kamini.id
Kamini.id / Kecantikan / Wajah / 10 Rekomendasi Foundation yang Ringan dan Paling Bagus

10 Rekomendasi Foundation yang Ringan dan Paling Bagus

Ditulis oleh Syuri - Diperbaharui 14 April 2020

Foundation adalah produk kecantikan yang menjadi dasar dari semua produk lainnya. Mau pakai blush on, bronzer, highlighter, tapi sebelumnya tidak pakai alas bedak? Ya tidak akan terlihat dan tidak akan bertahan lama. Foundation juga mengambil peranan penting dalam menyamarkan ketidak sempurnaan kulit, sehingga benda ini sangatlah penting.

Tapi, kadang ada foundation yang membuat wajah terasa 'berat', sehingga orang-orang yang tidak terbiasa berdandan pun jadi merasa tak nyaman. Foundation yang formulanya terlalu heavy juga biasanya membuat wajah terlihat cakey, apalagi kalau Anda tak bisa mengaplikasikan foundie dengan benar. Jadi, tidak heran jika banyak orang memilih untuk menghindari foundation yang berat sama sekali.

Berita bagusnya? Ada banyak foundation dengan formula inovatif dan ringan yang dirancang untuk mengatasi masalah mendasar yang dihadapi wanita dan pria. Apakah Anda membenci tekstur atau beratnya, atau frustasi karena foundie tak kunjung blend ke kulit saking 'berat'nya, rileks lah sekarang. Karena, Kamini sudah merangkum 10 lightweight foundation alias foundation yang ringan untuk Anda.

1. emina Bare With Me Mineral Cushion

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Pada dasarnya, cushion itu ada yang berisi foundation, BB cream dan CC cream. Nah, kalau emina Bare With Me Mineral Cushion ini isinya lebih ke foundation, sih. Tapi, namanya juga cushion, otomatis jauh lebih ringan daripada foundation betulan. Foundation memang memiliki coverage yang lebih tinggi, itulah yang membuat mereka berat. Makanya, jika Anda tak suka dengan hal itu, pilih saja cushion.

emina Bare With Me Mineral Cushion akan memberikan efek kulit yang terlihat flawless natural dengan sentuhan dewy-matte finish. Iya, jadi dia matte kalau dipegang, alias kering. Tapi, tidak akan mengeringkan kulit. Justru, kulit akan terasa lembab dan glowing juga. Cushion ini juga punya efek pencerah sekaligus kandungan UV protection untuk melindungi kulit Anda.

Sejauh ini, ada empat shade yang katanya cocok untuk kulit orang Indonesia. Yaitu 01 Light (beige dengan yellow undertone), 02 Natural (beige dengan pink undertone), 03 Caramel (beige gelap dengan neutral undertone), 04 Mocca (beige dengan neutral brown undertone). Hati-hati, Anda harus pilih shade sesuai skintone, ya!

2. Catrice HD Liquid Coverage Foundation

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Rekomendasi selanjutnya berbentuk liquid foundie. Produk ini benar-benar encer seperti air, jadi aplikatornya berupa pipet, bukan tube atau jar. Dari teksturnya saja sudah cair banget, jadi pastinya foundation ini ringan. Catrice HD Liquid Coverage Foundation dijual dengan harga pasaran yang cukup terjangkau untuk ukuran foundation berpipet, yaitu 135 ribuan.

Walau pun encer, foundation ini tahan lama, loh. Cakupan (coverage)-nya juga tinggi, kodenya "HD", hihi. Namun, hasil akhirnya tetap natural. Dan, saking ringannya, foundation ini terasa seperti kulit kedua. Anda seperti tak menggunakan apa-apa di atas wajah Anda.

3. Etude House Double Lasting Foundation AD

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Nah, kalau yang satu ini kosmetik dari Korea Selatan. Semua pasti sudah tahu brand-nya. Etude House Double Lasting Foundation AD. adalah foundation tahan lama yang memberikan coverage sempurna, namun tetap terasa tipis dan pas di kulit.

Bagaimana cara menerapkannya? Sebelum digunakan, kocok botol perlahan-lahan. Ambil jumlah yang dibutuhkan, lalu oleskan dengan lembut ke kulit. Kemudian, tepuk-tepuk wajah dengan lembut dengan ujung jari untuk meningkatkan penyerapan ke dalam kulit. Yap, saking ringannya, foundation ini bisa dengan mudah diaplikasikan pakai jari. Anda tak perlu spons atau brush lagi.

4. Rosé All Day The Realest Lightweight Foundation

* sumber: journal.sociolla.com

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Ada yang tahu Rosé All Day The Realest Lightweight Foundation dari negara mana? RAD ini produk lokal, loh! Dulu RAD hanya punya liquid lipstick, tapi sekarang produknya sudah banyak. Salah satunya adalah foundie ini. Dibanderol dengan harga kisaran 200 ribuan, foundation ini mengklaim mampu yang juara ringannya.

"Realest Lightweight Foundation", yaitu alas bedak yang benar-benar ringan, bukan cuma embel-embel doang. Tingkat coverage-nya buildable dari sedang hingga penuh. Cocok untuk penggunaan sehari-hari, soalnya light banget dan ada tambahan anti aging ditambah UV protection-nya. Mantuuuul!

5. INTEGRATE by Shiseido Real Fit Liquid Foundation

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Kali ini rekomendasinya datang dari negeri sakura, yaitu Jepang. INTEGRATE Real Fit Liquid Foundation adalah foundation keluaran Shiseido. Dengan pasaran $24.00 atau sekitar 390 ribuan Rupiah, ini bisa dibilang foundation ringan terbaik.

Kenapa? Karena, setelah menerapkan produk ini, rasanya seolah-olah Anda baru saja menjalani perawatan uap di salon, loh. Soalnya, foundation ini mampu memberikan tampilan kulit yang lembab, tegas namun tetap natural.

Foundation cair jenis mineral ini juga lembut banget di kulit. Semua berkat teknik spesial Shiseido, yaitu Agar Crush Technique, pertama kalinya pada produk kosmetik Shiseido (karena biasanya hanya pada produk skincare-nya saja).

Hasilnya, INTEGRATE Real Fit Liquid Foundation ini mampu memberikan tampilan kulit yang super lembab dan tahan lama. Produk ini juga bebas dari paraben dan wewangian artifisial, jadi aman buat kulit sensitif.

6. Clinique Even Better Makeup Broad Spectrum SPF 15

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Dikembangkan dokter kulit, foundation ini mampu membantu menyempurnakan penampilan kulit setiap kali pemakaian. Dengan tingkat coverage sedang dan finish alami, foundation cream ini cocok untuk hampir semua jenis kulit, diantaranya adalah kulit normal, kering, berminyak dan kombinasi.

Clinique Even Better Makeup Broad Spectrum SPF 15 merupakan hydrating foundation yang bebas dari paraben dan ftalat. Dengan tambahan spektrum luas SPF 15, foundation ini akan melindungi kulit dari perubahan warna (pigmentasi) di masa depan.

7. Sisley Paris Phyto-Teint Eclat

Cek Harga di Shopee

Sisley Paris Phyto-Teint Eclat bukan sekedar foundation, tapi ini adalah fluid emulsion (emulsi cair) dengan tekstur yang sangat ringan. Gunakan untuk makeup look yang tahan lama, sempurna dan merata.

Tekstur Phyto-Teint Eclat yang ringan ini membuatnya mudah diaplikasikan, menciptakan hasil akhir yang halus dan membuat kulit terlihat bercahaya. Oleskan setiap pagi untuk menghiasi kulit dengan lapisan yang lembut seperti sutra.

8. Benefit Hello Happy Soft Blur Foundation

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Benefit dikenal dengan kemasannya yang lucu-lucu. Untungnya, semua itu dibarengi dengan kualitas produk yang mumpuni. Hello Happy Soft Blur Foundation adalah produk yang belum lama diluncurkan Benefit. Singkatnya, foundation cairan dengan cakupan cahaya hingga sedang dengan perlindungan matahari SPF spektrum luas.

Foundation cair dengan cakupan ringan-ke-sedang ini dilengkapi dengan perlindungan matahari SPF spektrum luas. Walau pun tidak full coverage, lightweight foundation ini mampu meratakan warna kulit, menyamarkan ketidak sempurnaan kulit, hingga memberikan sentuhan akhir matte. Dilengkapi dengan Soft-Focus Optical Blurring Spheres, foundie ini akan terlihat seperti kulit Anda tapi lebih sempurna.

9. Estée Lauder Double Wear Stay-in-Place Foundation

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Estée Lauder Double Wear Stay-in-Place Foundation tersedia dalam 60 shade! Inilah foundation nomor #1 di Inggris. Dengan kekuatan staying power selama 24 jam, Anda bisa tampil percaya diri selama seharian tanpa perlu touch up.

Riasan wajah Anda akan matte, segar dan bebas minyak, karena ia mengontrol minyak sepanjang hari. Foundation ini juga tahan keringat, panas, lembab dan air selama 24 jam penuh.

10. NARS All Day Luminous Weightless Foundation

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

NARS All Day Luminous Weightless Foundation menjadi pilihan terfavorit Kamini untuk foundation ringan. Foundation cair bebas minyak ini akan menetralkan perubahan warna dan memberikan cakupan penuh. dengan satu tetes saja, sudah cukup untuk seluruh wajah Anda. Riasan tampak matte seharian up to 16 jam.

Foundie ini juga mengandung ekstrak akar scarlet spiderling yang berfungsi untuk mengurangi perubahan warna (pigmentasi) dari waktu ke waktu. Ia juga akan membuat warna kulit jadi lebih cerah, lebih merata, sekaligus mengurangi munculnya bintik-bintik hitam di masa depan. Terdapat pula kandungan vitamin A, C dan E yang memberikan manfaat antioksidan untuk membantu melindungi kulit.

Teknologi Tone Correcting-nya bekerja dengan segera dan seiring waktu untuk menetralkan tampilan kemerahan, kusam dan perubahan warna. Ini bukan sekedar foundation, tapi skincare juga. Produk ini merupakan sedikit dari foundation full coverage yang ringan. Jadi, Anda harus mencobanya. NARS All Day Luminous Weightless Foundation cocok untuk jenis kulit normal, kering, kombinasi dan berminyak.

Banyak banget, kan, pilihan foundation yang ringan dan cocok untuk semua jenis kulit? Nah, kalau Anda punya rekomendasi foundation ringan lainnya yang belum disebutkan di atas, bisa beri tahu kami melalui kolom komentar, ya.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram