Kamini.id / Lifestyle / Bekal Untuk Bergaul, Nih! Kenali 10 Ciri-Ciri Orang Cuek

Bekal Untuk Bergaul, Nih! Kenali 10 Ciri-Ciri Orang Cuek

Ditulis oleh - Diperbaharui 25 November 2019

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Sebagai makhluk sosial, bergaul adalah salah satu kegiatan wajib yang kita lakukan sehari-hari. Dalam bergaul, kita nggak bisa mengira-ngira, orang-orang seperti apa yang akan kita temui. Sementara itu, kita tahu kalau setiap orang punya sifat yang berbeda-beda. Makanya, kita harus pandai-pandai beradaptasi dalam pergaulan.

Bergaul nggak bisa dilakukan seenaknya, kita harus belajar supaya bisa mengimbangi dan terhindar dari pergaulan yang buruk. Hal pertama yang dilakukan adalah mengenali sifat orang-orang yang kita temui, itu akan memudahkan kita dalam berkomunikasi dengan dia. Untuk itu, kita harus punya bekal dalam bergaul. Termasuk mengenali 10 ciri-ciri orang cuek.

1. Menjadi Diri Sendiri

Menjadi Diri Sendiri

Ciri pertama orang cuek adalah menjadi diri sendiri. Di tengah berbagai keadaan yang kadang mengharuskan kita untuk nggak menjadi diri sendiri, dia akan tetap menjadi dirinya sendiri terlebih dahulu. Bahkan kalaupun itu akan memancing komentar dari orang lain, dia nggak akan bergeming. Baginya, kenyamanan dia berada di atas segalanya.

Penampilan bisa jadi ukuran untuk mengenali orang cuek. Dia akan menggunakan pakaian yang menurut dia terbaik atau paling nyaman, walau itu nggak sesuai dengan tren masa kini. Jangan heran kalau dia menjadi sorotan sampai dikomentari macam-macam oleh orang lain, tapi dia nggak akan memedulikan itu.

2. Mempunyai Rutinitas Sendiri

Mempunyai Rutinitas Sendiri

Setiap orang mempunyai kegiatan tertentu yang menjadi rutinitas keseharian. Bisa itu berupa kuliah, kerja serta melakukan sesuatu sesuai dengan minat. Sesekali ada yang mengharuskan kita untuk mengubah rutinitas, kita terpaksa melakukan sesuatu yang berbeda. Itu merupakan hal yang wajar, istilahnya biasa disebut tuntutan pergaulan.

Orang cuek mempunyai rutinitas sendiri yang nggak mau dia tinggalkan. Misalnya, setiap akhir pekan dia suka menonton film atau membaca buku. Kalau ada yang mengajaknya melakukan hal lain seperti nongkrong, dia akan menolak karena sudah mempunyai rutinitas sendiri. Dia nggak akan peduli kalau nantinya akan disebut sebagai orang yang kurang eksis.

3. Suka Menyederhanakan Sesuatu

Suka Menyederhanakan Sesuatu

Dalam hidup sehari-hari, kita kadang harus sedikit berkorban untuk melakukan sesuatu supaya terlihat sempurna ketika berbaur di lingkungan sosial. Misalnya, berlama-lama memilih baju yang akan dipakai kuliah. Membawa banyak barang yang belum tentu dipakai cuma untuk berjaga-jaga dan sebagainya.

Salah satu ciri orang cuek adalah suka menyederhanakan sesuatu. Dia akan berpikir berkali-kali untuk melakukan hal yang sekiranya akan membutuhkan usaha lebih. Misalnya, dia selalu pergi dengan memakai baju yang paling atas di lemari. Kalau pergi jauh seperti liburan, dia cuma akan membawa barang seadanya saja.

4. Sulit Berkompromi

Sulit Berkompromi

Sebagai manusia kita dituntut untuk bisa menempatkan diri dengan baik. Kita harus bisa beradaptasi dengan keadaan sekitar walaupun itu sedikit merepotkan.  Apalagi ketika dihadapkan dengan situasi-situasi yang nggak pernah kita ketahui sebelumnya, kita akan berkompromi dengan keadaan atau bahkan dengan diri sendiri.

Orang cuek biasanya sulit berkompromi dengan hal-hal yang dia anggap kurang penting. Bukan berarti dia egois, tapi dia sangat pemilih untuk berkompromi. Misalnya, kadang kita terpaksa mengiyakan ajakan teman karena nggak enak padahal sebenarnya malas. Orang cuek nggak akan seperti itu, dia akan menolak tanpa peduli reaksi orang yang mengajaknya.

5. Bertindak Spekulatif

Bertindak Spekulatif

Ketika kita melakukan sesuatu, maka kita harus mengetahui akibat dari perbuatan kita terlebih dahulu. Minimal kita bisa memprediksi kemungkinan terbaik dan terburuknya seperti apa, dan akan memutuskan untuk bertindak kalau ternyata kemungkinan baik lebih besar daripada kemungkinan buruk.

Bertindak spekulatif merupakan salah satu ciri orang cuek. Kadang kita nggak paham karena tindakannya seringkali terkesan tanpa perhitungan. Jangan salah, orang cuek punya perhitungan sendiri. Contohnya, kalau dia nongkrong dengan pakaian seadanya itu artinya dia tahu kalau akan ada orang yang nyinyir dan dia bisa menerima nyinyiran itu. Untuk orang lain, itu tindakan bodoh.

6. To The Point

To The Point

Ada metode tersendiri yang kita terapkan dalam menyampaikan sesuatu. Itu akan sangat berguna waktu kita berhadapan dengan orang yang nggak kita kenal dengan baik. Kita akan membaca keadaan terlebih dahulu sebelum menyampaikan apa keinginan kita. Istilah untuk itu yang akrab di telinga kita adalah basa basi.

Orang cuek biasanya to the point. Untuk dia, itu akan lebih memudahkan lawan bicaranya untuk memahami maksudnya. Selain itu, dia nggak perlu memutar otak lebih jauh untuk berbasa-basi. Bagi orang cuek, efektivitas merupakan hal terpenting. Toh, dia juga nggak peduli apakah orang itu akan senang atau kecewa terhadap apa yang dia sampaikan. Dia cuma sebatas menyampaikan.

7. Bersikap Pasif

Bersikap Pasif

Dalam lingkungan pergaulan, kita mengenal teman-teman dengan berbagai karakter yang berbeda. Ada yang menjadi penggerak, yang biasanya aktif mengajak atau mengusulkan. Ada juga yang pasif. Dia cuma memutuskan untuk dirinya sendiri, nggak akan mengajak orang lain untuk mengikuti sarannya.

Ciri orang cuek salah satunya adalah bersikap pasif. Dia  nggak mau menjadi yang berinisiatif untuk melakukan sesuatu. Namun bukan berarti dia nggak peduli, sikap pasifnya itu dikarenakan hal-hal yang dia pedulikan memang nggak banyak. Kalau dia nggak keberatan, dia akan ikut. Kalau dia keberatan, dia akan menolak tanpa mengusulkan untuk mengganti pilihan.

8. Nggak Punya Banyak Sahabat

Nggak Punya Banyak Sahabat

Sebagai mahluk sosial, kita tentu nggak bisa hidup sendiri. Ada keluarga, pacar dan sahabat yang membuat hidup kita lebih mudah dan berwarna untuk dijalani. Kalau dengan keluarga dan pacar kadang kita agak canggung dalam melakukan sesuatu karena kita suka jaga image, tapi dengan sahabat kita bisa menjadi diri sendiri tanpa rasa khawatir sedikit pun.

Orang cuek biasanya nggak punya banyak sahabat. Dia sangat nyaman dengan sahabat-sahabatnya yang ada. Selain itu, nggak semua teman bisa menerima sifat cueknya dia sehingga cuma sedikit yang bisa bertahan dan memahami karakternya. Walaupun begitu, si cuek sangat menyayangi dan menghargai sahabat-sahabatnya dengan tulus.

9. Nggak Mudah Marah

Nggak Mudah Marah

Marah merupakan reaksi wajar seseorang ketika dihadapkan dengan situasi yang nggak menyenangkan. Bisa itu dengan menunjukkan rasa marah lewat kata-kata, bisa juga dengan memilih diam memendam amarah. Selain itu, kita juga bisa membaca karakter seseorang dari cara marahnya dan seberapa sering dia marah.

Nggak mudah marah merupakan salah satu ciri-ciri orang cuek. Orang akan mengira dia sabar, tapi sebenarnya itu karena dia nggak peduli. Kalau kamu nggak sengaja menggores motornya dan dia nggak marah, itu karena menurut dia goresan di motor bukan sesuatu yang harus dipedulikan. Toh, itu nggak akan bikin motornya mogok.

10. Nggak Suka Ikut Campur

Nggak Suka Ikut Campur

Berhubungan dengan teman seringkali menghilangkan batasan bahwa dia merupakan orang lain. Seringkali, teman bertindak lebih dari yang seharusnya dan nggak selamanya positif. Misalnya, menghakimi tapi nggak bisa memberi solusi. Alih-alih peduli, yang mereka lakukan adalah ikut campur semata.

Orang cuek nggak suka ikut campur. Itu yang bikin orang cuek sebenarnya teman yang menyenangkan. Kita bisa cerita apa pun dan dia nggak akan menghakimi seperti orang kebanyakan. Dia cuma akan jadi pendengar yang baik. Dia baru bertindak kalau diminta, dia juga baru akan ikut bicara kalau kita memang memintanya.

Itulah 10 ciri-ciri orang cuek yang mudah-mudahan bisa jadi bekal untuk bergaul. Setelahnya, kita jadi punya gambaran untuk menghadapi orang cuek yang seringkali disalahartikan banyak orang. Ingat, semua orang pasti ada baik dan buruknya, termasuk orang cuek. Punya pengalaman bergaul dengan orang cuek? Berbagi di kolom komentar, yuk! Kunjungi juga artikel cara bangkit dari rasa sakit hati ini untuk menata hidup yang lebih baik.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shopee lagi ada diskon gede nih buat produk fashion!