Kenali Ciri-Ciri Seorang Alpha Woman, Apa Kamu Termasuk?

Ditulis oleh Desi Puji Lestari - Diperbaharui 24 Juni 2021

Pernah mendengar istilah alpha woman atau alpha female? Alpha woman seringkali dianggap sebagai bintang karena punya pesona yang kuat. Pesona tersebut bukan semata datang dari penampilan fisiknya melainkan justru dari kepribadiannya. Memiliki kepribadian yang kuat, tipe wanita alpha begitu dikagumi para lelaki. 

Sosoknya bukan hanya menarik di mata lawan jenis, tapi juga sesama wanita itu sendiri. Rasa percaya diri yang dimilikinya tidak terasa sebagai ancaman, melainkan menjadi alat untuk menyelesaikan setiap persoalan. Dia matang secara emosional dan pola pikir karena berbagai pengalaman hidup yang sudah dilaluinya. Alpha woman tidak sengaja diciptakan, dia terlahir dari pengalaman-pengalaman.

Sebagian alpha woman memiliki luka di masa lalu sehingga terbiasa mengatasi persoalan dengan sikap yang tenang. Dia tak mudah dilemahkan oleh perkara kecil dan berusaha jujur dalam situasi apa pun. Merasa memiliki ciri-ciri alpha woman? Agar lebih jelas mari simak uraian pada artikel di bawah ini.

1. Tahu Tujuan Hidup

ciri ciri alpha woman_Tahu Tujuan Hidup

Ciri-ciri alpha woman pertama adalah dia memiliki tujuan hidup serta target yang jelas. Seorang wanita alpha tidak bingung dan bimbang dengan pilihannya. Dia tahu bahwa semua yang dilakukannya mengarah pada satu tujuan utama, sehingga sangat fokus dan tak mudah teralihkan oleh gangguan-gangguan yang datang, baik sudah diprediksi sebelumnya atau tidak.

Dia menyadari bahwa untuk mencapai tujuannya perlu kerja keras dan kekuatan fisik, mental juga keyakinan. Oleh karena itu sosoknya mudah dikenali karena ciri-ciri tersebut, yaitu kerja keras dan totalitas. Tidak ada alpha woman yang ragu terhadap tujuan hidupnya apalagi terus mengeluh menghadapi kesulitan. 

2. Punya Prinsip dan Integritas

ciri ciri alpha woman_Punya Prinsip dan Integritas

Alpha woman kemungkinan akan dianggap kaku oleh lingkungan, padahal yang sebenarnya terjadi adalah dia memiliki prinsip sendiri. Terkait tujuan dalam hidup yang sudah mantap dimiliki, hal tersebut akan diikuti oleh prinsip yang mendukung. Dia konsisten dan berusaha menyelaraskan semuanya agar tercipta keteraturan yang membuat tujuannya semakin cepat diraih.

Prinsip yang dimiliki wanita alpha serta integritasnya membuat dia terlihat kharismatik. Pesona serta aura positif keluar begitu saja. Saking teguh dirinya pada prinsip yang dibuat, orang-orang akan terbiasa menghormati setiap pilihannya.

3. Tidak Mudah Menyerah dan Putus Asa

ciri ciri alpha woman_Tidak Mudah Menyerah dan Putus Asa

Menyadari bahwa mencapai tujuan hidup memerlukan kekuatan, wanita dengan ciri-ciri alpha woman akan membekali dirinya dengan banyak hal. Termasuk kekuatan untuk tidak mudah menyerah dan putus asa saat menghadapi kegagalan. Para wanita alpha bukan berarti selalu sukses dan berhasil mendapatkan keinginannya.

Dalam beberapa kali, dia juga mengalami kegagalan seperti yang lain. Bedanya, setelah gagal dia tidak lama-lama membiarkan dirinya terpuruk apalagi menyerah dan putus asa. alpha woman akan menyusun strategi baru lalu berusaha lagi, mencoba lagi, dan berjuang lagi. 

4. Berani Ambil Risiko

ciri ciri alpha woman_Berani Ambil Risiko

Ciri-ciri alpha woman selanjutnya adalah berani mengambil risiko. Dia begitu memahami bahwa apa pun pilihan dalam hidup, selalu diikuti oleh risiko. Dengan pemahaman seperti itu dia siap dengan kemungkinan apa pun. Pada satu waktu orang-orang akan melihatnya sebagai sosok yang gegabah dan hanya ingin memuaskan ego.

Padahal, dia melihat ini sebagai kesempatan untuk mendapat pengalaman lain, keluar dari zona nyaman yang melenakan serta ajang berlatih agar semakin berani. Menghadapi risiko artinya sekaligus mendorong mereka mewujudkan nilai-nilai yang dipegang. Alih-alih menyesuaikan dengan keadaan, dia akan bertahan dan tak takut menerima konsekuensi.

5. Tidak Takut Jika Harus Sendirian

ciri ciri alpha woman_Tidak Takut Jika Harus Sendirian

Wanita alpha cenderung tidak takut dengan kesendirian. Tujuan hidup membuatnya sibuk dan tak sempat mempermasalahkan ada teman atau tidak, karena dia sadar betul bahwa itu hanya buang waktu. Berjalan sendiri justru akan membuat mereka jauh lebih produktif. 

Kehidupan para wanita alpha tidak berputar di kehidupan asmara. Oleh karena itu biasanya mereka tak terlalu mempermasalahkan jika harus single dalam waktu lama. Waktu yang dipakai uring-uringan dan galau, dia gunakan untuk melakukan hal yang membuat tujuannya semakin dekat.  

6. Mementingkan Keseimbangan

ciri ciri alpha woman_Mementingkan Keseimbangan

Ciri-ciri alpha woman selanjutnya adalah memahami pentingnya keseimbangan dalam semua aspek kehidupan. Dia tidak fokus pada tujuannya saja lalu melupakan kesehatannya. Dia juga bukan tipe wanita yang hanya memikirkan pekerjaan tapi melupakan pentingnya penampilan. Wanita alpha menyeimbangkan semuanya sehingga berbagai aspek berjalan sama baiknya.

Keseimbangan merupakan salah satu prioritas dalam kehidupannya. Dia selalu berupaya mencapai hal tersebut tanpa kehilangan kendali atas dirinya. Apakah kamu juga demikian? Merasa perlu menyeimbangkan segala sesuatunya agar apa pun dapat berjalan lancar dan memuaskan? 

7. Menerima Perubahan

ciri ciri alpha woman_Menerima Perubahan

Seorang alpha woman terkesan kaku terutama jika berurusan dengan tujuannya, tapi dia terbuka terhadap perubahan. Sikapnya terhadap perubahan sama seperti sikapnya pada risiko. Dia meyakini bahwa hidup memang harus terus tumbuh, berkembang dan berubah. Dengan begitu, dia bisa ikut tumbuh.

Saat banyak orang menakuti perubahan, wanita alpha siap menghadapi dan menerimanya. Dia menggunakan kesempatan itu untuk mengembangkan diri. Baginya, kesempatan untuk berkembang dengan memanfaatkan perubahan jauh lebih berharga daripada ketakutan mengorbankan kenyamanan dari sesuatu yang sudah diketahui. 

8. Selalu Mau Belajar dan Pantang Berlaku Sok Tahu

ciri ciri alpha woman_Selalu Mau Belajar dan Pantang Berlaku Sok Tahu

Dari beberapa ciri di atas, Anda mungkin sudah lebih dulu menyimpulkan bahwa alpha woman adalah sosok yang angkuh dan sombong. Tunggu dulu, karena seorang wanita alpha justru tidak segan belajar hal baru, lho! Sosoknya bahkan pantang berlaku sok tahu, karena jika tidak tahu, dia akan belajar dan bersedia menerima pemahaman baru dengan rendah hati.

Mereka gemar mempelajari hal baru sebagai salah satu upaya menyeimbangkan aspek-aspek kehidupannya. Wanita seperti itu tidak akan malu belajar dari siapa pun, karena menurutnya semua yang didapat bisa menambah wawasan, pengetahuan, serta sudut pandang baru.

9. Menjadi Sorotan

ciri ciri alpha woman_Menjadi Sorotan

Ciri-ciri alpha woman adalah kerap menjadi sorotan atas apa pun yang dia lakukan. Kepercayaan diri yang tinggi, aura serta kharisma seorang wanita alpha menjadi magnet cukup kuat untuk membuatnya jadi pusat perhatian. Di mana pun dia berada, kepribadiannya dapat bantu menyelesaikan persoalan. 

Apalagi dia juga mandiri dan tak takut sendirian di mana pun, dalam acara apa pun. Selain itu prinsip yang dipegang teguh juga membuatnya tampak yakin. Kepribadiannya yang demikian, secara otomatis memancarkan sinarnya sendiri. 

10. Paham Caranya Mencintai

ciri ciri alpha woman_Paham Caranya Mencintai

Lucunya, alpha woman dengan sifat yang demikian, kerap dianggap tak mampu bersosialisasi apalagi mencintai. Orang-orang berpikir bahwa dia kesulitan menemukan pasangan karena terlalu kaku, mandiri, tidak berpengalaman, dan tak butuh orang lain. Padahal, seorang wanita alpha justru sangat memahami hal semacam itu. 

Mereka tahu hal yang pantas dan tak pantas dilakukan, tahu batasan dalam mencintai seseorang sehingga tidak perlu ada drama-drama yang melelahkan dan tahu cara menyesuaikan diri. Menariknya ketika seorang alpha woman merasa sudah menemukan seseorang yang pas, dia tidak akan segan mendekati lebih dulu. Perempuan ini bukan tipe yang menunggu tapi berani menghadapi, termasuk penolakan.

Ketahuilah lebih dulu bahwa wanita alpha pasti akan sering disalahpahami karena kepribadiannya yang teguh. Namun justru itu yang membuatnya menonjol di antara wanita lain. Di mata beberapa pria, wanita alpha terlihat menarik untuk didekati, tapi beberapa yang lain akan langsung memutuskan mundur.

Bagaimana? Apakah sepuluh ciri-ciri alpha woman di atas ada pada dirimu? Jawab melalui kolom komentar, ya!   

ARTIKEL
PRODUK
BRAND
© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram