10 Cara Merawat Wajah Pria Agar Selalu Segar Setiap Saat

Ditulis oleh Linda - Diperbaharui 10 April 2020

Siapa pun pasti mendambakan memiliki wajah yang cerah dan segar, termasuk kaum adam. Namun, aktivitas di luar ruangan atau berbagai aktivitas lainnya dapat membuat wajah pria memproduksi minyak lebih banyak. Akibatnya, wajah pria jadi lebih rentan berminyak dan terlihat kusam.

Solusi agar para pria bisa memiliki wajah yang segar dan bercahaya adalah dengan melakukan sejumlah perawatan. Berikut ini ada 10 cara merawat wajah pria dari Kamini yang akan membuat wajah Anda selalu segar setiap saat. Miliki wajah yang lebih fresh dengan 10 cara sederhana berikut ini.

10 Cara Merawat Wajah Pria Agar Selalu Segar

1. Cukur kumis dan janggut secara teratur

Cukur kumis dan janggut secara teratur Cara Merawat Wajah Pria

Bagi sebagian pria memelihara kumis dan janggut bisa membuat mereka terlihat lebih macho. Namun, kumis dan janggut bisa menjadi sarang bakteri apabila Anda tidak melakukan perawatan wajah dengan baik. Di samping itu, kumis dan janggut yang terlalu panjang akan menimbulkan kesan suram pada wajah.

Solusi bagi pria yang tetap ingin memelihara kumis dan janggut, maka cukurlah secara teratur agar terlihat lain. Selain itu, gunakan lotion wajah yang mengandung witch hazel extract untuk mencegah iritasi setelah bercukur.

2. Cuci muka 2 kali sehari

Cuci muka 2 kali sehari

Cara merawat wajah pria yang satu ini selalu terabaikan. Pria mungkin memilih langsung tidur setelah beraktivitas seharian tanpa mencuci muka terlebih dahulu. Padahal, mencuci muka bisa mengurangi minyak sehingga wajah terlihat lebih segar.

Para pria yang ingin memiliki wajah segar harus mencuci muka minimal 2 kali sehari, yakni setiap mandi pagi dan sore. Selain itu, cuci muka juga penting setelah Anda melakukan aktivitas di luar ruangan, seperti berkendara dengan sepeda motor. Namun, jangan terlalu sering mencuci muka karena dapat merangsang produksi minyak berlebih.

3. Jangan ragu untuk menggunakan pelembab wajah

Jangan ragu untuk menggunakan pelembab wajah

Siapa bilang jika pelembab wajah hanya diproduksi untuk kaum hawa saja? Dewasa ini, sudah banyak produk pelembab wajah khusus pria yang dijual di pasaran. Anda bisa memilih salah satu produk yang sesuai dengan jenis kulit Anda.

Pelembab wajah akan menjaga kulit Anda tetap segar, tidak kusam, dan bebas minyak. Beberapa produk justru bisa membuat kulit wajah terlihat lebih cerah. Tak hanya itu saja, pelembab wajah juga dapat membuat tekstur kulit wajah jadi lebih halus.

4. Pilih pembersih wajah yang tepat

Pilih pembersih wajah yang tepat

Pembersih wajah pria bukan hanya sabun untuk mencuci muka saja, lho. Pria juga dapat menggunakan cleanser untuk membersihkan kotoran, minyak, dan debu yang melekat pada kulit. Banyaknya pilihan pembersih wajah untuk pria tentu akan membuat Anda bingung saat harus memilih yang tepat.

Solusi terbaik adalah pilih pembersih wajah pria dari merk yang ternama dan komposisi yang cocok untuk jenis kulit Anda. Bersihkan wajah dengan cleanser setelah Anda beraktivitas di luar ruangan yang berpotensi terkena debu dan kotoran.

5. Gunakan bahan alami untuk merawat wajah

madu

Tahukah Anda bahwa cara merawat wajah pria sebenarnya tidak terlalu berbeda dengan cara perawatan wajah khusus wanita. Baik pria maupun wanita sama-sama dianjurkan untuk menggunakan bahan alami untuk merawat wajah.

Bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk merawat wajah ada banyak, salah satunya adalah madu. Madu dapat melembabkan kulit pria yang sanga kering sehingga terlihat lebih segar dan tidak kusam.

Selain madu, para pria juga bisa menggunakan bengkoang untuk memiliki wajah yang lebih cerah. Masker bengkoang juga diklaim dapat mengatasi noda hitam pada wajah. Tak ada salahnya jika para pria mencoba perawatan dengan bahan alami karena selain murah, bahan alami juga tidak menimbulkan efek samping.

6. Hindari stres berlebihan

Hindari stres berlebihan

Setiap orang tentu pernah mengalami stres. Namun, jangan berlarut-larut stres karena hal tersebut dapat menyebabkan wajah jadi terlihat kusam dan tak bercahaya. Apabila Anda sedang dirundung stres, carilah kegiatan yang Anda sukai agar Anda bisa lebih rileks dan melupakan stres tersebut. Sesekali Anda perlu refreshing dan me time untuk menyegarkan kembali pikiran dan fisik Anda agar selalu segar setiap saat.

7. Keringkan wajah secara tepat

Keringkan wajah secara tepat

Anda pasti sudah terbiasa mengeringkan wajah dengan handuk, bukan? Namun, sadarkah Anda bahwa kebiasaan mengeringkan wajah dengan cara yang salah bisa membuat kulit jadi kusam, kasar, dan mudah berjerawat. Untuk mengeringkan wajah, gunakan handuk yang terpisah dengan handuk badan agar bakteri yang menempel pada handuk badan tidak berpindah ke wajah Anda.

Tak hanya itu saja, Anda juga perlu mempelajari cara mengeringkan wajah dengan handung secara tepat. Jangan menggosokkan handuk ke wajah karena itu bisa membuat tekstur kulit jadi kasar. Keringkan dengan cara menepuk-nepuk handuk ke wajah Anda sampai kulit benar-benar kering.

8. Oleskan tabir surya sebelum beraktivitas di luar saat siang hari

Oleskan tabir surya sebelum beraktivitas di luar saat siang hari

Sebagai pria dengan segudang aktivitas di luar ruangan, maka Anda harus melakukan cara merawat wajah pria secara tepat dengan menggunakan tabir surya. Pilihlah tabir surya yang memang diformulasikan khusus untuk pria seperti yang pernah kami ulas di artikel ini.

Oleskan tabir surya ke seluruh kulit wajah agar kulit Anda tidak terbakar saat berakvitias di luar ruangan pada sang hari. Di samping itu, Anda bisa melindungi wajah dari sinar matahari dengan menggunakan topi atau masker.

9. Cukupi asupan gizi sehari-hari

 Cukupi asupan gizi sehari-hari

Apa hubungannya antara asupan gizi sehari-hari dengan kulit wajah yang sehat dan terawat? Tentu saja ada, apabila kebutuhan gizi sehari-hari sudah terpenuhi, maka metabolisme sel kulit dapat berjalan dengan baik sehingga kulit wajah bisa terlihat segar dan lebih awet muda. Makanan yang baik untuk metabolisme sel kulit adalah buah dan sayur, sedangkan yang harus Anda hindari adalah fast food dan makanan instant.

10. Kurangi penggunaan minyak rambut

Kurangi penggunaan minyak rambut

Tren menggunakan minyak rambut alias pomade memang sedang sangat digandrungi para pria masa kini. Padahal, minyak rambut bisa membuat wajah jadi berminyak dan terlihat kusam. Bagaimana bisa kulit wajah jadi berminyak dan kusam hanya karena pemakaian minyak rambut di atas kepala? Minyak rambut dapat membuat rambut jadi mudah kotor dan berminyak.

Sekresi minyak dan kotoran dari rambut dapat turun ke kulit wajah sehingga kulit terlihat kusam. Apabila Anda harus selalu menggunakan minyak rambut, maka segera cuci rambut dengan shampoo apabila Anda sudah tiba di rumah atau hendak pergi tidur. Jangan membiasakan tidur dengan rambut yang masih menggunakan pomade.

Itulah 10 cara merawat wajah pria secara sederhana. Bila Anda merasa bahwa kulit wajah Anda membutuhkan perawatan ekstra, jangan ragu untuk berkonsultasi kepada dokter kulit atau menjalani perawatan di klinik.

Tidak semua pria yang memperhatikan perawatan kulit wajahnya adalah pria metroseksual. Tentu saja wajah juga merupakan aset berharga bagi pria, jadi tak ada salahnya jika Anda memberikan perawatan lebih baik untuk kulit wajah.

ARTIKEL
PRODUK
BRAND
© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram