Kamini.id / Kesehatan / Inilah 10 Cemilan Sehat dan Lezat untuk yang Sedang Diet

Inilah 10 Cemilan Sehat dan Lezat untuk yang Sedang Diet

Ditulis oleh - Diperbaharui 30 Desember 2018

Cemilan merupakan salah satu makanan yang sulit dihindari. Bahkan, seseorang atau mungkin kamu salah satu di antaranya, adalah yang menjadikan ngemil sebagai hobi menyenangkan. Hal ini tentu bukan menjadi alasan kalau kamu tidak peduli terhadap berat badan.

Tapi bagaimana dengan yang menjalani program diet? Itu sangatlah merusak. Bisa-bisa, program diet yang dilakukannya adalah “program diet besok”. Apakah kamu seperti itu?

Bagi kamu yang hobi ngemil tapi tidak ingin menambah berat badan dan mengganggu program diet, ada cemilan khusus yang bisa dipilih. Tak hanya rendah kalori dan lemak, makanan ringan ini juga bermanfaat bagi kesehatan sehingga tubuh tidak akan kekurangan nutrisi ketika diet.

Mau tahu apa saja? Kamini berhasil merangkum dari berbagai sumber mengenai 10 cemilan diet yang bisa kamu pilih ketika bekerja atau melakukan aktivitas lainnya. Yuk, cek ke-10 cemilan tersebut di bawah ini.

10 Cemilan Sehat untuk Diet

1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan

* sumber: images.unsplash.com

Pilihan pertama yang bisa kamu pilih adalah campuran kacang-kacangan karena sangat rendah kalori. Satu ons kacang hanya memiliki 170 kalori, 7 gram karbohidrat, 6 gram protein, dan 15 gram lemak. Memang, kacang terkenal mengandung banyak lemaknya. Tapi mengonsumsi dalam jumlah sedang, lemak malah membantu kamu tetap terjaga dari kelaparan.

Tak hanya itu, kacang juga dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung, depresi, dan bahkan mencegah kanker tertentu. Sangat sehat jika dibanding cemilan lainnya yang malah menambah penyakit dan berat badan.

Namun, pemilihan jenis kacang juga sangat menentukan. Sebaiknya pilih hezelnut dan almond, keduanya mengandung banyak lemak tak jenuh yang diperlukan tubuh dan tidak menyebabkan kegemukan. Jika ingin yang lain, ada kacang pistachio dan macadamia yang memiliki serat tinggi.

2. Popcorn

Popcorn

* sumber: images.unsplash.com

Jika kamu ingin ngemil banyak tapi tidak ingin bertambah berat badan, popcorn adalah salah satu yang terbaik. Bagaimana tidak, makanan yang terbuat dari biji jagung ini mengandung udara yang cukup tinggi sehingga tidak berpengaruh banyak untuk berat badan.

Meski demikian, popcorn tetap punya nutrisi yang bermanfaat. Terbuat dari jagung, cemilan ini mengandung serat tinggi, rendah lemak, dan menghasilkan beberapa protein. Satu ons popcorn memiliki 4 gram protein, lebih dari 1 gram lemak, dan 110 kalori. Kombinasi ini membuatnya menjadi cemilan yang dapat mengenyangkan tanpa mengganggu program diet kamu.

3. Oatmeal campur Blueberry

Oatmeal campur Blueberry

* sumber: images.unsplash.com

Membicarakan cemilan diet tanpa oatmeal rasanya akan hambar. Makanan ini tidak hanya untuk sarapan saja, tapi juga bisa jadi cemilan yang sangat sehat karena kaya akan serat dan dapat mengatur kadar gula darah tubuh. Tak hanya itu, kandungan seratnya membantu menurunkan berat badan dan menurunkan risiko penyakit jantung.

Oatmeal untuk diet adalah jenis plain atau tanpa gula. Sebagai penambah rasa, sebaiknya gunakan Blueberry atau jenis buah beri lainnya. Blueberry kaya akan vitamin C yang baik untuk menjaga imunitas tubuh ketika kamu tengah melakukan program diet.

Agar sedia saat bekerja, sebaiknya simpanlah satu atau dua paket oatmeal instan tanpa gula di meja kamu. Atau kalau memiliki banyak waktu, buatlah oats sebelum berangkat ke kantor. Ingin tahu merk oatmeal yang bagus untuk diet? Anda bisa menemukannya di artikel 10 Merk Oatmeal untuk Diet yang Bagus dan Bergizi ini.

4. Yogurt

* sumber: axedentalvegan.com

Yogurt sebenarnya masuk dalam kategori minuman, hanya saja, yang satu ini cocok dijadikan sebagai cemilan karena tekstur dan nutrisinya lengkap. Yogurt terbuat dari susu fermentasi yang memiliki bakteri baik dan berguna bagi kesehatan tubuh. Tak hanya itu, kombinasi serat, lemak sehat, dan protein dari susu dapat menangkal rasa lapar sampai menjelang sore.

Untuk pemilihan yogurt, sebaiknya kamu mengonsumsi yang tidak memiliki perasa buatan atau gula. Kamu bisa memilih Greek yogurt karena rasanya asam manis yang polos. Namun apabila lebih menyukai yang memiliki rasa, kamu bisa mengombinasikan dengan madu, kayu manis, dan buah-buahan seperti beri serta pisang. Campuran ini sangat tepat karena kaya nutrisi.

Nah, jika kamu kesulitan menemukan merk Yogurt yang tepat, maka Kamini punya solusinya di artikel 10 Merk Yogurt yang Bagus untuk Diet ini.

5. Keju Cottage dengan Biji Rami dan Kayu Manis

Keju Cottage dengan Biji Rami dan Kayu Manis

* sumber: www.cheesemaking.com

Kamu pasti menyukai keju, bukan? Makanan yang sering diolah menjadi campuran dalam kuliner ini ternyata dapat dijadikan cemilan yang super sehat. Salah satu yang bisa dipilih adalah jenis keju cottage.

Keju cottage terbuat dari dadih segar saat pembuatan keju dan tidak mengalami proses pematangan atau fermentasi lebih lanjut, sehingga lebih rendah dalam sodium dan lemak. Meski demikian, kandungan proteinnya tetaplah tinggi, bahkan salah satu yang tertinggi dalam beragam jenis keju yang ada.

Kamu dapat mencampur keju lembut ini dengan biji rami dan kayu manis. Biji rami bermanfaat untuk menurunkan berat badan, mengontrol gula darah, dan juga dapat mengurangi risiko kanker payudara. Sedangkan kayu manis, selain perasa, juga dapat menurunkan gula darah dan meningkatkan kesehatan usus.

6. Buah Kering

Buah Kering

* sumber: www.eatingwell.com

Buah adalah salah satu pilihan tepat sebagai cemilan sehat tanpa risiko tinggi lemak yang dapat mengganggu program diet kamu. Hanya saja, tak sedikit orang ingin ribet ketika harus membawa buah sebagai cemilannya. Maka dari itu, pilihlah buah kering yang enteng dibawa tanpa harus mengupas atau mencucinya terlebih dahulu. Bahkan cemilan ini terlihat seperti snack pada umumnya.

Meski telah dikeringkan, cemilan ini sama pentingnya seperti buah biasanya. Kandungan serat dan nutrisi lainnya masih sangat tinggi sehingga bermanfaat bagi kesehatan tubuh, serta tidak memiliki kalori berlebih. Kamu dapat memilih aprikot kering atau kurma kering yang dicampur dengan kacang sebagai penyeimbang karbohidrat dan protein.

Jika kamu tidak bisa membuatnya di rumah, sejumlah super market telah menjual bermacam buah kering. Hanya saja, kamu harus pandai memilih. Jangan memilih buah kering yang mengandung tinggi gula.

7. Rumput Laut Bakar atau Kering

 

Rumput Laut Bakar atau Kering

* sumber: russian.alibaba.com

Seberapa tipis rumput laut bakar atau kering yang sering kamu jumpai? Benar, sangat tipis. Tapi, makanan ini bisa dijadikan sebagai alternatif cemilan yang menyehatkan dan tidak mengandung kalori serta lemak tinggi. Pokoknya aman untuk berat badan kamu.

Meski tipis, tapi nyatanya rumput laut dikenal sebagai salah satu sumber makanan yang memiliki nutrisi lengkap. Sejumlah nutrisi yang terdapat di dalamnya seperti asam lemak, asam amino, vitamin A, C, E, K, dan B, mineral, dan serat. Selain nutrisi untuk kesehatan, rumput laut juga berguna untuk kecantikan.

8. Edamame

Edamame

* sumber: poetreeinbloom.com

Edamame adalah sejenis kacang kedelai namun berukuran lebih besar. Kacang kedelai khas Jepang ini menjadi cemilan untuk diet yang tepat, sebab selain rasa dan teksturnya unik, nutrisinya juga sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Edamame kaya akan kaempferol antioksidan yang telah terbukti dapat menurunkan beran badan dan gula darah. Ada juga folat dan beberapa mineral lain di antaranya zat besi, magnesium, dan mangan. Dalam satu cangkir edamame terdapat 17 gram protein dan 180 kalori.

Tak hanya itu, menurut ahli nutrisi asal Inggris, Shona Wilkinson, yang dikutip dari dailymail.co.uk, edamame juga tinggi serat yang dapat membantu kamu merasa lebih kenyang tanpa berisiko menambah berat badan. Edamame bisa jadi cemilan sehat dengan cara dikukus atau dipanggang.

9. Tuna dan Gandum

* sumber: pixabay.com

Ikan terkenal tinggi akan protein dan omega-3. Kamu bisa memilih ikan apa saja untuk dimakan, tapi untuk cemilan dan mendukung program diet, tuna adalah pilihan tepat. Dalam satu ekor tuna, karbohidrat dan lemaknya sangat rendah, hanya sekitar 1 persen saja. Tapi, tuna mengandung 40 persen protein.

Kemudian, ikan ini memiliki selenium yang merupakan nutrisi untuk meningkatkan tiroid sebagai pembakar lemak lebih besar. Karena rendah kalori dan karbohidrat, kamu bisa ngemil tuna dicampur dengan gandum utuh sehingga membantu untuk menahan lapar.

10. Cokelat Hitam

Cara Membuat Masker Rambut dari Cokelat Hitam

Cokelat identik dengan makanan yang dapat menenangkan dan meredakan stres. Tapi selain itu, cokelat sangat efektif untuk menurunkan berat badan sehingga dapat dijadikan pilihan utama sebagai cemilan ketika kamu melakukan program diet. Namun, tidak sembarang cokelat bisa kamu pilih, hanya cokelat hitamlah yang tidak akan membuat berat badan bertambah.

Cokelat hitam mengandung lebih dari 60 persen cacao. Angka ini jauh lebih besar dibanding cokelat lainnya yang kebanyakan gula. Berdasarkan kandungan cacao tersebut, cokelat hitam tentu saja sangat sehat bagi tubuh. Selain itu, cokelat ini mengandung zat yang mengekang kenaikan berat badan dan dapat mencegah kolesterol serta mengurangi risiko serangan jantung.

Mengetahui beberapa cemilan di atas ini, tentu kamu tidak perlu khawatir kehilangan hobi ngemil meski dalam proses diet. Hanya saja, pola makan tetap harus dijaga sehingga diet tetap lancar. Setelah itu, yuk pilih salah satu yang jadi cemilan di atas ini yang menjadi favorit kamu, atau bisa mencoba semuanya di hari yang berbeda.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Penulis lepas

Leave A Comment