10 Merk Exfoliating Serum Lokal untuk Kulit Glowing & Sehat

Ditulis oleh Zalfa Rannan Sopian - Diperbaharui 24 Juni 2021

Seiring dengan bertambahnya usia, kemampuan kulit dalam meluruhkan sel kulit mati secara alami akan semakin berkurang efisiensinya. Jika dibiarkan menumpuk, sel-sel kulit mati tersebut bisa menyebabkan banyak permasalahan seperti tekstur kulit yang tidak rata, kusam, pori-pori tersumbat, jerawat, komedo, dan masih banyak lagi.

Oleh sebab itu, menggunakan produk eksfoliasi merupakan salah satu tahapan vital dalam perawatan kulit. Proses eksfoliasi ini bisa dilakukan dengan menggunakan scrub ataupun exfoliating acid seperti AHA, BHA, maupun PHA yang biasanya hadir dalam bentuk toner ataupun serum.

Nah, sekarang sudah banyak produsen skincare lokal yang menghadirkan produk serum untuk eksfoliasi dengan kualitas yang bisa bersaing dengan brand luar. Maka dari itu, Kamini akan secara khusus membahas beberapa pilihan produk exfoliating serum lokal yang dapat membantu kalian mendapatkan kulit glowing yang sehat. Ingin tahu apa saja? Simak pembahasan lengkapnya di bawah ini ya!

1. Somethinc AHA BHA PHA Peeling Solution

Untuk yang masih baru mengenal produk eksfoliasi, exfoliating serum lokal satu ini sangat layak untuk dipertimbangkan. Somethinc AHA BHA PHA Peeling Solution dikemas dengan exfoliating agent dengan kadar yang relatif lebih rendah dari pada serum untuk peeling lainnya.

Dengan AHA 3%, BHA 1%, dan PHA 2%, serum ini akan membersihkan pori-pori yang tersumbat serta mengikis sel-sel kulit mati, sehingga permukaan kulit akan tampak lebih halus, kenyal, dan juga glowing. Karena kadarnya tidak terlalu tinggi, exfoliating serum ini diklaim bisa digunakan oleh seluruh jenis kulit tak terkecuali kulit sensitif.

Untuk penggunaannya, serum ini agak sedikit spesial. Karena setelah diaplikasikan selama 10 menit, kalian perlu membilasnya dengan air hangat. Sama seperti produk-produk Somethinc lainnya, peeling solution ini masih ditawarkan dengan harga yang tergolong terjangkau.

2. Avoskin Miraculous Refining Serum

Avoskin Miraculous Refining Serum ini bisa menjadi alternatif bagi yang membutuhkan exfoliating serum lokal dengan konsentrasi yang lebih tinggi. Serum ini hadir dengan AHA 10% dan BHA 3% sebagai exfoliator-nya. Maka dari itu, mereka akan bekerja lebih kencang dalam melepaskan sel-sel kulit mati dan mendorong proses regenerasi sel kulit.

Di samping mengeksfoliasi, serum ini juga ditemani dengan kandungan lain yang dapat memberikan nutrisi tambahan pada kulit seperti niacinamide 2% dan ceramide. Keduanya bertugas untuk membantu memperkuat skin barrier, memperbaiki tekstur kulit, serta membuat kulit menjadi lebih cerah bersinar dan lembap. 

Serum ini didukung pula dengan ekstrak buah raspberry dan lidah buaya yang berperan sebagai antioksidan dan memberikan kelembapan ekstra pada kulit. Jadi, meskipun kandungan eksfoliasi di sini cukup poten, kulit tidak akan terasa kering.

3. Whitelab Peeling Serum

exfoliating serum lokal_Whitelab Peeling Serum

Serum dari Whitelab ini dikemas dengan kandungan eksfoliasi AHA 5%, BHA 2%, dan PHA 2%. Jenis AHA yang digunakan pada serum ini adalah mandelic acid yang diekstraksi dari almond. Molekul dari mandelic acid ini cenderung lebih besar, sehingga ia masuk ke dalam kulit dengan perlahan. Karena alasan tersebut, kandungan ini relatif lebih lembut di kulit dan tidak terlalu berpotensi menyebabkan iritasi.

Oleh sebab itu, Whitelab Peeling Serum diklaim dapat digunakan untuk yang baru memulai menggunakan peeling serum ataupun kulit sensitif. Walaupun lembut, mandelic acid tetap dapat bekerja dengan baik dalam mengeksfoliasi kulit seperti AHA lainnya.

Di samping mengandung bahan-bahan untuk eksfoliasi, serum ini dilengkapi dengan niacinamide 2% yang akan mencerahkan dan membantu menyamarkan noda-noda. Sama dengan Somethinc, serum Whitelab ini merupakan jenis exfoliating serum yang harus dibilas.

4. Azarine Miraclear Herbal Peeling Serum

exfoliating serum lokal_Azarine Miraclear Herbal Peeling Serum

Sedang berburu exfoliating serum lokal dengan harga super ekonomis? Serum dari Azarine ini bisa menjadi solusinya. Azarine Miraclear Serum ini dikemas dengan AHA complex kadar 7.5% dan BHA 1.5% yang akan mengeksfoliasi kulit sekaligus mendorong proses pergantian kulit, sehingga nutrisi dari kandungan skincare lain akan lebih mudah masuk ke dalam kulit.

Berkat kandungan centella asiatica, galactomyces filtrate, dan ekstrak chamomile, exfoliating serum dari Azarine ini diklaim tidak akan membuat kulit terasa kering. Kandungan tersebut juga mampu memberikan sensasi calming pada kulit, mempercepat pemulihan kulit, serta membuat permukaan kulit menjadi lebih lembut. 

Menariknya lagi untuk bisa merasakan seluruh manfaat yang ditawarkan oleh exfoliating serum lokal satu ini, kalian hanya perlu menyiapkan budget sekitar 30.000–an saja untuk isi 20ml.

5. Humphrey AHA BHA PHA + Centella Peeling Solution

exfoliating serum lokal_Humphrey AHA BHA PHA

Brand lokal Humphrey juga turut menghadirkan serum dengan kandungan peeling agent dari AHA 6%, BHA 2%, dan PHA 1%.  Sama dengan exfoliating serum lainnya, mereka akan saling bersinergi dalam mengangkat sel kulit mati yang terjebak dalam pori-pori maupun permukaan kulit.

Dengan begini, kompleksi akan terlihat lebih glowing, halus, kenyal, dan noda pun akan semakin tersamarkan. Di dalam serum ini juga terdapat healing properties dari centella asiatica yang baik dalam membantu mengatasi permasalahan kulit yang mengalami inflamasi seperti jerawat.

Sama seperti Somethinc dan White lab, penggunaan peeling solution dari Humphrey butuh didiamkan selama sepuluh menit dan setelahnya dibilas dengan air. Jika tertarik, exfoliating serum lokal ini bisa dibeli sekitar 175.000 dengan berat bersih 20ml.

6. Everwhite AHA BHA PHA Peeling Serum

exfoliating serum lokal_Everwhite AHA BHA PHA Peeling Serum

Belum lama ini, brand kecantikan Everwhite meluncurkan produk baru berupa exfoliating serum. Untuk bisa mendorong proses eksfoliasi pada permukaan kulit maupun pori-pori, serum ini mengandalkan AHA 7%, BHA 2%, dan PHA 2%. Jenis AHA yang digunakan oleh serum Everwhite ini merupakan kombinasi dari mandelic acid 5% dan juga lactic acid 2%.

Seperti yang sudah disinggung di atas, mandelic acid merupakan jenis AHA yang gentle dan memiliki resiko iritasi paling kecil dibandingkan AHA lainnya. Begitu pula dengan lactic acid. Meskipun tidak selembut mandelic acid, dia masih masuk ke dalam jenis AHA yang tidak terlalu keras di kulit. Di samping itu, lactic acid juga bagus dalam memberikan hidrasi pada kulit. 

Kedua AHA tersebut juga diduga mengandung sifat antibakteri. Dengan kata lain, mereka mampu membantu kinerja BHA dalam mengatasi jerawat. Jika keunggulan exfoliating serum lokal ini membuat kalian tertarik, setiap botol Everwhite AHA BHA PHA Peeling Serum bisa kalian bawa pulang dengan harga berkisar 120.000.

7. Trueve AHA - BHA - PHA & Ceramide Peeling Serum

exfoliating serum lokal_Trueve AHA

Serum teranyar dari Trueve ini bisa menjadi alternatif lain bagi yang mencari exfoliating serum lokal dengan konsentrasi yang poten. Setiap botol serum ini mengandung AHA 10%, BHA 2%, dan PHA 2%. Dengan begini, serum akan bekerja lebih kencang dalam meluruhkan sel kulit mati dan merangsang pertumbuhan sel kulit baru yang tampak lebih sehat.

Meskipun kadar AHA yang ada di dalamnya cukup tinggi, tetapi jenis AHA yang digunakan bukanlah glycolic acid, melainkan dari lactic acid 5% dan mandelic acid 5% yang memang lebih gentle untuk kulit. Lalu, serum Trueve ini diperkaya juga dengan ceramide yang bagus dalam membuat kulit menjadi lembap sekaligus membantu memperkuat skin barrier.  

Bagi yang penasaran ingin mencoba, Trueve AHA BHA PHA & Ceramide Peeling Serum ini bisa didapatkan dengan harga sekitar 155.000 untuk isi 15ml.

8. Haum LCID Salicylic Acid 2%

exfoliating serum lokal_Haum LCID Salicylic Acid

Punya masalah dengan minyak berlebih, jerawat ataupun komedo yang membandel? Ini pertanda untuk mulai mempertimbangkan serum dari brand lokal Haum. Serum satu ini mengandalkan salicylic acid atau BHA dengan kadar 2% sebagai bahan exfoliator-nya. BHA sendiri merupakan jenis exfoliating agent yang mampu menembus minyak dan masuk hingga ke dalam pori-pori.

Hal inilah yang membuat BHA dapat bekerja dengan baik dalam mengangkat segala kotoran, sebum, dan sel kulit mati yang tersumbat dalam pori-pori. Dengan begini, BHA juga mampu mengatasi permasalahan jerawat, komedo, serta membantu memperkecil penampakan pori-pori yang besar. Bagi yang tertarik dengan Haum LCID Salicylic Acid 2%, setiap botol serumnya bisa didapatkan dengan harga sekitar 148.000.

9. Lacoco Dark Spot Essence

exfoliating serum lokal_Lacoco Dark Spot Essence

Meskipun tidak secara khusus dikomersilkan sebagai exfoliating serum, di dalam Lacoco Dark Spot Essence terdapat kandungan chemical exfoliant yang cukup mild dari AHA (glycolic acid) 5%, BHA 1%, dan PHA 2%. Ketiganya akan membantu membersihkan pori-pori, mengangkat sel kulit mati, serta mendorong munculnya sel kulit yang lebih sehat, cerah, segar, dan halus.

Sesuai dengan nama produknya, essence khusus malam hari ini diperkuat dengan kandungan tranexamic acid dan ekstrak akar manis atau licorice. Keduanya merupakan kandungan pencerah yang efektif dalam membuat flek hitam dan bekas jerawat menjadi lebih pudar serta meningkatkan tone kulit secara keseluruhan, sehingga warna kulit akan terlihat lebih rata. 

Tidak hanya itu, di dalam ingredients list juga tertera ekstrak alami lain seperti mulberry dan juga wortel. Keduanya mengandung antioksidan tinggi yang dapat memperbaiki kulit yang terpapar radikal bebas, memberikan nutrisi, dan membantu mencerahkan kulit.

10. Kleveru Glass Skin Overnight Serum

exfoliating serum lokal_Kleveru Glass Skin Overnight Serum

Untuk bisa memberikan manfaat eksfoliasi kulit, Kleveru Glass Skin Overnight Serum ini menggunakan kombinasi BHA 1 % dan AHA 5%. Dengan lembut mereka akan mengangkat kotoran yang menyumbat pori dan mengikis sel kulit mati pada permukaan kulit, sehingga tekstur kulit menjadi lebih halus, penampakan pori terlihat lebih kecil, serta kulit tampak lebih bersinar.

Selain mereka, serum ini juga didukung dengan ekstrak bunga daisy dan akar manis yang bagus dalam membuat kulit menjadi semakin cerah serta memudarkan noda yang ada pada wajah. Di dalamnya juga terkandung vitamin E, sumber antioksidan poten yang bagus dalam merestorasi kerusakan kulit yang diakibatkan oleh radikal bebas dan juga mampu membuat kulit terasa lebih lembap.

Centella asiatica, panthenol, lidah buaya, dan ceramide juga akan memberikan kelembapan pada kulit serta bertindak sebagai anti-inflamasi. Di samping itu, mereka juga mampu menjaga skin barrier agar dapat berfungsi dengan optimal. Nah, setiap manfaat yang ditawarkan oleh exfoliating serum lokal ini bisa dirasakan dengan membelinya sekitar 143.000.

Umumnya, serum berbahan aktif chemical exfoliant digunakan cukup 2-3 kali dalam seminggu. Namun, setiap produk memiliki konsentrasi dan formulasi yang berbeda-beda. Beberapa serum diatas bahkan ada yang boleh digunakan setiap hari. Jadi, selalu cermati petunjuk pemakaian produk dan sesuaikan dengan kondisi maupun kebutuhan kulit masing-masing ya!

Itu dia deretan exfoliating serum dari brand lokal yang akan dengan efektif membantu kulit tampak lebih glowing dan sehat. Nah, dari kesepuluh exfoliating serum lokal di atas, manakah yang paling membuat kalian tertarik? Bagikan jawaban kalian di kolom komentar ya!

ARTIKEL
PRODUK
BRAND
© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram