Kamini.id / Pergaulan / Agar Tidak Salah Pilih Teman, Kenali 10 Ciri Teman yang Baik

Agar Tidak Salah Pilih Teman, Kenali 10 Ciri Teman yang Baik

Ditulis oleh - Diperbaharui 10 September 2019

Setiap orang pasti mendambakan untuk mempunyai teman yang baik, setia, dan tulus. Sayangnya, saat ini sulit untuk menemukan teman yang benar-benar baik dan mampu menerima kita apa adanya. Alih-alih bersifat tulus, kini kita sering menjumpai teman yang hanya berbaik hati jika ia membutuhkan sesuatu dari kita.

Apakah teman yang baik sudah benar-benar punah dari muka bumi? Tentu saja tidak. Masih banyak orang baik yang pantas dijadikan teman kok. Kamini akan membantumu untuk mendapatkan orang yang tepat untuk dijadikan teman dengan memberikan ciri-ciri teman yang baik berikut ini.

1. Selalu Ada dalam Setiap Keadaan

Selalu Ada dalam Setiap Keadaan

* sumber: www.laceybunny.com

Tak sulit untuk mengenali ciri-ciri teman yang baik. Kamu hanya perlu menilai sosok teman yang selalu hadir dalam setiap keadaan, baik kondisi bahagia maupun susah. Ia akan selalu ada di sisimu untuk mendampingi pada semua kondisi.

Hal ini sangat kontras dengan teman yang tidak tulus, mereka hanya ada ketika kamu sedang senang atau di puncak kesuksesan. Pada saat kamu kesusahan, teman yang tidak tulus akan meninggalkanmu dan menghilang begitu saja.

So, jika kamu punya teman yang selalu ada saat kamu susah maupun senang, pertahankan persahabatan antara dirimu dengan dia!

2. Bersikap Apa Adanya

Bersikap Apa Adanya

* sumber: www.newstatesman.com

Sebagai manusia yang memiliki perasaan, tentu kamu bisa mengenal sikap seseorang yang apa adanya atau dibuat-buat. Kamu bisa mendeteksi kebaikan seseorang dari sikapnya padamu.

Teman yang baik akan bersikap apa adanya terhadapmu. Dengan kata lain, ia akan jujur saat kamu mintai pendapat, sekalipun mungkin jawabannya tidak sesuai kehendakmu. Selain itu, ia tidak akan sungkan menyampaikan kritik demi kebaikanmu. Jadi, kamu nggak perlu tersinggung jika temanmu menyatakan kritik karena ia hanya mencoba jujur untuk membuatmu lebih baik.

3. Mampu Menjaga Rahasia

Mampu Menjaga Rahasia

* sumber: www.pond5.com

Sharing suatu hal yang bersifat pribadi kepada teman adalah hal yang biasa. Kamu bisa menceritakan berbagai hal yang tidak diketahui oleh orang lain kepada temanmu. Sebagai teman yang baik, tentu saja ia akan mampu menjaga rahasiamu.

Bagaimana kita tahu bahwa seorang teman mampu menjaga rahasia? Simple, kamu tidak akan mendengar orang lain membicarakan sesuatu yang hanya kamu bicarakan pada temanmu itu. Pasalnya, jika temanmu membocorkan rahasiamu ke orang lain, hal tersebut tentu akan menjadi kabar burung yang suatu saat akan sampai di telingamu.

4. Senang Melihatmu Bahagia

Senang Melihatmu Bahagia

Dewasa ini, cukup sulit untuk menemukan teman yang turut berbahagia ketika kita bahagia. Kebanyakan orang merasa susah ketika melihat orang lain senang dan senang melihat orang lain susah. Ketika kamu memiliki teman yang turut berbahagia ketika kamu bahagia, kamu harus menjaga teman tersebut.

Ciri-ciri teman yang senang melihatmu bahagia bisa dilihat dari ketulusan sikap dan perilakunya. Mungkin temanmu tidak mengucapkan kata, “I’m so happy for you!”, tetapi kamu pasti bisa merasakan ketulusan gesture atau perkataannya kepadamu.

5. Memberi Tanpa Mengharapkan Balasan

Memberi Tanpa Mengharapkan Balasan

* sumber: best.lovetoknow.com

Sebagian orang pasti mengharapkan imbalan atas kebaikan yang diberikannya kepada orang lain. Akan tetapi, teman yang benar-benar baik akan senatiasa memberi tanpa mengharapkan balasan apapun, baik itu materi atau perlakuan yang sama.

Teman yang baik pasti mau memberikan pertolongan dalam bentuk apapun kepadamu. Bahkan, terkadang tanpa kamu minta, ia akan segera menolongmu dengan sigap. Tak hanya itu saja, teman yang tulus terhadapmu mungkin akan memberikan pertolongan tanpa sepengetahuanmu. Ia hanya ingin menolongmu tanpa berharap kamu membalasnya.

6. Mampu Jadi Pendengar yang Baik

Mampu Jadi Pendengar yang Baik

* sumber: www.youngisthan.in

Dalam sebuah persahabatan dibutuhkan dua pasang telinga yang selalu mendengar satu sama lain dan dua buah mulut yang saling bertukar cerita, pendapat, maupun keluh kesah. Persahabatan tidak akan seimbang jika hanya satu orang yang mendengar sementara yang lainnya terus berbicara.

Kalau kamu ingin mengetahui apakah temanmu adalah teman yang baik atau tidak, cobalah curhat kepadanya. Jika ia benar-benar bisa diandalkan, ia akan menjadi pendengar yang baik dan kamu pun akan merasa nyaman ketika bercerita. Bahkan, ia tidak ragu untuk mengobarkan waktunya untuk mendengarkan ceritamu.

Apabila kamu punya teman yang seperti ini, maka kamu harus mempertahankannya. Berusahalah untuk menjadi pendengar yang baik juga untuk dirinya.

7. Menghindari Persaingan Denganmu

Menghindari Persaingan Denganmu

* sumber: seeninthecity.co.uk

Ada yang mengatakan bahwa persaingan antar teman tidak masalah jika dilakukan dengan sportif. Akan tetapi, teman yang baik tidak akan mau bersaing denganmu. Ia cenderung menghindari persaingan denganmu dalam hal apapun, meskipun hal tersebut bisa dibilang sepele.

Sebaliknya, temanmu ini akan memberikan dukungan penuh terhadapmu. Ia tidak memiliki kenginan untuk berkompetisi atau mengunggulimu.

8. Selalu Memberikan Ruang

Selalu Memberikan Ruang

* sumber: inspiringtips.com

Berteman baik bukan berarti harus ikut campur dalam urusanmu terus menerus. Terkadang tentu kamu membutuhkan waktu untuk diri sendiri, bersama pasangan, keluarga, ataupun teman yang lain. Jika temanmu adalah teman yang baik, ia tidak segan untuk memberikan ruang kepadamu. Ia akan menghargai privasimu dan tidak selalu ingin tahu urusanmu.

Tak mudah menemukan teman yang selalu ada untukmu tapi juga selalu memberi ruang untuk dirimu. Ketika kamu memiliki teman yang tak segan memberikan ruang tanpa mendesakmu untuk selalu bersama dan berbicara dengannya, maka temanmu tersebut sudah masuk dalam kategori teman yang sangat baik.

9. Tak Peduli dengan Omongan Negatif Tentangmu

Tak Peduli dengan Omongan Negatif Tentangmu

* sumber: baggout.com

Pernahkah kamu memiliki teman yang justru lebih percaya kepada orang lain daripada dirimu? Teman yang seperti ini akan mudah terpengaruh omongan negatif orang lain. Ia akan segera menghakimi atau menjauhimu ketika mendengar selentingan negatif tentangmu tanpa berusaha mencari tahu kebenarannya.

Bila ia adalah teman yang baik, ia tidak akan memedulikan omongan negatif orang lain tentangmu. Yang ia tahu hanyalah kamu merupakan teman baiknya dan ia percaya sepenuhnya kepadamu.

10. Membuatmu Jadi Diri Sendiri

Membuatmu Jadi Diri Sendiri

* sumber: www.glamourmagazine.co.uk

Ketika kamu bersama dengan seorang teman yang baik dan siap menerimamu apa adanya, maka kamu akan leluasa untuk menjadi diri sendiri. Kamu tidak perlu meningkatkan gengsi, memaksimalkan penampilan, dan mengubah sikapmu ketika berhadap dengan teman yang menyayangimu.

Intinya, apabila ia adalah teman yang baik, ia akan membiarkanmu jadi diri sendiri tanpa mengkritik secara berlebihan. Kamu pun akan merasa nyaman ketika menjadi diri sendiri daripada harus berpura-pura menjadi orang lain hanya demi menyenangkan hati temanmu.

Ada pepatah yang mengatakan bahwa mencari teman yang baik  seperti mencari jarum di dalam jerami, yang artinya mencari teman yang baik benar-benar sulit. Kamu harus selektif dalam memilih teman agar tidak kecewa di kemudian hari.

Jika kamu sudah memiliki teman baik dengan ciri-ciri di atas, maka jagalah persahabatan kalian agar senantiasa langgeng. Ingat, mencari teman lebih susah dibandingkan mencari musuh, lho. Baca juga artikel cara memilih teman yang baik ini, yuk!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar