Yuk Ketahui Ciri-Ciri Kulit Kering Beserta Penyebabnya Ini

Ditulis oleh Albar Fahrul Roji

Kulit tergolong menjadi beberapa jenis, salah satunya adalah kulit kering atau dry skin. Kulit kering merupakan kondisi kulit dengan kadar minyak yang rendah. Selain itu, jenis kulit kering atau yang memiliki nama lain xerosis ini disebabkan oleh proses hidrasi yang kurang baik. Kulit kering biasanya sangat sensitif sehingga rentan terkena masalah kulit.

Kulit kering tidak akan menimbulkan masalah yang cukup serius jika ditangani dengan benar dan rutin. Maka dari itu, jika kamu memiliki kulit berjenis kulit kering, jangan bosan untuk merawatnya sebaik mungkin. Akan tetapi, apakah kamu sudah tahu bahwa kulitmu tergolong pada jenis kulit kering?

Jika masih bingung dan bimbang, maka kamu wajib mencermati ciri-ciri kulit kering yang akan kami paparkan di bawah ini! Simak baik-baik, ya!

1. Bertekstur Kasar

Bertekstur Kasar

* sumber: imperfektbeauty.com

Jika kamu merasa memiliki kulit dengan tekstur yang agak kasar, bisa jadi kamu memiliki jenis kulit kering. Salah satu penyebab kulit menjadi kering di antaranya adalah paparan sinar UV berlebih. Sinar UV dapat menembus lapisan kulit dan meresap hingga ke lapisan kulit dalam.

Paparan sinar UV berlebih tentu membawa dampak buruk bagi kesehatan kulit. Sinar UV berlebih akan menghambat produksi minyak alami sehingga kulit menjadi kering. Jika dibiarkan, tentu saja dampak lainnya dapat terjadi, seperti perubahan tekstur pada kulit menjadi kasar.

2. Kulit Nampak Bersisik

Kulit Nampak Bersisik

* sumber: www.hiboox.com

Kulit bersisik memang sangat mengganggu penampilan. Maka dari itu, bagi kamu yang memiliki keluhan kulit bersisik, segera ketahui penyebabnya dan segera lakukan pengobatan. Kulit bersisik juga menjadi salah satu ciri dari jenis kulit kering yang memerlukan asupan nutrisi.

Kulit bersisik ini bisa disebabkan oleh beberapa hal. Salah satunya adalah mandi air panas. Air dengan temperatur tinggi atau terlalu panas, dapat menyebabkan kulit kehilangan minyak alami yang diproduksinya. Tentu saja hal ini menyebabkan kulit kehilangan kelembaban sehingga menimbulkan kesan bersisik pada kulit.

3. Sering Kali Terasa Gatal

Terasa Gatal

* sumber: elbowtuneup.com

Siapa sangka, ternyata deterjen dan sabun mandi juga merupakan salah satu penyebab kulit kering, lho! Mengapa demikian? Deterjen atau sabun mandi batangan biasanya mengandung suatu zat bernama “surfaktan”. Surfaktan ini merupakan zat yang mengandung pH basa yang dapat menghilangkan kelembaban kulit.

Tak hanya deterjen dan sabun mandi saja, beberapa produk serupa lainnya juga acap kali mengandung surfaktan yang dapat menurunkan tingkat kelembaban kulit. Akibatnya, kulit akan menjadi kering, gatal, bahkan hingga terasa panas.

4. Pori-Pori Nampak Besar

Pori-Pori Nampak Besar

* sumber: thread.zalora.co.id

Selain menyebabkan kulit bertekstur kasar, sinar UV berlebih juga dapat menyebabkan pori-pori tampak lebih besar. Selain dapat mengurangi rasa percaya diri, pori-pori besar juga merupakan salah satu pertanda kulitmu berjenis kulit kering, lho! Akan tetapi tak bisa didiagnosa begitu saja tanpa memperhatikan ciri yang lainnya.

Sinar UV dapat mengikis kolagen serta elastin pada kulit serta menurunkan kadar minyak alami pada kulit. Hal ini tentu saja menjadikan kulitmu tidak sehat sehingga berpotensi terjadi penumpukan sel kulit mati. Kondisi kulit yang tak sehat inilah yang menyebabkan pori-pori tampak lebih besar dan terlihat lebih jelas.

5. Kulit Pecah-Pecah

Kulit Pecah-Pecah

* sumber: asianbeautycorner.com

Kulit pecah-pecah biasanya terjadi pada area tumit dan telapak kaki. Hal ini disebabkan karena pada area tersebut tidak memiliki kelenjar minyak yang cukup banyak seperti pada area kulit lainnya. Hal tersebut juga menjadi masalah tersendiri bagi para penderitanya karena dapat mengurangi rasa percaya diri.

Kulit pecah-pecah menjadi indikasi tersendiri bahwa kulitmu kering sehingga memerlukan penangan. Hilangnya kelembaban kulit yang diakibatkan oleh berbagai hal seperti paparan sinar UV berlebih, dapat menghilangkan kadar air dan produktivitas kelenjar minyak menurun. Hal inilah mengapa kulit menjadi kering hingga mengalami pecah-pecah.

6. Mudah Terlihat Kusam

Terlihat Kusam

* sumber: hellosehat.com

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, sinar UV berlebih dapat menyebabkan kulit kering. Kulit kering akibat paparan sinar UV berlebih ini dapat menyebabkan kulit terlihat kusam karena tanpa disadari, kesehatan kulit akan terkikis secara perlahan. Maka dari itu, sun protector sangat berperan penting untuk kesehatan kulitmu.

Selain paparan sinar UV, kekurangan nutrisi juga dapat berakibat pada kesehatan kulit sehingga kulit akan terasa kering karena kehilangan antioksidan yang mencukupi. Kondisi kulit seperti inilah yang dapat menyebabkan kulitmu tampak kusam. Maka dari itu, konsumsilah makanan penuh serat agar nutrisi yang dibutuhkan kulit dapat terpenuhi.

7. Rendahnya Produksi Minyak

Rendahnya Produksi Minyak

* sumber: magazine.job-like.com

Jika kulit berminyak tampak lebih licin jika disentuh, maka kulit kering biasanya sebaliknya. Hal ini dikarenakan kulit kering memiliki kadar produksi minyak alami yang rendah. Selain dapat dirasakan melalui sentuhan, biasanya kulit kering yang memiliki kadar produksi minyak alami rendah dapat terlihat nyata secara langsung.

Rendahnya produksi minyak alami dalam tubuh ini dapat disebabkan oleh beberapa hal, di antaranya adalah mandi air hangat. Meskipun mandi air hangat ini memberikan kesan nikmat, akan tetapi temperatur air yang panas dapat menyebabkan minyak yang diproduksi kulit semakin cepat kering.

8. Rentan Muncul Flek Hitam

Muncul Flek Hitam

* sumber: blog.elevenia.co.id

Kulit kering yang disebabkan oleh paparan sinar UV berlebih juga biasanya menimbulkan ciri lain pada kulitmu yaitu bintik atau flek hitam. Hal ini dikarenakan dengan paparan sinar UV, produksi melanin akan semakin meningkat. Melanin sendiri merupakan suatu pigmen pembentuk warna pada kulit.

Dengan melanin yang meningkat dan tak terkendali, beberapa gejala kulit kering akan semakin nampak. Salah satunya yaitu flek hitam yang dapat muncul pada beberapa area kulitmu. Maka dari itu, jagalah kesehatan kulit dengan berbagai hal seperti menghindari sinar UV berlebih.

9. Cenderung Tampak Keriput

Tampak Keriput

* sumber: hellosehat.com

Ciri kulit kering yang lainnya yaitu kulit tampak keriput. Kulit yang tidak terhidrasi secara maksimal akan kehilangan kelembabannya karena simpanan air di bawah kulit berkadar rendah. Kulit yang kehilangan kelembabannya ini biasanya nampak keriput, sangat jauh dari ciri-ciri kulit sehat yang kenyal dan ternutrisi.

Kondisi kulit kering keriput ini tak hanya terjadi pada usia senja saja, bahkan di usia dini pun hal ini dapat terjadi. Akan tetapi, hal tersebut tak akan terjadi jika kamu segera sadar akan pentingnya menjaga kesehatan kulit. Untuk menghindarinya, konsumsilah air putih dengan cukup agar kadar air yang dibutuhkan kulit terpenuhi.

10. Kulit Terasa Kaku

Terasa Kaku

* sumber: www.honestdocs.id

Kulit terasa kaku dan kencang juga merupakan salah satu ciri dari kulit kering. Hal ini dikarenakan hilangnya kelembaban pada kulit. Alergi, mandi air hangat, serta perubahan cuaca secara ekstrim bisa menjadi penyebabnya.

Kondisi kulit kaku biasanya menyebabkan para penderitanya merasa tak nyaman. Hal ini bisa kamu hindari dengan cara membersihkan kulit secara rutin dan teratur dan gunakan pelembab kulit yang aman. Selain itu, jangan lupa untuk menggunakan sun protector, karena penyebab utama kulit menjadi kering adalah sinar UV berlebih.

Itu dia beberapa ciri kulit kering yang sering kali muncul dan menjadi masalah tersendiri bagi sebagian orang. Maka dari itu, bagi kamu yang memiliki kulit kering, maka kamu wajib melakukan perawatan ekstra pada kulitmu. Berikan nutrisi yang cukup agar kulitmu tetap sehat dan terawat serta terhindar dari berbagai masalah kulit yang sangat mengganggu.

ARTIKEL
PRODUK
BRAND
© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram