Kamini.id / Merawat Sepatu / Inilah Tata Cara Merawat Sepatu Suede dengan Benar

Inilah Tata Cara Merawat Sepatu Suede dengan Benar

Ditulis oleh - Diperbaharui 9 April 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Suede adalah jenis kulit fuzzy dengan sentuhan akhir. Suede dibuat dari bagian bawah kulit hewan, sehingga lebih lembut dan lebih lentur daripada bahan kulit lainnya. Suede juga memiliki kelemahan, yaitu mereka tidak tahan terlalu lama seperti bahan kulit yang diambil dari lapisan kulit luar. Bahan ini biasanya digunakan untuk jaket, dompet, furnitur, pakaian dan juga sepatu tentunya!

Kadang orang jadi “sayang” memakai sepatu suedenya karena takut rusak. Lalu, buat apa beli sepatu kalau tidak dipakai? Walaupun Anda sudah memakainya secara hati-hati, seperti menghindari genangan air, membersihkannya dari debu, tapi tetap saja tidak mungkin menghindarkan sepatu Anda dari kotoran dan kerusakan.

Ikuti cara merawat sepatu suede dari Kamini agar sepatu suede Anda selalu terlihat seperti baru!

1. Gunakan Sikat Khusus

Perawatan sepatu suede yang paling dasar adalah membersihkannya dari debu, baik jika sepatu itu baru dipakai atau hanya disimpan saja. Menyikatnya pun tidak asal, Anda sebaiknya menggunakan sikat khusus sepatu suede. Sikat sepatu Anda ketika dalam keadaan kering, ya. Soalnya suede memiliki partikel halus, sehingga paling benar kalau disikat dalam keadaan kering dan pakai sikat khusus!

2. Sikat Perlahan untuk Menghilangkan Noda Ringan

* sumber: www.thread.com

Ketika sepatu Anda ada noda ringannya, sikat saja pelan-pelan menggunakan sikat khusus. Sikat dengan gerakan satu arah berulang, jangan bolak-balik karena dapat merusak tekstur bulu suede! Jadi, sapukan sikat dengan lembut ke area yang ternoda. Menyikat dalam satu arah membantu menghilangkan lapisan permukaan kotoran dari serat kulit suede.

Setelah selesai, sikat lagi noda menggunakan gerakan maju-mundur. Kali ini Anda boleh menyikatnya dengan menambah sedikit kekuatan. Cara ini cocok juga dilakukan untuk mengangkat noda tanah atau noda lumpur kering yang terperangkap di bawah permukaan suede.

3. Pakai Penghapus untuk Noda Membandel

* sumber: bootmoodfoot.com

Noda bandel? No problem! Kategori noda membandel adalah noda gores atau noda yang tidak bisa dihilangkan dengan sikat. Untuk menghilangkannya, Anda bisa menggunakan karet penghapus pensil atau pun karet krep (bahan karet berkerut untuk membuat sol sepatu). Anda tentu bisa juga menggunakan penghapus khusus suede (rubber suede eraser).

Gosok sepatu suede Anda dengan penekanan sedang. Anda bisa menambah kekuatan untuk menghilangkan noda yang lebih bandel. Jika Anda berencana menghilangkan noda yang mengering (tanah, lumpur, saus, dll), jangan lupa beri alas di bawah sepatu, karena kotorannya akan bertebaran ke bawah.

4. Gunakan Cuka/Alkohol untuk Menghapus Noda Besar

*

Jika noda Anda masih tidak hilang juga, walaupun Anda sudah melewati semua langkah di atas, saatnya menggunakan senjata pamungkas: cuka. Sepertinya hampir semua rumah menyediakan cuka, baik itu untuk keperluan memasak atau pun untuk kecantikan dan kesehatan (seperti cuka apel cider).

Cuka putih mampu mengangkat noda ringan atau pun noda berat, contohnya seperti noda soda, kopi, sup, dan lain sebagainya. Tuang cuka ke kain bersih, lalu gosokkan ke noda di sepatu suede Anda hingga bersih.

Setelah mengering, gunakan sikat khusus untuk mengibaskan sisa noda yang tadi baru terlepas berkat cuka tapi masih menempel di suede Anda. Selain cuka, Anda bisa menggunakan rubbing alcohol (alkohol gosok) juga!

5. Sikat Kuat-kuat untuk Menghilangkan Goresan

“Noda” yang satu ini sering juga menimpa sepatu suede, yaitu goresan. Suede terdiri dari partikel yang lembut, sehingga ketika tergores akan sangat terlihat. Cara mengatasinya adalah dengan menggosok bagian sepatu yang tergores dengan cara gosok bolak-balik. Jangan lupa gunakan sikat khusus sepatu suede, ya!

6. Hilangkan Noda Air dengan Air!

* sumber: www.ehow.com

Ya, air juga bisa dikategorikan sebagai noda jika itu mengenai bahan suede. Karena bahan ini sangat sensitif terhadap air, makanya jika ada noda kotoran atau pun goresan pasti dianjurkan untuk menanganinya dalam keadaan kering. Tapi, kalau nodanya air bagaimana? Apa ditunggu kering juga? Jangan! Karena noda air yang sudah mengering sulit dihilangkan.

Seperti pepatah dalam bahasa Inggris, “fight fire with fire” yang berarti melawan api dengan api, kita akan menghilangkan noda air dengan air! Gunakanlah sikat basah lalu basahi lagi noda di sepatu Anda. Biar nodanya jadi “banjir”. Setelah itu, serap kelebihan air dengan handuk kertas. Biarkan sepatu Anda mengering semalaman.

Jangan coba-coba mengeringkan sepatu dengan hairdryer atau pun dimasukkan ke microwave, biarkan sepatu Anda mengering secara alami. Lalu, hindari juga mengeringkan sepatu di bawah sinar matahari langsung karena dapat memudarkan warna suede.

7. Hilangkan Noda Berminyak dengan Bedak

* sumber: Noda-Berminyak-dengan-Bedak-sepatu-suede

Ada noda minyak di sepatu suede Anda? Jangan marah dulu. Taburkan saja bedak tabur ke atas noda, dan…boom! Noda minyak akan menghilang dengan sangat baik. Diamkan bedak selama 1-2 jam (atau lebih), lalu Anda akan melihat bedaknya jadi seperti menggenang dengan minyak. Jika sudah begitu, sikat noda dengan sikat khusus.

Tapi, Anda harus melakukan trik ini dengan secepat mungkin, ya, jangan sampai noda minyaknya set alias mengering. Jika tak ada bedak tabur, Anda bisa pakai cornstarch (tepung jagung) juga.

8. Angkat Noda Lilin & Permen Karet dengan Membekukannya

*

Yang namanya noda bisa kapan saja mengenai sepatu, mau itu ketika tak sengaja menginjak permen karet di jalanan atau pun noda lilin ketika Anda membawa kue ulang tahun untuk teman. Seperti cara menghilangkan noda permen karet dari celana jeans, Anda perlu membekukan sepatu Anda untuk menyingkirkan noda permen karet dan lilin.

Masukkan sepatu suede yang ada noda permen karet dan lilin ke dalam freezer selama beberapa jam. Permen karet akan mengeras dan lilin akan mengelupas dengan sendirinya dalam suhu dingin. Finishing, sikat lagi sepatu suede Anda untuk menghilangkan sisa noda jika masih ada.

9. “Cukur” Bulu Suede

* sumber: www.onegoodthingbyjillee.com

Tadi itu baru cara-cara menghilangkan noda dari sepatu suede, sekarang kita masuk ke perawatannya. Ini mungkin terdengar random, tapi untuk merawat sepatu suede, Anda disarankan untuk mencukur bulunya. Langkah ini berguna untuk mengembalikan tekstur suede menjadi halus seperti waktu pertama dibeli.

Karena suede itu bahan kulit yang berbulu, maka seiring berjalannya waktu bulunya akan jadi berserabut. Untuk mengembalikan keindahan sepatu suede Anda, maka diperlukan metode mencukur bulunya. Gunakan pisau cukur jenggot.

Jangan tekan pisaunya tapi lebih seperti mencukur bayangan dari bahan suede-nya. Got it? Setelah mencukur sepatu suede Anda, lanjutkan dengan menyikatnya menggunakan sikat khusus.

10. Kembalikan Kondisi Kulit Suede yang Lepek

Kembalikan Kondisi Kulit Suede yang Lepek

* sumber: shop.nordstrom.com

Setelah semua sikatan, bedak tabur, air, dan metode-metode lainnya untuk menghilangkan noda, sepatu Anda bisa saja nampak kusam. Tapi, jangan khawatir, Anda bisa meremajakan kembali sepatu suede Anda yang kuyu (bahkan sepatu suede lama Anda yang sudah entah sejak kapan disimpan di rak sepatu). Semua ini hanya menggunakan satu bahan saja, yaitu cuka atau alkohol. Pilih bahan favorit Anda.

Gosok permukaan suede dengan kain yang sudah dituang cuka atau alkohol, lalu biarkan sepatu mengering dengan sendirinya. Setelah itu, fluffy atau kembangkan kembali bulu-bulu suede di sepatu Anda menggunakan sikat khusus. Dengan metode ini, sepatu Anda akan bersih berkilau seperti baru lagi.

Ada cara lainnya untuk meremajakan sepatu suede tua. Yaitu dengan merebus air hingga mendidih. Jangan matikan apinya, biarkan air terus menggolak. Lalu, pegang sepatu Anda di atas uap air yang mendidih itu. Yang satu ini namanya metode steam. Kita memanfaatkan uap air untuk membuat bulu-bulu suede sepatu Anda fluffy lagi. Setelah dirasa cukup, sapu lagi sepatu Anda menggunakan sikat khusus.

11. Lindungi Sepatu Suede

Lindungi Sepatu Suede

* sumber: hone.style

Terakhir, lindungi sepatu suede Anda. Pasti bete banget, kan, kalau Anda baru membersihkan sepatu tapi besoknya kotor lagi? Untuk itu, segera laminasi sepatu Anda yang sudah bersih (atau ketika masih baru dibeli), dengan semprotan pelindung suede.

Semprotan ini biasanya akan membuat sepatu Anda tahan air, minyak, saus, dan apapun yang bisa meninggalkan noda pada sepatu Anda. Semprotan seperti ini juga akan mencegah terjadinya goresan.

Jangan takut pakai sepatu suede Anda, karena Anda bisa menghilangkan semua noda dan membuat tampilan sepatu jadi seperti baru lagi dengan langkah-langkah di atas. Selamat mencoba!

Oh iya, kalau Anda juga bingung cara membersihkan sepatu wakai, kami punya beberapa tips dan tata caranya di artikel Cara Membersihkan Sepatu Wakai ini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ditulis oleh - Diperbaharui 9 April 2020