Cara Mudah untuk Mengecek BPOM Kosmetik Asli atau Palsu

Ditulis oleh Syuri - Diperbaharui 29 Juli 2021

Setiap tahun industri kosmetik tanah air terus mengalami peningkatan jumlah konsumen, seiring dengan hal itu semakin meningkat pula produsen yang terjun ke dalam industri kecantikan. Kini kamu bisa dengan mudahnya menemukan beragam produk kosmetik secara offline maupun online, bahkan saat ini juga sudah banyak produk perawatan wajah dan tubuh yang dijajakan bagi konsumen pria.

Ada yang diproduksi di dalam negeri, ada pula yang didatangkan dari luar Indonesia. Wajar jika Persatuan Perusahaan Kosmetika Indonesia atau yang disingkat Perkosmi tersebut memprediksi jika industri kosmetik akan terus tumbuh secara positif.

Melihat tingginya lonjakan konsumen, terlebih adanya laporan dari Euromonitor International, Markets of the Future: ASEAN in 2020 yang menyatakan jika Indonesia adalah negara di Asia yang memiliki laju pertumbuhan tercepat dalam pasar kecantikan. Semakin menarik minat penjual untuk memperoleh peruntungan dengan menawarkan produk kosmetik, sehingga semakin banyak pula produk kosmetik yang beredar di pasaran.

Sayangnya hal itu tak luput dari perhatian para oknum tidak bertanggung jawab, akibatnya tak sedikit produk kecantikan yang ditemukan palsu. Bahkan mengandung bahan-bahan yang berbahaya bagi kulit maupun kesehatan, barang tiruan tersebut umumnya ditawarkan dengan harga yang lebih murah sehingga konsumen tergiur dan lengah.

Untuk mencegah terjadinya hal serupa, kami sarankan kamu memastikan keaslian produk kosmetik tersebut melalui BPOM. Karena jika tidak jeli konsumen akan dengan mudah tertipu, sebab produk tiruan tersebut dikemas sedemikian rupa sehingga tampak mirip dengan produk aslinya. Jadi tunggu apalagi, mari simak langkah-langkahnya bersama Kamini di bawah ini.

Cara Mengecek BPOM Kosmetik Asli atau Palsu

Untuk kamu yang doyan beli produk kecantikan, baik berupa skincare atau pun makeup, sebaiknya harus lebih teliti dan berhati-hati dengan produk palsu. Agar tidak kecolongan, simak dulu cara mengecek BPOM kosmetik asli atau palsu ini, ya.

1. Cek Keaslian Produk melalui Website BPOM

Cara Mudah untuk Mengecek BPOM Kosmetik Asli atau Palsu 1

Langkah pertama sekaligus cara yang paling mudah dilakukan adalah memastikan produk kosmetik yang akan kamu beli, tercatat telat lolos pengawasan dan mendapat izin edar melalui situs resmi BPOM. Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia yang disingkat BPOM RI juga sudah menjamin keamanan dan kelayakan produk yang terdaftar pada website mereka.

Sehingga, cara ini dapat menjawab keraguan para konsumen saat menemukan produk kecantikan yang mencurigakan, apalagi barang tiruan yang tampak asli bahkan menggunakan nama brand agar meyakinkan. Karena selain memberi dampak buruk pada konsumen, adanya barang palsu tersebut juga merugikan brand yang disebut.

Caranya tidak susah, pertama-tama kunjungi situs resmi BPOM di https://cekbpom.pom.go.id/. Selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah memasukkan salah satu dari nomor registrasi, nama produk, nama merk, jumlah dan kemasan produk, bentuk sediaan, komposisi produk, ataupun nama pendaftar pada kolom yang tersedia. Lalu klik Cari dan tunggu hingga informasi produk tersebut muncul.

Di antara beragam opsi di kolom pencarian, kami rekomendasikan nomor registrasi untuk mendapat informasi yang lebih lengkap. Usai menuliskan nomor registrasi dan melakukan pencarian, informasi yang ditampilkan memuat tanggal terbit, nama produk, nama merk, variasi kemasan beserta nama pendaftar atau nama perusahaan lengkap dengan lokasi produksi.

Informasi yang ingin kamu peroleh dapat disesuaikan, apabila kamu mencurigai suatu produk yang mengatasnamakan brand. Kamu bisa mencari tahu hanya dengan memasukkan nama brand, di sana akan dimuat keterangan apakah brand tersebut benar-benar pernah memproduksi produk yang kamu curigai atau bukan.

Jika barang itu tidak berhasil ditemukan pada website BPOM, maka kamu perlu waspada karena bisa jadi barang itu tidak aman, tidak memperoleh izin edar, ditarik dari pasaran atau mungkin sedang dalam pengawasan.

2. Cek Keaslian Produk melalui Aplikasi Cek BPOM

Cara Mudah untuk Mengecek BPOM Kosmetik Asli atau Palsu 3

Demi menunjang informasi yang mudah diakses, BPOM RI juga menyediakan aplikasi untuk memeriksa keaslian produk kosmetik. Aplikasinya bernama Cek BPOM yang dapat kamu unduh secara gratis pada App Store dan Play Store, atau bisa juga dikunjungi melalui link ini.

Aplikasi ini dirilis pada awal tahun 2018 lalu dan memuat data seputar produk yang teregistrasi, nama produk atau nama dagang serta nama produsen atau nama importir. Langkah awal kamu harus memasang aplikasi Cek BPOM terlebih dahulu, setelah itu buka aplikasi hingga muncul tampilan berisi opsi kategori produk, nomor registrasi maupun kata kunci pencarian.

Lalu, tuliskan spesifikasi dan klik Cari Produk untuk memulai pencarian data. Jika terbukti asli maka status izin dan informasi lebih lengkap mengenai produk tersebut akan muncul, sebaliknya kalau produk kecantikan yang dicari tidak tersedia sebaiknya kamu lebih teliti dan berhati-hati sebelum membeli.

Di luar situs dan aplikasi resmi dari BPOM RI, kamu juga bisa memeriksa keaslian produk kosmetik melalui aplikasi pihak ketiga maupun website lain. Mengingat banyaknya produk kecantikan yang didatangkan dari luar negeri, tidak menutup kemungkinan jika masih ada banyak produk yang sebenarnya asli namun tidak terdaftar dalam BPOM RI. Umumnya hal itu terjadi pada produk-produk impor.

Cek Keaslian Produk dengan Cara Lain

Selain BPOM, ada cara lain untuk mengecek keaslian produk kecantikan. Hal ini bisa dilakukan jika produk kecantikan kamu berasal dari luar negeri, alias produk impor.

1. Cek Keaslian Produk melalui Website UPCitemDB

Cara Mudah untuk Mengecek BPOM Kosmetik Asli atau Palsu 5

Jika sebelumnya yang digunakan untuk menggali informasi adalah nomor registrasi yang berisi kombinasi huruf dan angka sebanyak 13 sampai 15 digit, kini dengan mengakses situs UPCitemDB ini nomor barcode adalah kunci konsumen memperoleh data produk yang dicari.

UPC pada nama UPCitemDB sendiri singkatan dari Universal Product Code yang memakai sistem kode untuk mengecek produk itu palsu atau asli, hingga saat ini website UPCitemDB telah memuat 200 juta lebih nomor barcode.

Caranya sangat mudah, silakan buka situs UPCitemDB yaitu www.upcitemdb.com/ lalu tulisan nomor barcode yang ingin dicari. Setelah itu akan muncul informasi yang memuat asal negara hingga tanggal scan barcode jika produk tersebut terbukti asli, sebaliknya kalau tidak muncul informasi apapun maka produk itu beresiko palsu dan wajib dicurigai.

2. Cek Keaslian Produk melalui Aplikasi Quick Response (QR) Scanner

Cara Mudah untuk Mengecek BPOM Kosmetik Asli atau Palsu 7

Memiliki fungsi yang tidak jauh berbeda dari cara sebelumnya, aplikasi Quick Response (QR) Scanner ini juga berguna untuk memeriksa keaslian produk kosmetik yang diimpor. Aplikasi ini bisa kamu unduh terlebih dahulu App Store maupun Play Store.

Setelah itu, kamu buka aplikasinya dan lakukan scan barcode yang tertera pada produk. Scan barcode tersebut dapat dilakukan dengan dua cara, scan secara langsung pada kemasan produk ataupun melalui gambar scan barcode yang ada di galeri smartphone-mu, bila ditemukan maka produk kecantikan itu terbukti aman dan asli.

3. Cek Keaslian Produk melalui Aplikasi HiddenTag

Cara Mudah untuk Mengecek BPOM Kosmetik Asli atau Palsu 9

Cara terakhir yang bisa kamu ikuti yaitu dengan membuka aplikasi HiddenTag, aplikasi ini juga bisa kamu temukan pada App Store maupun Play Store. Langkah-langkahnya serupa dengan aplikasi di atas, usai memasang aplikasi Hidden Tag.

Kamu cukup menekan Option Menu yang terdapat di sisi kiri atas, lalu pilih Scan HiddenTag. Setelah scan barcode selesai, nomor sertifikasi yang membuktikan keaslian produk akan muncul, sebaliknya jika palsu maka tidak tertera informasi apapun.

Cara Mengirim Form Pengaduan ke BPOM

Jika kamu menjumpai produk-produk tiruan sebaiknya buat laporan pengaduan BPOM RI agar segera ditindak lanjuti. Untuk mengajukan keluhan penggunaan produk ataupun pengaduan, kamu bisa langsung saja mengunjungi situs resmi ULPK BPOM RI.

Cara Mudah untuk Mengecek BPOM Kosmetik Asli atau Palsu 11

Cukup dengan mengakses ulpk.pom.go.id lalu click Layanan Online dan setelah itu memilih bagian Unit Layanan Pengaduan Konsumen. Kamu akan terhubung dengan ULPK, nanti kamu juga akan diminta memilih Form Pengaduan.

Selanjutnya, isi form dengan lengkap mulai dari data diri, deskripsi produk yang dilaporkan, lampiran dokumen pendukung dan alamat dimana kamu memperoleh produk kosmetik tersebut. Selebihnya Unit Layanan Pengaduan Konsumen BPOM yang akan menanganinya.

Itulah tadi informasi mengenai cara mengecek BPOM kosmetik asli atau palsu dengan mudah dan cepat. Selain mengecek keasliannya, kamu juga bisa mengirimkan pengaduan jika ternyata ada produk tiruan ke BPOM. Sudahkah kamu memastikan kosmetikmu aman?

ARTIKEL
PRODUK
BRAND
© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram