Kamini.id / Fakta Anak / 12 Fakta Menarik tentang Anak Pertama, Sudah Tahu Belum?

12 Fakta Menarik tentang Anak Pertama, Sudah Tahu Belum?

Ditulis oleh - Diperbaharui 22 September 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Setiap anak pasti memiliki karakter atau sifat yang menarik, termasuk anak pertama. Anak pertama kerap disebut sebagai anak yang paling dinantikan bagi orangtua. Menjadi seorang kakak tentu menjadi hal yang menyenangkan sekaligus hal yang menantang bagi anak pertama.

Apakah kamu termasuk anak sulung? Atau kamu akan segera melahirkan anak pertama? Maka dari itu, simak beberapa fakta menarik mengenai anak pertama berikut ini.

1. Paling Dinantikan Para Orangtua

Paling Dinantikan Para Orangtua

* sumber: www.simplemost.com

Biasanya anak pertama menjadi hal yang paling dinantikan bagi pasangan yang baru menikah atau belum mendapatkan anak. Selain itu, anak pertama juga ditunggu-tunggu oleh nenek, kakek, om, dan tante.

Kelahiran anak pertama juga menjadi lebih spesial karena menjadi momen pertama bagi pasangan untuk belajar merawat sekaligus mendidik anak. Anak pertama juga akan mendapatkan perhatian penuh dari kedua orangtuanya tanpa terbagi oleh anak lainnya.

2. Terlahir Sebagai Pemimpin Alami

Terlahir Sebagai Pemimpin Alami

* sumber: www.suara.com

Anak pertama cenderung memiliki jiwa pemimpin alami. Terutama saat anak pertama sudah tumbuh besar, mereka diharapkan bisa menjadi contoh baik bagi adik-adiknya nanti. Sehingga anak pertama akan merasa memiliki tanggung jawab dan dapat mengambil kendali baik karena sifatnya tersebut.

Sifat kepemimpinan dan dewasa juga akan menonjol saat anak pertama tumbuh dewasa. Tentunya jika orangtua dapat mengarahkan dan mendidik anak pertama dengan baik.  Sifat ini juga dapat membuat adik-adiknya merasa terlindungi. Terutama saat sedang bepergian tanpa orangtua. Biasanya sifat ini juga akan terbawa saat anak pertama sudah berkeluarga nanti.

3. Keras Kepala

Keras Kepala

* sumber: www.islamkafah.com

Anak pertama juga cenderung keras kepala. Bahkan mereka kerap dicap sebagai anak yang egois. Hal itu terjadi karena mereka merasa memiliki pendirian atau prinsip yang kuat, sehingga kadang sulit untuk menerima masukan.

Namun, dibalik sifatnya ini mereka hanya ingin menunjukkan bahwa mereka ingin dinilai lebih dewasa dan ingin dihargai. Tetapi anak pertama juga sebenarnya lebih peduli dan peka terhadap orang lain.

4. Lebih Mandiri

Lebih Mandiri

* sumber: coopeer.net

Karena anak pertama memiliki sifat pemimpin yang alami, sehingga mereka cenderung lebih mandiri. Selain itu, anak pertama juga sudah terbiasa mandiri saat tahu bahwa fokus dan kasih sayang orangtua bukan hanya untuk anak pertama.

Terutama kebanyakan anak pertama ingin merantau untuk kuliah atau bekerja saat dewasa nanti. Sehingga mereka tidak akan bermasalah dalam mengatur diri sendiri, karena sudah terbiasa mengambil kendali atau menjaga adik-adik mereka.

Sehingga sifat mandiri tersebut dapat menjadi contoh untuk adik-adiknya nanti. Sifat mandiri juga yang membuat anak pertama memiliki waktu me time lebih banyak. Sehingga mereka dapat merasa lebih tenang dan lebih nyaman saat menghadapi suatu masalah.

5. Memiliki Kreativitas yang Lebih Tinggi

Memiliki Kreatifitas yang Lebih Tinggi

* sumber: www.medicalnewstoday.com

Walaupun kreatifitas bukan diukur dari urutan lahir, tetapi anak pertama cenderung lebih kreatif dibanding anak kedua atau ketiga. Ini terjadi karena anak pertama sudah terbiasa untuk menghadapi berbagai hal lebih dulu dibanding adik-adiknya. Selain itu, mereka juga sudah terbiasa untuk mengeksplorasi beragam hal, sehingga daya kreativitasnya lebih tinggi.

6. Bijaksana dan Bertanggung Jawab

Bijaksana dan Bertanggung Jawab

* sumber: pixabay.com

Sebagai anak yang lahir lebih dulu, mereka cenderung menjadi bijaksana dan bertanggung jawab. Peran anak pertama biasanya akan berpengaruh terhadap adik-adiknya, sehingga mereka bisa jadi tempat berkeluh kesah dan menjadi penasehat yang baik.

Selain itu, mereka juga sering menjadi penengah jika terdapat permasalahan dalam keluarga. Terutama bagi anak pertama laki-laki, mereka memiliki tanggung jawab terhadap ibu dan adik-adiknya jika ayah mereka sudah tiada.

Baca juga: Kamu Anak Kedua? Yuk, Kenali Fakta-Fakta Anak Kedua Ini!

7. Selalu Diandalkan

Selalu Diandalkan

* sumber: www.boundless.org

Karena dianggap menjadi orang yang paling dewasa, anak pertama cenderung lebih diandalkan. Misalnya dalam membantu pekerjaan rumah atau bahkan membantu anggota keluarga lainnya.

Bahkan mereka juga akan lebih menonjol dalam lingkungan sosial. Selain itu, anak pertama juga cenderung lebih dipercaya oleh orang lain karena dianggap memiliki pengalaman lebih banyak dibanding anak lainnya. Sehingga anak pertama akan menjadi orang yang selalu diandalkan.

8. Memiliki Sifat yang Cenderung Melankolis

Memiliki Sifat yang Cenderung Melankolis

* sumber: nakita.grid.id

Walaupun anak pertama dianggap sebagai anak yang kuat, tetapi sebenarnya mereka cenderung melankolis dan cukup sensitif. Mereka juga kerap terpuruk saat mengalami masalah, tetapi terkadang sering ditutupi supaya terlihat tidak lemah.

Sehingga jarang yang tahu bahwa anak pertama juga memiliki hati yang lembut dan melankolis. Mereka juga lebih senang bercerita kepada sahabat dibanding orangtua. Bahkan lebih senang mencurahkan sesuatu dalam tulisan dibanding bercerita kepada orang lain.

9. Cenderung Perfeksionis

Cenderung Perfeksionis

* sumber: www.fimela.com

Anak pertama cenderung memiliki sifat yang perfeksionis, karena mereka ingin merasa lebih unggul. Selain itu, perfeksionis yang ada pada diri mereka juga bertujuan supaya adik-adiknya bisa mencontoh hal baik tersebut. Mereka juga pekerja keras, memiliki motivasi yang tinggi, dan ingin cepat sukses dalam sekolah dan berkarier.

Perfeksionis juga muncul akibat orangtua yang menuntut anak pertama supaya bisa sukses dan terlihat sempurna di hadapan adik-adiknya. Hal ini sebenarnya akan berdampak baik untuk masa depan anak pertama. Namun, sifat ini juga bisa membuat mereka tertekan dan menjadi depresi jika berlebihan.

10. Penasihat yang Baik

Penasihat yang Baik

* sumber: www.rogerebert.com

Tentunya anak pertama memiliki pengalaman lebih banyak dibanding adik-adiknya. Sehingga mereka akan menjadi sosok yang dapat dicontoh dan lebih bijaksana. Maka dari itu anak pertama bisa menjadi penasihat yang baik, terutama jika adik-adiknya terlibat dalam suatu masalah.

Anak pertama juga akan menggantikan ayah dan ibu seandainya kedua orangtua mereka sudah tiada. Bahkan mereka juga kerap diandalkan membantu menghadapi masalah yang terjadi pada anggota keluarga.

11. Memilih Diam Saat Marah

Memilih Diam Saat Marah

Walaupun keras kepala, anak pertama akan memilih untuk diam saat marah atau kesal. Hal ini menunjukkan bahwa mereka akan merasa lelah saat terlalu banyak bicara. Terutama jika anak pertama tersebut adalah perempuan.

Diam saat marah ini akan membuat mereka merasa lebih tenang dan belajar mengontrol emosi. Namun, tidak perlu khawatir, karena diamnya mereka tidak akan berkepanjangan. Justru ini menjadi cara mereka belajar untuk menerima dan menenangkan diri sendiri.

12. Senang Membantu

Senang Membantu

* sumber: www.myindischool.com

Anak pertama terlahir memiliki sifat pemimpin dan dapat bertanggung jawab. Mereka juga senang menolong, terutama saat salah satu anggota keluarganya membutuhkan bantuan. Selain itu, sikap ini juga akan diterapkan dalam lingkungan sosial atau bermasyarakat sehingga sikap baik ini membuat anak pertama mudah disenangi orang karena senang membantu.

Itulah 12 fakta menarik mengenai anak pertama. Walaupun tidak semua sifat tersebut dimiliki anak pertama, tetapi rata-rata anak pertama memiliki sifat seperti yang telah disebutkan.

Selain itu, sifat setiap anak juga berbeda, tergantung pola asuh orangtua dan di lingkungan di mana mereka tumbuh. Jika kamu tahu fakta menarik lainnya mengenai anak pertama, silakan berbagi dengan kami di kolom komentar.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *