kamini.id
Kamini.id / Kecantikan / Wajah / 10 Cara Merawat Muka Berjerawat & Menghilangkan Bekasnya

10 Cara Merawat Muka Berjerawat & Menghilangkan Bekasnya

Ditulis oleh Syuri - Diperbaharui 23 Oktober 2019

Rasanya semua orang pasti menginginkan wajah bersih dan mulus tanpa jerawat, bukan? Jika Anda rajin merawat kulit, kemungkinan muka berjerawat tentu kecil. Namun, mungkin saja Anda memiliki faktor lainnya sehingga kulit Anda menjadi berjerawat, seperti faktor genetik, pola makan tidak benar, atau salah menggunakan kosmetik.

Jika wajah Anda bebas dari jerawat, tentunya Anda akan semakin percaya diri, bukan? Maka dari itu, Kamini akan membantu mengatasi masalah kulit berjerawat Anda. Kamini telah mengumpulkan 10 cara merawat muka berjerawat, sekaligus cara menghilangkan bekasnya yang bisa kamu terapkan secara rutin. Berikut selengkapnya:

10 Cara Merawat Muka Berjerawat & Menghilangkan Bekasnya

1. Pastikan Tangan Selalu Bersih

Cuci tangan sebelum menyentuh boneka

Hampir mirip dengan cara merawat wajah agar tidak berjerawat, walaupun kulit wajah Anda berjerawat, Anda harus selalu memastikan tangan Anda bersih dari kuman. Saat Anda akan mengaplikasikan dan menghapus make up, pastikan bahwa tangan Anda berada dalam kondisi bersih.

Biasakan untuk mencuci tangan sebelum melakukan ritual mempercantik kulit wajah, agar kuman dan bakteri yang terdapat di tangan terutama di sela kuku tidak akan berpindah ke kulit wajah Anda.

Kuman yang terdapat pada tangan Anda dapat memperparah jerawat. Jangan sekali-kali Anda menyentuh kulit wajah terutama bagian yang sedang berjerawat jika tangan Anda dalam kondisi kotor. Maka dari itu, ingatlah untuk mencuci tangan menggunakan sabun antiseptik dan pastikan kuku Anda juga dibersihkan.

2. Rutin Mencuci Muka

Rutin Mencuci Muka

Sebelum beraktivitas, Anda pasti mencuci muka terlebih dahulu agar wajah terlihat segar, bukan? Begitu pula saat setelah beraktivitas, Anda wajib mencuci muka jika tidak ingin jerawat Anda semakin parah.

Cara merawat muka berjerawat paling penting adalah dengan rutin mencuci muka. Kenapa? Karena debu, polusi, sel kulit mati, dan sisa make up dapat menyubat pori-pori kulit yang akan membuat jerawat Anda sulit hilang.

Anda dapat mencuci muka dengan krim pembersih make up, lalu ditutup dengan cairan penyegar. Tapi akan menjadi lebih baik lagi jika Anda mencuci muka dengan menggunakan facial foam juga. Jadi, setelah membersihkan make up menggunakan krim dan penyegar, kami sarankan untuk Anda mencuci muka lagi dengan menggunakan sabun wajah agar kulit wajah Anda benar-benar terbebas dari sisa make up. 

3. Menerapkan Gaya Hidup Sehat

Cara merawat muka berjerawat

Cara merawat muka berjerawat dapat dilakukan dengan menjalankan gaya hidup sehat. Jika dengan rutin mencuci muka dapat menghapus kotoran, debu, dan sisa make up dari kulit wajah Anda, maka menjalankan gaya hidup sehat dapat membuang atau setidaknya meminimalisir kotoran dan minyak pada kulit wajah dari dalam tubuh. Sehingga, wajah Anda akan berangsur-angsur membaik dan terbebas dari jerawat.

Gaya hidup sehat dapat Anda mulai dari minum air putih minimal 1 liter sehari, lebih banyak lebih bagus lagi. Lalu makanlah makanan yang sehat seperti sayur-mayur, biji-bijian, buah-buahan, dan ikan yang memiliki serat dan protein tinggi.

Jangan terlalu sering mengonsumsi makanan cepat saji dan makanan yang berminyak. Anda juga sebaiknya jangan terlalu banyak mengonsumsi minuman berasa apalagi jika mengandung soda. Jangan lupa juga untuk berolahraga secara rutin.

4. Hindari Rambut Menempel Pada Wajah

rambut

Rambut adalah bagian tubuh yang paling dekat dengan wajah dan paling rentan membuat kulit wajah menjadi berjerawat. Walaupun dari luar nampak bersih dan tidak berbahaya, banyak sekali debu dan kotoran yang menempel pada rambut Anda, loh.

Jika Anda memiliki rambut yang panjang ditambah lagi berponi, maka rambut akan menempel pada kulit wajah Anda bukan? Jika Anda tidak rajin merawat rambut maka rambut Anda akan menjadi sarang kuman yang dapat membahayakan kulit wajah Anda.

Rambut yang menempel di kulit wajah, dipadu dengan keringat dan debu polusi akan membuat kulit wajah Anda menjadi kusam dan memperparah jerawat Anda. Maka dari itu, pastikan untuk selalu merawat rambut Anda dan selalu lap keringat di kulit wajah Anda menggunakan tisu kering yang lembut.

Untuk mudahnya, selalu sampirkan rambut Anda ke belakang telinga atau kuncir rambut Anda, sehingga rambut tidak akan mengenai kulit wajah Anda. Usahakan jangan menggunakan model potongan berponi.

5. Terapi Es Batu

es batu

Cara merawat muka berjerawat yang selanjutnya, Anda dapat menggunakan es batu sebagai medianya. Bahannya sangat mudah didapatkan, bukan? Anda hanya perlu membekukan air mineral di freezer, dan Anda dapat mengambilnya saat dibutuhkan. Es batu dapat membantu menyegarkan kulit wajah Anda sekaligus menuntaskan jerawat.

Cara terapi kulit menggunakan es batu adalah dengan menggosokkan es batu pada permukaan kulit wajah Anda secara perlahan-lahan. Es batu dapat mengeluarkan kotoran dan minyak yang terdapat pada permukaan kulit dan mengecilkan pori-pori. Memang tidak akan instan mengempeskan jerawat dalam satu hari. Maka, rutinlah melakukan terapi es batu ini hingga jerawat Anda menghilang.

6. Gunakan Madu

konsumsi madu

Madu memiliki banyak sekali khasiat, beberapa di antaranya adalah dapat membuat kulit lebih halus dan dapat menghilangkan jerawat. Anda dapat memanfaatkan madu sebagai cara merawat muka berjerawat dengan menggunakan madu sebagai masker. Oleskan madu ke seluruh permukaan kulit wajah Anda, diamkan selama kurang lebih 10 menit. Setelah itu, bilas lah menggunakan air dingin hingga bersih.

7. Lakukan Peeling Wajah

peeling

Berbeda dengan scrub wajah, peeling adalah proses perawatan kulit yang akan mengangkat sel kulit mati dan merangsang pertumbuhan sel kulit baru juga mempercepat regenerasi kulit tanpa perlu menggosok kulit terlebih dahulu. Peeling sangatlah bagus untuk membantu menghilangkan jerawat dan bekas jerawat.

Lakukan peeling wajah maksimal 2 kali sebulan. Tapi jika pada aturan pakai gel peeling terdapat keterangan waktu, ikuti keterangan waktu yang telah diberikan. Peeling sama seperti masker, hanya saja proses menghilangkan masker dari wajah cukup unik, yaitu ditarik.

Cara menggunakannya adalah dengan mengoleskan gel peeling ke seluruh wajah Anda, tapi jangan terlalu tebal. Tunggu krim peeling hingga cukup mengering, lalu tariklah peeling dari sudut terluar ke arah dalam. Setelah selesai, basuh wajah Anda hingga bersih menggunakan spons basah yang telah direndam air hangat.

8. Jangan Memecahkan Jerawat

memecahkan jerawat

Jangan pernah sekali pun menyentuh apalagi memencet jerawat Anda. Terutama jika Anda sengaja memecahkan jerawat, sama sekali jangan dilakukan. Kenapa? Karena jerawat yang dipecahkan dengan paksa akan menimbulkan bekas yang lama sekali hilangnya.

Oleh karena itu, gunakanlah metode lain untuk mengangkat habis jerawat, seperti melakukan perawatan di dokter kulit, menggunakan produk penghilang jerawat yang aman, atau menggunakan bahan-bahan natural sehingga jerawat dapat hilang secara alami.

 9. Cuka Apel

cuka apel

Untuk mengurangi memar jerawat, gunakanlah cuka apel. Ya, cuka apel mampu mengatur tingkat keasaman atau kadar pH kulit, sehingga dapat mengurangi kulit kemerahan akibat jerawat.

Cara menggunakannya adalah: campurkan 5 ml cuka apel dengan 95 ml air, aduk rata. Setelah itu, oleskan pada jerawat atau bekas jerawat dengan menggunakan kapas. Lakukan pada saat sebelum tidur dan biarkan selama semalaman untuk hasil maksimal.

10. Lidah Buaya

Cara merawat muka berjerawat yang terakhir adalah dengan lidah buaya. Lidah buaya terkenal dengan khasiatnya yang menyembuhkan berbagai macam luka termasuk menghilangkan bekas jerawat.

Hal ini dikarenakan lidah buaya mengandung aloesin, zat yang dapat menghambat pembentukan melanin yang menyebabkan kulit menjadi gelap. Selain itu, senyawa yang terkandung dalam lidah buaya mampu memudarkan bekas jerawat dan merangsang pembentukan sel kulit baru.

Cara menggunakannya: potong lidah buaya menjadi dua bagian dan kupas kulitnya. Ambil dagingnya lalu haluskan menggunakan garpu atau agar lebih mudah Anda dapat menggunakan blender. Oleskan daging lidah buaya yang telah halus ke seluruh permukaan wajah atau fokus pada bagian yang berjerawat atau bekasnya. Diamkan selama 15 menit lalu bilas menggunakan air hangat.

Itulah 10 cara merawat muka berjerawat sekaligus menghilangkan bekas jerawat. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda. Apa Anda tahu cara lainnya untuk merawat muka berjerawat? Atau apa Anda tahu cara menghilangkan bekas jerawat yang lainnya? Bagilah informasi berharga Anda di kolom komentar.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram