Kamini.id / Cat Rambut / Cara Merawat Rambut Berwarna Agar Tidak Kering dan Rusak

Cara Merawat Rambut Berwarna Agar Tidak Kering dan Rusak

Ditulis oleh - Diperbaharui 10 April 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Problem bagi kamu yang suka berganti-ganti warna rambut adalah rambut kering atau rusak. Mengapa demikian? Karena cat rambut yang kamu gunakan pasti mengandung bahan kimia. Nah, paparan bahan kimia bisa membuat rambut menjadi kering atau justru rusak parah.

Apakah mewarnai rambut sama dengan merusak rambut? Tentu saja tidak. Kamu bisa mencegah kerusakan akibat pewarnaan rambut dengan merawatnya. Kamini akan memberikan bocoran cara merawat rambut beserta dengan produk dan bahan alami yang bisa kamu pakai. Yuk, simak informasi selengkapnya di sini, ya!

Perawatan Sehari-hari untuk Rambut Berwarna

Saat kamu memutuskan untuk mewarnai rambut, maka kamu pun harus berkomitmen untuk merawat rambutmu agar terhindar dari kerusakan. Perawatan tidak perlu selalu dilakukan di salon, lho. Kamu bisa mulai merawat rambutmu sendiri di rumah.

Ingin merawat rambut berwarna agar tidak kering dan rusak? Yuk, mulai dari perawatan sehari-hari berikut ini.

  • Keramas dengan Air Dingin

Keramas dengan Air Dingin

Keramas dengan air hangat memang nikmat. Akan tetapi, kalau kamu ingin menjaga warna dan kelembaban rambutmu, maka biasakan keramas dengan air dingin. Keramas menggunakan air dingin dapat menjaga kutikula rambut sehingga rambutmu jadi lebih lembut dan bercahaya.

  • Selalu Gunakan Conditioner

Selalu Gunakan Conditioner

Untuk menjaga kelembaban rambut yang diwarnai, kamu harus selalu mengaplikasikan conditioner setelah keramas. Conditioner akan menjaga kelembaban rambut tanpa membuatnya berminyak. Selalu gunakan conditioner setelah kamu mencuci rambutmu dengan shampo, ya!

  • Hindari Penggunaan Alat Styling

Hindari Penggunaan Alat Styling

Rambutmu sudah mendapatkan paparan bahan kimia dari cat rambut yang kamu pakai. Sebaiknya, hindari penggunaan alat styling yang memberi paparan suhu panas pada rambut. Kasihani rambutmu dengan mengurangi penggunaan alat styling dalam kehidupan sehari-hari.

  • Lindungi Rambut dari Sinar Matahari

Lindungi Rambut dari Sinar Matahari

Sering beraktivitas di luar ruangan pada siang hari? Pertimbangkan untuk memakai topi atau penutup kepala lainnya. Lindungi rambut berwarnamu dari paparan sinar matahari agar warna rambut tidak menjadi kusam. Selain bisa memudarkan warna rambut, sinar matahari akan membuat kondisi rambut berwarnamu semakin kering.

  • Tidak Terlalu Sering Menyentuh Rambut

Hentikan Kebiasaan Menyentuh Rambut

Puas dengan hasil rambut yang baru diwarnai? Rasa puas ini pasti membuatmu ingin terus menyentuh rambutmu, bukan? Sayangnya, kamu harus menghentikan kebiasaan menyentuh rambut karena rambut bisa menjadi kotor dan warnanya pun memudar. Di samping itu, sentuhan jari juga dapat merusak kutikula rambut, lho.

Itulah perawatan sehari-hari yang bisa kamu lakukan untuk menjaga rambut berwarnamu agar tidak kering dan rusak. Kamini juga akan melengkapi informasi ini dengan petunjuk mengenai produk-produk yang bisa diandalkan untuk merawat rambut berwarna.

Produk untuk Merawat Rambut Berwarna

Produk untuk Merawat Rambut Berwarna

Perawatan sehari-hari saja tidak cukup untuk menghindari rambut berwarna dari kerusakan. Ada beberapa produk perawatan rambut yang harus kamu pakai untuk merawat rambut yang diwarnai. Berikut adalah produk-produknya:

  • Shampo

Yang dimaksud di sini bukan shampo biasa, melainkan shampo yang diformulasikan untuk merawat rambut berwarna. Kandungan di dalam shampo ini jelas berbeda dengan shampo biasa. Kamu bisa memilih shampo jenis ini di artikel shampo untuk rambut berwarna.

  • Conditioner

Produk perawatan rambut yang satu ini juga harus masuk dalam daftar perawatan sehari-harimu. Conditioner mampu mencegah kekeringan dan kekusaman pada rambut berwarna. Selalu gunakan conditioner setiap habis keramas. Temukan conditioner terbaik dalam artikel conditioner yang bagus untuk merawat rambut.

  • Tabir Surya

Bukan hanya kulit yang wajib dilindungi dengan tabir surya saat kamu beraktivitas di luar ruangan pada siang hari, tetapi rambut pun butuh perlindungan. Kami menyarankanmu untuk menyediakan tabir surya khusus rambut agar rambut berwarnamu tidak kering dan kusam akibat paparan sinar matahari.

  • Vitamin

Jangan lupa untuk memenuhi asupan nutrisi rambutmu dengan mengaplikasikan vitamin rambut secara teratur. Untuk menutrisi rambutmu, pilih vitamin yang kami rekomendasikan di artikel vitamin rambut yang bagus.

  • Masker

Sesekali berikan treatment untuk rambut yang diwarnai agar terhindar dari berbagai jenis kerusakan. Hair mask adalah treatment terbaik untuk menenangkan rambut berwarna. Kunjungi artikel masker rambut yang bagus untuk menemukan produk terbaik yang bisa merawat rambut berwarnamu.

  • Serum

Apabila rambut berwarnamu sudah sangat kering dan kusam, sudah saatnya kamu menggunakan hair serum. Serum adalah produk yang dikhususkan untuk merawat rambut rusak, bahkan kerusakan yang disebabkan oleh pewarnaan rambut.

Produk perawatan rambut ini akan menjaga warna dan kelembaban rambut yang diwarnai. Ingat, rambut yang diwarnai lebih rentan kering dan rusak. Jadi, sejumlah produk perawatan rambut di atas akan sangat membantu menjaga kesehatan rambut berwarna.

Bahan Alami untuk Merawat Rambut Berwarna

Jika tidak suka memakai produk perawatan rambut yang dijual di pasaran, ada opsi lain untuk merawat rambut berwarnamu, lho. Penggunaan bahan alami bisa kamu pertimbangkan untuk merawat rambu yang diwarnai.

Apa saja bahan alami yang cocok untuk merawat rambut berwarna agar tidak kering dan rusak?

  • Cuka

Cuka

Larutan asam yang satu ini sangat cocok untuk menjaga warna rambutmu. Cuka yang dicampur dengan air harus dimasukkan ke dalam botol semprot terlebih dahulu. Kemudian, semprotkan air cuka secukupnya ke rambutmu. Diamkan selama 10-15 menit, lalu bilas rambutmu dengan air sampai bersih.

  • Madu

Madu Murni

Khasiat madu sebagai pelembab alami memang tidak perlu diragukan lagi. Bukan hanya bisa dipakai pada bibir dan kulit, madu juga bisa merawat rambut berwarna agar tidak kering.

Caranya adalah oleskan madu secukupnya dari akar sampai ujung rambut. Diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air bersih. Kamu pun bisa mencampurkan madu ke shampo dan conditioner yang kamu pakai, lho.

  • Minyak Zaitun

Minyak Zaitun

Khawatir rambut berwarnamu jadi kering dan bercabang? Yuk, gunakan minyak zaitun sebagai masker alami untuk merawat rambut berwarna. Kelembaban alami yang ditawarkan minyak zaitun mampu menjaga kelembaban rambut dan kulit kepala.

Teteskan 2 sdt minyak zaitun ke kulit kepala, lalu ratakan hingga ke ujung rambut menggunakan jari-jari tanganmu. Setelah diberi pijatan, diamkan selama 30 menit, lalu cuci rambutmu dengan shampo yang memang diformulasikan untuk rambut diwarnai.

  • Alpukat

Alpukat

Solusi untuk rambut kering adalah alpukat. Buah yang kaya asam lemak omega-3 ini juga bisa dijadikan masker alami untuk rambut diwarnai.

Sediakan 1 buah alpukat, lalu haluskan seluruh daging buahnya. Campurkan 1 sdt minyak zaitun ke dalam alpukat yang sudah dihaluskan. Aplikasikan masker alpukat ke seluruh bagian rambut. Setelah didiamkan selama 15 menit, cuci rambutmu dengan shampo.

Rambut berwarna yang pudar bukan selalu disebabkan oleh sinar matahari, tetapi memang disebabkan oleh kualitas semir rambut yang kamu pakai. Jadi, setelah 6 bulan sebaiknya lakukan retouch jika kamu ingin mempertahankan warna rambut tersebut.

Panduan merawat rambut berwarna ini semoga bisa menjaga rambutmu agar tetap sehat dan terhindar dari kerusakan. Yuk, jangan malas merawat rambut yang diwarnai!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shopee lagi ada diskon gede nih buat produk fashion!