10 Cara Merawat Kulit Kombinasi dengan Benar dan Aman

Ditulis oleh Syuri - Diperbaharui 29 Juli 2021

Apakah Anda tahu apa itu kulit kombinasi? Ketika kulit wajah Anda memiliki dua atau lebih jenis yang berbeda sekaligus. Maksudnya, area T-zone Anda mungkin saja berminyak, akan tetapi daerah bibir, dagu, dan pipi Anda kering.

Tapi bukan cuma itu saja, tanda kulit wajah Anda kombinasi, karena ada hal lain yang bisa menjadi tolak ukurnya. Jika kulit Anda mengalami beberapa masalah dalam waktu yang bersamaan, seperti jerawat, breakout, kemerahan, dan garis halus sebelum waktunya, bisa jadi kulit Anda kombinasi juga.

Memang, kalau dibayangkan pasti merepotkan mengurus kulit yang setiap areanya harus dirawat dengan cara berbeda. Akan tetapi, jika Anda ingin kulit yang sehat dan cantik, memang harus ada perjuangannya. Berikut adalah beberapa cara merawat kulit kombinasi ala Kamini.

1. Kenali Kulit Anda

Kulit Kombinasi

* sumber: www.facialsbyangels.com

Pertama-tama, Anda harus mengenali jenis kulit Anda terlebih dahulu. Seperti yang Kamini katakan di atas, untuk mengetahui apakah kulit Anda kombinasi atau tidak itu ada dua cara. Jika Anda merasa wajah Anda ada sisi yang berminyak dan ada sisi yang kering, berarti kulit wajah Anda kombinasi. Lalu, jika Anda mengalami masalah kulit sekaligus, misalnya keriput dibarengi dengan kantung mata, berarti kulit Anda kombinasi juga.

Dan, kulit kombinasi itu tidak selalu area hidung yang berminyak dan pipi yang kering. Bisa saja terbalik, pipi yang berminyak dan area T-zone yang kering. Setelah mengetahui apa yang perlu diperhatikan dari bagian-bagian wajah Anda, fokuslah untuk merawat bagian itu.

Jenis kulit kombinasi memang agak ribet untuk dirawat. Anda harus perlakukan setiap masalah kulit secara terpisah. Misalnya, Anda perlu melembapkan area bibir dan dahi, tapi harus menghindari dan mengurangi minyak di hidung Anda. Contoh, jangan gunakan satu masker yang sama untuk seluruh wajah. Tapi, gunakan produk yang cocok untuk setiap area wajah Anda.

2. Bahan Natural

skincare kosmetik makeup natural

* sumber: www.avoskinbeauty.com

Kulit kombinasi agak menjurus ke kulit sensitif, sehingga lebih baik jika Anda menggunakan skincare yang terbuat dari bahan natural. Kenapa? Karena jika dibuat dari bahan-bahan alami, tentunya lebih aman untuk kulit.

Lalu, skincare yang berbahan alami biasanya tidak ditambah parfum sintetis, jadi sangat aman buat yang kulitnya sensitif sekalipun. Selain itu, kelebihan lain dari skincare natural adalah aman dan cocok buat semua jenis kulit, serta ramah lingkungan tentunya!

3. Jadwalkan Skincare

Skincare kulit kombinasi

* sumber: www.byrdie.com

Ketika Anda sudah menemukan produk skincare yang cocok, terus pakai skincare itu saja, tidak perlu coba-coba yang lain. Lakukan perawatan kulit secara rutin pada pagi dan malam hari. Pada pagi hari, biasakan membersihkan wajah terlebih dahulu. Setelah itu, pakai toner, pelembap yang ringan, dan sunscreen sebelum Anda mengaplikasikan makeup.

Pada malam harinya, jangan lupa hapus riasan wajah lalu cuci muka. Setelah itu pakai toner, serum, dan pelembap atau krim malam. Untuk menu skincare mingguan, Anda bisa maskeran pakai clay mask atau face oil.

4. Tetap Scrubbing!

Scrubbing wajah

* sumber: www.lorealparisusa.com

Walaupun tipe kulit Anda agak complicated, bukan berarti Anda tidak boleh lulur wajah. Exfoliate tetap dibutuhkan untuk semua jenis kulit. Yang membedakan adalah bahan dan tekstur lulurnya. Untuk wajah dengan kulit kombinasi, gunakanlah lulur berbahan natural.

5. Exfoliating Cleanser

Exfoliating Cleanser

* sumber: www.redearth.com

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Jika tidak ada waktu scrubbing dengan lulur wajah, Anda bisa menggunakan exfoliating cleanser. Untuk kulit kombinasi, pilihlah exfoliating cleanser yang berbahan dasar gel atau foam. Hal ini guna mencegah wajah Anda jadi kering dan iritasi. Jangan pakai cleanser yang ada wewangian kimianya, ya.

Cara pakai exfoliating cleanser hampir sama seperti cuci muka. Basahi wajah, lalu pijat wajah perlahan-lahan dengan gerakan memutar menggunakan cleanser. Waktu pijatannya cukup 30 - 60 detik saja. Lebih praktis daripada lulur wajah, bukan? Kalau Anda ingin membeli exfoliating cleanser dalam berbagai merk, Anda bisa menemukannya di toko online.

6. Masker Alami

 Masker Alami

* sumber: www.scratchmommy.com

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Masker wajah juga sebaiknya pakai yang alami! Jika di pasaran ada organic face mask, boleh tuh Anda coba. Kenapa harus organik? Karena biasanya masker organik menggunakan bahan all natural yang merupakan campuran buah-buahan, biji-bijian, dan minyak esensial. Sehingga pasti bagus sekali untuk kulit kombinasi. Pakai masker setiap seminggu sekali untuk menyegarkan dan menutrisi kembali kulit Anda.

7. Pakai Makeup Khusus Kulit Kombinasi

Kulit Kombinasi

* sumber: styledowntheaisle.net

Tidak perlu bingung buat para pemilik kulit kombinasi, karena sekarang sudah banyak makeup yang diformulasikan khusus untuk Anda. Beberapa makeup yang sudah banyak pilihan kulit kombinasinya adalah foundation, concealer, loose powder, dan bedak padat.

Produk kecantikan dengan formula khusus kulit kombinasi dapat mengurangi minyak pada area yang dibutuhkan (biasanya di T-zone) dan memiliki kekuatan melembapkan yang tinggi untuk area yang super kering tanpa membuat area yang oily jadi kilang minyak.

8. Pakai Dua Macam Produk

wannaone innisfree clay mask

* sumber: www.allure.com

Kadang tidak semua produk skincare benar-benar cocok untuk kulit kombinasi. Untuk itu, Anda bisa mengakalinya dengan menggunakan dua produk sekaligus. Lembapkan area kulit yang kering menggunakan pelembap botanical oil based. Sedangkan untuk area yang berminyak, gunakan produk non-comedogenic.

Begitu pula ketika menggunakan masker. Gunakan masker yang melembapkan untuk area wajah yang kering, sedangkan untuk area wajah yang berminyak gunakan masker yang menyerap oil. Contohnya, pakai mud mask untuk melembapkan dan clay mask untuk menyerap minyak berlebih dari wajah.

9. Pakai Toner

toner kulit kombinasi

* sumber: www.instylemag.com.au

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Toner sangatlah esensial buat pemilik kulit kombinasi. Tapi, hati-hati dalam memilih toner karena ada beberapa bahan yang bisa membuat kulit kombinasi jadi iritasi. Beberapa bahan yang harus Anda hindari adalah alkohol, menthol, wewangian (mau yang kimiawi maupun alami), minyak dari buah-buahan asam seperti jeruk, dan witch hazel.

Toner yang bagus sebenarnya dibuat dari air, memiliki kandungan anti-inflammatory dan antioxidant. Beberapa merk toner yang bagus adalah Fresh Rose Deep Hydration Facial Toner, Clinique Clarifying Lotion 4, dan Avène Cleanance Mattifying Toner. Anda bisa membeli toner secara online.

10. Pilih-pilih Kosmetik Bermineral

mineral based makeup

* sumber: www.independent.co.uk

Memang, kulit kombinasi lebih baik jika di"hajar" oleh skincare yang tepat. Tapi, penggunaan kosmetik juga perlu diperhatikan. Sebab, banyak sekali kosmetik yang formulanya akan tidak cocok di kulit kombinasi. Jika begitu, semua usaha Anda dalam melakukan perawatan kulit akan percuma. Untuk itu, pilihlah makeup yang dibuat dari bahan all natural dan mengandung mineral.

Apa itu mineral makeup? Adalah makeup yang terbuat dari mineral seperti mika, seng, dan titanium oksida, yang kemudian digiling menjadi konsistensi yang sangat halus dan dikombinasikan dengan pigmen. Yang membuat mineral makeup benar-benar berbeda dengan makeup berformula lainnya adalah, Anda tidak akan menemukan minyak, lilin, pengawet, wewangian sintetis atau agen bulking di dalamnya.

Nah, selesai sudah pembahasan dari Kamini mengenai cara merawat kulit kombinasi dengan benar. Fokus pada skincare dan hati-hati dalam menggunakan makeup sebenarnya sudah cukup untuk mendapatkan kulit yang indah. Anda tahu cara lainnya untuk mengatasi kulit kombinasi? Bagikan di kolom komentar, yuk!

ARTIKEL
PRODUK
BRAND
© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram