Kamini.id / Fakta Anak / 10 Fakta Anak Ketiga yang Harus Diketahui Orang Tua

10 Fakta Anak Ketiga yang Harus Diketahui Orang Tua

Ditulis oleh - Diperbaharui 3 September 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Menjadi orang tua memang bukan pekerjaan yang mudah, bahkan terkadang sering menguras emosi dan tenaga. Dengan karakter anak yang berbeda-beda, orang tua pun harus piawai dalam memperlakukan mereka sesuai dengan kepribadiannya.

Nah, setiap anak sendiri memiliki fakta menarik yang jarang diketahui oleh orang lain. Salah satunya fakta mengenai anak ketiga yang akan Kamini bahas di bawah. Seperti apa sosok anak ketiga dalam keluarga menjalani hidup? Yuk, kita simak ulasannya dalam 10 Fakta anak ketiga yang harus diketahui orang tua. Berikut adalah penjelasannya.

1. Lebih Sensitif

Lebih Sensitif

* sumber: happysensitivekids.com

Kehadiran anak ketiga memang dapat memberikan warna baru dalam keluarga. Anak ketiga diketahui memiliki sifat sensitif yang jauh lebih besar dibandingkan dengan anak pertama atau kedua. Sifat sensitif inilah yang membuatnya mudah terbawa emosi dan sering menangis ketika dihadapkan pada sebuah persoalan.

Meskipun mereka kerap dianggap sosok yang cengeng, namun mereka jarang menunjukkan perasaan sedihnya di hadapan keluarga maupun orang lain. So, jangan heran bila mereka terlihat masih bisa tersenyum meski sedang berada dalam sebuah masalah berat.

2. Ceroboh

Ceroboh

* sumber: parenting.firstcry.com

Fakta selanjutnya yang harus kamu ketahui tentang anak ketiga adalah sifatnya yang sangat ceroboh. Mereka kadang kala bertindak gegabah dalam berbagai hal. Sifat inilah yang membuat orang-orang yang ada di sekelilingnya sering merasakan perasaan khawatir.

Nah, karena sifat cerobohnya berpotensi menimbulkan masalah bagi diri mereka maupun orang lain, maka sudah sepantasnya orang-orang terdekatnya harus sering mengingatkannya untuk selalu bersikap hati-hati dalam mengambil tindakan atau mengambil sebuah keputusan yang penting dalam kehidupannya.

3. Anak Paling Usil

Anak Paling Usil

* sumber: raisingchildren.net.au

Kehadiran anak ketika memang bisa sangat menghibur bagi orang tua maupun saudara-saudaranya yang ada di rumah. Sifatnya yang usil memang dapat membawa keceriaan tersendiri. Mereka sendiri memang sangat suka mengganggu saudara-saudaranya yang lain.

Meskipun menurutnya hal yang dilakukan tersebut menyenangkan, namun terkadang sifat usil yang dimilikinya tersebut sering kali menjadi pemicu keributan antara ia dan saudara-saudaranya. Nah, kalau sudah seperti ini peran orang tua sangat penting dalam  mengontrol setiap perilaku mereka yang dianggap bisa mengganggu kenyamanan orang lain.

4. Bersikap Cuek

Bersikap Cuek

* sumber: nsnhometuition.com

Di balik sosoknya yang sensitif, anak ketiga juga dikenal sering bersikap cuek atau mengabaikan segala persoalan orang lain yang tidak memiliki hubungan langsung dengan dirinya. Sikapnya ini tentu memiliki dua sisi. Dimana di satu sisi mereka lebih santai dan tenang menjalani hidup tanpa harus ikut pusing memikirkan persoalan orang lain.

Sementara di sisi lain sikapnya yang cuek terhadap isu sosial yang ada di sekitarnya terkadang membuatnya harus tersisih dari lingkungan pergaulan. Meski  demikian mereka sendiri memang jauh lebih menikmati cara hidup seperti itu.

5. Manja

Manja

* sumber: www.tabletmag.com

Fakta lain mengenai anak ketiga adalah sifatnya yang manja. Mereka cenderung bersikap manja pada anggota keluarga yang lain. Hal itu bisa terjadi karena mereka kerap mendapatkan perlakuan yang istimewa dari kedua orang tua dan saudara-saudaranya.

Sifat manja ini yang membuatnya sering kali dianggap menyebalkan, bahkan bisa membuat orang lain yang ada di sekitarnya dibuat kesal dengan tingkahnya. Nah, agar sifat manja tersebut tidak terbawa sampai mereka dewasa. Maka orang tua pun perlu menerapkan aturan, serta batasan dalam memperlakukan mereka. Termasuk dalam memenuhi kebutuhan mereka.

Baca juga: Kamu Anak Kedua? Yuk, Kenali Fakta-Fakta Anak Kedua Ini!

6. Tidak Suka Dibandingkan

Tidak Suka Dibandingkan

Nah, yang perlu orang tua ketahui juga dari anak ketiga adalah sifatnya yang tidak suka dibanding-bandingkan dengan orang lain atau saudaranya sendiri. Membandingkan kehidupan seseorang dengan orang lain memang bukan cara yang tepat untuk membuka wawasan atau merubah kebiasaan buruk seseorang.

Bagi anak ketiga hal itu hanya akan menumbuhkan perasaan marah, sedih, kecewa, bahkan bisa memicu depresi yang berkepanjangan. Sifat sensitif yang dimilikinya memang membuatnya cukup rentan terhadap  tekanan. Jadi, bagi orang tua sebaiknya harus mulai mencari cara lain untuk merubah kebiasaan buruk anak ketiga ketimbang membandingkannya dengan orang lain.

7. Introvert

Introvert

* sumber: www.verywellfamily.com

Meskipun anak ketiga dikenal periang, namun di sisi lain mereka juga dikenal sebagai pribadi yang introvert. Mereka sendiri cenderung menyimpan persoalan atau perasaan yang dirasakan hanya untuk dirinya sendiri. Sifat tertutup inilah yang kadang harus menjadi perhatian orang tua atau saudara-saudaranya yang lain.

Sifatnya yang tidak terbuka terhadap segala persoalan membuat perasaan mereka sulit untuk ditebak. Nah, untuk mencegah hal-hal negatif yang mungkin terjadi  karena sifat tertutupnya. Sebaiknya mulailah mengajaknya untuk bersikap terbuka dalam persoalan sekecil apa pun. Pastikan mereka tahu bahwa keluarga merupakan tempat yang tepat untuk mendapatkan solusi.

8. Keras Kepala

Keras Kepala

* sumber: momremade.com

Hal lain bisa membuat orang tua kesal bahkan marah dengan tingkah anak ketiga adalah karena sifatnya yang keras kepala. Anak ketiga memang cenderung cuek dan tidak mau mendengarkan nasihat orang lain. Mereka lebih suka mempertahankan pendiriannya ketimbang menerima pendapat orang lain.

Sifat ini yang terkadang sering menjadi akar dari persoalan yang terjadi dalam keluarga. Nah, untuk meminimalisir sifat keras kepala yang ada dalam dirinya. Mulailah melakukan komunikasi yang baik dan tidak mencederai pendapatnya tentang sesuatu.

9. Sedikit Pemalu

Sedikit Pemalu

* sumber: www.scarymommy.com

Karakter anak ketiga memang cukup unik dan kadang sering bertentangan. Dibalik wajahnya yang garang, ia sendiri kerap menunjukan kepedulian yang besar pada orang lain. Selain itu sifatnya tertutup yang miliki kerap dibungkus dengan sifatnya yang ceria ketika berhadapan dengan orang lain. Hal itulah yang membuat mereka cukup menarik.

Nah, selain sifat-sifat yang disebutkan di atas. Sifat anak ketiga yang juga terlihat kentara adalah sifat pemalunya. Mereka termasuk orang yang memerlukan waktu untuk beradaptasi dengan lingkungan baru.

Meski pada awalnya mereka akan menunjukan sifat pemalu, namun setelah ia mulai bisa menyesuaikan diri, maka sifat cerianya dapat dirasakan oleh orang-orang yang ada di lingkungan tersebut.

10. Paling Berbakti pada Orang Tua

Paling Berbakti pada Orang Tua

* sumber: abc11.com

Sikap yang wajib ditiru oleh anak lain dari anak ketiga adalah caranya berbakti pada orang tua. Mereka sendiri dikenal sebagai sosok yang memperlakukan orang tuanya dengan baik. Limpahan kasih sayang yang dicurahkan oleh kedua orang tua dan saudara-saudaranya telah membuat dirinya menjadi sosok yang penyayang.

Meskipun terkadang sifat buruk yang dimilikinya bisa membuat orang tua dan saudara-saudaranya dibuat gemas, namun hal tersebut tampaknya cukup terobati dengan sikapnya yang berbakti pada kedua orang tua.

Nah, itulah 10 fakta anak ketiga yang harus diketahui orang tua. Sifat unik yang ada dalam kepribadian anak ketiga memberi makna tersendiri bagi keluarga. Meski demikian dibalik sosoknya yang ceria ada beberapa sifat yang harus menjadi perhatian keluarga. Semoga informasi yang telah Kamini bahas di atas bisa membuat kamu semakin dekat dengan anggota keluarga.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *