Kamini.id / Tips Fashion / Yuk Ketahui Cara Packing Tas Carrier Agar Nyaman Digunakan

Yuk Ketahui Cara Packing Tas Carrier Agar Nyaman Digunakan

Ditulis oleh - Diperbaharui 20 Juni 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Tas carrier adalah salah satu jenis tas yang sering digunakan oleh orang-orang dalam menunjang berbagai aktivitas. Tas ini kebanyakan digunakan saat pergi travelling, hiking, dan kegiatan-kegiatan outdoor lainnya. Tas ini biasanya berbentuk memanjang ke atas dengan kapasitas yang lebih besar jika dibandingkan dengan jenis tas lainnya.

Hal ini dikarenakan tas carrier dibuat khusus untuk kegiatan sporty seperti mendaki gunung. Selain itu, berpetualang ke alam seperti hutan juga cocok berbekal tas carrier. Karena kapasitas yang ditawarkan tas carrier sangatlah banyak, maka tak heran sebagian orang memasukkan banyak barang bawaan ke dalamnya sehingga terkesan penuh dan berat.

Tas carrier yang terlalu berat, tentu membuat penggunanya merasa tidak nyaman. Maka dari itu, yuk ketahui cara packing tas carrier yang baik dan benar agar tak terkesan berat dan nyaman digunakan!

1. Buat List Barang Yang Akan Dibawa

Buat List Barang

* sumber: shopee.co.id

Sebelum packing dimulai, ada baiknya kamu membuat daftar barang yang akan kamu bawa. Hal ini dapat memudahkanmu mengkoordinasi barang-barang tersebut. Selain itu, list barang juga bermanfaat agar kamu tidak lupa terhadap barang apa saja yang kamu bawa.

Kamu juga bisa dengan mudahnya menyusun barang dalam carrier dengan list barang yang telah kamu buat sebelumnya. Buatlah list barang berdasarkan fungsi dan kepentingan barang tersebut. Kamu bisa membuat list barang pada catatan kecil berupa kertas maupun pada smartphonemu.

2. Kelompokkan Barang Berdasarkan Jenisnya

Kelompokkan Barang

* sumber: kinibisa.com

Setelah daftar barang bawaan telah kamu buat, maka langkah selanjutnya adalah kelompokkan barang-barang tersebut sesuai kebutuhanmu. Hal ini juga berfungsi meminimalisir risiko kehilangan barang bawaan karena biasanya sebuah barang akan berkaitan dengan barang lainnya.

Kamu bisa mengelompokkan barang tersebut sesuai fungsi dan kegunaannya. Misalkan peralatan masak yaitu terdiri dari kompor, gas, dan beberapa wadah. Hal ini juga berfungsi agar kamu tak kesulitan menemukan barang yang kamu butuhkan pada carriermu sehingga carriermu tak akan berantakan.

3. Memilih Carrier Sesuai Kebutuhan

Memilih Carrier

* sumber: shopee.co.id

Jika semua barang sudah kamu siapkan, maka selanjutnya adalah memilih tas gunung atau carrier yang akan kamu kenakan. Pilihlah tas carrier sesuai kebutuhanmu. Biasanya carrier yang dipilih disesuaikan dengan seberapa lama perjalanan yang kamu lakukan dan kemampuan dirimu sendiri membawa barang bawaan.

Beberapa jenis carrier yang bisa kamu gunakan diantaranya adalah Overnight (40-60 Liter), Multiday (60-75 liter), Daypack (10-35 Liter), Expedition (75-125 liter), Technical (10-20 liter), dan Hydration (2-10 liter). Pilihlah carrier sesuai kebutuhan dan kemampuanmu membawa beban agar kamu merasa nyaman saat menggunakannya.

4. Lapisi Bagian Dalam Carrier Dengan Plastik

Lapisi Bagian Dalam Carrier

* sumber: www.cnn.com

Sebelum memasukkan dan menyusun barang bawaan ke dalam carrier, ada baiknya lapisi dulu bagian dalam carrier dengan plastik atau trash bag. Hal ini berfungsi agar barang bawaanmu dapat terhindar dari risiko basah ketika hujan tiba-tiba terjadi. Dengan ini, barang bawaan terutama logistik akan tetap aman dan terjaga.

Pastikan bagian dalam carrier dilapisi plastik dengan sempurna sebelum memasukkan barang-barangmu. Jika plastik telah sempurna menutup bagian dalam carrier, barulah masukkan dan susun barang. Dengan ini kamu tak perlu lagi khawatir barangmu akan basah sehingga perjalanan akan semakin nyaman.

5. Gunakan Matras Untuk Membangun Bentuk Tas

Gunakan Matras

* sumber: www.bukalapak.com

Tak sedikit orang meletakkan matrasnya di bagian luar carrier. Padahal hal tersebut bisa mengganggu kenyamanan penggunanya ketika melalui medan ekstrim saat pendakian. Maka dari itu, menyimpan carrier di bagian dalam tas jauh lebih baik. Hal ini agar matras terhindar dari risiko hilang dan basah terkena hujan.

Selain itu, matras yang disimpan di bagian dalam carrier juga bermanfaat membangun ruang di dalamnya. carrier akan terlihat lebih bagus dan proporsional ketika matras disimpan di bagian dalam sebagai pembangun bentuk tas. Hal ini juga dapat mengefektifkan tempat dalam tas carrier agar barang dapat tersusun rapi.

6. Barang Empuk dan Ringan di Bagian Bawah

Tas carrier biru Consina

* sumber: www.blibli.com

Mulai menyusun barang dalam tas carrier, kamu juga harus memperhatikan setiap barang yang hendak kamu masukkan. Barang-barang berukuran besar namun sifatnya ringan bisa kamu letakkan pada bagian tas carrier paling bawah. Barang-barang tersebut haruslah berupa barang yang jarang dibutuhkan ketika perjalanan.

Barang-barang tersebut diantaranya adalah sleeping bag dan pakaian ganti selama kamu pergi mendaki atau menjelajah. Hal tersebut berfungsi sebagai penyeimbang tas dan pengganjal matras yang menjadi pembangun bentuk dari tas carrier. Barang yang jarang dibutuhkan disimpan di bagian bawah agar tas carrier tak mudah berantakan.

7. Barang Berat Di Bagian Tengah

Belakang Tas carrier

* sumber: shop.consina-adventure.com

Setelah barang berukuran besar namun bersifat ringan dimasukkan, maka selanjutnya adalah mengisi bagian tengah tas carrier dengan barang yang bersifat berat. Barang barang tersebut diantaranya adalah kebutuhan logistik maupun cadangan air yang biasanya berbobot cukup berat.

Simpanlah barang yang menurutmu paling berat di dekat punggung. Hal ini dapat memberikan keseimbangan sempurna agar dirimu merasa nyaman tanpa terbebani secara berlebihan. Pundak akan menopang beban tersebut secara maksimal sehingga akan lebih terasa nyaman.

8. Barang Penting Di Bagian Atas

Tas Carrier Hijau

* sumber: productnation.co

Barang-barang sangat penting yang akan selalu kamu butuhkan disimpan di bagian atas tas carrier. Barang-barang tersebut dapat berupa air mineral kemasan, snack, P3K, flysheet, ataupun alat-alat lain yang sangat penting. Penempatan ini berguna agar kamu mudah mengambil barang yang kamu butuhkan.

Hal ini juga bermanfaat agar barang-barang dalam carriermu tak berantakan sehingga terhindar dari risiko barang jatuh atau hilang. Sebaliknya, jika kamu meletakkan barang-barang penting dimanapun tanpa aturan, kamu akan sulit menemukannya. Bahkan, mungkin kamu harus membongkar seluruh isi tas carriermu terlebih dahulu.

9. Jangan Biarkan Ada Ruang Kosong

tas carrier

* sumber: guratankaki.com

Pastikanlah semua barang yang kamu butuhkan sudah masuk ke dalam tas carriermu. Namun jangan lupa untuk mengatur isi tas carrier secara rapi dan proporsional. Jangan sampai ada ruang kosong pada tas carriermu, ya! Mengapa demikian? Maksud dan tujuannya tak lain agar tas carrier seimbang dan nyaman dikenakan.

Tes keseimbangan tas carriermu dengan cara mendirikan dan menyentuhnya secara perlahan. Jika tas carriermu tetap berdiri tegak, maka dapat dipastikan bahwa tas carriermu sudah terpacking sempurna. Namun sebaliknya, jika tas carrier jatuh, dapat dicurigai bahwa carriermu belum seimbang atau bahkan masih memiliki ruang kosong di dalamnya.

10. Gunakan Rain Cover

Rain Cover

* sumber: www.moosejaw.com

Jika carriermu sudah dinilai seimbang dan sudah nyaman dikenakan, maka langkah terakhir dalam packing tas carrier adalah menggunakan rain cover untuk menutup dan melindungi tas carrier. Hal ini bermanfaat agar tas carrier dapat terhindar dari potensi basah akibat hujan yang dapat terjadi kapan saja.

Selain itu, rain cover juga bermanfaat melindungi tas carriermu dari potensi kotor akibat bersentuhan langsung dengan tanah atau pepohonan. Dengan rain cover, tas carrier akan semakin terlindungi sehingga perjalananmu akan semakin aman, nyaman, dan juga menyenangkan.

Itulah beberapa cara packing tas carrier yang baik dan benar agar nyaman digunakan. Tentu saja dengan tas carrier yang nyaman, penggunanya akan lebih leluasa menggunakannya. Maka dari itu, mulai sekarang yuk packing tas carriernya dengan benar agar perjalananmu semakin ringan dan menyenangkan!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *