Sudah Tahu? Beginilah Cara Pria Mengatasi Patah Hati

Ditulis oleh Syarip Ahmad D

Sama seperti wanita, pria juga terkadang melakukan berbagai cara bila sedang mengalami patah hati saat putus cinta. Meski perasaannya hancur, tetapi seorang pria jarang sekali menunjukkan kesedihan, terutama di hadapan orang lain. Selain gengsi, anggapan pria tidak boleh cengeng terkadang membuat mereka selalu bersikap lebih tegar. 

Nah, biasanya pria sendiri memiliki cara ampuh untuk bisa melupakan mantan. Seperti apa itu? Yuk, simak ulasan tentang cara seorang pria mengatasi rasa patah hati yang berhasil Kamini rangkum dalam artikel di bawah. Adapun pemaparannya adalah sebagai berikut:

1. Olahraga 

cara pria mengatasi patah hati_Olahraga_Sumber: unsplash.com

Sama seperti wanita, pria juga terkadang mengatasi patah hati dengan cara memperbaiki penampilan. Jika wanita kerap bergelut dengan make up untuk terlihat lebih menarik, pria sendiri lebih cenderung melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga. Olahraga merupakan aktivitas yang tepat untuk menyalurkan emosi dengan cara yang positif. 

Selain dapat memberi dampak baik bagi kesehatan mental dan fisik, latihan fisik juga dapat membuat pria melupakan sejenak permasalahan dengan mantan pasangan, serta menjauhkannya dari tindakan bodoh yang mungkin dapat merugikan. 

2. Menyalurkan Hobi

cara pria mengatasi patah hati_Menyalurkan Hobi_Sumber: pexels.com

Cara lain yang biasa dilakukan seorang pria dalam mengatasi perasaan patah hati adalah dengan menyalurkan hobi yang mungkin sempat tertunda saat masih menjalani hubungan dengan pasangan. Entah itu dalam bidang otomotif, musik, olahraga, atau sekedar bermain game. 

Cara tersebut dianggap cukup efektif untuk melupakan kenangan bersama mantan. Jika sebelumnya pria kerap mengesampingkan urusan pribadi demi pasangan, setelah terbebas mereka biasanya mulai kembali menekuni minat dan hobi yang sempat tertunda karena kesibukannya dengan pasangan. Hal itu dilakukan untuk mengalihkan kesedihan atas perpisahannya

3. Mencari Wanita Pengganti

cara pria mengatasi patah hati_Mencari Wanita Pengganti_

Sebagian pria percaya bahwa untuk menyembuhkan luka karena patah hati adalah dengan mencari pengganti pasangannya yang telah pergi. Meski cara tersebut kerap dianggap sebagai bentuk pelampiasan pria, tetapi hal tersebut dianggap cukup efektif untuk menghilangkan kesedihan karena patah hati. 

Kehadiran wanita pengganti dapat membantu mengembalikan semangat dan kepercayaan diri seorang pria. Bagi beberapa orang, cara tersebut memang dinilai egois. Namun bagi seorang pria, hal itu adalah cara yang rasional untuk menyembuhkan luka akibat kegagalan hubungan mereka. 

4. Berkumpul dengan Sahabat

cara pria mengatasi patah hati_Berkumpul dengan Sahabat_

Cara lain yang biasa dilakukan pria untuk melupakan mantan kekasih adalah dengan berkumpul bersama sahabat. Seperti kita ketahui bahwa pria memiliki ikatan persaudaraan yang lebih kuat satu sama lain. Ketika sorang temannya mengalami kesedihan, maka temannya yang lain akan berusaha menghibur. 

Berbeda dengan wanita, pria sendiri memiliki cara yang lebih menyenangkan untuk melupakan permasalahan asmara. Mulai dari olahraga bersama, bermain game, nonton, atau sekedar nongkrong dan membicarakan mengenai banyak hal yang menyenangkan. Perlahan tapi pasti, kenangan masa lalu yang pahit akan terkikis dengan kehadiran para sahabat yang setia menemani. 

5. Malas-Malasan

cara pria mengatasi patah hati_Malas-Malasan_

Jika beberapa pria akan terlihat lebih semangat untuk bekerja saat putus dengan pasangan, beberapa pria lainnya lebih suka memilih untuk bermalas-malasan. Sama seperti wanita, hati pria juga bisa sangat hancur. Meski demikian, cara yang dilakukan pria untuk mengatasi patah hati bisa jauh lebih sederhana. 

Bagi pria, bermalasan di rumah merupakan pilihan sementara yang baik untuk memulihkan pikirannya. Rasa lelah akibat hubungan asmaranya yang tidak berjalan mulus membuat pria membutuhkan waktu santai tanpa memikirkan banyak hal. Meski bukan cara yang tepat, tetapi hal tersebut memang kerap dilakukan oleh pria untuk mengatasi perasaan dan pikirannya yang sedang kacau. 

6. Pergi Liburan 

cara pria mengatasi patah hati_Pergi Liburan_Sumber: unsplash.com

Pergi liburan adalah cara lain yang biasa dilakukan pria untuk membantu menghilangkan kesedihan karena ditinggal mantan. Selain dapat membuat pikirannya lebih segar, liburan juga dapat mengalihkan perhatian dari bayang-bayang kehadiran mantan kekasih. Liburan ini biasanya dilakukan seorang diri atau bersama teman-teman yang lain. 

Pilihan liburan yang mereka lakukan pun cukup beragam, mulai dari pendakian, touring ke luar kota, berkunjung ke tempat wisata alam, hingga liburan yang dapat memicu adrenalin. Liburan sendiri pada dasarnya dilakukan pria untuk menghilangkan stres akibat permasalahan berat yang telah mereka hadapi. Seperti kita ketahui, stres sendiri dapat berdampak pada penurunan kesehatan fisik dan pikiran. 

7. Menyendiri 

Menyendiri juga bisa menjadi salah satu hal yang dilakukan oleh pria saat sedang patah hati. Seperti kita ketahui, terkadang berada di tengah-tengah orang lain dapat menimbulkan stres akibat tekanan sosial. 

Karena itu, mereka memerlukan waktu sendiri untuk bisa berpikir jernih. Menyendiri sendiri memang kerap dianggap hal negatif oleh sebagian orang. Padahal, cara tersebut terbukti cukup efektif untuk merangsang kreativitas dan mengeksplorasi berbagai potensi yang ada di dalam diri seseorang agar bisa melangkah lebih maju. 

So, jangan heran bila kamu melihat seorang pria menyendiri saat mengalami kesedihan. Adalah hal yang cukup normal bila mereka membutuhkan waktu untuk bisa membangun kembali semangat hidupnya.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram