kamini.id

7 Efek Samping Masker Bibir Produk Palsu yang Membahayakan

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 26 Oktober 2020

Orang melakukan berbagai cara agar bisa mendapatkan bibir yang sehat dan lembut. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan masker bibir. Namun ternyata jika menggunakan produk palsu, bisa jadi malapetaka. Efek samping masker bibir produk palsu bisa membuat bibir bengkat, iritasi, dan masih banyak lagi. Berikut ini penjelasan dari efek samping masker bibir produk palsu.

Efek Samping Masker Bibir Palsu

Tidak mau kan bibir kamu menjadi bengkak atau mengalami kerusakan lainnya hanya karena produk masker bibir palsu? Maka dari itu, pilihlah masker bibir yang sesuai dan inilah 7 efek samping masker bibir palsu.

1. Bengkak

Bengkak

* sumber: dinkes.sultengprov.go.id

Efek samping masker bibir palsu adalah bengkak. Ini merupakan reaksi alergi dari bahan yang terkandung pada masker bibir palsu yang kamu gunakan. Lihatlah dengan teliti reaksi bibirmu sesudah memakai masker bibir dan jangan abaikan sedikit pun keanehan yang terjadi.

Sebelum menggunakan masker bibir, ada baiknya lakukan tes alergi. Untuk masker bibir berbahan krim, oleskan ke bagian lengan dalam. Kemudian tunggu reaksi pada kulitmu, apakah ada kemerahan atau gatal dalam waktu kurang dari 96 jam.

2. Iritasi

Iritasi

* sumber: journal.sociolla.com

Masker bibir palsu sudah pasti tidak menggunakan bahan yang aman untuk kesehatan. Lebih parah lagi, bisa saja masker bibir tersebut mengandung bahan kimia berbahaya. Sangat mungkin bahan kimia keras tersebut membuat kulit bibir yang rapuh jadi iritasi serta tidak lagi sehalus seperti dulu.

Kulit bibir yang mengalami iritasi pastinya akan terasa perih, apalagi jika sampai mengelupas dan luka. Jika kamu mencoba menggunakan lemon untuk bibir juga ada kemungkinan kamu mengalami resiko iritasi jika kulit bibir kamu sensitif.

3. Infeksi

Infeksi

* sumber: jovee.id

Apabila kamu mengalami iritasi karena masker bibir palsu, bibir kamu pun bisa mengalami infeksi. Luka yang diakibatkan oleh iritasi tersebut bisa jadi sarang bakteri sehingga kamu mengalami infeksi pada bibir. Apalagi jika kamu memiliki kuit bibir yang lebih sensitif dibandingkan orang lain.

Kamu dapat mencoba cara yang lebih aman. Misalnya kamu bisa memerahkan bibir dengan memakai gula pasir. Selain itu kamu juga bisa memanfaatkan mentega untuk bibir.

4. Terkena Penyakit

Terkena Penyakit

* sumber: www.yesdok.com

Bahan-bahan beracun yang digunakan dalam produk masker bibir palsu dapat menimbulkan efek samping jangka panjang yaitu timbulnya penyakit pada tubuh. Penumpukan racun di dalam tubuh bisa mengakibatkan penyakit muncul. Kemungkinan penyakit berbahaya seperti kanker pun bisa terjadi.

5. Keracunan

https://www.yesdok.com/id/article/atasi-infeksi-bibir-dengan-tips-ini/

* sumber: www.klikdokter.com

Karena masker bibir dipakai pada bibir, efek samping masker bibir  palsu tentunya sudah jelas yaitu keracunan bahan berbahaya yang terdapat dalam bahannya. Bahan berbahaya yang masuk melalui bibir atau tertelan bisa menjadi sumber beberapa penyakit serius, bahkan sampai menimbulkan kematian.

6. Bibir Menghitam

Bibir Menghitam

* sumber: kitakini.news

Bibir kamu bisa menghitam karena efek samping masker palsu. Penumpukan bahan kimia pada bibir yang diakibatkan penggunaan bahan kimia keras oleh masker bibir palsu bisa membuat bibirmu menghitam. Bukannya mendapatkan bibir yang merah merona, kulit bibir justru jadi hitam.

Efek samping penggunaan masker bibir palsu tersebut dapat membuat bibirmu jadi terlihat tampak tidak sehat juga tidak cantik lagi. Bahkan warna asli bibirmu bisa saja tidak kembali meskipun kamu sudah melakukan beragam cara untuk  memerahkan bibir hitam tersebut.

7. Masalah pada Kulit Wajah

Masalah pada Kulit Wajah

* sumber: parenting.orami.co.id

Efek samping masker bibir palsu juga bisa mempengaruhi kulit di sekeliling bibirmu. Bahaya masker bibir palsu dapat memunculkan masalah seperti gatal, iritasi jerawat, dan reaksi alergi pada kulit di daerah bibir.

Masalah tersebut diakibatkan oleh kandungan bahan–bahan yang tidak aman yang digunakan masker bibir palsu. Coba gunakan scrub gula dan madu untuk perawatan bibir yang alami. Kamu juga bisa menggunakan madu untuk memerahkan bibir.

Baca juga: Tutorial Cara Memakai Masker Bibir yang Baik dan Benar

Tips Penggunaan Masker Bibir

Tips Penggunaan Masker Bibir

* sumber: www.self.com

Setelah kamu tahu efek samping masker bibir produk palsu, kamu perlu tahu tips untuk memilih masker bibir yang bagus dan aman untuk bibir dan kesehatan. Masker bibir yang dijual di pasaran umumnya hadir dalam dua bentuk utama, yakni sheet dan patch.


Di Indonesia jenis masker bibir yang banyak ditemukan untuk sekarang ini yaitu yang berbentuk patch. Sementara untuk yang berbentuk sheet yang lengkap dengan formula lip care masih belum banyak beredar di pasaran.

Ada pula beberapa produsen yang memasukkan bahan penutrisi bibir dalam produk masker bibirnya. Memilih masker bibir yang menggunakan bahan-bahan yang bagus untuk bibir, seperti pelembap, penutrisi, serta kandungan alami untuk perawatan merupakan hal yang penting.

Jadi selain memilih masker bibir berdasarkan aroma favoritmu, penting juga untuk memilih produk dengan bahan yang baik. Berikut ini tips singkat untuk memilih masker bibir yang bagus.

  • Perhatikan Kandungan Bahan-Bahan di dalamnya
Perhatikan Kandungan Bahan-Bahan di dalamnya

* sumber: www.rimma.co

Hal terpenting ketika kamu akan membeli masker bibir adalah mengetahui apa saja bahan yang terkandung di dalamnya. Untuk membuat bibir jadi lebih lembap, pilihlah produk yang mengandung madu, vegetable oil, dan squalane. Ini cocok untuk perawatan bibir yang pecah-pecah dan kering.

Kalau ingin melihat bibir yang penuh dan seksi, pilihlah produk yang juga memiliki kandungan hyaluronic acid serta kolagen yang dikombinasikan dengan pelembap. Untuk memberikan sensasi dingin di bibir, biasanya produk tersebut akan mengandung bahan hyrogel.

Jenis masker bibir dengan kandungan hydrogel, perlu disimpan di lemari pendingin. Jadi saat kamu menggunakannya kamu akan merasakan sensasi dingin serta menenangkan.

  • Cari Tahu Seberapa Kuat Formula Produk untuk Melembapkan Bibir
Cari Tahu Seberapa Kuat Formula Produk untuk Melembapkan Bibir

* sumber: imabeautygeek.com

Bibir kering bisa diakibatkan oleh bermacam faktor, contohnya menurunnya kelembapan bibir akibat faktor internal, suhu ruangan, sampai usia. Dengan menggunakan masker bibir yang memiliki kandungan pelembap, bibir pecah-pecah serta kering bisa diatasi.

Banyak jenis masker bibir yang memiliki kandungan bahan pelembap yang tinggi. Untuk mencegah bibir kering produk masker bibir akan memiliki kandungan kolagen, placenta, dan hyaluronic acid. Di saat kandungan warna meresap pada lapisan epitel bibir, kandungan pelembap juga merawat bibirmu.

  • Tipe Patch Bisa Membantu untuk Menyehatkan Serta Membuat Bibir Merona
Tipe Patch Bisa Membantu untuk Menyehatkan Serta Membuat Bibir Merona

* sumber: k-beauty-europe.com

Salah satu jenis masker bibir yang mudah penggunaannya adalah tipe patch. Cara menggunakannya yaitu dengan menempelkannya pada area bibir, kemudian diamkan selama kurang lebih 5 – 30 menit. Saat didiamkan itu, nutrisi yang baik untuk bibir akan terserap.

Selain itu, warna bibirmu akan menjadi lebih merona sehingga kamu bisa siap untuk melakukan aktivitas di kantor atau di tempat manapun. Berdasarkan informasi dari beberapa referensi, jika patch itu dipakai setelah mandi, akan membantu untuk melancarkan peredaran darah dan menghasilkan rona alami.

  • Pilihlah Warna Serta aroma Masker Bibir yang Kamu Sukai
Pilihlah Warna Serta aroma Masker Bibir yang Kamu Sukai

* sumber: spy.com

Masker bibir memiliki kandungan pigmentasi warna yang bisa menyerap langsung pada lapisan epitel bibir. Tingkat pewarnaan yang dihasilkan akan bergantung pada konsentrasi bahan dari tiap-tiap produsen. Jumlah air atau kelembapan dan suhu ruangan akan mempengaruhi daya tahannya.

Kandungan pewarna pada masker bibir umumnya bisa bertahan sampai 12 jam. Masker yang memiliki kandungan pigmentasi warna bisa menolong kamu dari masalah lipstik menempel pada tepi gelas. Pilih warna masker kesukaanmu atau padankan dengan warna utama lipstik agar tak terkesan tabrakan.

Selain warna favorit, kamu juga bisa memilih masker bibir sesuai aroma yang kamu sukai. Banyak pilihan aroma yang biasanya ada pada masker bibir, seperti herbal, buah-buahan, dan cokelat dan tiap-tiap aroma akan memberikan perasaan yang berbeda.

Ternyata selain bisa membuat bibir menjadi terlihat sehat dan cantik, masker bibir bisa juga menjadi berbahaya jika menggunakan produk palsu. Efek samping masker bibir palsu bisa sangat merugikan bibirmu. Jadi, jangan percaya dulu dengan harga murah. Teliti bahannya sebelum membeli.

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram