Kamini.id / Ketiak / 10 Cara Merawat Ketiak Agar Wangi, Lembut, dan Tidak Hitam

10 Cara Merawat Ketiak Agar Wangi, Lembut, dan Tidak Hitam

Ditulis oleh - Diperbaharui 22 Agustus 2019

Pernahkah Anda merasa iri ketika melihat ketiak selebriti atau model iklan deodoran di televisi yang menampilkan ketiak putih dan bersih? Rasanya hampir semua orang, terutama wanita, menginginkan ketiak yang terlihat putih, lembut, dan terbebas dari bulu. Tidakkah Anda penasaran bagaimana cara model dan selebriti mendapatkan ketiak yang mulus seperti itu?

Sebelum Kamini membahas lebih dalam tentang cara merawat ketiak agar wangi, lembut, tidak hitam dan bebas bulu.. mari ketahui terlebih dahulu kalau ada beberapa faktor yang menyebabkan ketiak nampak kasar dan terlihat gelap. Pertama, kulit ketiak memang memiliki ketebalan dan pigmentasi yang berbeda dari area kulit lainnya. Kedua, hormon sangat berpengaruh dalam pigmentasi warna kulit ketiak.

Faktor ketiga adalah genetik, dan yang keempat adalah karena penggunaan deodoran khususnya yang berbentuk roll-on. Ada deodoran yang mengandung zat merkuri dan alkohol, yang dapat membuat kulit iritasi, sehingga dapat membuat warna kulit terlihat lebih hitam. Kelima adalah dengan mencabut dan mencukur bulu ketiak, hal ini dapat menyebabkan iritasi dan kulit ketiak menipis.

Nah, sekarang Anda sudah mengetahui beberapa faktor penyebab warna kulit ketiak jadi gelap dan kulitnya terasa kasar, kan? Ternyata selain karena mencukur dan penggunaan deodoran yang tidak cocok, hormon dan gen juga berpengaruh besar dalam karakteristik ketiak setiap orang. Jika Anda ingin mengetahui cara merawat ketiak, simak penjelasannya di bawah ini.

1. Mandi

Mandi cara merawat ketiak

Kunci dari setiap perawatan kulit adalah kulit yang bersih dari kotoran dan keringat. Begitu pula dengan cara merawat ketiak, Anda harus memiliki ketiak yang terbebas dari segala kotoran dan keringat. Cara mendapatkannya adalah dengan rutin mandi dua kali sehari, yaitu sebelum dan sesudah beraktivitas.

Kenapa Anda harus rajin mandi? Karena, keringat berlebih yang bercampur dengan kotoran dan bakteri dapat menciptakan aroma tak sedap. Hal ini akan mengganggu Anda dan orang di sekitar Anda. Lalu, sebelum memulai perawatan ketiak agar kering, putih, dan lembut, Anda memang harus membersihkan area ketiak terlebih dahulu.

Tips: saat mandi, gosok area ketiak terlebih dahulu baru lanjut ke area lainnya. Hal ini dilakukan agar busa sabun berada lebih lama di area ketiak. Sabun dapat menghilangkan aroma tak sedap, jadi, semakin lama sabun berada di ketiak semakin bagus. Dan, lebih bagus lagi jika Anda menggosok area ketiak menggunakan shower puff daripada hanya menggunakan tangan saja.

2. Keringkan Ketiak

Keringkan Ketiak

* sumber: www.livestrong.com

Setelah mandi, Anda sudah pasti akan mengeringkan badan menggunakan handuk. Tapi, terkadang ada orang yang asal-asalan dalam mengeringkan tubuh mereka dan melewatkan beberapa spot. Biasanya area yang sering dilewatkan adalah punggung, kaki, dan lipatan kulit seperti ketiak.

Jika Anda sering melakukannya, stop mulai sekarang, apalagi jika Anda ingin punya ketiak yang lembut dan wangi. Setiap sehabis mandi, Anda wajib mengeringkan area ketiak dengan benar. Caranya adalah dengan menepuk-nepuk pelan ketiak menggunakan handuk yang tekstur bulunya lembut. Jangan gosok ketiak Anda, apalagi menggosoknya dengan kasar dan cepat, karena bisa merusak lapisan kulit ketiak.

Hal tesebut akan membuat kulit ketiak jadi “stres”, sehingga akan memicu keluarnya keringat berlebih dan pigmentasi penyebab ketiak hitam. So, mulai dari sekarang jangan skip mengeringkan ketiak setiap habis mandi. Dan, jangan lupa untuk mengeringkannya secara perlahan-lahan dan hati-hati seperti ketika Anda mengeringkan tubuh bayi.

3. Kapur Sirih

Kapur Sirih

Cara merawat ketiak yang ke-3 adalah dengan menggunakan kapur sirih setiap habis mandi. Kapur sirih adalah zat yang dihasilkan dari endapan batu kapur atau gamping yang sudah diproses secara khusus. Kapur sirih didapatkan dengan cara merendam batu kapur selama 1 minggu lamanya.

Anda bisa mendapatkan warna kulit ketiak yang lebih cerah dengan rutin menggunakan kapur sirih. Caranya, campurkan kapur sirih dengan air dan perasan jeruk nipis atau lemon. Aduk campuran tersebut hingga rata, lalu oleskan pada ketiak Anda.

Diamkan hingga mengering, lalu lap atau bilas ketiak hingga bersih. Langkah ini dapat Anda lakukan setiap hari, asalkan jangan dilakukan jika Anda baru saja bercukur atau mencabut bulu ketiak, ya.

4. Scrub

Scrub

* sumber: www.youtube.com

Scrub atau lulur merupakan cara yang paling tepat untuk mendapatkan kulit ketiak yang lembut dan lebih cerah. Setidaknya dua minggu sekali Anda harus melakukan eksfoliasi kulit tubuh supaya kotoran dan daki tidak menumpuk, apalagi pada area lipatan kulit seperti ketiak.

Anda dapat menggunakan lulur konvensional yang bisa Anda dapatkan di mini market, swalayan, toko kecantikan, atau Anda beli secara online di situs belanja terpercaya. Baca list lulur yang bagus untuk memutihkan kulit di sini. Atau, Anda bisa juga membuat lulur home made menggunakan bahan natural dengan mengikuti langkah-langkah yang pernah Kamini bahas pada artikel ini.

Anda bisa juga meng-scrub ketiak menggunakan batu apung atau batu halus. Anda bisa membeli batu sejenis ini secara online di Bukalapak lewat link ini.

5. Masker

Masker

Cara merawat ketiak yang ke-5 adalah dengan maskeran. Bukan cuma wajah saja yang perlu dimasker, tapi ketiak juga. Anda dapat menggunakan bahan-bahan alami seperti kentang, mentimun, tepung beras, cuka, kunyit, dan masih banyak lagi.

Masker ketiak dapat membuat kulit ketiak jadi lebih lembut dan tentu saja membuat ketiak jadi wangi secara alami. Baca cara membuat masker ketiak dan cara mengaplikasikannya di sini.

6. Pakaian

Pakaian cara merawat ketiak

Tips supaya ketiak Anda jadi lebih sehat adalah jangan menggunakan pakaian yang ketat, terutama pada area lengan dan ketiak. Kenapa? Karena pakaian yang ketat akan “mencekik” ketiak Anda, sehingga ketiak tidak bisa leluasa “bernapas”. Pakaian yang terlalu ketat juga akan merangsang keluarnya keringat lebih banyak. Jadi, gunakan pakaian yang fit atau longgar saja, ya.

7. Cukur

Cukur

Anda boleh, kok, mencukur ketiak. Tapi, sebaiknya gunakanlah alat cukur yang lembut. Biasanya alat cukur seperti itu harganya tiga kali lipat lebih mahal daripada alat cukur biasa. Akan tetapi, daripada ketiak Anda jadi terluka, lebih baik keluar uang sedikit lebih banyak, bukan?

Waktu terbaik untuk mencukur bulu ketiak adalah setelah mandi, agar pori-pori kulit terbuka dan bulu ketiak juga jadi lebih lunak.  Lalu, sebelum melakukan pencukuran, sebaiknya gunakanlah shaving cream.

Hal lainnya yang perlu Anda perhatikan adalah cara mencukur. Mulai cukur dari atas – bawah, lalu kanan – kiri. Hal ini dilakukan untuk mencegah ketiak iritasi dan agar bulu ketiak tumbuh dengan baik (tidak ingrown).

8. Wax

Wax

* sumber: www.youtube.com

Proses pencabutan bulu ketiak dengan cara waxing juga termasuk dalam cara merawat ketiak agar tidak berbulu dan lebih cerah. Wax ketiak biasanya dibuat dari gula yang dipanaskan, sehingga tetap aman untuk kulit Anda. Bahkan biasanya produk wax ketiak mengandung bahan-bahan pencerah kulit seperti jeruk atau lemon, sehingga akan membuat kulit ketiak jadi lebih cerah.

9. Deodoran

Deodoran

* sumber: www.shutterstock.com

Cara merawat ketiak yang terakhir adalah dengan menggunakan deodoran. Di atas kami memang mengatakan kalau penggunaan deodoran dapat menyebabkan ketiak menghitam, tapi, itu tergantung jenis deodorannya. Gunakanlah deodoran yang aman dan mengandung asam linolenat (zat dari minyak biji bunga matahari) yang dapat mengurangi pigmentasi penyebab ketiak gelap.

Selain minyak biji bunga matahari, hal lainnya yang perlu Anda perhatikan dari deodoran adalah kandungan antiperspirant. Zat ini terbuat dari garam aluminium yang dapat larut pada kelembapan kulit yang akan membantu mengurangi produksi keringat. Jadi, jika Anda menginginkan ketiak yang segar, kering, dan harum sepanjang hari, pastikan deodoran Anda mengandung antiperspirant juga.

Jika Anda ingin mengetahui merk deodoran yang bagus, artikel ini merupakan daftar deodoran yang mengandung antiperspirant. Sedangkan artikel ini adalah daftar deodoran yang mendangung minyak biji bunga matahari (deodoran yang dapat memutihkan ketiak).

Tips: setelah menggunakan deodoran, jangan langsung mengatupkan lengan Anda atau langsung menggunakan pakaian! Berikan waktu untuk deodoran Anda mengering. Jika Anda tidak menunggu, deodoran bukannya meresap ke dalam kulit, tapi malah menempel ke pakaian.

10. Laser

Laser

Alternatif lainnya dalam cara merawat ketiak adalah dengan melakukan laser. Teknologi tercanggih dalam menghilangkan bulu ketiak dan membuat kulit ketiak jadi lebih lembut dan putih memang cuma dengan cara laser. Anda dapat melakukan perawatan ini di salon kecantikan terpercaya. Dan, tentunya Anda akan membutuhkan biaya yang lebih besar daripada dengan melakukan kesembilan cara di atas.

Nah, itu dia sepuluh cara merawat ketiak agar tidak bau, tidak berbulu, serta kulit lebih cerah dan terasa lembut. Selain kesepuluh cara yang telah Kamini jelaskan di atas, apakah Anda mengetahui tips lainnya untuk merawat ketiak? Bagikan pengetahuan Anda di kolom komentar, ya!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

2 Responses

  1. Untuk point ketiga bisa dilakukan berapa kali seminggu ?? mohon infonya

    1. Dapat dilakukan setiap hari. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *