kamini.id
Kamini.id / Fashion / Aksesoris / 7 Cara Merawat Perhiasan Perak Warna Kuning Agar Berkilau

7 Cara Merawat Perhiasan Perak Warna Kuning Agar Berkilau

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 22 November 2020

Perhiasan bagi perempuan bukan hanya sebagai hiasan semata. Dulu, orang orang hanya mengenakan perhiasan, kalau tidak yang terbuat dari emas ya perak. Dua material ini merupakan yang paling popular sebab memiliki nilai yang tetap. Sehingga emas dan perak dapat dijadikan investasi langsung yang dapat diandalkan.

Saat ini banyak beredar perhiasan perak lapis emas atau yang disebut dengan perak warna kuning. Ditinjau dari segi harga, perhiasan berbahan campuran ini lebih murah. Namun, perhiasan ini tidak ada bedanya dari perhiasan emas asli. Sayangnya, menyimpan perhiasan tidak bisa sembarangan loh. Apalagi perhiasan jenis ini butuh perawatan telaten.

Perhiasan Emas Asli vs Perhiasan Perak Warna Kuning

* sumber: www.beadnova.com

Seperti yang telah disebutkan di atas, perhiasan emas dan perhiasan perak warna kuning hampir tidak bisa dibedakan. Sebab lapisan warna kuningnya memang terbuat dari emas sehingga jika diperhatikan perhiasan tersebut seakan memang terbuat dari emas.

Namun, perhiasan ini jelas berbeda. Dari material yang digunakannya dan nilai jualnya pun tidak ada kemiripan. Untuk mengetahui perhiasan emas asli atau perak warna kuning perlu dilakukan pengecekan secara teknis oleh para ahli perhiasan.

Perbedaan yang signifikan dapat dijelaskan dari material yang digunakan untuk membuat perhiasan tersebut. Perhiasan emas asli biasanya menggunakan emas 22 karat atau setara dengan emas murni sebesar 91%.

Sedangkan perhiasan perak lapis emas menggunakan 96% perak murni yang kemudian rangka lapisan paling luarnya menggunakan chrome emas kuning. Pasti terlihat sangat mirip, bukan?

Proses pengerjaan perhiasan perak warna kuning ini mengalami dua tahap pengerjaan. Tahap pertama dilakukan untuk mengerjakan rangka dari perak. Tahap kedua adalah proses finishing, yakni proses chrome atau pelapisan emas.

Perlu diingat bahwa perhiasan perak warna kuning tidak bisa dijual kembali layaknya perhiasan emas pada umumnya. Meskipun memiliki kandungan emas pada lapisannya perhiasan seperti ini memiliki kadar emas di bawah standar jual beli emas.

Dari segi ketahanan perhiasan perak warna kuning dinilai lebih kurang awet dibandingkan dengan perhiasan yang terbuat dari perak seutuhnya. Lalu, kenapa banyak pengrajin emas yang membuat perhiasan semacam ini?

Jawaban sederhananya adalah sebab perhiasan seperti ini jauh lebih murah dibandingkan dengan perhiasan emas. Jadi pembeli dapat memiliki perhiasan seperti emas tanpa perlu mengeluarkan banyak uang untuk membelinya.

Satu lagi yang perlu kamu ketahui mengenai perhiasan ini adalah cara merawatnya. Perhiasan perak warna kuning sensitif terhadap keringat dan parfum. Apalagi jika dibiarkan begitu saja, perhiasaan ini akan kusam.

Untuk itu kamu perlu memperhatikan cara penyimpanan dan perawatan perhiasan perak warna kuning agar perhiasan tersebut tetap berada dalam kondisi bagus. Cara perawatan sederhana berikut ini bisa kamu tiru di rumah.

Cara Merawat Perhiasan Perak Warna Kuning

Perhiasan yang indah berkilau tentu akan meningkatkan rasa percaya diri kamu ketika memakainya, bukan? Maka dari itu rawat perhiasanmu agar tidak kusam apalagi pudar warnanya.

1. Bersihkan Setiap Setelah Digunakan

* sumber: womantalk.com

Benda-benda yang terbuat dari perak, termasuk perhiasan perak warna kuning rentan kusam jika terkena beberapa zat. Bahkan ada beberapa orang yang keringatnya tidak cocok dengan bahan perak. Jika terkena keringat dapat membuat warna perak menghitam.

Sebaiknya perhiasanmu rutin dibersihkan setiap habis dipakai. Hal ini dilakukan agar keringat dan zat-zat lain seperti parfum dan produk kosmetik yang kamu gunakan tidak memicu warna kusam bahkan menghitam pada perhiasan perak kuning.

2. Lapisi dengan Cat Kuku Transparan

* sumber: hellolittlehome.com

Perhiasan perak lapis emas dapat pudar seiring waktu akibat intensitas pemakaian yang tinggi. Karena warna kuning emasnya hanya berupa lapisan, kemungkinan terkena gesekan dan memudar cukup besar.

Untuk mencegah agar perhiasan perak warna kuning tetap berkilau kamu bisa mengolesi perhiasanmu dengan cat kuku transparan atau biasa disebut dengan coating top. Lapisan ini biasanya digunakan pada tahap akhir pembuatan nail art.

Lapisan cat kuku mungkin tidak dapat mencegah lapisan emasnya pudar, namun ia dapat membuat perhiasan perak warna kuning yang kamu miliki menjadi lebih berkilau layaknya perhiasan baru.

3. Lakukan Pelapisan Ulang

* sumber: toko-mas-perak-muhana-murni.business.site

Hal ini dilakukan jika perhiasan perak warna kuningmu terlanjur kusam dan memudar. Kamu bisa meminta perhiasanmu disemprot ulang dengan cairan pelapis emas di toko-toko perhiasan.

Toko-toko perhiasan biasanya menyediakan jasa penyemprotan perhiasan yang memudar. Lakukan penyemprotan seperti ini secara berkala. Minimal satu bulan sekali agar lapis emasnya tetap terjaga meskipun kamu sering memakainya.

4. Gunakan Amonia

* sumber: www.ritiriwaz.com

Amonia merupakan zat kimia yang dipercaya mampu membuat perhiasan emas dan perak kembali berkilau. Kandungan kimia yang terdapat pada amonia mampu menghilangkan warna kusam akibat perhiasan terkena oksidasi.

Untuk membersihkan perhiasan perak warna kuning kamu bisa mencampurkan satu cangkir air hangat dengan amonia putih sebanyak setengah cangkir. Aduk sampai dua bahan ini tercampur rata.

Rendam perhiasan yang kusan ke dalam larutan ini selama 10 menit. Keringkan dengan handuk atau kain lembut. Diamkan sampai cairan mengering. Karena ini merupakan larutan kimia, kamu perlu berhati-hati mengaplikasikannya.

Amonia berbahaya bagi kesehatan terutama. Jika terhirup dalam jumlah banyak dapat mengakibatkan gangguan pernafasan dan luka bakar.

5. Gunakan Pasta Gigi

* sumber: www.womensweekly.com.sg

Jika kamu kesulitan mencari bahan amonia kamu tidak perlu khawatir. Pasta gigi juga dapat digunakan untuk mengembalikan kilau pada perhiasan. Untuk mengaplikasikannya gunakan sikat gigi bekas agar kamu bisa menjangkau lekuk-lekuk pada perhiasanmu.

Oleskan pasta gigi secukupnya, lalu gosok perlahan sampai warna kusam dan kotoran pada perhiasan hilang. Setelah itu rendam perhiasan tersebut dalam air hangat selama lima menit.

Terakhir, keringkan dengan kain lembut. Jangan sampai ada sisa air yang mengering pada permukaan perhiasan. Ini dapat menyebabkan perhiasanmu tidak terlalu bercahaya.

6. Buat Larutan Garam dan Perasan Lemon

* sumber: www.birds-of-a-thread.com

Ternyata kandungan vitamin C yang terdapat pada buah lemon tidak hanya berguna bagi kesehatan loh. Kamu tidak perlu pergi ke toko perhiasan untuk membersihkan perhiasan yang kusam. Air perasan lemon dapat kamu manfaatkan untuk itu.

Asam dan vitamin C yang terkandung di dalam lemon ampuh untuk membuat perhiasan kembali berkilau. Caranya campurkan sedikit garam. Larutan bersama perasan lemon. Setelah itu rendam perhiasan selama kurang lebih lima menit. Lap dengan kain kering yang lembut.

7. Gunakan Baking Soda

* sumber: www.thekitchn.com

Campuran baking soda dan air hangat dapat membuat perhiasan kusam menjadi kembali bersinar. Caranya ambil dua-tiga sendok baking soda. Campur dengan air hangat sampai menjadi pasta.

Gosok perhiasanmu dengan menggunakan sikat gigi atau brush lembut. Bilas perhiasan tersebut dengan air hangat, lalu keringkan menggunakan handuk atau kain lembut kering.

Bagaimana? Mudah sekali prakteknya. bukan? Jangan buru-buru ke toko perhiasan jika perhiasanmu kusam. Lakukan cara-cara tadi agar perhiasanmu tetap terawat dengan baik.

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram