kamini.id
Kamini.id / Kecantikan / Wajib Diketahui, Begini Ciri-Ciri Wajah Sedang Detox

Wajib Diketahui, Begini Ciri-Ciri Wajah Sedang Detox

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 5 Juni 2021

Detox merupakan proses untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh kita. Metode ini bisa digunakan pada empat organ, yaitu ginjal, hati, saluran pencernaan serta kulit. Bagi kamu yang ingin memiliki kulit wajah yang bersih, kamu bisa melakukan detox kulit wajah.

Bagi sebagian orang detox kulit wajah mungkin cukup mengganggu. Namun, justru ini merupakan fase baik. Mendetox wajah bisa menghilangkan masalah yang dialami kulit wajah seperti kelebihan minyak juga racun di kulit.

Bagi wanita dan pria memiliki kulit wajah yang sangat berminyak merupakan masalah besar. Penyebabnya bisa karena perawatan yang kurang baik, penggunaan kosmetik, serta polusi. Saat proses detox wajah, minyak dan racun akan dikeluarkan sehingga wajah akan tampak lebih baik.

Ciri-ciri Wajah Sedang Detox

Lalu bagaimana ciri-ciri wajah sedang detox? Ada banyak ciri yang diperlihatkan oleh kulit wajah saat sedang mengalami detox. Berikut beberapa di antaranya.

1. Muncul Bentol Kecil yang Terasa Gatal

Jika di kulit wajah muncul bentol kecil yang terasa gatal itu adalah salah satu ciri-ciri wajah sedang detox. Hal ini karena adanya proses peremajaan di lapisan epidermis kulit yang terjadi secara perlahan.

Bila muncul bentol, cobalah untuk tidak menyentuh maupun menggaruk bagian yang terasa gatal tersebut menggunakan apa pun khususnya dengan tangan. Menggaruk bisa mengakibatkan infeksi bila tangan yang digunakan untuk menggaruk ternyata kotor.

Detox akan jadi salah satu cara untuk menghilangkan bahan kosmetik yang berbahaya yang bisa jadi pernak kamu gunakan.

2. Kulit Terasa Panas

Ciri lain wajah sedang detox adalah kulit wajah terasa panas. Hal ini umumnya akan terjadi apabila kamu memakai krim atau obat detox tertentu yang khusus untuk kulit. Kamu akan merasa kulit di wajah terasa panas.

Hal ini terjadi karena pembuluh darah yang terdapat pada jaringan kulit mulai terbuka. Ini akan memberi jalan pada aliran darah yang membawa nutrisi juga vitamin supaya bisa mengalir lebih maksimal.

Untuk meredakan rasa panas tersebut, kamu bisa mengompres wajah menggunakan air hangat yang bersih bukan dengan air es. Terkadang kamu juga akan merasa wajah menjadi bengkak dan kebas.

Ini merupakan tanda kulit sedang mengalami proses penyesuaian sebagai akibat dari terbentuknya sel –sel kulit baru yang merupakan hasil dari proses metabolisme kulit.

3. Tumbuh Jerawat

Ciri-ciri wajah sedang detox lainnya yaitu kulit wajah akan mengeluarkan minyak dan kotoran yang berlebih sehingga akan muncul banyak jerawat pada kulit wajah.

Selain muncul jerawat, pada kulit wajahmu bisa juga muncul bruntus-bruntus atau breakout, komedo putih atau komedo hitam. Hal ini juga merupakan bagian dari proses pembuangan racun dari dalam tubuh.

Breakout ini tidak dialami oleh semua orang saat kulit wajahnya sedang dalam masa detox. Beberapa orang, kulit wajahnya akan menjadi kemerahan saja. Sebagian lainnya mungkin hanya mengalami kulit yang menjadi lebih kering maupun lebih berminyak.

4. Terjadi Pengelupasan Kulit

Kulit yang mengelupas bisa jadi ciri–ciri wajah sedang detox. Proses ini merupakan bagian dari pembaruan sel–sel pada kulit wajah yang lamanya bergantung kepada jenis kulit masing-masing.

Biasanya pengelupasan hanya terjadi di awal pemakaian obat detox kulit. Jika hal seperti ini terjadi, jangan paksa untuk mengelupas kulit.

Cara Melakukan Detoksifikasi pada Kulit

Detoksifikasi wajah berarti mendedikasikan satu minggu untuk menghilangkan semua kotoran, racun, polutan, dan sel kulit mati yang memungkinkan untuk memperbarui dan merevitalisasi kulit kembali seperti biasanya. Melansir The EveryGirl, berikut adalah beberapa cara untuk melakukan detox.

1. Mulailah dengan Facial

Perawatan wajah yang tepat dapat membersihkan pori-pori lebih menyeluruh dibandingkan perawatan kulit biasa. Merawat diri sendiri dengan perawatan wajah, lengkap dengan pijat wajah mungkin merupakan hal paling santai yang kamu lakukan untuk diri sendiri dalam waktu lama.

Ketika pori-pori dibersihkan kegiatan ini bisa berarti penghilang stres yang luar biasa. Mulailah detoksifikasi dengan cara terbersih mungkin dengan perawatan wajah sesuai keinginanmu bisa di dokter kulit atau spa, atau pelajari cara melakukan perawatan wajah tingkat spa sendiri di rumah.

2. Bersihkan Wajah Dua Kali Sehari

Membersihkan wajah harus menjadi kebiasaan sehari-hari, tentu saja. Namun apapun rutinitas perawatan skincaremu, detoksifikasi kulit membutuhkan pembersihan pagi dan malam. Perhatikan jenis kulitmu saat memilih pembersih mana yang akan digunakan.

Penting untuk diperhatikan bahwa kamu tidak perlu, dan mungkin tidak, menggunakan pembersih yang sama saat membersihkan wajah pagi dan malam. Jika kamu memiliki kulit yang lebih kering, gunakan oil cleanser di pagi hari.

Untuk di malam hari gunakan foam cleanser. Ini akan membersihkan, melembutkan, dan melembabkan kulit wajah. Jika kamu memiliki kulit yang lebih berminyak dan cenderung berjerawat, gel berbasis air di pagi dan malam hari akan bermanfaat untuk menghilangkan semua penumpukan.

3. Uap Wajah Sampai Bersih

Setelah membersihkan wajah, melakukan penguapan pada kulit wajah sangat penting untuk memungkinkan bahan-bahan tersebut menembus pori-pori dan mengeluarkan kotoran sebanyak mungkin. Lakukan penguapan ini selama sekitar sepuluh menit.

Jika kamu tidak memiliki kamar mandi uap, ada cara yang sederhana, mudah, dan sepenuhnya gratis dan bisa dilakukan sendiri. Didihkan air dalam panci, lalu pindahkan air ke dalam mangkuk. Posisikan wajahmu di atas mangkuk dan tutup kepalamu dengan handuk untuk memusatkan uap ke pori-pori.

4. Gunakan Masker Lumpur

Masker dengan tanah liat atau lumpur mengeluarkan sebagian besar kotoran di lapisan atas kulit. Encerkan masker apa pun dengan air hangat dan biarkan masker hanya sampai lembut, tidak sampai kering sepenuhnya. Jangan biarkan masker sampai sampai retak dan wajah tidak dapat digerakkan.

Tahukah kamu kalau cara ini sebenarnya mengeringkan kulit dan menghilangkan minyak esensial yang merupakan kunci dalam menjaga kulit tetap terhidrasi dan bersih? Oleskan masker setiap hari selama detoksifikasi.

5. Hidrasi dan Lindungi Kulit dengan Benar

Serum harus digunakan dua kali sehari di pagi dan malam hari, karena tidak hanya melembabkan, tetapi juga memungkinkan bahan apa pun yang kamu oleskan di atasnya meresap lebih dalam ke kulit, sehingga memberikan hasil yang lebih baik.

Rutinitas pagi hari harus dimulai dengan serum dan diikuti dengan pelembab dan tabir surya serta produk pilihan lainnya untuk jenis kulitmu, dan rutinitas malam harus diikuti dengan pelembab malam, krim, atau masker. Ini juga bergantung pada jenis kulit.

Tambahkan facial oil ke rutinitas perawatan wajahmu setidaknya dua kali minggu untuk mendapatkan hasil terbaik. Ini bahkan bisa digunakan jika kamu memiliki kulit berminyak karena bakteri tidak tumbuh di minyak wajah yang tepat dan tidak menyumbat pori-pori. Jika kulitmu kering, kusam, atau sensitif, tambahkan juga beberapa lembar masker pelembab atau pendingin.

6. Minum Cukup Air

Institute of Medicine merekomendasikan asupan air harian menjadi sekitar 91 ons. Jumlah ini bervariasi tergantung pada jenis kelamin, berat badan, dan lain-lain.

Meskipun ini adalah anjuran harian untuk menghilangkan racun dari tubuh dan tetap terhidrasi, sangat sedikit orang yang benar-benar mendapatkan sebanyak ini. Dan di atas semua itu, mereka minum cairan dehidrasi seperti kopi, jus manis, dan bubble tea atau boba.

Setidaknya untuk hari-hari detoksifikasi yang sedang kamu lakukan, sementara kulit kamu sedang dibersihkan dari dalam ke luar, minumlah teh hijau yang melembabkan dan membersihkan kulit. Hindari jus manis, dan semua cairan lain kecuali air atau teh.

7. Detoksifikasi Melalui Diet

Bahkan detoksifikasi kulit mungkin harus berhati-hati dengan apa yang kamu makan. Jika kamu menyukai makanan berlemak, makanan ini tidak membantu penampilan kulitmu. Untuk peremajaan kulit total, penting untuk menyesuaikan dietmu dengan tujuan pembersihan kulitmu.

Hindari produk susu, makanan yang digoreng, dan tambahan gula, yang semuanya menyumbat pori-pori dan kusam, selama detoksifikasi. Sebaliknya, pilihlah banyak buah dan sayuran kaya alkali seperti pir, brokoli, kangkung, semangka, dan pisang.

Mineral alkali, seperti kalsium, magnesium, dan kalium, menjaga kekuatan kulit. Untuk poin bonus tambahannya bisa menjaga rambut, tulang, dan gigi. Bersinar dari dalam ke luar dengan lemak sehat seperti alpukat dan kenari.

Nah, itulah ciri-ciri wajah sedang detox. Untuk kamu yang merasa kulit wajahmu sudah mulai kusam, ada baiknya untuk melakukan detoksifikasi wajah. Jika sesudah melakukan detoksifikasi terdapat tanda-tanda seperti di atas jangan khawatir karena itu tanda bahwa kulit kamu sedang melakukan pembersihan.

Jadikan rutinitas membersihkan wajah sebagai bagian dari aktivitasmu sehari-hari karena itu adalah bagian penting dari proses detoksifikasi. Sudahkah kamu membersihkan wajahmu hari ini?

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram