kamini.id
Kamini.id / Romansa / Mau Nembak Wanita Lewat Chat? Begini Caranya Agar Diterima

Mau Nembak Wanita Lewat Chat? Begini Caranya Agar Diterima

Ditulis oleh Erika Erilia - Diperbaharui 24 Mei 2021

Mengungkapkan cinta alias nembak memang butuh keberanian. Caranya pun bisa bermacam-macam, mulai dari mengatakannya secara langsung, lewat surat, minta tolong perantara seorang teman, hingga lewat chat. Akan tetapi, pantas atau tidak sih menyatakan perasaan lewat chat?

Banyak yang mengatakan kalau nembak melalui chat termasuk cara yang kurang gentle, tapi cara ini sebenarnya sah-sah saja dilakukan, terlebih bagi mereka yang memang terhalang oleh jarak. Nah, kalau kamu termasuk orang yang ingin mengungkapkan perasaanmu lewat chat, coba ikuti 10 cara dari Kamini di bawah ini.

1. Cari Waktu yang Tepat

Kamu mungkin tidak pernah tahu kapan waktu yang tepat untuk nembak, tapi setidaknya jangan pernah menyatakan perasaan sukamu ketika kamu tahu dia sedang sibuk, dikejar deadline tugas/pekerjaan, sedang musim ujian, atau ketika kamu tahu dia sedang ada masalah. Jadi, pintar-pintarlah membaca situasi.

Salah satu waktu yang tepat adalah ketika kamu dan gebetanmu baru saja menghabiskan waktu bersama. Misalnya saat kamu baru selesai mengantarnya pulang, mengerjakan tugas bersama, atau justru jalan-jalan berdua. 

Di waktu seperti ini, ia masih memiliki impresi yang cukup kuat dan positif terhadap dirimu, jadi kemungkinan besar ia akan merespon dengan baik ketika kamu ajak bicara serius. Tapi sebelum mulai nembak, tetap pastikan bahwa dia sedang punya waktu luang untuk mengobrol denganmu.

2. Buka Obrolan dan Cari Tahu Mood-nya

Kamu tidak mungkin tiba-tiba mengatakan 'aku suka kamu' tanpa adanya suatu obrolan pembuka. Jadi, mulailah dengan mengajaknya mengobrol hal-hal yang ringan, misalnya mengungkit topik kesukaannya. Bila kamu mempertimbangkan poin pertama dan baru saja menghabiskan waktu bersama, kamu bisa mengobrol soal kegiatanmu tadi dengannya.

Membuka obrolan seperti ini juga berguna untuk mengecek apakah gebetanmu sedang sibuk atau tidak. Jika dia membalas chat dengan cukup cepat, maka itu adalah lampu hijau bagimu untuk melanjutkan misi. Namun jika sebaliknya, sebaiknya tunda dulu niatmu untuk menyatakan perasaanmu, karena bila dia sedang sibuk, dia akan sulit fokus dengan chat-mu.

Tak hanya itu, membuka obrolan dengan topik ringan juga bertujuan untuk mencari tahu bagaimana mood gebetanmu. Dari respon atau balasan chat-nya, kamu bisa menilai apakah dia sedang dalam mood yang baik atau tidak. Jika mood-nya sedang terlihat bagus, kamu bisa lanjut ke langkah yang ketiga.

3. Lempar Kode dan Buat Dia Penasaran

Jika kamu merasa gebetanmu sedang dalam mood yang baik, kamu bisa mulai melempar kode untuk mencari tahu bagaimana perasaannya yang sebenarnya terhadapmu. Maksud dari lempar kode adalah kamu mulai mengungkit topik soal cinta dan sebisa mungkin buat obrolan kalian jadi menyenangkan.

Jika kamu punya keberanian lebih, kamu bisa langsung mengatakan kalau kamu sedang menyukai seseorang saat ini. Perhatikan baik-baik bagaimana dia meresponnya. Jika dia terlihat penasaran dan antusias, itu pertanda bagus untukmu.

4. Jadilah Dirimu Sendiri

Tidak semua wanita suka dengan pernyataan cinta yang terlalu puitis, gombal, apalagi yang bertele-tele dan terkesan cringe. Terlebih bila selama ini kamu bukanlah tipe orang yang romantis. Buat suasana sesantai mungkin agar tidak membuat gebetanmu merasa ilfeel.

Kamu bisa mengatakan:

 "Aku suka, deh, sama kamu. Mau jalan sama aku, enggak?" 

Atau

"Aku pengin kamu tahu kalau aku sebenarnya suka sama kamu."

Akan tetapi, bila kamu tergolong tipe orang romantis dan selama ini sering mengobrol hal-hal mendalam dengan gebetanmu, tak ada salahnya kamu menggunakan kalimat yang puitis untuk memberikan kesan serius dan romantis. Intinya, jadilah dirimu sendiri dan jadilah seseorang yang selama ini sudah dikenal oleh wanita yang kamu sukai. 

5. Manfaatkan Emotikon dan Sticker

Untuk menghidupkan kalimat ungkapan cintamu, kamu bisa memanfaatkan emotikon dan sticker yang banyak tersedia di aplikasi chat. Akan tetapi, jangan menggunakannya terlalu berlebihan agar tidak terkesan lebay dan pernyataan cintamu tetap terlihat serius. 

Cukup gunakan 1 atau 2 emotikon/sticker saat nembak agar isi chat-mu terkesan santai dan tidak memberikan kesan canggung. Menggunakan emotikon dan sticker hanyalah sebuah opsi dan bukan suatu keharusan.

Kamu bahkan wajib menghindarinya bila selama ini kamu termasuk tipe orang yang tidak pernah memakai emotikon saat sedang chatting-an. Bila kamu tiba-tiba memakai emotikon di momen-momen penting seperti saat sedang menyatakan perasaan, hal ini justru bisa membuat gebetanmu merasa heran dan menganggapmu tidak serius.

6. Gunakan Voice Note atau Pesan Suara

Selain memakai kata-kata atau teks, kamu juga bisa menggunakan voice note untuk menunjukkan keseriusanmu. Dibandingkan dengan tulisan/teks, voice note punya kelebihan tersendiri. Nembak dengan memanfaatkan voice note tentunya jauh lebih berkesan karena gebetanmu bisa mendengarkan suaramu secara langsung.

Tak hanya itu, dengan memakai voice note, nada suara saat berbicara akan lebih jelas sehingga tidak menimbulkan salah paham. Menggunakan voice note juga memberikan kesan kalau kamu sedang serius dan tidak main-main saat menyatakan perasaan. 

7. Kirim Video Animasi

Cara kreatif lain yang bisa kamu coba adalah dengan membuat video animasi untuk menyatakan perasaanmu. Tapi kalau kamu tidak pandai membuat dan mengedit video, kamu bisa minta tolong orang lain untuk membuatkannya atau membayar seorang video maker. Demi orang yang kamu suka, hal ini tentu tidak akan jadi masalah, bukan?

Soal isi video, kamu bisa berkreasi sesukamu. Misalnya kamu membuat video animasi yang berisi kisah pertemuanmu dengan si dia dari awal sampai akhirnya kamu menyatakan perasaanmu padanya. 

Kamu juga bisa nembak dengan mengirimkan video stop motion. Sebagai contoh, video itu menampilkan dirimu yang sedang memainkan lego atau susunan huruf yang membentuk kata-kata pernyataan cinta.

8. Foto Nembak yang Kreatif

Kalau kamu tidak tertarik untuk membuat video, nembak dengan foto juga tidak masalah. Kamu bisa mengirim foto yang menunjukkan dirimu sedang memegang kertas bertuliskan pernyataan cinta. Tuliskan juga alasan kenapa kamu menyukainya dan ingin menjadi pacarnya. 

Agar lebih berkesan, kamu sebaiknya membuat foto sekreatif mungkin yang sekiranya bisa meluluhkan hati gebetanmu. Misalnya, kamu memfoto tempat pertama kali kalian bertemu, lalu mengirim foto itu padanya dengan keterangan tertentu yang membangkitkan nostalgia. 

Setelah itu, foto kendaraan yang pernah kamu pakai untuk mengantarnya. Kirimkan foto itu padanya dan ungkapkan betapa bahagianya kamu ketika bisa mengantarnya pulang dengan kendaraan itu. 

Sampai akhirnya kamu mengirim foto yang berisi pernyataan suka. Jika dia bercita-cita pergi ke suatu tempat, kamu bisa kirim gambar tempat itu padanya, lalu menyatakan perasaan suka sekaligus mengajaknya pergi bersama ke tempat yang dia impikan tersebut.

9. Nembak Pakai Lagu

Lagu bisa jadi media yang baik buat nembak seorang wanita, dan ada banyak cara untuk mengungkapkan perasaan dengan menggunakan lagu. Kamu bisa merekam atau memvideokan dirimu saat sedang bernyanyi atau cukup mengirimkan lirik lagu tentang ungkapan cinta pada gebetanmu.

Cara kreatif lainnya adalah dengan mengirim playlist lagu di aplikasi musik dengan judul-judul lagu yang menyusun kalimat ungkapan cinta. Untuk cara yang satu ini, kamu harus pandai-pandai mencari lagu dengan judul yang pas dan sesuai dengan apa yang ingin kamu ungkapkan pada gebetanmu.

10. Tunggu Responnya dan Jangan Memaksanya Menjawab

Langkah terakhir yang harus kamu lakukan setelah mengungkapkan perasaan adalah menunggu responnya dengan sabar. Setelah nembak, jangan pernah mengirim chat bertubi-tubi untuk meminta balasan atau jawaban dengan cepat. 

Jika kamu melakukannya, kamu terlihat seperti orang yang tidak sabaran dan itu memberikan kesan negatif pada dirimu. Mengirim banyak chat untuk memaksanya segera menjawab juga akan mengacaukan momen dan bisa membuat gebetanmu merasa kesal. 

Seorang wanita butuh waktu untuk menjawab ketika ada orang yang ‘menembaknya’. Bahkan ketika ia punya perasaan yang sama, sebagian wanita kadang membutuhkan jeda waktu tertentu untuk menjawab. 

Alasannya bisa macam-macam, bisa jadi karena ia gengsi bila langsung menjawab 'ya', bisa juga karena dia ingin memberikan balasan yang berkesan untukmu. Jadi, bersabarlah dan jangan tergesa-gesa meskipun menunggu jawabannya bisa sangat menyiksa.

Nah, bagaimana? Apa kamu sudah siap mencoba 10 cara di atas? Apapun medianya, nembak memang tidak pernah mudah, bahkan lewat chat yang tidak perlu tatap muka sekalipun. Tapi kalau kamu tidak mencobanya sekarang, kamu tidak akan pernah tahu bagaimana perasaannya terhadapmu. Jadi, selamat mencoba dan semoga berhasil, ya!

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram