Kamini.id / Kumis dan Jenggot / 10 Cara Merawat Jenggot Ini Buat Anda Terlihat Semakin Keren

10 Cara Merawat Jenggot Ini Buat Anda Terlihat Semakin Keren

Ditulis oleh - Diperbaharui 7 Maret 2019

Ada beragam alasan pria menumbuhkan jenggot, salah satunya agar terlihat lebih macho dan keren. Dewasa ini, para pria bisa mencoba berbagai cara menumbuhkan jenggot. Akan tetapi, setelah jenggot tumbuh Anda tetap harus melakukan sejumlah perawatan. Mengapa harus merawat jenggot? Hal ini dilakukan agar jenggot terlihat rapi dan Anda pun juga terlihat semakin keren.

Sebagian pria tidak mengetahui cara merawat jenggot secara tepat. Berikut ini Kamini akan membagikan cara agar para pria dapat merawat jenggotnya sehingga terlihat rapi. Ingat, jenggot yang rapi bisa memaksimalkan penampilan Anda, lho.

10 Cara Merawat Jenggot

1. Biarkan tumbuh secara alami

Biarkan tumbuh secara alami

Bila Anda memiliki jenggot yang tumbuh lebat, sebaiknya jangan cukur jenggot Anda terlebih dahulu sampai jenggot itu sampai berbulan-bulan. Kesalahan yang sering dilakukan oleh pemula yang baru menumbuhkan jenggot adalah tergesa-gesa membentuk jenggot. Padahal, untuk pertama kalinya jenggot memang harus dibiarkan tumbuh lebat terlebih dahulu.

Setelah beberapa bulan, maka Anda bisa mulai untuk membentuknya. Tak hanya itu saja, jika jenggot tumbuh lebat maka Anda tidak perlu menggunakan produk penumbuh jenggot lagi. Biarkan jenggot Anda tumbuh dengan alami agar selanjutnya Anda bisa melakukan perawatan secara berkala.

2. Cukur secara teratur untuk merapikan jenggot

Cukur secara teratur untuk merapikan jenggot

Cara merawat jenggot yang satu ini merupakan kunci utama  agar jenggot selalu terlihat rapi. Jenggot Anda akan terus bertumbuh dari hari ke hari. Oleh karena itu, cukurlah jenggot secara teratur agar tampilannya tidak terlalu lebat.

Jenggot yang terlalu lebat dan tidak teratur dapat menutupi wajah Anda. Akibatnya, wajah akan terlihat kusam dan tidak menarik. Mulailah buat jadwal untuk merapikan jenggot Anda. Jangan sampai jenggot yang tumbuh tidak beraturan membuat penampilan Anda jadi tidak maksimal.

3. Bersihkan dengan shampoo khusus

Bersihkan dengan shampoo khusus

Berpikir untuk memakai shampoo khusus rambut saat membersihkan jenggot? Sebaiknya hentikan pemikiran tersebut. Shampoo khusus rambut dapat membuat kulit di sekitar jenggot menjadi kering. Solusi tepat untuk membersihkan jenggot adalah memakai shampoo khusus yang memang diformulasikan untuk jenggot.

Shampoo ini bukan sekedar membersihkan jenggot, tapi juga untuk menguatkan jenggot. Cucilah jenggot Anda dengan shampoo khusus ini minimal 2 kali dalam seminggu.

4. Pakailah pelembab khusus jenggot

Pakailah pelembab khusus jenggot

Bukan hanya shampoo saja, jenggot juga memiliki sejumlah produk pelembab yang menjaga agar rambut jenggot tidak terlihat kering. Pelembab ini bisa berbentuk minyak atau krim. Pilih saja produk yang paling nyaman menurut Anda.

Setelah memakai pelembab, jenggot akan terlihat lebih teratur dan teksturnya juga lebih halus. Bila Anda ingin menggunakan pelembab alami, cobalah untuk menggunakan minyak kelapa. Aroma minyak kelapa ini cukup harum dan dapat turut melembabkan kulit wajah di area sekitar jenggot.

5. Konsumsi makanan sehat

Konsumsi makanan sehat

Apa hubungan antara cara merawat jenggot dengan konsumsi makanan sehat? Seorang ahli penyakit kulit dari University of Texas Southwestern Medical Center bernama Seemal R. Desai, M.D menjelaskan bahwa tidak ada makanan khusus untuk membuat jenggot tumbuh lebat dan halus.

Akan tetapi, sudah menjadi rahasia umum jika konsumsi makanan sehat dengan gizi dan nutrisi seimbang setiap hari dapat membuat rambut dan jenggot tumbuh lebih sehat dan kuat. Tak ada salahnya jika saat ini Anda memulai untuk konsumsi makanan sehat setiap hari. Selain bagus untuk kesehatan jenggot, konsumsi makanan sehat juga sangat baik untuk tubuh Anda, bukan?

6. Pilih perawatan mencukur yang tepat

Pilih perawatan mencukur yang tepat

Tidak semua peralatan cukur itu terasa nyaman. Setiap pria tentu memiliki peralatan cukur favorit masing-masing, mulai dari pisau cukur, shaving foam, sampai dengan after shave. Nah, untuk menjaga agar jenggot tetap sehat dan terlihat rapi, gunakan alat mencukur yang tepat.

Bukan masalah jika Anda merogoh kocek sedikit lebih banyak untuk mendapatkan alat cukur dari merk ternama. Pasalnya, peralatan mencukur dari merk ternama tentu akan memberikan kenyamanan bagi penggunanya saat mencukur. Pun demikian dengan shaving foam maupun after shave, pilih yang sesuai dengan jenis kulit Anda dan juga berasal dari merk yang sudah ternama.

7. Hati-hati saat makan

Hati-hati saat makan

Terkadang karena terlalu lahap kita lupa bahwa saat makan kita juga harus menjaga kebersihan jenggot, apalagi jika jenggot Anda tumbuh sangat lebat. Cobalah untuk berhati-hati saat makan agar makanan yang sedang disantap tidak menodai jenggot.

Di samping itu, ketika Anda makan di restoran, mintalah serbet tambahan agar Anda dapat segera membersihkan jenggot jika dirasa makanan yang sedang disantap menodai jenggot. Apabila makanan tersebut mengotori jenggot, segera bersihkan dengan serbet dan bila memungkinkan bilaslah dengan air bersih.

8. Jangan memelintir jenggot

Jangan memelintir jenggot

Cara merawat jenggot yang satu ini memang nampak sepele. Akan tetapi, sampai saat ini banyak orang yang masih suka memelintir, mengepang atau menarik-narik jenggot. Bahkan, ada juga sejumlah orang yang mengikat atau mengepang jenggot demi kepentingan gaya.

Apa pun yang Anda lakukan terhadap jenggot Anda, hal itu sangat berpotensi untuk membuat jenggot mudah rontok. Tak hanya itu saja, kebiasaan memainkan jenggot ini juga akan membuat jenggot jadi terlihat tidak rapi. Biarkan jenggot Anda terlihat apa adanya saja.

9. Tidur yang cukup setiap hari

Tidur yang cukup setiap hari

Yang satu ini mungkin agak terdengar aneh bagi Anda. Ya, sekilas memang tidak ada hubungannya tidur yang cukup setiap hari dengan perawatan agar jenggot tumbuh dengan sehat. Namun, beberapa studi membuktikan bahwa kurang tidur dapat menghambat pertumbuhan jenggot.

Nah, mulai saat ini Anda bisa menjaga waktu tidur Anda. Usahakan untuk tidur selama 7-8 jam setiap malam. Usaha kecil ini bisa membuat jenggot Anda tumbuh dengan sehat dan lebat meskipun Anda tetap harus melakukan sejumlah perawatan lainnya.

10. Pilih gaya jenggot yang sesuai dengan bentuk wajah

Pilih gaya jenggot yang sesuai dengan bentuk wajah

Terakhir, cara merawat jenggot agar bisa memaksimalkan penampilan Anda adalah memilih potongan atau model jenggot yang sesuai dengan bentuk wajah. Pasalnya, tidak semua orang terlihat pantas menggunakan beberapa gaya potongan jenggot. Untuk yang satu ini Anda memang harus melakukan eksperimen.

Cobalah untuk memotong jenggot dengan gaya tertentu, jika tidak pas mungkin Anda bisa mencari model lainnya saat jenggot sudah mulai tumbuh lebat. Carilah inspirasi model jenggot masa kini melalui internet. Kemudian, kenali bentuk wajah Anda, apakah bulat, oval, atau kotak. Setelah itu, pangkas jenggot sesuai dengan bentuk wajah.

Untuk membuat jenggot Anda terlihat rapi dan mendukung penampilan Anda memang dibutuhkan sejumlah perawatan khusus. Cara merawat jenggot ini akan membantu Anda memiliki jenggot yang rapi dan membuat penampilan Anda terlihat lebih keren.

Nah, sudah siapkah Anda menumbuhkan jenggot? Jika belum siap, sebaiknya urungkan niat Anda untuk menumbuhkan jenggot karena ketika Anda sudah mulai membiarkan jenggot tumbuh dengan lebat, maka Anda harus melakukan sejumlah perawatan seperti yang di atas.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar