10 Pilihan Clay Mask Lokal Agar Kulit Mulus Bebas Komedo

Ditulis oleh Zalfa Rannan Sopian - Diperbaharui 17 Juni 2021

Clay mask merupakan produk perawatan kulit andalan bagi yang memiliki permasalahan dengan kulit berminyak, pori-pori, komedo, maupun jerawat. Jika dulu produk clay mask didominasi oleh brand Western dan Korea, sekarang sudah banyak merk kosmetik dalam negeri yang menghadirkan beragam produk clay mask

Clay mask lokal pun sudah diformulasikan agar ampuh memberikan manfaat dari clay, tetapi dapat membuat pengalaman menggunakan masker tetap nyaman. Tidak hanya itu, banyak dari clay mask buatan lokal juga sudah diinfus dengan kandungan skincare lain yang tentunya mampu memberikan nutrisi dan manfaat tambahan pada kulit. 

Nah, untuk yang ingin tahu brand lokal apa saja yang menawarkan produk clay mask, kali ini Kamini sudah menyiapkan 10 rekomendasi clay mask lokal yang layak untuk kalian coba. Penasaran? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

1. Emina Clay Mask

clay mask lokal_Emina Clay Mask

Emina menghadirkan tiga jenis varian clay mask dengan manfaat tambahan yang berbeda-beda. Untuk yang ingin memiliki wajah yang lebih cerah, kalian bisa mencoba Brightening Clay Mask. Sedangkan yang punya permasalahan dengan produksi minyak berlebih, gunakan Sebum Control Clay Mask. Terakhir, Soothe & Smooth Clay Mask bisa dipakai untuk kulit yang butuh efek soothing.

Clay mask Emina ini bisa juga digunakan untuk multi-masking, sehingga ketiganya bisa diaplikasikan secara bersamaan di area wajah yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan. Misalnya, untuk area T-zone yang cenderung lebih berminyak bisa gunakan Sebum Control yang berwarna oranye dan seterusnya.

Sebagai clay mask, ketiganya mampu dengan efektif menyerap kelebihan minyak, mengangkat sel kulit mati, dan memperhalus tekstur kulit. Meskipun begitu, clay mask ini tidak akan membuat kulit terasa kering karena sudah dilengkapi dengan triple moisturizing. Untuk yang penasaran, kamu bisa baca review Emina Clay Mask dari Kamini.

2. Wardah C-Defense Waterclay Mask

clay mask lokal_Wardah C-Defense Waterclay Mask

Untuk yang ingin merasakan kebaikan mineral clay bersama dengan vitamin C, clay mask lokal satu ini bisa jadi pilihan tepat untuk kalian. Water Clay Mask dari seri Wardah C-Defense ini sudah diinfus dengan kandungan tinggi antioksidan dari Hi-Grade Vitamin C yang mampu membantu proses pemulihan kulit yang terpapar radikal bebas.

Selain kaya antioksidan, vitamin C juga memiliki kemampuan yang baik dalam membuat kulit menjadi lebih cerah sekaligus mengatasi permasalahan noda-noda pada kulit. Sedangkan, MicroClay Particles yang ada di dalamnya berperan untuk mengangkat kotoran, sel kulit mati, dan minyak berlebih yang ada pada permukaan kulit maupun pori-pori. 

Tidak seperti clay mask pada umumnya yang cenderung padat dan sulit untuk diratakan, varian clay mask dari Wardah ini memiliki tekstur yang ringan dan agak watery, sehingga lebih mudah untuk diaplikasikan. Jika tertarik, Wardah C-Defense Waterclay Mask bisa didapatkan dengan harga yang masih terjangkau yaitu sekitar 42.000 dengan isi 30g. 

3. Whitelab Mugwort Pore Clarifying Mask

clay mask lokal_Whitelab Mugwort Pore Clarifying Mask

Mugwort Pore Clarifying Mask dari brand lokal Whitelab ini belakangan sedang ramai dibicarakan oleh banyak beauty enthusiast. Masker ini digadang-gadang sebagai dupe dari masker populer asal Korea, AXIS-Y Mugwort Pore Clarifying Wash Off Pack yang disebut ampuh dalam mengatasi permasalahan pori-pori dan jerawat. 

Nah, sesuai dengan namanya, di dalam masker ini terkandung ekstrak mugwort dan juga cica yang terkenal akan kemampuannya dalam menenangkan kulit yang mengalami peradangan dan juga jerawat. Selain itu, mugwort juga kaya akan vitamin E, sehingga dapat menjaga kelembapan kulit serta membantu merevitalisasi kulit dari dampak buruk radikal bebas. 

Lalu, masker ini juga mengandung niacinamide yang bagus dalam mencerahkan kulit. Selain itu, terdapat juga daun teh hijau yang akan mendorong kinerja clay dalam membersihkan sel kulit mati sekaligus menekan perkembangan bakteri jerawat.

4. Everwhite Strawberry Clay Mask

clay mask lokal_Everwhite Strawberry Clay Mask

Everwhite Strawberry Clay Mask merupakan salah satu varian masker Everwhite Let It Glow yang paling laris. Varian masker ini dilengkapi dengan manfaat untuk membuat kulit tampak lebih cerah tanpa noda. Untuk bisa memberikan manfaat tersebut clay mask Everwhite ini diperkaya dengan ekstrak buah stroberi. 

Buah dari keluarga Beri ini kaya akan AHA yang dapat membantu meluruhkan sel kulit mati pada permukaan kulit. Lalu, vitamin C yang secara natural ada dalam stroberi juga berperan dalam membuat kulit tampak lebih cerah dan glowing

Dengan dukungan bentonite clay, masker ini pastinya akan dengan efektif membersihkan sel kulit mati, kotoran, maupun sebum. Nah, untuk bisa membuktikan seluruh klaimnya, Everwhite Strawberry Clay Mask ini bisa dibeli dengan harga sekitar sekitar 97.000.

5. Inez Deep Cleansing Clay Mask

clay mask lokal_Inez Deep Cleansing Clay Mask

Untuk dapat menawarkan efek deep cleansing pada kulit, clay mask dari brand lokal Inez ini diperkaya dengan kandungan bentonite dan kaolin clay. Kombinasi keduanya mampu menyerap kelebihan minyak, mengatasi masalah pori-pori yang tersumbat, dan membersihkan kulit dari segala kotoran. 

Kandungan bentonite clay yang ada pada masker ini lebih dominan, sehingga clay mask Inez satu ini cenderung lebih cocok untuk kulit berminyak. Hal ini dikarenakan bentonite memiliki kemampuan yang lebih kuat dalam menarik minyak dan kotoran pada kulit. 

Lalu, di dalamnya juga terkandung allantoin yang akan memberikan kelembapan serta efek soothing pada kulit. Di samping itu, clay mask lokal ini dibanderol dengan harga yang masuk dalam kategori terjangkau, lho.

6. Luxcrime Charcoal Mint Mud Mask

clay mask lokal_Luxcrime Charcoal Mint Mud Mask

Charcoal Mint Mud Mask ini merupakan masker best seller dari Luxcrime. Beauty influencer Tasya Farasya bahkan sempat mengatakan bahwa masker ini merupakan dupe dari masker high-end GlamGlow. Sesuai dengan namanya, masker ini diperkaya dengan kandungan active charcoal yang mampu membersihkan sampai ke dalam pori, sehingga ia ampuh dalam membuat penampakan pori menjadi lebih rapat.

Selain itu, terdapat juga ekstrak daun mint yang diklaim mampu membantu mengatasi permasalahan jerawat dan pori sekaligus memberikan sensasi dingin pada kulit. Lalu, ia didukung juga dengan minyak tea tree yang memang dikenal efektif dalam membunuh bakteri, mengempeskan jerawat, dan mengatasi komedo. 

Tidak hanya itu, di dalamnya juga terkandung vitamin E dan ekstrak bunga chamomile yang mampu memberikan kelembapan ekstrak pada kulit, sehingga kulit tidak terasa kering setelah menggunakan masker ini.

7. Lacoco Amazonian Charcoal Glow Mask

clay mask lokal_Lacoco Amazonian Charcoal Glow Mask

Amazonian Charcoal Glow Mask dari Lacoco menggunakan kombinasi mineral clay bersama dengan lumpur jeju, arang bambu, serta butiran apricot. Dengan begini, masker Lacoco ini mampu secara optimal mengangkat kelebihan minyak, membersihkan kulit dari kotoran hingga ke dalam pori-pori, mengatasi komedo, dan memperhalus tekstur kulit. 

Di dalam masker ini terdapat kandungan kaya antioksidan dari ekstrak teh hijau dan kaktus yang akan menjaga kulit dari kerusakan yang bisa ditimbulkan oleh radikal bebas. Bersama dengan hyaluronic acid, ekstrak kaktus juga akan memberikan hidrasi yang cukup pada kulit, sehingga selepas menggunakan masker, kulit tidak akan terasa kering. 

Tak heran Lacoco Amazonian Charcoal Glow Mask ini mendapatkan penilaian positif dari penggunaannya dan menjadi clay mask andalan bagi banyak orang. Bagi yang penasaran, clay mask milik Lacoco ini bisa didapatkan sekitar 225.000 untuk isi 50ml.

8. Skin Game Pore Armor

clay mask lokal_Skin Game Pore Armor

Pore Armor dari Skin Game ini sempat menjadi perbincangan hangat oleh para penggiat skincare. Banyak yang menyebutkan bahwa masker ini ampuh dalam mengatasi permasalahan pori-pori dan juga komedo. Berbeda dari clay mask di atas yang rata-rata berbentuk pasta, Pore Armor ini hadir dalam bentuk bubuk, sehingga penggunaannya butuh dicampurkan air. 

Untuk formulanya, masker ini mengandalkan kandungan mineral dari kaolin clay dan zinc oxide. Kaolin  sendiri merupakan jenis clay yang tergolong gentle, tapi masih mampu menyerap kelebihan minyak dan membersihkan pori dari komedo. Sedangkan zinc oxide diklaim dapat membantu menenangkan jerawat yang meradang sekaligus mengontrol produksi sebum. 

Nah, untuk yang ingin membuktikan keampuhan Skin Game Pore Armor dalam mengatasi permasalahan pada pori-pori, setiap jar masker Skin Game ini bisa didapatkan dengan harga sekitar 125.000.

9. Hale Let’s Clay! Licorice, Green Tea, and Charcoal Clay Mask

clay mask lokal_Hale Let’s Clay!

Hale Let’s Clay ini mengandalkan kaolin dan charcoal untuk membersihkan kulit secara menyeluruh dan menyerap kelebihan minyak pada kulit maupun yang terjebak dalam pori-pori. Di dalamnya juga terkandung ekstrak teh hijau dan akar manis yang akan bekerja untuk membantu mengatasi kulit berjerawat dan memberikan efek soothing pada kulit. 

Untuk memberikan kelembapan dan tidak membuat kulit terasa ketarik setelah dibilas, masker ini diinfus dengan kandungan glycerin dan juga vitamin E. Lalu, di dalamnya juga terkandung lactic acid, jenis AHA dari ekstrak susu yang memiliki peran dalam membuat kulit tampak lebih cerah, memberikan hidrasi, serta mendorong proses eksfoliasi pada permukaan kulit.

10. Sensatia Botanicals Tea Tree & Lemon Facial Mask

clay mask lokal_Sensatia Botanicals Tea Tree

Brand lokal asal Bali yaitu Sensatia Botanical juga memiliki varian clay mask yang ditujukan untuk permasalahan jerawat. Masker ini menggunakan kombinasi kaolin clay dan juga charcoal, sehingga akan menjadi lebih efektif dalam menarik kotoran, sel kulit mati, dan minyak berlebih yang dapat menjadi penyebab munculnya jerawat.

Untuk memberikan manfaat dalam merawat kulit berjerawat, masker ini diperkuat dengan kandungan minyak tea tree. Antibakteri alaminya akan berperan dalam membunuh bakteri yang dapat menyebabkan jerawat. Lalu, minyak tea tree juga disebut mampu membantu mengatasi blackheads maupun whiteheads

Meskipun tea tree efektif dalam mengatasi jerawat, tetapi ada beberapa kulit yang tidak bisa menerima kandungan tersebut. Jika kalian bukan salah satu di antaranya, Sensatia Botanicals Tea Tree & Lemon Facial Mask bisa dinikmati dengan membelinya di link yang telah disediakan.

Clay mask adalah produk perawatan kulit mingguan. Maka dari itu, sebaiknya clay mask tidak digunakan lebih dari tiga kali dalam seminggu selama lebih dari 15 menit. Hal ini dikarenakan clay bekerja dengan menyerap minyak pada kulit. Apabila digunakan terlalu lama, clay mask bisa membuat kulit kelewat kering hingga akhirnya dapat memicu kelenjar minyak memproduksi sebum lebih banyak.

Lalu, teruntuk pemilik kulit kering, apabila kulit dirasa semakin kering setelah menggunakan clay mask, kalian bisa mengurangi frekuensi dan durasi penggunaannya dengan informasi anjuran pemakaian produk sebagai patokan. Jadi, atur pemakaian sesuai dengan kondisi maupun jenis kulit dan jangan lupa untuk menggunakan produk hydrating setelahnya ya!

Nah, itulah sederet clay mask lokal yang sangat layak untuk kalian coba terutama bagi yang ingin mendapatkan kulit glowing, mulus, dan bebas dari komedo. 

Dari daftar clay mask di atas, kira-kira varian apa yang akan kalian masukan ke dalam keranjang belanja? Atau adakah merk clay mask lokal lain yang ingin kalian rekomendasikan? Share pendapat kalian di kolom komentar ya!

ARTIKEL
PRODUK
BRAND
© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram