Kamini.id / Suami / 10 Cara Mudah Mengetahui Suami Tidak Mencintai Istri

10 Cara Mudah Mengetahui Suami Tidak Mencintai Istri

Ditulis oleh - Diperbaharui 2 Desember 2019

Suatu hubungan pernikahan pasti akan ada asam manis garam kehidupan. Tak ada pernikahan yang berjalan mulus dan juga tak ada pernikahan yang seumur hidup penuh dengan batu kerikil. Dua pilihan hidup baik ataupun buruk pasti saling mengimbangi dalam kehidupan rumah tangga.

Tak terkecuali kasih sayang dan rasa cinta. Bagi Suami atau Istri rasa cinta dalam hubungan rumah tangga wajib diperkuat walaupun usia pernikahan sudah tidak lagi muda. Perasaan cinta itu diungkapkan dengan berbagai cara, mulai dari kata-kata, perhatian secara fisik, memberikan kejutan dan berbagai hal.

Semua masalah, suka dan cita dalam rumah tangga akan menghasilkan proses kehidupan yang lebih berkualitas antara suami dan istri. Di sini Kamini akan memberikan informasi lengkap mengenai cara mudah mengetahui suami yang tidak mencintai istrinya atau bagi Anda yang suaminya tiba-tiba berubah akhir-akhir ini wajib membaca artikel ini.

1. Selalu Membesarkan Setiap Masalah

Selalu Membesarkan Setiap Masalah

* sumber: www.vixendaily.com

Awal mula sebuah permasalahan adalah membuat sesuatu hal yang sebenarnya tidak perlu dipermasalahkan dalam suatu hubungan tetapi malah dibesar-besarkan. Apabila suami Anda mulai memiliki sifat tersebut tentu Anda patut mempertanyakannya.

Suami yang mencintai Anda biasanya akan lebih melindungi Anda, diam dan tidak ingin memperkeruh suasana. Tetapi bagi suami yang tak mencintai istrinya, tentu hal yang dilakukan adalah sebaliknya yaitu semakin memperbesar masalah.

Contohnya seperti mainan anak yang berantakan sehabis pulang kerja. Suami yang mencintai Anda pasti akan diam atau malah tertawa dan membantu membereskan mainan yang berserakan. Tetapi bagi suami yang sudah tak cinta istri, akan berusaha menyalahkan istri dan memarahinya.

2. Mulai Bersikap Tertutup Kepada Anda

Mulai Bersikap Tertutup Kepada Anda

* sumber: www.vixendaily.com

Menikah adalah membuka dua sisi yang berbeda antara laki-laki dan perempuan, lalu menyatukan dalam ikatan pernikahan. Jadi apabila suami Anda mulai tertutup bahkan mendiamkan Anda ketika pulang kerja maka Anda wajib bertanya padanya.

Memberikan pertanyaaan ringan dengan membawakan secangkir kopi di pagi hari juga akan memperbaiki sedikit hubungan. Cobalah mencari tahu ada masalah apa tentang suami Anda. Bagi suami istri sikap tertutup satu sama lain adalah salah satu masalah yang besar dan wajib segera diperbaiki sebelum masalah yang lebih buruk lainnya datang.

Naluri seorang suami yang cinta dengan istrinya adalah sifat yang terbuka. Apabila sudah tak ada sifat tersebut maka bisa dikatakan ia tak mencintai Anda atau ia sudah tak nyaman dengan Anda.

3. Tidak Memberikan Rasa Aman Bagi Anda

Tidak Memberikan Rasa Aman Bagi Anda

* sumber: www.shutterstock.com

Bagi wanita rasa aman dari laki-laki tercinta adalah hal wajar yang ia harapkan. Namun apabila suami Anda sudah tidak memberikan rasa aman kepada Anda tentu patut dipertanyakan.

Rata-rata suami yang mencintai istri, mereka akan memberikan rasa aman dan nyaman untuk sang istri. Mulai dari hal-hal kecil sampai sesuatu yang besar. Contohnya saja apabila suami Anda terbiasa memberikan kecupan hangat sebelum tidur dan bertugas mengunci pintu depan rumah saat malam, ia sudah tak melakukan lagi akhir-akhir ini.

Hal tersebut walaupun bersifat kecil namun apabila ia berubah Anda juga harus mendiskusikan kenapa suami Anda tidak melakukan hal-hal tersebut lagi. Biasanya suami yang tak mencintai istrinya akan kurang memberikan perhatian kecil bahkan rasa aman dan nyaman.

4. Kehidupan Seksual yang Tidak Menggairahkan

Kehidupan Seksual yang Tidak Menggairahkan

* sumber: evegreenow.com

Poin paling penting dan paling menarik untuk mengetahui bahwa suami tak mencintai Anda lagi adalah dari segi seksual. Bagi pasangan suami istri hal ini bukan sesuatu yang tabu. Bahkan di dalam berbagai Agama berhubungan intim antara suami istri dikatakan wajib.

Bagi Anda cukup mudah mengetahui suami yang tak mencintai Anda lagi adalah melihat seberapa bergairahnya ia berhubungan intim dengan anda. Apabila suami sudah jarang meminta kebutuhan seksualnya kepada Anda, atau ketika diajak melakukan hubungan intim selalu menolak. Maka ia bisa dikatakan benar-benar bosan atau tidak mencintai anda.

Dikutip dalam fimela.com menyatakan bahwa dalam makalah dengan judul “Sexuality leads to boosts in mood and meaning in life with no evidence for the reverse; A daily diary Investigation” mengungkapkan ukuran rasa cinta dan hubungan saling percaya dapat dinilai dari seberapa puas dan bergairahnya pasangan dalam melakukan hubungan seksual.

5. Sibuk dengan Dunianya Sendiri

Sibuk dengan Dunianya Sendiri

* sumber: debramacleod.com

Suami yang mulai tak mencintai Anda akan mulai mengabaikan Anda. Ia akan sibuk dengan dunianya bahkan sudah sering jarang pulang atau pulang dengan waktu yang tidak teratur. Entah apa yang dilakukan di luar sana, ia akan banyak alasan ketika diajak Quality Time dengan Anda bahkan Anak-anak Anda.

Anda benar-benar harus sadar bahwa suami Anda mulai berubah dan mungkin rasa cintanya mulai pudar apabila hal penting seperti berkumpul dengan keluarga sudah diabaikan. Menikah adalah bagaimana menyatukan dua dunia yang berbeda menjadi bersama dan sejalan.

Untuk itu apabila ia sudah mulai egois Anda juga perlu mempertanyakan kepada teman-temannya mengenai kabar suami Anda di tempat kerjaan, atau bisa juga curhat kepada ibu mertua apabila hubungan Anda dengan ibu mertua dekat. Biasanya sang ibu kandung memiliki firasat yang erat kepada anaknya.

6. Lupa dengan Momen Penting dalam Keluarga

Lupa dengan Momen Penting dalam Keluarga

* sumber: islamiamliyat.wordpress.com

Momen penting dalam keluarga seperti ulang tahun anak, ulang tahun suami istri, tanggal pernikahan, kebiasaan berlibur sebulan sekali atau berbagai hal lainnya tidak boleh dilupakan oleh satu keluarga kecil tersebut. Termasuk bagi seorang suami, momen tersebut perlu dicantumkan dalam checklist setiap jadwalnya.

Jika seorang suami sudah mulai lupa momen-momen penting dalam keluarga, ia bisa dikatakan sudah mulai tak sayang terhadap keluarga. Sesibuk apapun seorang suami yang cinta dengan keluarga tak akan pernah lupa akan berbagi momen indah yang sudah disepakati di awal.

Anda sebagai istri juga tak boleh diam saja apabila mendapati suami yang mulai acuh terhadap kegiatan keluarga. Cari tahu dan ajak bicara berdua mengenai hal tersebut, jangan sampai hal ini membuat hubungan Anda dan suami semakin merenggang.

7. Tidak Mau Mendengarkan Lagi

Tidak Mau Mendengarkan Lagi

* sumber: rupez.com

Suami istri dengan hubungan yang sehat dan langgeng memiliki satu kunci yaitu saling mendengarkan satu sama lain. Apabila suatu hubungan sudah tidak seimbang dan salah satunya mulai mengacuhkan obrolan maka bisa jadi ia mulai tak cinta.

Dikutip dalam kompas.com mengenai sebuah hubungan menyatakan bahwa psikolog di Pace University, New York menyampaikan mengenai kedekatan antara pasangan akan semakin baik apabila keduanya saling berkomunikasi dengan lancar.

Salah satu bentuk komunikasi seperti mengirim pesan dengan emoticon mesra, mendengarkan pasangan dalam setiap curhat yang ia curahkan dan beberapa hal lainnya. apabila pasangan sudah mulai tak mau mendengarkan Anda maka secepat mungkin perbaiki dan cari akar masalahnya.

8. Mulai Ketahuan Berselingkuh

Mulai Ketahuan Berselingkuh

* sumber: www.all4women.co.za

Banyak hal yang dapat diketahui mengenai ciri suami sudah tak cinta istri. Tetapi hal ini adalah hal yang benar-benar mengungkapkan ia sudah tak cinta Anda. perselingkuhan adalah suatu masalah yang sangat besar dalam kehidupan rumah tangga.

Hal ini juga bersifat fatal dan dapat berakhir pada perceraian. Apabila seorang suami sudah melakukan perselingkuhan baik secara sembunyi-bunyi atau terang-terangkan di depan Anda maka Anda harus sadar ia sudah tak mencintai Anda lagi.

Mempertahankan hubungan yang sudah diselimuti sebuah perselingkuhan memang tidak mudah, namun demi masa depan Anda dan Anak-anak tentunya harus dipecahkan segala permasalahan dan jauhkan segala yang berisiko pada perselingkuhan berulang.

Ajak berkumpul bersama keluarga besar kalian berdua, hal ini ternyata cukup efektif untuk memperbaiki masalah. Temui juga wanita yang menjadi selingkuhan suami Anda, ajak bicara bersama-sama dengan suami Anda juga, kalau perlu ajak psikolog dalam mengatasi masalah ini.

Usahakan berpikir dengan kepala dingin dan emosi yang stabil untuk mendapatkan jawaban yang terbaik dengan masalah seperti ini. Ingatkan tentang perjuangan Anda berdua dalam menjalin biduk rumah tangga, serta ungkit segala kenangan manis kalian berdua agar suami mulai sadar apa yang telah dilakukan adalah hal yang keliru.

9. Hilang dari Tanggung Jawabnya

Hilang dari Tanggung Jawabnya

* sumber: www.vixendaily.com

Suami memiliki tanggung jawab yang besar dalam sebuah keluarga. Selain menjadi kepala keluarga, imam atau mencari nafkah secara mutlak, ia juga harus menjadi penghibur, pemberi rasa aman, memberikan rasa bahagia dan berbagai hal lainnya.

Suami yang mencintai istrinya pasti akan mengutamakan istri dan anaknya. Ia akan mempertanggungjawabkan apa yang telah ia sumpahkan di depan altar atau melangsungkan akad pernikahannya dulu. Ia tak akan membiarkan istrinya menangis dan menderita dengan perlakuannya.

Bila suami Anda mulai hilang rasa tanggung jawabnya, bahkan sudah jarang memberikan nafkah baik secara lahir maupun batin. Bisa dipastikan ia sudah tak mencintai Anda.

10. Meminta Bercerai

Meminta Bercerai

* sumber: evegreenow.com

Ini adalah puncak di mana rasa sayang dan cintanya sudah tak ada lagi bagi Anda. Perceraian adalah suatu hubungan suami istri yang terikat perkawinan secara sah di mata Agama dan Negara lalu dipisahkan dalam sidang peradilan dan dibuktikan dengan bukti tertulis.

Suami yang benar-benar mencintai Anda pasti tak akan pernah melakukan hal seburuk ini. Ia tak akan mengorbankan keluarga yang telah ia bangun dengan susah payah hanya untuk sebuah kata perceraian.

Apabila ia sudah mulai melayangkan kata perceraian dalam rumah tangga, maka bisa dikategorikan rumah tangga Anda benar-benar sudah tak sehat.

Itulah beberapa hal mengenai cara mudah mengetahui suami yang tak mencintai istrinya. Silahkan bagikan dan berikan komentar di kolom komentar kami mengenai berbagai masukan, kritik, saran dan sharing kisah menarik di artikel Kamini. Jangan lupa untuk membaca artikel cara mempertahankan keharmonisan rumah tangga ini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *