Kamini.id / Wajah Sensitif / 8 Ciri Kulit Sensitif yang Penting untuk Diketahui

8 Ciri Kulit Sensitif yang Penting untuk Diketahui

Ditulis oleh - Diperbaharui 12 Maret 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Apakah kamu merasa kulitmu mudah iritasi? Atau kulitmu sering menjadi merah-merah, gatal atau jadi berjerawat setelah menggunakan produk-produk kecantikan atau parfum tertentu? Bisa jadi kamu memiliki kulit yang sensitif. Pasti nggak nyaman memiliki kulit yang sensitif karena hal sekecil apapun bisa membuat kulitmu beraksi sehingga membutuhkan perawatan ekstra.

Selain penyebab yang sudah disebutkan tadi, ada beberapa kondisi medis yang dapat menyebabkan gejala serupa. Eksim, rosacea, dan dermatitis kontak alergi biasanya disalahartikan sebagai kulit sensitif. Apa pun penyebabnya. Sebelum mengetahui ciri kulit sensitif, kenali dulu apa itu kulit sensitif menurut ahli kulit berikut ini.

Apa Itu Kulit Sensitif?

Apa Itu Kulit Sensitif

* sumber: www.press.redmarketing.co.za

Jika kamu mempunyai kulit yang sensitif, kamu akan menyadari bahwa ada bermacam faktor emosional dan lingkungan yang dapat memengaruhinya, mulai dari perubahan cuaca sampai hewan peliharaan, stres bahkan debu.

Namun ahli kulit akan menyatakan kamu memiliki kulit sensitif jika mereka mendapati hal berikut saat mendiagnosis kulitmu, di antaranya reaksi kulit seperti pustula, benjolan di kulit atau erosi kulit. Selain itu kulit kering yang tidak melindungi ujung saraf kulit dengan baik serta kecenderungan kulit memerah.

Ciri-Ciri Kulit Sensitif

Kulit sensitif diakibatkan oleh ujung saraf di lapisan atas kulit yang teriritasi. Hal ini terjadi karena fungsi penghalang alami kulit yang melemah dan telah rusak disebabkan oleh pemicu. Lalu, apa ciri yang bisa menyatakan seseorang divonis mengalami kulit sensitif?

1. Kulit yang Reaktif

Kulit yang Reaktif

* sumber: coko.vn

Jika kulit kamu sensitif, kamu mungkin akan melihat kulit kamu mengalami gejala sebagai respons terhadap pemicu tertentu. Pemicu yang umum di antaranya deterjen, sabun, wewangian, produk perawatan kulit, parfum, dan produk rumah tangga.

Selain itu, paparan matahari, dingin, dan angin dapat memicu flare. Jika kamu mengalami hal tersebut, kamu bisa menemui dokter kulit untuk membantu menemukan apa yang mungkin perlu kamu hindari dan memilih produk yang paling cocok untuk kulitmu.

2. Sengatan atau Luka Bakar

Sengatan atau Luka Bakar

* sumber: v10plus.co.jp

Pelembab, tabir surya atau alas bedak apa pun yang kamu gunakan, kulitmu dapat bereaksi dengan cara beragam. Orang dengan kulit sensitif cenderung memiliki penghalang kulit yang lebih tipis yang bisa menyebabkan bahan-bahan produk tertentu membuatmu mengalami sensasi menyengat dan terbakar.

Produk-produk yang sering menyebabkan sensasi seperti ini umumnya gel, produk yang mengandung alkohol dan perawatan jerawat atau produk anti-penuaan. Sensasi terbakar tersebut mungkin terasa sementara tapi akan mulai jadi sangat tidak nyaman dan bahkan menyakitkan dalam waktu singkat.

Jika hal seperti itu mulai terjadi, pastikan kamu segera menghapus setiap produk dari kulitmu dan membilas area tersebut dengan air dingin. Untuk pertolongan, segeralah menemui dokter kulit agar kamu bisa tahu apa yang harus hindari atau gunakan untuk melindungi kulitmu.

3. Sensitif Terhadap Sinar UV

Sensitif Terhadap Sinar UV

* sumber: www.bbc.com

Ketika kamu keluar rumah tanpa menggunakan pelindung kepala atau tabir surya, hal yang akan segera kamu lihat berikutnya adalah kulitmu memerah. Fotosensitivitas, yaitu kondisi seseorang yang sensitif terhadap sinar matahari, dapat menyebabkan ruam kulit pada wajah, lengan luar dan dada.

Jika kamu sensitif terhadap sinar matahari, pastikan untuk selalu mengenakan tabir surya spektrum luas dengan SPF 30 atau lebih tinggi, juga hindari varietas sintetis. Gunakan tabir surya yang mengandung titanium dioksida dan seng oksida yang lebih cocok untuk kulit sensitif.

4. Mudah Mengalami Breakout

Mudah Mengalami Breakout

Jika kamu memiliki kulit sensitif, kamu mungkin akan mudah mengalami breakout yang terlihat seperti jerawat dengan benjolan merah dan jerawat pustula. Kamu mungkin akan menggunakan pembersih jerawat atau krim untuk mengobati breakout tersebut tapi yang ada malah memperburuk keadaan.

Untungnya, dokter dapat membantumu mengatasinya dan menghindari situasi menjadi lebih buruk. Jika kamu mempunyai kulit sensitif dan jerawat, sepertinya kamu akan perlu bantuan dokter untuk menemukan produk yang tepat untuk menjaga kulitmu tetap bersih tanpa menyebabkan iritasi.

Kulit yang kering dan sensitif dapat memproduksi minyak ekstra untuk mengimbangi kurangnya kandungan kelembaban. Lalu apa efeknya? Efeknya pori-pori yang tersumbat dapat dengan mudah yang menyebabkan kamu berjerawat.

Untuk menghindarinya, jangan mencuci wajah lebih dari dua kali dan gunakan pembersih wajah yang lembut, dan pilihlah perawatan tidak menyebabkan iritasi seperti tree tea oil juga witch hazel yang berbeda dengan alkohol, asam salisilat atau benzoil peroksida.

5. Kulit Kering

Kulit Kering

* sumber: www.facingacne.com

Tak hanya masalah dengan berjerawat, bagi orang dengan kulit sensitif seringkali yang jadi masalah mereka adalah kekeringan dan bukannya berminyak. Kalau kulit kamu sangat kering bisa juga jadi penyebab sensitivitas karena kulit yang sangat kering tidak melindungi ujung saraf di kulit dengan baik.

Dengan memiliki kulit yang lebih sensitif, kamu mungkin akan mengalami banyak masalah dengan kulit kering dalam cuaca dingin dan kering juga ketika terkena angin. Penggunaan pelembab yang lembut dan melindungi kulitmu dari unsur-unsur tersebut bisa membantu melawan masalah yang ditimbulkan.

6. Kulit Gatal

Kulit Gatal

* sumber: www.medicalnewstoday.com

Mungkin kulit sensitifmu akan sering terasa gatal, khususnya sesudah kulit dibersihkan dengan produk yang terlalu keras. Penggunaan air panas malah bisa memperburuk kulitmu. Kamu akan menyadari bahwa kulit kamu jadi terasa gatal terutama ketika udara dingin dan kering.

Tak tahan dengan gatal dan menggaruknya justru bisa menyebabkan kulitmu mengalami lebih banyak iritasi dan bahkan infeksi. Untuk menghentikan rasa gatal tersebut cara terbaik adalah dengan berkonsultasi dengan dokter.

Selain mengunjungi dokter untuk berkonsultasi tentang mengatasi rasa gatalmu, kamu juga bisa mengganti penggunaan air panas dengan air hangat jika kamu rutin menggunakannya. Satu lagi yang harus diperhatikan adalah penggunaan pembersih atau sabun harus sesuai dengan jenis kulitmu.

7. Kulit Lepas dan Mengelupas

Kulit Lepas dan Mengelupas

* sumber: copacabanaclinic.nl

Kulitmu mungkin sering mengelupas dan lepas terutama jika kamu memiliki kulit kering, Hal seperti ini bisa memalukan dan terkadang terlihat seperti ketombe. Jika pengelupasan terlalu dalam atau jika kamu mencoba mengelupasnya sendiri bisa menyakitkan dan berisiko jadi infeksi bahkan jadi jaringan parut.

Kesulitan kulit sensitif dalam mempertahankan dan mengatur kelembapan dapat mengakibatkan serpihan pada kulit terus-menerus mengelupas. Seringkali penyebabnya adalah penggunaan exfoliant kimia yang berlebihan seperti retinoid dan asam glikolat.

8. Rentan Terhadap Ruam dan Benjolan

Rentan Terhadap Ruam dan Benjolan

* sumber: www.today.com

Jika kamu sering mengalami benjolan merah kecil dan ruam di kulitmu maka itu pertanda memang kamu memiliki kulit yang sensitif. Hal seperti ini bisa terjadi terutama jika beberapa produk kosmetik masih menempel pada kulit karena lupa membersihkannya.

Saat kulitmu mengalami ruam, hal itu bisa terasa tidak nyaman, tidak enak dilihat dan juga susah untuk hilang. Jika kamu mempunyai alergi apa pun, maka kamu harus lebih berhati-hati. Tunggu 24 jam sebelum kamu mulai menggunakan salep apa pun.

Jika kamu baru mengalami hal ini, segera temui dokter dan dapatkan resep sebelum memulai perawatan. Untuk ruam dan benjolan yang kamu derita, kamu bisa mengoleskan minyak kelapa untuk menghilangkan gejala tersebut dengan cepat.

Itulah ciri yang jelas untuk mengetahui apakah kamu memiliki kulit sensitif atau tidak. Jika kamu mengalami hal-hal di atas, rawatlah kulitmu dengan memperhatikan apa yang boleh dan tidak boleh untuk kulit. Jika tak bisa lagi diatasi, segera temui dokter. Apakah kamu menderita salah satu gejala di atas saat ini? Klik artikel merk masker wajah untuk kulit sensitif ini jika ingin mulai memberikan perawatan yang tepat untuk kulitmu.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ditulis oleh - Diperbaharui 12 Maret 2020