu saja menghubungkan antara hidung dengan tenggorokan.

Cara Merawat Hidung Yang Benar

Setelah mengetahui fungsi bagian-bagian hidung, mari simak cara merawat hidung agar senantiasa bersih, sehat, dan cantik:

1. Bersihkan hidung secara teratur

Usahakanlah untuk membersihkan hidung bagian dalam minimal 1 kali sehari. Sedangkan untuk hidung bagian luar, Anda harus membersihkannya minimal 1 kali sehari, apalagi setelah beraktifitas seharian atau setelah menggunakan make up. 

Bersihkanlah wajah Anda dari make up dengan menggunakan cairan pembersih khusus, setelah itu cucilah wajah Anda menggunakan sabun pencuci wajah, pastikan Anda menggosok lembut bagian hidung dengan cermat agar kosmetik tidak menumpuk lalu menimbulkan komedo dan jerawat.

2. Lindungi hidung saat beraktivitas

cara merawat hidung

Saat Anda beraktivitas di luar ruangan atau saat Anda sedang mengendarai kendaraan tanpa AC, debu dan polusi bertebaran di mana-mana. Hidung Anda akan menghirup udara yang tidak segar yang sangat memungkinkan mengandung zat berbahaya.

Udara luar ruangan yang penuh polusi dapat membuat hidung Anda kotor, baik pada bagian luar maupun bagian dalam. Cara merawat hidung Anda agar tidak kotor adalah dengan menggunakan masker.

3. Hindari Penyebab Alergi

hindari penyebab alergi

Penyakit yang paling rentan terjadi karena hidung adalah alergi. Jika Anda adalah penderita alergi, seringkali alergi itu terpacu karena Anda menghirup sumber alergi tersebut, bukan?

Maka dari itu, sebisa mungkin hindarilah kontak dengan sumber alergi Anda, seperti debu, bulu hewan, serbuk sari, asap rokok, asap kendaraan, dan lain sebagainya. Atau, agar sehat, Anda bisa juga menggunakan masker wajah untuk memberikan proteksi lebih.

4. Tingkatkan Kualitas Udara Bersih

tanaman

Sekarang ini udara sudah tercemar polusi asap kendaraan, asap pabrik, dan lain sebagainya. Udara yang dihirup pun menjadi tidak sehat. Maka dari itu, tingkatkanlah kualitas udara bersih, minimal di sekitar Anda dulu saja. Lakukanlah beberapa gerakan go green berikut ini, karena dijamin dapat membantu merawat hidung Anda juga.

  • Tanam tanaman di pekarangan rumah. Tanaman dapat menyerap polusi pada udara, sehingga udara di sekitar Anda menjadi lebih bersih.
  • Ganti, bersihkan, dan cuci secara rutin sarung bantal dan guling, sprei ranjang, karpet, gordyn, hiasan, apapun itu yang sekiranya menjadi sarang debu.
  • Gunakan filter udara pada lubang ventilasi, atau Anda dapat juga menggunakan AC yang memiliki fitur penyaring udara.
  • Rutinlah mengelap, menyapu, dan mengepel ruangan juga perabotan di rumah Anda, seperti lemari, televisi, lukisan, guci, terutama mainan anak-anak.

5. Gunakan Sun Block pada Hidung

Banana Boat Sport Lotion SPF 30 Merk Sunblock untuk Kulit Berminyak

Penggunaan krim sun block dapat melindungi kulit Anda dari bahaya teriknya matahari, begitu pula dengan hidung Anda. Penggunaan krim sun block secara rutin dapat menghindarkan Anda dari flek hitam dan kulit terbakar matahari.

6. Jangan Membersihkan Lubang Hidung dengan Jari

ngupil

Hindari menggunakan jari tangan secara langsung saat Anda ingin membersihkan kotoran di dalam lubang hidung Anda. Jari tangan belum tentu bersih, sehingga jika bersentuhan dengan lubang hidung apalagi jika tergesek oleh kuku, khawatir akan menyebabkan infeksi.

Cara yang aman adalah dengan menggunakan kain atau sapu tangan basah. Setelah lubang hidung bersih, keringkan lubang hidung Anda dengan kain atau sapu tangan kering.

7. Bersihkan Lendir secara Perlahan

membersihkan ingus

Jika Anda sedang flu, maka Anda pasti akan sering bersin. Selain itu, lendir hidung juga pasti sering keluar. Saat lendir keluar dari hidung, janganlah Anda menggosoknya terlalu kuat, karena akan menimbulkan gesekan yang dapat membuat kulit hidung terangkat. Kulit di sekitar hidung Anda akan terkelupas dan akan teriritasi jika terkena lendir.


Maka dari itu, gosok dan bersihkan lendir Anda perlahan-lahan menggunakan tisu yang lembut. Setelah itu jangan lupa untuk mencuci tangan Anda.

8. Uap Hidung

uap hidung

Rutinlah melakukan uap hidung, 2-4 kali dalam satu bulan. Hal ini akan membantu Anda agar tidak berkomedo. Hal ini juga akan membantu jika Anda sedang mengalami gangguan pernafasan dan hidung mampet. Anda dapat menambahkan aroma terapi ke dalam air hangat untuk menambahkan efek relaksasi.

9. Bersihkan Hidung dengan Air Garam

Bersihkan Hidung dengan Air Garam

Rutin membersihkan hidung dengan air garam dapat menyembuhkan sinusitis, loh! Selain itu, membersihkan hidung dengan air garam dapat membersihkan hidung bagian dalam dari kotoran dan dapat mencegah sinusitis.

Caranya adalah tuangkan air hangat secukupnya pada netipot (pot khusus pembersih hidung). Pot ini memiliki corong kecil yang akan memudahkan Anda menuangkan air ke dalam lubang hidung. Sebelum itu, tuangkan garam dan aduk hingga larut.

Setelah itu, barulah masukkan larutan air garam ke salah satu rongga hidung Anda, dan keluarkan dari rongga hidung yang satunya lagi. Lakukan juga sebaliknya.

10. Jaga Kelembaban Udara

pernafasan udara segar

Cara merawat hidung yang terakhir adalah dengan menjaga kelembaban udara di sekitar Anda. Udara yang kering dapat membuat sinus Anda ikut menjadi kering juga, sehingga menjadi rentan terhadap infeksi.

Sedangkan udara yang terlalu lembab juga tidak baik, karena dapat menimbulkan jamur, debu, dan tungau di lingkungan Anda. Maka dari itu, jagalah udara agar kelembabannya stabil dengan bantuan humidifier atau vaporizer.

Itulah 10 cara merawat hidung agar senantiasa bersih, sehat, dan cantik. Apakah Anda tahu cara lainnya untuk merawat hidung? Bagikan di kolom komentar, ya.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *