Mencoba Mengenali 10 Ciri Pria Takut Kehilangan Pasangannya

Ditulis oleh Aditya Putra - Diperbaharui 25 November 2019

Salah satu perasaan paling menyenangkan untuk seseorang adalah waktu dia begitu diinginkan. Ada perasaan utuh kalau ada seseorang yang takut kehilangan kita. Terutama untuk wanita, ketika ada pria yang jadi pasangannya merasa takut kehilangan, barangkali itulah sebaik-sebaiknya penghargaan.

Dia sebenarnya takut kehilangan nggak, sih? Apakah dia akan bersedih kalau seandainya nanti nggak bersama lagi? Pertanyaan-pertanyaan itu sering muncul, tapi sesering itu pula terabaikan. Kebanyakan wanita nggak tahu ke mana harus cari jawaban. Kalau begitu, kamu bisa mulai mencari jawaban dengan mengenali 10 ciri pria takut kehilangan pasangannya.

1. Membangun Komunikasi yang Kuat

Membangun Komunikasi yang Kuat

Dalam hubungan asmara, komunikasi dilakukan sebagai bentuk perhatian. Keduanya akan saling melempar tanya yang kemudian jadi cerita. Siapa yang nggak senang diperhatikan? Apalagi kalau perhatian itu datang dari si dia yang tercinta. Hal itu kemudian menjadi rutinitas yang dilakukan hampir setiap hari.

Pria yang takut kehilangan pasangannya pasti akan selalu berusaha membangun komunikasi yang kuat. Dia merasa perlu tahu dan memastikan kalau kamu baik-baik saja. Karena ada rasa takut kehilangan, intensitas dalam menghubungi pun semakin kuat dan dalam. Itu dia lakukan untuk melawan ketakutan akan kehilangan.

2. Posesif pada Waktu Tertentu

Posesif pada Waktu Tertentu

Rasa ingin melindungi pasangan merupakan naluri alami bagi setiap manusia. Nggak ada manusia yang mau kehilangan sesuatu yang berharga, apalagi pasangan sendiri. Pria yang kadang enggan menunjukkan sisi emosionalnya, punya berbagai cara untuk melindungi pasangannya. Ada yang memberi kepercayaan lalu membebaskan pasangannya, ada pula yang posesif.

Waktu dia merasa ada sesuatu yang mengganggu, pria yang takut kehilangan pasangan akan bertindak posesif meskipun biasanya dia nggak seperti itu. Dia yang menjadi posesif pada waktu tertentu bukan berarti dia adalah orang yang penuh curiga. Tindakan itu diambil sebagai cara untuk melindungi karena dia takut kehilangan.

3. Lebih Sering Mengalah

Lebih Sering Mengalah

Nggak ada hubungan yang berjalan tanpa ada masalah. Waktu dihadapkan dengan masalah, kita diharuskan untuk saling berdebat bahkan berseteru. Sebenarnya keberadaan masalah adalah bukti bahwa hubungan kita berjalan seperti seharusnya dan bisa membawa hubungan ke level yang lebih tinggi.

Pria yang takut kehilangan pasangannya akan lebih sering mengalah kalau lagi berseteru. Dia memilih begitu karena dia nggak mau masalah semakin panjang apalagi kalau sampai harus menanggung risiko kehilangan. Mengalah bisa jadi tanda bahwa dia lebih dewasa atau bisa juga dia mengalah untuk mendinginkan suasana, lalu dia bisa menyelesaikannya di waktu yang lebih baik.

4. Selalu Bilang Sebelum Melakukan Sesuatu

Selalu Bilang Sebelum Melakukan Sesuatu

Pria punya ego dan mereka lebih sering menggunakan pikiran, berbanding terbalik dengan wanita yang lebih mengutamakan hati. Itu pula yang menyebabkan mereka lebih senang membangkang termasuk dalam hubungan asmara. Mereka cenderung nakal dan nggak bisa diatur bahkan sama pasangannya sendiri.

Hal berbeda terjadi pada pria yang takut kehilangan pasangannya, dia akan selalu bilang sebelum melakukan sesuatu. Itu dia lakukan karena ingin membawa pasangannya masuk ke kehidupannya. Dia ingin melibatkan pasangannya. Selain itu, tindakan ini juga dia lakukan supaya pasangannya nggak punya pikiran macam-macam tentang kegiatan yang dia lakukan.

5. Selalu Menyediakan Waktu

Selalu Menyediakan Waktu

Kata orang, waktu adalah sesuatu yang paling mahal di dunia ini. Ada waktunya kita terlalu sibuk dengan pekerjaan atau hal lain yang bikin kita mengesampingkan pasangan. Walaupun begitu, waktu berhubungan erat dengan prioritas. Kalau seseorang punya prioritas, dia akan tahu bagaimana mengatur waktu dan mana yang perlu diutamakan.

Di tengah sibuknya rutinitas sehari-hari, pria yang takut kehilangan pasangannya akan berusaha menyediakan waktu. Dia akan menyempatkan diri untuk menelpon, membalas chat, atau makan bersama walaupun dia sedang sibuk. Dia merasa perlu membuktikan kalau pasangannya adalah prioritas dalam hidupnya.

6. Memberi Hadiah Walau Bukan Hari Spesial

Memberi Hadiah Walau Bukan Hari Spesial

Pasangan akan selalu mengingat hari-hari spesial di hidup kita. Bukan cuma mengingat, dia juga akan memberi kejutan atau hadiah supaya pasangannya menjadi ratu selama sehari. Walaupun beberapa ada yang lupa karena memang sifatnya seperti itu atau karena teralihkan oleh kesibukan. Hadiah di hari spesial dianggap terlalu biasa bagi pria yang takut kehilangan pasangannya.

Pria yang takut kehilangan pasangannya seringkali memberikan hadiah walaupun bukan di hari spesial. Hadiahnya nggak selalu besar, bisa jadi cuma seporsi cireng yang dibawa waktu main ke rumahmu. Tindakan ini adalah reaksi dari betapa dia ingin menjaga perasaanmu. Hadiah kecil dan mendadak menandakan kalau dia nggak pernah memikirkan orang lain.

7. Berbagi Rahasia

Berbagi Rahasia

Setiap orang pasti punya rahasia yang nggak mau diketahui orang lain. Mulai dari itu aib sampai pengalaman konyol. Apalagi kalau harus diketahui pasangan, akan malu rasanya. Oleh karena itu, kebanyakan orang menyembunyikannya. Sedekat apa pun dengan pasangan, pasti akan berpikir dua kali untuk berbagi rahasia.

Dasar dari sebuah hubungan adalah saling berbagi. Dari mulai kebahagiaan sampai kesedihan, termasuk rahasia yang seharusnya nggak disimpan sendiri. Itu yang dilakukan pria yang takut kehilangan pasangannya, dia akan berbagi rahasia dengan pasangannya. Dia memberikan dirinya sampai nyaris ke hal-hal paling kecil atau pribadi.

8. Selalu Berusaha Dekat

Selalu Berusaha Dekat

Nggak ada yang lebih menyiksa buat pria yang takut kehilangan pasangannya selain harus berjauhan. Rasanya akan seperti ada yang kurang. Oleh karena itu, dia akan selalu berusaha dekat. Bahkan, kalau kenyataannya sedang ada jarak yang memisahkan. Beruntung, teknologi bisa jadi solusi dan bikin yang jauh jadi terasa dekat. Salah satunya dengan tetap menjalin komunikasi.

Dengan menjalin komunikasi waktu berjauhan, dia merasa aman setelah mengetahui apa kabar pasangannya. Dia juga merasa tenang bisa mengabari pasangannya apa yang dia lakukan. Pria yang takut kehilangan pasangannya sangat menjunjung tinggi transparansi. Dia ingin keduanya sama-sama terbuka atas semua hal.

9. Memperkenalkan Lingkungannya

Memperkenalkan Lingkungannya

Sudah seharusnya kita memperkenalkan pasangan pada lingkungan tempat kita hidup sehari-hari. Mulai dari orang-orang terdekat yaitu keluarga dan sahabat. Sebelum itu, kita pasti akan meyakinkan diri sendiri bahwa dia layak untuk dikenal oleh orang-orang yang berharga di hidup kita. Selain itu, kita juga ingin melihat bagaimana kecocokan dia ketika harus masuk ke lingkungan kita.

Pria yang takut kehilangan pasangannya akan memperkenalkan pasangan ke lingkungannya. Itu dilakukan untuk menegaskan kalau dia sudah ada yang memiliki. Selain itu, dia juga ingin pasangan tahu ke mana dan bersama siapa sajakah dia sehari-hari. Dia ingin kamu mengenal lingkungannya sebagaimana dia ingin lingkungannya mengenal kamu sebagai pasangannya.

10. Suka Membicarakan Masa Depan

Suka Membicarakan Masa Depan

Pandangan pria yang takut kehilangan pasangannya akan selalu ke depan. Dia nggak mau melihat ke belakang, karena merasa yakin pada pasangannya yang akan dia bawa melangkah ke depan. Dia suka berbicara tentang bagaimana masa depannya dan bagaimana cara dia akan sampai ke sana.

Dia merasa angan-angannya mengenai masa depan perlu diketahui pasangannya. Dia ingin kamu tahu kalau setiap dia membicarakan masa depan, orang yang dia bayangkan ada bersamanya saat itu adalah kamu. Pembicaraan tentang masa depan adalah ajakan untuk melangkah ke sana bersama-sama, karena dia takut kehilangan.

Dari 10 ciri pria takut kehilangan pasangan yang ada di atas, ada berapa yang sudah kamu lihat? Barangkali, kamu punya tambahan yang datang dari pengalaman pribadi? Bagikan ke pembaca yuk! Kolom komentar sudah disediakan, kamu bisa berbagi di sana. Kalau dirasa perlu, kamu juga bisa membagikan tulisan ini di akun media sosialmu! Baca juga artikel ciri-ciri pria setia dan penyayang ini.

ARTIKEL
PRODUK
BRAND
© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram