7 Langkah Mudah Memakai Eyeshadow Untuk Pemula

Ditulis oleh Suci Maharani R
• Diperbaharui 26-06-2024

Belum punya pengalaman dalam memakai makeup? Salah satu yang paling sulit dan tricky banget untuk dilakukan adalah eye makeup. Ternyata, ada aturan untuk memakai eyeshadow supaya hasilnya lebih natural, cantik dan bikin mata berbinar. 

Saat melihat video tutorial-nya sih gampang, tapi setelah dicoba sendiri kok sulit ya? Nah, jika kamu seorang pemula dan ingin tahu bagaimana cara pakai eyeshadow benar, artikel ini akan menjelaskan trik-trik memakai eyeshadow anti gagal. Yuk, simak informasi lengkapnya di bawah ini.

1. Pilihlah Aplikator yang Tepat

Brush Eyeshadow_

Sering dianggap enteng, memilih aplikator eyeshadow yang tepat sangat berpengaruh pada hasil yang didapatkan. Khusus untuk pemula, kamu wajib tahu kalau tidak semua brush dapat digunakan untuk mengaplikasikan eyeshadow. Berikut beberapa pilihan brush eyeshadow yang perlu kamu miliki:

  1. Fluffy Brush: Jenis kuas ini biasanya memiliki bulu yang lebat, lembut dan sedikit longgar. Fluffy brush digunakan untuk blending eyeshadow ke seluruh kelopak mata. Kamu bisa memakai brush ini untuk mengaplikasikan base eyeshadow atau meratakan warna eyeshadow.
  2. Medium-size Brush: Kuas makeup ini hampir mirip dengan fluffy brush, hanya saja ukurannya tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Biasanya brush ini digunakan untuk memberikan kedalaman dan presisi di bagian lipatan mata. 
  3. Small-Flat Brush: Kuas satu ini memiliki bagian kepala yang datar dan berukuran kecil. Umumnya, kuas ini digunakan untuk memberikan ketegasan pada mata, misalnya membuat fake eyeliner atau menambahkan glitter di area bawah mata. 

2. Pilihlah Jenis dan Warna Eyeshadow yang Natural

Pilihlah Jenis dan Warna Eyeshadow yang Natural_

Saya tahu, eye makeup ala K-Pop, Douyin, Anime dan style populer lainnya terlihat sangat menggiurkan. Ini membutuhkan skill mumpuni, sedangkan kamu masih pemula dan belum terlalu familiar memakai brush makeup.

Maka dari itu, kita fokus saja dengan eye makeup bergaya natural ala clean girl yang sedang naik daun. Untuk mendapatkannya, kamu membutuhkan eyeshadow berjenis matte finish. 

Kenapa harus matte? Eye shadow matte akan memberikan tampilan yang lebih halus dan tidak mencolok. Teksturnya juga sangat mirip dengan kontur kulit, sehingga cahaya yang ditampilkan pun tidak akan terlihat berlebihan. Yang terpenting, matte eyeshadow ini sangat beginner friendly karena mudah untuk diaplikasikan. 

Eye makeup ala clean girl identik dengan tampilan yang segar, alami dan minimalis. Oleh karena itu, kamu membutuhkan eyeshadow neutral tone dan berikan sedikit glowing effect dengan menambahkan glitter. 

Kali ini, saya memilih untuk memakai Reveline Eyeshadow Palette varian Brown This Way. Eyeshadow palette ini terdiri 4 matte eyeshadow dan 5 shimmer. Pilihan warnanya berada dalam tone neutral dari warna nude hingga bold. Untuk membuat clean girl eye makeup, kamu membutuhkan tiga warna cokelat dalam shade cerah, medium, dan gelap.

3. Aplikasikan Eyeshadow Primer

Aplikasikan Eyeshadow Primer_

Meski step ini sering di-skip oleh beberapa beauty influencer, sebenarnya memakai eyeshadow primer memiliki pengaruh yang signifikan. Memberikan warna yang lebih intense dan mampu membuat eyeshadow bertahan lebih lama, inilah fungsi utama eyeshadow primer. 

4. Mulailah Dengan Base Eyeshadow

Mulailah Dengan Base Eyeshadow_

Oh.. I’m excited, karena kita akan mulai mengaplikasikan eyeshadow ke mata. Untuk membuat tampilan yang natural dan segar, modal utamanya ada di lapisan dasarnya atau base eyeshadow. Pilihlah warna eyeshadow paling cerah sebagai dasarnya. 

Caranya, ambillah sedikit bubuk eyeshadow menggunakan fluffy brush. Sebelum mengaplikasikannya ke mata, tepuk-tepuk brush secara perlahan dan agar bubuk eyeshadow berlebih tidak menggumpal di brush. Lalu, mulai blending eyeshadow di telapak tangan atau tisu hingga warnanya terlihat lebih natural.

Setelah itu, baru ratakan eyeshadow ke seluruh kelopak mata. Tarik brush dari dari luar hingga ke bagian dalam mata, ulangi terus hingga warna eyeshadow benar-benar rata, untuk mendapatkan look natural dan sophisticated

5. Tambahkan Warna Transisi

Tambahkan Warna Transisi_

Saatnya memakai medium-size brush yang telah kita persiapkan. Mari kita aplikasikan mid tone brown eyeshadow atau eyeshadow warna cokelat medium, untuk memberikan gradasi warna dan bikin mata terkesan lebih dalam. 

Step ini tidak kalah penting dari yang lainnya, karena eyeshadow berwarna medium bekerja seperti jembatan pembatas antara eyeshadow warna cerah dan eyeliner

Untuk membuatnya, kamu bisa mengulang step yang sama seperti saat mengaplikasikan base eyeshadow. Yang berbeda hanya letak penggunaan brush-nya. Kamu bisa meletakkan brush dekat dengan garis bulu mata, lalu ratakan eyeshadow agar hasilnya tetap terlihat halus. 

6. Lebih Dramatis dengan Fake Eyeliner

Lebih Dramatis dengan Fake Eyeliner_

Sebelumnya saya mengatakan, untuk membuat clean girl eye makeup membutuhkan tiga shade warna cokelat yang berbeda. Warna terakhir yang akan saya aplikasikan adalah warna cokelat gelap. 

Eyeshadow ini memiliki impact yang besar karena bisa membuat mata terlihat jauh lebih tegas. Gunakanlah flat brush untuk mengambil eyeshadow berwarna cokelat gelap. Seperti biasa, tap-tap brush agar bubuk eyeshadow tidak menggumpal di bagian terluar. Perhatikan langkah-langkah ini.

  • Buatlah garis halus di bagian terluar kelopak mata. 
  • Ratakan eyeshadow warna cokelat ini dari bagian luar hingga ke dalam.
  • Aplikasikan eyeshadow ini di dekat bulu mata untuk hasil yang natural.
  • Jika ingin menambahkan dimensi, kamu bisa memakai eyeshadow berwarna cokelat tua ini di bagian luar bawah mata. 

7. Berikan Efek Mata yang Glowing

Berikan Efek Mata yang Glowing_

Supaya mata terlihat lebih cerah dan bercahaya, jangan lupa untuk memberikan highlight ya. Highlighter ini nggak cuma dipakai di pipi, lho. Kamu bisa membuat mata lebih glowing natural dengan menambahkan shimmer di bagian sudut mata (inner corner) dan bagian bawah mata. 

Tips Tambahan untuk Pemula

Tips untuk Pemula_
  1. Latihan Secara Rutin: Semakin sering kamu berlatih, semakin mahir kamu dalam mengaplikasikan eyeshadow. Jangan takut untuk bereksperimen dengan berbagai warna dan teknik.
  2. Tonton Tutorial: Banyak beauty influencer yang membagikan tutorial eyeshadow yang mudah diikuti. Kamu bisa belajar banyak dari mereka.
  3. Investasi pada Kuas yang Bagus: Kuas yang berkualitas akan sangat membantu dalam aplikasi eyeshadow yang lebih halus dan rapi.
  4. Bersihkan Kuas Secara Rutin: Kuas yang bersih akan menghasilkan aplikasi eyeshadow yang lebih baik dan mengurangi risiko iritasi pada mata.

Sampai di penghujung, semoga penjelasan di atas bisa membantumu untuk mendapatkan eye makeup natural dan simpel. Sebenarnya eye makeup itu nggak sulit untuk di buat, hanya perlu ketelitian, kesabaran, dan latihan supaya hasilnya lebih sempurna. Selamat mencoba dan semoga hasilnya memukau ya!

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram