10 Fakta Orang Jutek, Apakah Ada yang Sesuai dengan Anda?

Ditulis oleh Linda - Diperbaharui 9 April 2020

Kok kamu jutek banget sih!” Pernahkah ada yang berkata seperti itu kepada Anda? Padahal, Anda merasa biasa saja, tetapi banyak orang yang memberi cap jutek pada diri Anda. Mungkin tanpa Anda sadari, wajah dan sikap Anda menunjukkan kesan jutek terhadap orang lain. Biar nggak penasaran, lebih baik cek saja di 10 fakta orang jutek berikut ini.

Mungkin Anda sudah mencoba bersikap ramah terhadap orang lain. Akan tetapi, tanpa Anda sadari wajah dan perilaku Anda tampak jutek di hadapan orang lain. Nah, cari tahu apakah benar Anda termasuk orang yang jutek atau tidak melalui fakta orang jutek yang dirangkum oleh Kamini ini.

10 Fakta Orang Jutek

1. Punya Kepribadian Tertutup

Punya Kepribadian Tertutup Fakta Orang Jutek

Fakta orang jutek yang pertama adalah selalu tertutup mengenai segala hal yang ada dalam dirinya. Lagi senang atau susah, mereka tidak akan menceritakannya kepada orang lain. Mereka merasa bahwa segala hal tentang dirinya cukup diri sendiri saja yang mengetahuinya. Kalaupun si jutek ingin berbagi dengan orang lain, hanya segelintir orang yang ia percaya yang akan menjadi tempat curahan hatinya.

Terkadang, kepribadian tertutup yang dimiliki oleh orang yang jutek juga ditunjukkan dengan sikap menikmati kesendirian. Orang yang jutek lebih merasa nyaman sendiri ketimbang berada di tempat yang ramai.

2. Cuek Terhadap Urusan Orang Lain

Cuek Terhadap Urusan Orang Lain

Seseorang yang jutek biasanya tidak peduli terhadap orang lain. Si jutek bakal anti banget terhadap gosip-gosip murahan atau kebiasaan membicarakan orang lain. Kalau ada teman-teman yang membicarakan orang lain, mereka akan merasa tidak nyaman dan menyingkir dengan sendirinya. Orang jutek merasa bahwa membicarakan orang lain adalah hal yang buang-buang waktu.

Jadi, kalau Anda merasa tidak peduli terhadap urusan orang lain, mungkin Anda termasuk orang yang jutek. Kalau Anda punya teman yang selalu cuek ketika membahas urusan orang lain, sebaiknya jangan mengajaknya bergosip agar ia merasa nyaman dengan Anda.

3. Sering Dinilai Memiliki Sifat Egois

Sering Dinilai Memiliki Sifat Egois

Mengingat orang jutek biasanya memiliki kepribadian tertutup dan cuek terhadap urusan orang lain, maka orang jutek sering dinilai egois. Namun, benarkah seorang yang jutek memiliki sifat yang egois? Ya, orang yang jutek memang lebih memikirkan dirinya sendiri ketimbang orang lain. Akan tetapi, bukan berarti semua orang jutek memiliki sifat yang egois.

Si jutek adalah tipe orang yang tidak suka mengumbar janji dan ekspektasi. Tapi, apabila si jutek ini hatinya benar-benar baik maka mereka akan membantu orang yang membutuhkan tanpa banyak bicara. Talk less do more gitu, lho.

4. Berkata Jujur Meskipun Menyakitkan

Berkata Jujur Meskipun Menyakitkan

Bagi orang jutek, bermulut manis atau menjilat seseorang bukanlah jati dirinya. Berkata jujur meskipun menyakitkan adalah salah satu fakta orang jutek yang paling sering dijumpai.

Jika ada suatu hal yang mengganjal di hatinya, ia akan langsung mengatakannya tanpa basa-basi. Pun begitu jika Anda meminta pendapat kepada mereka, apabila mereka tidak setuju maka mereka akan berterus terang kepada Anda.

Sifat yang seperti ini adalah nilai plus maupun minus-nya. Plus-nya mereka selalu berkata jujur dan apa adanya, sedangkan minus-nya bisa menyakiti perasaan orang lain.

5. Tidak Pandai Membuat Humor

 

Tidak Pandai Membuat Humor

Saat sedang bercanda dengan teman-temannya, si jutek mungkin hanya tersenyum singkat tanpa menanggapi humor tersebut. Itu bukan berarti si jutek tidak peduli terhadap humor yang Anda buat, melainkan ia tidak bisa membalas humor Anda.

Ya, orang yang jutek tidak pandai membuat lelucon. Namun, terkadang mereka bisa menikmati lelucon yang dianggap lucu. Dari pada humor yang dibuat justru terlihat garing, memang lebih baik diam saja ya, guys!

6. Tidak Mudah Terbebani dengan Masalah

Tidak Mudah Terbebani dengan Masalah

Salah satu fakta sekaligus keuntungan menjadi orang yang jutek adalah tidak mudah terbebani dengan masalah. Orang yang emosional mungkin akan langsung panik, down, dan curhat sana-sini jika sedang mendapatkan sebuah masalah. Sementara orang yang jutek memiliki cara unik untuk menanggapi sebuah masalah. Mereka akan menanggapi masalah dengan tenang dan santai.

Si jutek akan berusaha menyelesaikan masalahnya sendiri tanpa mengumbarnya kepada orang lain. Yang lebih menarik lagi, orang jutek tidak akan memandang sebuah masalah sebagai beban, mereka bisa mengendalikan diri untuk tidak terus menerus memikirkan masalah tersebut. Wah, enak juga, ya!

7. Ekspresi Wajah Datar

Ekspresi Wajah Datar

Mau lagi sedih, senang, atau takut, wajah orang jutek ini biasanya tetap sama, datar dan tanpa ekspresi. Senyum orang yang jutek ini mahal banget. Sampai-sampai ketika difoto oleh orang lain, si tukang foto ini akan meminta si jutek untuk tersenyum.

Sayangnya, banyak orang jutek yang tidak sadar bahwa wajahnya selalu tanpa ekspresi. Kalau ada orang yang mengatakan bahwa Anda jutek, cobalah bercermin pada saat sedih atau senang. Mungkin Anda akan mengetahui kebenarannya ketika bercermin sendiri.

8. Sulit Didekati

Sulit Didekati

Orang jutek akan menjadi seseorang yang sangat sulit didekati, bagi lawan jenis yang tertarik dengannya atau orang yang ingin berteman dengan dirinya. Mereka akan menjaga jarak kepada orang-orang baru atau orang yang dikenal tetapi dia tidak merasa nyaman dengan orang tersebut.

Itulah alasan mengapa teman si jutek tidak terlalu banyak. Kalaupun punya teman, si jutek hanya memiliki beberapa orang teman yang menurutnya bisa dipercaya. Kebanyakan orang jutek juga lebih sulit mendapatkan pasangan. Bagaimana mau punya pasangan kalau wajahnya tidak bersahabat?

9. Selalu Dianggap Galak atau Sedang Marah

Selalu Dianggap Galak atau Sedang Marah

Sifat jutek seseorang tentu akan terpancar pula dari raut wajahnya. Meskipun suasana hatinya sedang biasa-biasa saja, orang yang jutek sering dikira sedang marah. Kadang-kadang nada bicara orang yang jutek memang terkesan seperti orang marah, padahal menurut mereka biasa saja.

Di samping itu, banyak orang yang menganggap si jutek ini galak. Padahal, kalau Anda sudah mengenalnya, mungkin mereka tidak galak, melainkan hanya menjaga jarak terhadap orang lain dan tidak ingin mengetahui urusan orang lain.

10. Penuh Kejutan

Penuh Kejutan

Sikap tertutup dari orang jutek akan membuat kita tidak bisa mengetahui perasaan dan sifat aslinya. Alhasil, si jutek ini selalu terlihat galak, cuek, dan sarkastis. Akan tetapi, si jutek ini adalah orang yang penuh kejutan. Anda tidak akan tahu sifat aslinya sebelum mengenalnya lebih dekat lagi.

Di balik sikapnya yang selalu jutek dan terkesan masa bodoh, siapa tahu teman Anda yang jutek ini justru sangat perhatian dan siap membantu Anda kapanpun. Itulah alasan mengapa kita tidak boleh menilai orang dari luarnya saja, tetapi kita harus mengenalnya lebih dalam agar mengetahui sifat aslinya.

Beragam fakta orang jutek ini menunjukkan bahwa orang jutek merupakan pribadi yang introvert dan tidak peduli terhadap orang lain. Namun, itu semua kembali terhadap sifat masing-masing setiap orang. Tak kenal maka tak sayang, kan? Jadi, jangan underestimate dulu ketika bertemu dengan orang yang jutek. Siapa tahu dia justru bisa menjadi sahabat yang baik bagi Anda.

ARTIKEL
PRODUK
BRAND
© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram