Kamini.id / Tahukan Anda Apa Saja Fasilitas dan Jenis Kelas di Pesawat?

Tahukan Anda Apa Saja Fasilitas dan Jenis Kelas di Pesawat?

Ditulis oleh - Diperbaharui 15 Desember 2019

Sekarang ini, traveling menggunakan pesawat memang sudah sangat umum karena harga tiketnya yang tidak terlalu mahal sehingga mengikis kesan “hanya untuk kalangan atas saja”. Naik pesawat tentunya akan lebih nyaman dan cepat karena menggunakan mesin berkecepatan tinggi dan dilengkapi dengan sejumlah fasilitas pendukung lainnya. Fasilitas ini memang tergantung dari kelas yang Anda inginkan, contohnya saja ketika Anda pilih tiket pesawat Jogja Jakarta.

Ketika Anda naik transportasi darat dari Jogja menuju Jakarta yang memakan waktu berjam-jam, tentunya Anda bisa membandingkan betapa nyamannya memakai pesawat untuk perjalanan antar kota yang jaraknya cukup jauh. Nah bagi Anda yang belum mengetahui tentang perbedaan kelas dan fasilitas apa saja yang ada di pesawat, yuk simak informasinya berikut ini.

Kelas dan fasilitas Pesawat

Seperti pada kelas transportasi pada umumnya, untuk kelas di pesawat memang hampir mirip dengan angkutan darat. Namun untuk lebih jelasnya, mari kita bahas satu-persatu!

1. Kelas Ekonomi

kelas ekonomi pesawat garuda

Untuk kelas ekonomi memang berhubungan dengan tarif yang terjangkau karena banyak sekali peminatnya. Namun meskipun demikian, kelas ekonomi tetap menyediakan sejumlah fasilitas pokok yang diperlukan oleh penumpang, mulai dari ac, tempat duduk nyaman dengan lebar 32 inchi, dan juga layar sentuh di depan kursi yang digunakan sebagai hiburan selama perjalanan.

Tidak sampai disitu saja, penumpang biasanya juga mendapatkan snack dan minuman gratis selama perjalanan. Bahkan, ada juga fasilitas untuk selimut dan bantal apabila Anda memesan fasilitas tersebut. Begitu pun untuk obat-obatan umum, biasanya sudah disediakan oleh pihak maskapai.

Hampir semua maskapai selalu memiliki kelas ekonomi. Kisaran harga untuk kelas ekonomi ini adalah harga reguler yang biasanya ditampilkan. Namun, jika Anda ingin naik pesawat dengan kelas yang lebih tinggi, maka Anda bisa memilih kelas bisnis.

2. Kelas Bisnis

kelas bisnis garuda Indonesia

Untuk kelas bisnis sudah dipastikan memiliki tarif tiket yang lebih tinggi dari kelas ekonomi. Hal ini tentu saja sesuai dengan fasilitas dan layanan yang diberikan. Adapun fasilitas yang terdapat di kelas bisnis pesawat antara lain:

  1. Kursi ergonomis yang lebih luas dan lega, sekitar 106 cm untuk selonjoran
  2. Lebar kursi sekitar 44 inchi dan cocok untuk Anda yang punya badan gemuk dan besar
  3. Terdapat layar untuk Anda nikmati acaranya dengan ukuran 11 inchi
  4. Ada power supply jika Anda ingin sambilan bekerja
  5. Disediakan menu makanan ala mancanegara seperti asia, eropa, atau amerika
  6. Untuk minuman dengan kadar alkohol rendah juga ada hanya tujuan negara tertentu dan penumpang tertentu saja
  7. Apabila Anda ingin memesan menu spesial siap saji dan panas tinggal bilang saja kepada pramugari dan nantinya bisa segera disajikan

3. Kelas Satu (First Class)

First Class Garuda Indonesia

Untuk kelas satu atau first class ini memang lebih eksklusif dan super nyaman sekali karena hanya untuk orang dengan dompet tebal saja yang bisa naik pesawat dengan kelas satu. Penasaran ada fasilitas apa saja di first class? Diantaranya sebagai berikut:

  1. Ketika boarding, Anda tidak perlu mengantri repot karena ada jalur khususnya.
  2. Kursi ergonomis dengan lebar 22 inchi dan luas 82 inchi bisa dijadikan tempat tidur dan mendapatkan selimut serta bantal nyaman.
  3. Satu penumpang punya suite yang dilengkapi pintu geser, seat control plus layar sentuh dan sekat untuk suite bagian tengah.
  4. Dijemput dengan mobil Alphard atau Limousine. Penumpang demikian hanya bisa menikmati di Bandara Jakarta saja.
  5. Selama Anda naik penerbangan kelas satu, akan dilayani oleh petugas pribadi yang mengurus semua keperluan selama penerbangan.
  6. Anda bisa memesan segala jenis menu ala lokal dan internasional dengan chef khusus di dalam pesawat, biasanya menu ini akan disajikan dalam buku khusus agar Anda bisa memilih.
  7. Dilengkapi dengan free wifi.
  8. Setelah sampai tujuan, Anda juga akan dilayani oleh petugas pribadi sehingga di kelas ini memang Anda tinggal menikmati saja.
  9. Terdapat lampu baca, alat tulis khusus, alat mandi bermerek terkenal, dan sandal khusus.
  10. Ada pula lounge khusus buat Anda yang ingin menghibur diri.

Ketiga kelas di atas memang hanya ada di salah satu maskapai terkenal Indonesia. Sedangkan untuk maskapai lainnya hanya terbatas di kelas ekonomi dan bisnis saja. Perlu Anda  ketahui bahwa semakin mahal Anda membayar maka semakin lengkap dan super nyaman fasilitas yang bisa Anda peroleh. Hal ini sangat umum mengingat kelengkapan fasilitas kelas satu adalah kelas super dari maskapai tersebut.

Bagaimana? Tertarik untuk mencoba semua kelas di pesawat? Bagi Anda yang memiliki pengalaman menarik seputar kelas dan fasilitas pesawat, boleh share di kolom komentar, ya!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *